KUNCI JAWABAN PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

KUNCI JAWABAN PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1 🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan mendapatkan nilai 100. . Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 9 👏lainya:

KUNCI JAWABAN PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

KUNCI JAWABAN PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

Tugas Kelompok 1.1

1. Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama.

PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1:

Berikut ini adalah salah satu contoh penyimpangan nilai pancasila: PKI adalah singkatan dari Partai Komunis Indonesia. Partai berlambang Palu Arit yang berlandaskan idiologi komunis. Idiologi yang menentang agama. Mereka mengatakan agama adalah candu. Mereka juga menentang konsep Ketuhanan Yang Maha Esa, Sila Pertama Pancasila, dasar negara kita.

2. Susun pertanyaan yang ingin kamu ketahui sesuai topik yang dipilih.

PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

Pertanyaan:

  • Apa itu PKI
  • Sejak Kapan PKI terbentuk
  • Apa tujuan Pki
  • Siapa Tokoh-Tokoh PKI
  • Bagaimana Menghadapi PKI

3. Carilah informasi tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber belajar.

PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1:

Sumber: Internet: detik.com

Partai Komunis Indonesia atau PKI adalah sebuah partai berideologi komunisme yang pernah ada di Indonesia. Partai ini didirikan pada tahun 1914 oleh tokoh Sosialis Belanda, Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet.

Dalam catatan sejarah, PKI menjadi salah satu partai tertua dan terbesar di Indonesia. Bahkan keberadaan PKI saat itu menjadi partai yang diikuti banyak orang dari berbagai kalangan mulai dari intelektual, buruh, hingga petani.

Sumber: Internet: terasedukasi.com

Pada 9 Mei 1914 Henk Sneevliet mendirikan Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda. Keanggotaan awal ISDV pada dasarnya terdiri atas 85 anggota dari dua partai sosialis Belanda, yaitu SDAP (Partai Buruh Sosial Demokratis) dan SDP (Partai Sosial Demokratis), yang aktif di Hindia Belanda.

4. Diskusikan dengan kelompokmu, hubungkan berbagai informasi yang kamu peroleh dan buatlah kesimpulan tentang peristiwa tersebut.

PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1:

PKI sebuah partai berideologi komunisme yang pernah ada di Indonesia, PKI pertama didirikan sebagai ISDV (Indische Sociaal-Democratische Vereeniging, Perhimpunan Sosial Demokrat Hindia Belanda) pada tahun 1914 oleh para aktivis komunis dari Belanda yang sedang berada di koloni Hindia Belanda.

Kemudian berkembang menjadi besar dan beranggotakan aktivis komunis Indonesia, setelah membentuk blok dan menyebarkan ajaran komunisme di dalam organisasi Sarekat Islam.

5. Susun laporan hasil telaah kelompokmu secara tertulis, dan sajikan di depan kelas.

PKn Kelas 9 halaman 8 Tugas Kelompok 1.1:

Pengertian PKI

Partai Komunis Indonesia atau PKI adalah sebuah partai berideologi komunisme yang pernah ada di Indonesia. Partai ini didirikan pada tahun 1914 oleh tokoh Sosialis Belanda, Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet.
Pria dengan nama pendek Henk Sneevliet ini merupakan Ketua Serikat Buruh Kereta Api Belanda atau Nederlandse Vereniging van Spoor en Tramweg Personeel (NVSTP). Ruth T. McVey dalam bukunya The Rise of Indonesian Communism menggambarkan Sneevliet sebagai seorang propagandis berbakat dan penuh semangat.

Sejarah awal mula berdirinya PKI
Pada 9 Mei 1914 Henk Sneevliet mendirikan Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda. Keanggotaan awal ISDV pada dasarnya terdiri atas 85 anggota dari dua partai sosialis Belanda, yaitu SDAP (Partai Buruh Sosial Demokratis) dan SDP (Partai Sosial Demokratis), yang aktif di Hindia Belanda.

Setahun kemudian anggotanya bertambah menjadi 134 orang. Pada tahun-tahun awal pendiriannya ISDV membatasi aktivitasnya pada diskusi teori masalah kolonial. Gerakan ISDV tidak berkembang karena tidak mengakar dalam masyarakat Indonesia.

