KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21 plihan ganda, essay dan tugas

Rate this post

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21

Download Aplikasi terasedukasi.com Pasti dapat ⭐nilai 100⭐

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan. Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 8 👏lainya:

Kunci jawaban  pai kelas 8 bab 1 Pilihan ganda

1. Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam. Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus…
a. mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah Swt.
b. percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.
c. percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada
d. menganggap bahwa al-Qur’ān saja yang perlu dipercayai
Kunci Jawaban: b. percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.

 2. Dalam al-Qur’ān disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan kepada 4 Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah….
a. Nuh a.s, Ibrahim a.s, Musa a.s, Muhammad Saw
b. Musa a.s, Ibrahim a.s, Isa a.s, Muhammad Saw
c. Nuh a.s, Dawud a.s, Isa a.s, Muhammad Saw
d. Musa a.s, Dawud a.s, Isa a.s, Muhammad Saw
Kunci Jawaban: d Musa a.s, Dawud a.s, Isa a.s, Muhammad Saw

3. Di antara  kitab Allah Swt yang paling awalterdahulu adalah kitab….
a. Taurat
b. Al-Qur’ān
c. Zabur
d. Injil
Kunci Jawaban: a Taurat

4 . Semua kitab Allah Saw berisi ajaran yang benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua kitab Allah Swt adalah tentang….
a. tata cara berumah tangga
b. perintah mengesakan Allah Swt.
c. larangan membunuh binatang
d. hukum-hukum mengenai tata negara
Kunci  Kunci Jawaban: b perintah mengesakan Allah Swt.

 5 . Kitab Zabur diturunkan pada abad ke- ….
a. 16 SM
b. 12 SM
c. 10 SM
d. 5 SM
Kunci Jawaban: c10 SM

 6 . Kitab Injil pada awalnya ditulis dengan bahasa….
a. Ibrani
b. Yunani
c. ibti
d. Suryani
 Kunci Jawaban: d Suryani

7 .  Potongan Q.S. al-Isrā’: 55 tersebut menjelaskan    tentang….
a. Allah Swt. menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s.
b. Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.
c. Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Isa a.s.
d. Allah Swt. menurunkan kitab al-Qur’ān  kepada Nabi Muhammad saw.
 Kunci Jawaban: b Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.

8. Pengertian suhuf adalah….
a. wahyu yang diterima para nabi dan dibukukan
b. ucapan para nabi yang sudah tertulis dan dibukukan
c. ketetapan para sahabat Nabi yang telah dibukukan
d. lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak dibukukan
 Kunci Jawaban: d . lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak dibukukan

9. Di antara Nabi berikut ini yang menerima suhuf adalah nabi.
a. Harun a.s.
b. Ibrahim a.s.
c. Ismail a.s.
d. Sulaiman a.s.
 Kunci Jawaban: b Ibrahim a.s.

10. Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt. pasti benar. Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab ….
a. manusia sebagai makhluk social
b. tidak ada makhluk yang sempurna
c. manusia memiliki banyak kelemahan
d. Al-Qur’ān merupakan peraturan yang benar
 Kunci Jawaban: c. manusia memiliki banyak kelemahan

Kunci jawaban pai kelas 8 bab 1 essay

 halo peserta didik sekalian welcome back my blog kali ini gue akan membahas mengenai kunci jawaban. di mana kali ini gue akan mengajak peserta didik sekalian untuk membahas mengenai satu artikel yang sangat penting bagi peserta didik sekalian yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt.
Kunci jawaban
Iman kepada kitab Allah Swt. berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Kitab-kitab itu merupakan pedoman hidup bagi manusia agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

2. Mengapa manusia memerlukan kitab Allah Swt.
Kunci jawaban
Karena Kitab suci Allah sebagai pedoman hidup manusia, yang di mana di kitab suci tersebut berisikan aturan aturan yang dapat memberikan pentujuk kepada manusia bagai mana mestinya yang harus di lakukan

3. Sebutkan  kitab yang diturunkan Allah Swt.
Kunci jawaban
Zabur, Taurat, Injil, al-Qurān

4. Bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum al-Qur’ān?
Kunci jawaban
Orang yang beriman kepada kitab Allah Swt. akan senantiasa meyakini bahwa ajaran Allah itu adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.

