Jakbar gelar “Jumat Berfaedah” untuk kejar kebutuhan tangki septik

Sisanya, yakni 4,7 persen rumah tangga di Jakarta Barat, masih belum tersambung dengan STBM yang layak, dan salah satunya tidak memiliki tangki air.

Jakarta (Terasedukasi) – Pemerintah Kota Jakarta Barat setiap Jumat menggelar Program Jumat Agung berupa bedah rumah untuk memenuhi kebutuhan setiap kepala keluarga (KKK) yang memenuhi standar kesehatan dan lingkungan. ) pada tahun 2023

“Tahun ini kami akan menggelar proyek pembangunan septic tank gratis pada Jumat Agung,” kata Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko saat rapat di Balai Kota Jakarta Barat.

Yani saat ini memiliki 358.000 kepala keluarga di wilayah Jakarta Barat. Dari jumlah tersebut, 95,7 persen memenuhi standar yang ditetapkan Standar Sanitasi Dasar Berbasis Masyarakat (STBM).

Artinya, ada lima pilar STBM yang dilaksanakan, pertama senam bebas masyarakat di lapangan, kedua mendorong pelaksanaan cuci tangan, ketiga air minum yang aman, dan keempat air limbah. dan yang kelima adalah pengelolaan air limbah. pengelolaan sampah yang baik,” kata Yani.

Sisanya 4,7% rumah tangga di Jakarta Barat masih belum memiliki akses STBM yang layak, salah satunya tidak memiliki tangki air.

Itu sebabnya tahun ini, Yanni dan krunya akan menyediakan 4,7 persen rumah tangga dengan septic tank gratis. Hal itu dilakukan untuk mencegah semua warga Jakarta Barat buang air besar.

Dengan demikian, lingkungan menjadi bersih dan warga menjadi sehat serta terhindar dari pengaruh yang merugikan (pengurangan).

Program Arb Arb sendiri diperkirakan akan berlangsung pada Februari 2023. Nah, saat ini Pemkot Jakbar sedang memetakan daerah mana saja yang membutuhkan tangki air.

“Kami sangat menginginkan itu, sebelum kami pergi, kami akan mengutamakan 4,7 persen keluarga,” kata Yanni.

Baca juga: Dinkes Jakbar menargetkan empat kabupaten kota berstatus ODF pada 2023.
Baca juga: Delapan kelurahan di kota Jakarta Selatan tak punya jamban.
Baca juga: Di Jakarta Barat, 90 persen kelurahan yang padat dikatakan tidak memiliki jamban

Trending 1  Jokowi ungkap betapa sulitnya manajemen “gas dan rem” tangani pandemi – terasedukasi

Reporter: Valda Morrison
Editor: Ganet Aerospace
Hak Cipta © 2023 Terasedukasi

sumber: https://www.antaranews.com