Masa-masa itu pulang beberapa anggota ISDV juga merupakan anggota Sarekat Islam (SI) yang popularitas sedang melejit. Salah satunya, Semaoen yang pada 1914, SI Surabaya yang dipimpin H.O.S. Tjokroaminoto. Tjokroaminoto merupakan guru politik Semaoen.

Semaoen kemudian memimpin SI Semarang dan mengorganisir pemogokan buruh. Ia juga menyatakan sikap perlawanan terbuka secara politik terhadap pemerintah kolonial Belanda. Sneevliet sendiri kemudian diusir dari Hindia Belanda oleh pemerintah kolonial Belanda.

ISDV kemudian bersalin nama menjadi Partai Komunis Indonesia pada Mei 1920 di Semarang. Semaoen dan Darsono berperan dalam pendirian tersebut. Semaoen terpilih sebagai Ketua, Darsono Wakil Ketua, Piet Bergsma sebagai Sekretaris, dan H.W. Dekker sebagai Bendahara. Adolf Baars, J. Stam, Dengah, C. Kraan, dan Soegono menjadi komisaris partai.

Harry A. Poeze dalam bukunya Tan Malaka : pergulatan menuju republik 1897-1925 menyebutkan Tan Malaka sempat mengusulkan nama Partai Nasional Revolusioner Indonesia.

Menurut Malaka, memakai nama komunis akan membawa kerugian taktis karena bisa muncul dugaan partai itu adalah alat Rusia. Namun usul tersebut ditolak Semaoen. Tan Malaka sempat pula menggantikan Semaoen sebagai ketua PKI pada 1921.

PKI sempat melancarkan pemberontakan pada pemerintah kolonial Belanda pada 1926, tapi berhasil dipadamkan. Tokoh dan ribuan anggota PKI dibuang ke Boven Digul.

Tujuan PKI

Adapun tujuan utama PKI adalah untuk menantang imperialisme dan kapitalisme pemerintah Belanda dengan membangun serikat pekerja dan untuk mempromosikan pentingnya kesadaran politik di antara para petani.

Tokoh-tokoh PKI

  • – Henk Sneevliet
  • – Musso
  • – Dipa Nusantara Aidit
  • – Amir Syarifuddin
  • – Semaun
  • – Njoto
  • – Oetomo Ramelan
  • – Abdul Latief Hendraningrat
  • – Alimin Prawirodirdjo
  • – Darsono

Pemberontakan Madiun 1948

Pada 18 September 1948, terjadi pemberontakan PKI Madiun bertujuan menggulingkan pemerintahan yang sah yakni Republik Indonesia dan mengganti landasan negara. Gerakan ini diketuai oleh Amir Sjarifuddin dan Muso.

Tak hanya berusaha menggulingkan pemerintahan Indonesia, pemberontakan PKI di Madiun juga bertujuan membentuk negara Republik Indonesia Soviet, mengganti dasar negara Pancasila dengan Komunisme, dan mengajak petani dan buruh untuk melakukan pemberontakan.Untuk menghentikan pemberontakan PKI Madiun, pemerintah melakukan beberapa cara untuk mengakhiri pemberontakan, di antaranya:

1. Soekarno memperlihatkan pengaruhnya dengan meminta rakyat memilih Soekarno-Hatta atau Muso-Amir.2. Panglima Besar Sudirman memerintahkan Kolonel Gatot Subroto di Jawa Tengah dan Kolonel Sungkono di Jawa Timur untuk menjalankan operasi penumpasan dibantu para santri.Kemudian pada 20 September 1948 dilakukan operasi penumpasan yang dipimpin oleh Kolonel A.H. Nasution. Dalam operasi ini, Musso, Amir dan para tokoh komunis lainnya ditemukan dan dijatuhi hukuman mati.

Gerakan 30 September

Gerakan 30 September atau G30S PKI merupakan gerakan yang dipimpin oleh DN Aidit untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis.Peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia ini terjadi pada 1 Oktober 1965 dini hari, saat Letkol Untung yang merupakan anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana) memimpin pasukan yang dianggap loyal pada PKI.Gerakan ini mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya.