5. Sebutkan dua contoh perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah Swt.
Kunci jawaban
Menumbuhkan sikap optimis dalam menjani kehidupan sehari-hari, sabar dalam menghadapi cobaan serta selaku bersyukur kepada Allah

Kunci jawaban pai kelas 8 bab 1 tugas

1. Al-Qur’ān berisi tentang 5 hal pokok yaitu menyangkut akidah, akhlak, ibadah, muamalah, dan tarikh. Carilah ayat-ayat al-Qur’ān yang terkait dengan lima hal pokok tersebut masing-masing satu ayat.
Kunci jawaban:
Ayat-ayat Al Qur’an yang mengandung penjelasan tentang

  1. Aqidah adalah ilmu yang mengajarkan tentang keyakinan atau kepercayaan terhadap Allah SWT. Terdapat dalam Al Ikhlas : 1- 4.
  2. Akhlak adalah tingkah laku yang tertanam dalam jiwa manusia. Terdapat dalam Al-Ahzab : 21.
  3. Ibadah adalah beribadah kepada Allah SWT dengan sepenuh hati. Terdapat dalam Adz Dzariyaat56.
  4. Muamalah adalah tindakan yang dilakukan terhadap orang lain. Terdapat dalam Al Baqarah : 282
  5. Tarikh adalah sejarah masa lalu umat Islam. Terdapat dalam Yusuf : 111.

2. Anisa sedang sedang di perjalanan dari rumah ke sekolah. Di tengah perjalanan, dia melihat lembaran yang menarik perhatiannya. Setelah didekati ternyata lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat al-Qur’ān. Apakah yang harus dilakuan oleh Anisa, sedangkan dia pada saat itu sedang menstruasi? Diskusikan masalah tersebut dengan kelompok kalian masing-masing jawaban minimal dua alternative.
Kunci jawaban:
Berdasarkan Surat Al-Waqi’ah : 79, “Tidak ada yang menyentuh (Al-Qur’an) kecuali mereka yang telah disucikan”, yang dilakukan Anisa ketika menemukan lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat Al-qur’an, padahal Anisa sedang menstruasi adalah
– meminta tolong seseorang untuk mengambil lembaran ayat Al Qur’an tersebut agar diletakkan dibawa oleh orang tersebut.
– apabila orang tersebut tidak mau membawanya, meminta tolong untuk mengambilnya dan kemudian meletakkannya di dalam tas Anisa. Apabila Anisa telah selesai haid dan dalam keadaan bersih, dapat memegangnya kembali dan menyimpan di tempat yang semestinya.

3. Salah satu cara Allah Swt dalam menjaga kemurnian al-Qur’ān adalah dengan banyaknya para penghafal al-Qur’ān. Carilah bentuk lain yang merupakan cara Allah Swt menjaga kemurnian al-Qur’ān tersebut. Laporkan dan paparkan hasil penelusuran yang kamu lakukan secara individu atau kelompok.
Kunci jawaban
Cara Allah menjaga kemurnian Al-Qur’an selain dengan banyaknya penghafal adalah
– dengan datangnya malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengulangi hapalan Al Qur’an, dan begitu pula Nabi Muhammad Saw kepada para sahabatnya. Itulah cara Allah menjaga kemurnian isi Al Qur’an.
–  dengan mukjizat-Nya pada terletak pada fashahah dan balaghah-nya, keindahan isi, susunan, dan gaya bahasanya. Inilah cara Allah menjaga Al Qur’an agar tidak ada yang menirunya dengan serupa.
Bahkan Allah menantang siapa saja untuk membuat Al Qur’an dalam Al-Israa’ : 88, “Katakanlah: Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur’an ini, niscaya tidak mereka akan dapat membuatnya walaupun sebagian mereka membantu sebagian (yang lain).”

