Tips Membeli Handphone Agar Tidak Salah Pilih

memilih handphone

Membeli ponsel Android membutuhkan sedikit riset. Beragamnya ponsel Android – termasuk merek, spesifikasi dan harga – kerap membuat pembeli pusing. Apa itu ponsel premium, tetapi menurut pendanaan?

Sejumlah besar orang “terjebak” dengan sorotan merek, tetapi tidak mengetahui spesifikasi ponsel yang relevan. Setelah menggunakannya untuk sementara waktu, mereka kecewa dan menyalahkan merek.

Padahal informasi spesifikasi ponsel sudah tersedia. Tugas pembeli adalah membuat pilihan yang tepat saat membeli telepon. Namun, kebutuhan dan keinginan setiap orang berbeda.

Membeli ponsel Android juga berbeda dengan membeli ponsel dari platform lain. Misalnya, ketika kita ingin membeli iPhone, lebih mudah bagi kita untuk memutuskan. Pilihan dipersempit ke iPhone terbaru atau iPhone lama.

Karena itu, Anda perlu memikirkan apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli.

Faktor Non-Teknis Saat Membeli Ponsel
Berikut adalah beberapa hal non-teknis yang perlu dipertimbangkan saat membeli telepon.

Menentukan Dana Pembelian Ponsel
Dengan membatasi dana, kami membatasi opsi ponsel. Kisaran harga akan menentukan kisaran spesifikasi dan fitur ponsel. Ponsel dengan spesifikasi di atas rata-rata juga akan lebih mudah dikenali dibandingkan ponsel lain dengan harga yang sama.

Pertimbangkan kebutuhan Anda
Pikirkan tentang fitur yang Anda butuhkan dari ponsel Anda. Beberapa fitur canggih biasanya jarang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Fitur-fitur canggih terbaru juga sering tidak bekerja secara maksimal. seperti pemindai retina.

Pelajari tentang perubahan teknologi
Perubahan dalam teknologi perangkat datang begitu cepat. Terkadang merusak kebiasaan yang sudah mapan selama ini. Apalagi jika teknologi tersebut juga terkait dengan perangkat lain, seperti aksesoris.

Misalnya, iPhone 7 memulai tren kehilangan jack audio 3.5mm. Saat ini, beberapa ponsel Android tidak memilikinya.

Faktor ini tentu saja penting jika Anda adalah seseorang yang suka mendengarkan musik di ponsel Anda. Untuk ponsel yang tidak memiliki jack audio 3,5 mm, Anda harus membeli headset bluetooth atau colokan tambahan.

Pertimbangan Teknis untuk Membeli Ponsel Android
Sekarang mari kita lihat beberapa detail teknis yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna setelah membeli ponsel Android.

Prosesor
Prosesor — atau lebih tepatnya, sistem pada chip (SoC) —akan menentukan seberapa cepat data dapat diproses. Mulailah dengan membuka aplikasi, bermain game dengan lancar, mengedit foto lebih cepat, dan banyak lagi.

Jenis atau peringkat prosesor biasanya juga mencerminkan peringkat ponsel. Misalnya, ponsel kelas menengah biasanya menggunakan prosesor Snapdragon 6xx dan ponsel kelas atas menggunakan Snapdragon 8xx.

Prosesor juga biasanya mempengaruhi proses pembaruan sistem operasi Android. Ini ada hubungannya dengan ketersediaan driver dan optimasi chipset. Misalnya, ponsel dengan prosesor Mediatek lebih jarang mendapatkan pembaruan Android daripada ponsel dengan Snapdragon.

RAM
RAM terkait dengan kemampuan multitasking telepon. Lebih banyak RAM, lebih mudah menggunakan banyak aplikasi, dan semakin cepat Anda dapat beralih antar aplikasi.

Sementara RAM 2GB saat ini adalah standar minimum, jika Anda dapat memilih ponsel dengan RAM lebih besar tetapi dengan harga yang sama, mengapa tidak?

Penyimpanan
Misalnya, Android 6.0 Marshmallow berukuran sekitar 3,93 GB. Selain tetap memiliki aplikasi default, Anda akan menginstal aplikasi tambahan dan menyimpan foto, video, atau musik.

Periksa apakah ponsel Anda memiliki slot kartu SD. Periksa juga jumlah memori internal. Jika Anda memiliki kartu SD, Anda dapat memilih yang memiliki memori 16GB. Jika tidak, pilih memori dengan penyimpanan internal minimal 32GB.

Slot kartu SIM
Apakah Anda ingin menggunakan dua nomor dalam satu telepon? Jika demikian, temukan ponsel yang mendukung SIM ganda. Ponsel dengan dual SIM memiliki keunggulan tersendiri. Untuk satu, Anda tidak perlu telepon lain.

Ukuran layar
Saat ini, beberapa ponsel menawarkan versi standar dan versi Plus dengan layar lebih besar. Hal ini tentunya sesuai dengan selera setiap orang.

Jika Anda lebih sering menggunakan ponsel untuk berkomunikasi — baik melalui aplikasi perpesanan atau media sosial — ponsel dengan layar sekitar 5 inci sudah cukup. Tetapi jika Anda suka menonton film, membaca e-book, mengedit video, dll., layar lebar pasti memberi Anda lebih banyak keuntungan.

Baterai
Nah, sebenarnya hal ini tidak perlu dibahas lagi. Jelas, baterai berkapasitas lebih besar lebih menguntungkan.

Meski begitu, ada baiknya untuk memeriksa apakah ponsel memiliki pengisian cepat

memilih handphone
Next Post

No more post

You May Also Like