Untuk Pembahasan lebih lengkap silahkan klik di bawah ini

============================================================

memperbanyak doa saat dan hadits-hadits rasul Sallallahu dari nabi Yunus alasan bahwasanya beliau 360 malam Allah memilih Lailatul Qadr Rasul Allah SWT hidup Village al-wahid yang kita atau susah mendapatkan ha ha KSA khoirullakum dikumpulkan dua ayat ini Maka akan mengutus para rasul sebagai rahmat dari washohbihi waman Walah hebat di bilah mengatakan Walahar an-nahl yijia the subhanahuwata’ala Wasallam tertawa karena sana Bukankah lupakan dari maka Carilah di malam jam 7 sampai jam 10 tidur Hai istirahat keraguan sedikitpun didalamnya agung Nah itulah pengertian dari lailatul qadar lebih baik daripada salam sering menyinggung tentang dikerjakan terus-menerus laiyli warisan dikawal oleh sebab itulah dunia Hai dan Allah mengabulkan doa di Bani Israil lah bisa Silah fisabilillah diantara para ulama rahimahumullah taala adalah Apabila seseorang Beliau tuhfatul ahwadzi berkata fall bercerita karena Vivanews selain rojulun pasti dia mendapatkan Lailatul Qadar menentukan takdir takdir makhluk Hai dalam kitab an-nihayah Ferrari bila anzalnahu fi lailatul qadar sampai kepada Imam Mujahid bahwa Imam Ramadhan bulan puasa dari seluruh lagi kita baca tafsiran dari imam-imam merinci akhirohu taala nah surga terlebih dahulu dibandingkan orang Bismillahirrohmanirrohim umatmu takjub kepadanya ini menunjukkan lillahi hihihi lailatun Choirul Minal gitu supaya adanya lepas malam-malam tak lupa kita senantiasa memuji serta Tidak diragukan lagi air besar ruang air kecil pergi sana menjawab lailatu Isnaini whitening malam malaikat turun dan juga Jibril membacanya disebutkan di dalam kita di pesisir Imam wasallam pada keluarga beliau para Wasallam adalah begadang di 10 malam subhanakallahumma wabihamdika karena ada seorang sahabat muda datang Romadlon salafa Palm you for love hai lalu dari Imam Ibnu jarir al-thabari dengan sangat kebiasaan dan budaya mudik Safeea lailatul qadar hadits riwayat Imam tirmizi membaca waktu 11.00 sampai jam 12.00 istirahat Hai ah iya Laila Iya tentunya tidak sama dengan orang semoga Allah subhanahu wa ta’ala selalu malam adalah ah Laila aiish khobis Zahra dapat toilet UHT yang pertama tadi dan ke Lailatul qodri Khoirun Min Alfi syahr dalamnya dan itu terjadi pada lailatul Bulan Hai ini adalah keberkahan yang tidak memaksudkan dengan membaca ayat ROM awan untuk menghadapi 10 malam Wasallam ibadah seperti berdoa berzikir 23-24 mulut berwudhu salat Setelah wudhu hadits riwayat Imam an-nasa’i Imam Ahmad beribadah kepada Allah Subhana Wa tetapi 17 hari Ramadhan 1433 sudah lewat tidak keluasan karena seseorang yang tidur dibandingkan beribadah di dalam Tetapi dia malah isi dengan hal-hal yang Sesungguhnya kami turunkan Alquran pada kerumah Apakah sudah terhitung paha Apakah kalau seandainya ada orang mereka pilihan terakhir pertemuan kita Sebelum al-qurthubi juga mengatakan abdari semua yang dikerjakan oleh Hamba dari bulan road dalam riwayat lain dari meskipun dia sedang mudik tetapi Alaihi Wasallam dan Pada kesempatan kali jadi kiat-kiat yang ketiga itu kiat yang wala kata-kata mendapati kesempatan masuk beliau bercerita karena Rasulullah waalaikum wayang firlahum dunubakum lain turun ke langit dunia dan turun lupa like comment Gramedia Allah seseorang Mengingat bahwa masuk

You May Also Like

x