Baca Juga

Rangkuman PAI kelas 8 bab 1

kitab yang pernah  diturunkan oleh Allah Swt.   Ada ξ kitab yang diturunkan oleh Allah Swt ke dunia ini. Allah Swt juga  memberikan nama-nama untuk kitab-kitab-Nya tersebut. Secara berurutan  mulai dari yang pertama kali diturunkan hingga saat ini, keempat kitab yang  wajib kita yakini adalah : Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’ān. a. Kitab Taurat ;diturunkan pada abad ke-12 SMͿ

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21

Petunjuk Penggunaan Buku Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah penahapan berikut. 1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami kompetensi inti  dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013. 2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran,  proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru,  dan orang tua. 3. Pada subbab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar  tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi  dasar. 4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan materi yang  terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut. a. Mari Renungkan: untuk menyadarkan diri peserta didik kepada Allah  Swt. b. Dialog Islami: memotivasi peserta didik untuk bertanya c. Mutiara Khasanah Islam: menambah ilmu pengetahuan tentang hal-hal  yang dipelajari sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. d. Refleksi Akhlak Mulia: penerapan hasil pembelajaran dalam perilaku  peserta didik. e. Ayo Berlatih: pengukuran penguasaan peserta didik terhadap materi  yang dibahas. 5. Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan metode  pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber  belajar, dan lingkungan. 6. Guru agar secara bijaksana mengakomodasi atau memberikan penjelasan  terhadap kemungkinan adanya perbedaan pemahaman dan pengamalan  keagamaan di kalangan peserta didik.      Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti xi  Kompetensi Inti  dan Kompetensi Dasar PAI  dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII  KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1. Menghargai  dan menghayati  ajaran agama  yang dianutnya.  1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan memahami  -bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana  adalah perintah agama. 1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan  meyakini bahwa Allah memerintahkan untuk  mengonsumsi makanan dan minuman yang  halal dan bergizi.  1.3 Beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkan  Allah Swt. 1.4 Beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. 1.5 Meyakini bahwa minuman keras, judi, dan  pertengkaran adalah dilarang oleh Allah Swt. 1.6 Meyakini bahwa perilaku jujur dan adil adalah  ajaran pokok agama. 1.7 Menghayati ajaran berbuat baik, hormat, dan  patuh kepada orang tua dan guru adalah  perintah agama. 1.8 Meyakini bahwa beramal saleh dan berbaik  sangka adalah ajaran pokok agama. 1.9 Melaksanakan salat sunah berjamaah dan  munfarid sebagai perintah agama. 1.10 Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah, dan  sujud sahwi sebagai perintah agama. 1.11 Menjalankan puasa wajib dan sunah sebagai  perintah agama.   xii Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.12 Meyakini ketentuan makanan dan minuman  yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’ān dan  hadis. 1.13 Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu  pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai  bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan  benar. 1.14 Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu  pengetahuan pada masa Abbasiyah sebagai  bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan  benar.  2. Menghargai  dan menghayati  perilaku  jujur, disiplin,  tanggungjawab,  peduli (toleransi,  gotong royong),  santun, percaya  diri, dalam  berinteraksi  secara efektif  dengan  lingkungan  sosial dan alam  dalam jangkauan  pergaulan dan  keberadaannya.  2.1 Menghayati perilaku rendah hati, hemat, dan  hidup sederhana sebagai implementasi dari  pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al- Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait. 2.2 Terbiasa mengonsumsi makanan dan  minuman yang halal dan bergizi dalam  kehidupan sehari-hari sebagai implementasi  dari pemahaman Q.S. an-Nahl/16: 114 dan  hadis terkait.  2.3 Menghayati perilaku toleran sebagai  implementasi dari beriman kepada kitab- kitab Allah Swt. 2.4 Menghayati perilaku amanah sebagai  implementasi dari iman kepada Rasul Allah  Swt. 2.5 Menghayati perilaku menghindari minuman  keras, judi, dan pertengkaran dalam  kehidupan sehari-hari.