BUMN berperan penting bangkitkan ekonomi nasional – terasedukasi

Jakarta (Terasedukasi) – Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Hakim Bafagih mengatakan badan usaha milik negara memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian negara.

“Sebagai perusahaan milik negara, BUMN tidak hanya fokus pada profit-driven business, tetapi juga tanggung jawab sosial,” kata anggota Komisi VI DPR RI Abdul Hakim Bafagih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Abdul Hakim Adi Karia dan Waskita Karia merupakan dua BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Dua perusahaan konstruksi dan infrastruktur milik negara telah membangun beberapa lembaga nasional.

Sebut saja Stadion Utama Gelora Bung Karno, Masjid Istiklal, Monumen Nasional (Monas), Jembatan Barito hingga Jembatan Suramadu yang dipercayakan kepada Adi Kariya. Saat ini Adi Karya dipercayakan pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh, LRT Jabodetabek, MRT Jakarta CP201 ​​dan CP20, Tol Yogyakarta-Bawe, Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo, Manyar Summit. Banyak proyek di Yunani dan ibu kota negara (IKN).

Baca juga: Eric Tohir. Pembangunan jalan tol Benkulu akan terus berlanjut
Baca juga: Menteri BUMN dukung pengembangan Bandara Internasional Benkulu

Sementara itu, Vaskita Karya dipercaya untuk membangun beberapa jalan tol di berbagai wilayah, antara lain jalan Trans Jawa dan Trans Sumatera. Dengan dibangunnya Tol Trans Jawa (Jakarta-Surabaya), waktu tempuh yang biasanya memakan waktu lebih dari 24 jam kini menjadi kurang dari 12 hingga 15 jam.

Kemudian pembangunan Tol Trans Sumatera (Bakauheni-Palembang) memakan waktu dari 12 jam terakhir menjadi enam jam. Waktu tempuh yang lebih singkat ini dapat menekan biaya pengiriman, terutama biaya bahan bakar, dan menjaga kualitas barang yang dikirim.

Menurutnya, meski BUMN mencita-citakan gedung, BUMN harus terus didorong agar gedung yang dibangun bisa meningkatkan perekonomian negara.

Trending 1  Kemenperin sebut investasi sektor manufaktur naik 52 persen

“Kami selalu berupaya mendorong BUMN-BUMN ini untuk memperkuat perekonomian,” ujarnya.

Komisi VI DPR RI terus mendorong PS yang ada untuk melakukan reformasi dan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, karena semua organisasi harus menjadi kereta bagi pemulihan perekonomian negara.

Selain itu, banyak UKM yang gulung tikar setelah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, BUMN bertanggung jawab untuk mereinventing roda perekonomian, ujarnya.

Reporter: Muhammad Zulfikar
Editor: Harry Sobanto
Hak Cipta © 2023 Terasedukasi

sumber: https://www.antaranews.com