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti xiii  KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 2.6 Menghayati perilaku jujur dan adil dalam  kehidupan sehari-hari. 2.7    Menghayati perilaku berbuat baik, hormat,  dan patuh kepada orang tua dan guru dalam  kehidupan sehari-hari. 2.8 Memiliki sikap gemar beramal saleh dan  berbaik sangka kepada sesama.  2.9 Menghayati perilaku peduli dan gotong  royong sebagai implementasi dari  pemahaman salat sunah berjamaah dan  munfarid. 2.10 Menghayati perilaku santun sebagai  implementasi dari sujud syukur, sujud sahwi,  dan sujud tilawah. 2.11 Menghayati perilaku empati sebagai  implementasi puasa wajib dan sunah. 2.12 Menghayati perilaku hidup sehat dengan  mengonsumsi makanan dan minuman halal. 2.13 Menghayati perilaku tekun sebagai  implementasi dalam meneladani ilmuwan  pada masa Bani Umayyah.  2.14 Menghayati perilaku gemar membaca  sebagai implementasi dalam meneladani  ilmuwan pada masa Abbasiyah.   xiv Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 3. Memahami dan  menerapkan  pengetahuan  (faktual,  konseptual dan  prosedural)  berdasarkan rasa  ingin tahunya  tentang ilmu  pengetahuan,  teknologi, seni,  budaya terkait  fenomena dan  kejadian tampak  mata.   3.1 Memahami makna Q.S. al-Furqan/25: 63 dan Q.S.  al Isra’/17 : 27 serta hadis terkait.  3.2 Memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait  tentang mengonsumsi makanan dan minuman  yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari- hari. 3.3 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab  Allah Swt.   3.4 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah  Swt.  3.5 Memahami bahaya mengonsumsi minuman  keras, judi, dan pertengkaran 3.6 Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan  adil 3.7 Memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh  kepada orang tua dan guru  3.8 Memahami makna perilaku gemar beramal saleh  dan berbaik sangka kepada sesama 3.9 Memahami tata cara salat sunah berjemaah dan  munfarid. 3.10 Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi,  dan sujud tilawah. 3.11 Memahami tata cara puasa wajib dan sunah.  3.12 Memahami ketentuan makanan dan minuman  yang halal dan haram berdasarkan al-Qur’ān dan  hadis.  3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu  pengetahuan masa Bani Umayyah. 3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu  pengetahuan  masa Abbasiyah.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti xv  KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 4.  Mengolah,  menyaji, dan  menalar dalam  ranah konkret  (menggunakan,  mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan membuat)  dan ranah  abstrak (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan mengarang)  sesuai dengan  yang dipelajari  di sekolah dan  sumber lain yang  sama dalam sudut  pandang/teori.  4.1.1 Membaca Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dengan tartil. 4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqan/25:  63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27  serta Hadis terkait  dengan lancar. 4.1.3 Menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat,  dan hidup sederhana dengan  pesan  Q.S. al- Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27. 4.2.1 Membaca Q.S. an-Nahl/16: 114 terkait dengan  tartil. 4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nahl/16: 114  serta Hadis terkait dengan lancar. 4.2.3 Menyajikan keterkaitan mengonsumsi  makanan dan minuman yang halal dan  bergizi dalam kehidupan sehari-haridengan  pesan Q.S. an-Nahl/16: 114. 4.3 Menyajikan dalil naqli tentang beriman  kepada Kitab-kitab Allah Swt. 4.4 Menyajikan dalil naqli tentang iman kepada  Rasul Allah Swt. 4.5 Menyajikan dampak bahaya mengomsumsi  minuman keras, judi, dan pertengkaran. 4.6 Menyajikan cara menerapkan jujur dan adil. 4.7 Menyajikan cara berbuat baik, hormat, dan  patuh kepada orang tua dan guru. 4.8 Menyajikan contoh perilaku gemar beramal  saleh dan berbaik sangka kepada sesama.   xvi Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 4.9 Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan  munfarid.  4.10 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi,  dan sujud tilawah.  4.11 Menyajikan hikmah pelaksanaan puasa wajib  dan puasa sunah.  4.12 Menyajikan hikmah mengonsumsi makanan  yang halal dan bergizi sesuai ketentuan  dengan al-Qur’ān dan Hadis. 4.13 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan  ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah. 4.14 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan  ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.  Pemetaan Kompetensi Dasar BAB KOMPETENSI INTI (KI) KOMPETENSI DASAR (KD) 1 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.3, 2.3, 3.3, 4.3 2 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.5, 2.5, 3.5, 4.5 3 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.6, 2.6, 3.6, 4.6 4 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.9, 2.9, 3.9, 4.9 5 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.10, 2.10,3.10, 4.10, 6 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.13, 2.13, 3.13, 4.13 7 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.1, 2.1,.3.1,.4.1.1,.4.1.2,4.1.3 8 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.4, 2.4,3.4, 4.4 9 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.7, 2.7,3.7, 4.7 10 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.8, 2.8, 3.8, 4.8  11 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.11, 2.11, 3.11, 4.11 12 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.12, 2.12, 3.12, 4.12 13 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.14, 2.14, 3.14,4.14 14 KI-1. KI-2, KI-3, KI-4 1.2, 2.2, 3.2, 4.2.1, 4.2.2, 4.2.3    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 1  Bab I  Meyakini Kitab-kitab Allah Mencintai Al-Qurān  A. Kompetensi Inti  KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI-2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan  keberadaannya KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama  dalam sudut pandang/teori B. Kompetensi Dasar  1.3 Beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkan Allah Swt. 2.3 Menghayati perilaku toleran sebagai implementasi dari beriman  kepada kitab-kitab Allah Swt. 3.3 Memahami makna beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. 4.3 Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. c. Tujuan Pembelajaran  Peserta didik mampu: 1. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan  benar.   2 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  2. Menunjukkan dalil iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar. 3. Menyebutkan kitab-kitab dan Rasul penerimanya dengan benar. 4. Menunjukkan dalil naqli tentang nama-nama kitab-kitab Allah Swt.  dengan benar. 5. Menyebutkan Nabi dan Rasul yang menerima kitab-kitab Allah Swt.  dengan benar. 6. Menyebutkan kitab suci Agama Islam dengan benar. 7. Menunjukkan dalil naqli bukti kemurnian Al-Qurān dengan benar. 8. Menjelaskan perbedaan kitab dan suhuf dengan benar. 9. Menunjukkan dalil naqli tentang kitab dan suhuf dengan benar. 10. Menjelaskan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar. 11. Membiasakan mengamalkan ajaran Allah Swt. dalam kitab suci   al-Qurān dalam kehidupan sehari- hari dengan benar. D. Proses Pembelajaran  1. Persiapan a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa tulisan  manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah  dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis  ICT atau media lainnya). b. Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan berdoa  bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian  berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan  pembelajaran. c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi  sesuai dengan pokok bahasan. d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.  2. Pelaksanaan a. Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran  yang tepat diterapkan adalah model cooperative learning mencakup  suatu kelompok kecil peserta didik yang bekerja sebagai sebuah  tim untuk menyelesaikan sebuah masalah, menyelesaikan suatu  tugas, atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama  lainnya. Model cooperative learning menekankan pada kehadiran  teman sebaya yang berinteraksi antarsesamanya sebagai sebuah  tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau  tugas.     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 3  b. Proses pembelajarannya sebagai berikut: 1) Guru meminta peserta didik untuk mengkaji “Mari Renungkan”. 2) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil  kajiannya. 3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap hasil kajian peserta didik. 4) Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar  yang ada pada “Dialog Islami”. 5) Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan hasil  pencermatan pada gambar tersebut. 6) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik. 7) Peserta didik mencermati dan mengamati gambar yang ada  pada poin 1 tentang arti beriman kepada kitab-kitab Allah  Swt.  8) Peserta didik mengemukaan hasil pencermatannya. 9) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang hasil  pengamatan tersebut. 10) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan  tugas untuk berdiskusi tentang arti beriman kepada kitab- kitab Allah Swt. 11) Secara bergantian, setiap kelompok mempresentasikan hasil  diskusinya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  12) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di “Aktivitas  Peserta Didik” membaca Q.S.al-Maidah, merumuskan pesan- pesan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari  dilanjutkan memaparkan hasilnya. 13) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang materi  tersebut. 14) Peserta didik melaksanakan kegiatan mencermati dan meng- amati gambar yang ada di “nama-nama Kitab Allah Swt. dan  Rasul Penerimanya”. 15) Setiap kelompok mengkaji dan mendiskusikan kitab-kitab  Allah Swt. dan Rasul Penerimanya.  16) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil  pengamatannya dan kelompok lainnya memperhatikan/ menyimak dan memberikan tanggapan.    4 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  17) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang materi  tersebut. 18) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di “Aktivitas  peserta didik. Mencermati dan mengamati gambar yang ada  pada  tentang kitab Allah Swt. sebagai petunjuk bagi manusia  dan menuliskan komentarnya terhadap dua gambar tersebut. 19) Peserta didik mengemukaan hasil pencermatannya dan  komentarnya. 20) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan  tersebut. 21) Setiap kelompok mengkaji dan mendiskusikan tentang kitab  Allah Swt. sebagai petunjuk bagi manusia. 22) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan  hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  23) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang materi  tersebut. 24) Peserta didik mengkaji Al-Qurān sebagai kitab suci umat Islam  yang ada pada kolom 4. 25) Peserta didik mengemukaan hasil kajian dan komentarnya. 26) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan  tersebut. 27) Setiap kelompok mendiskusikan tentang Al-Qurān sebagai  kitab suci umat Islam. 28) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil  diskusinya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  29) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang materi  tersebut. 30) Peserta didik mengkaji perbedaan kitab dengan suhuf yang  ada pada poin 5. 31) Peserta didik mengemukaan hasil kajian dan komentarnya.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 5  32) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang hasil  kajian tersebut. 33) Setiap kelompok mendiskusikan tentang perbedaan kitab  dengan suhuf. 34) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil  diskusinya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  35) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa yang dikemukakan peserta didik tentang materi  tersebut. 36) Peserta didik mengkaji tentang hikmah beriman kepada kitab  Allah Swt yang ada pada poin 6. 37) Peserta didik mengemukaan hasil kajiannya dan dialognya. 38) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang hasil kajian tersebut. 39) Setiap kelompok mendiskusikan tentang hikmah beriman  kepada kitab Allah Swt. 40) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil  diskusinya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  41) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap apa  yang dikemukakan peserta didik tentang materi  tersebut. 42) Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang  penerapan akhlak mulia yang berkaitan dengan iman kepada  kitab-kitab Allah Swt. 43) Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan  terhadap pernyataan-pernyataan pada ”Refleksi Akhlak Mulia”. 44) Guru membimbing peserta didik untuk melaksanakan  kegiatan yang ada pada “Aktivitas”, membaca kisah teladan  ”Kisah Luqmān al-Hakim dan Anaknya Pergi ke Pasar”. 45) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah  dari kisah tersebut. 46) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap kisah tersebut. 47) Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran  tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks peserta didik  pada “Rangkuman”.   6 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  48) Pada “ Ayo Berlatih ”, guru melakukan hal berikut. a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan  ganda dan uraian. b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang ada  pada poin c. 49) Guru menuliskan nilai yang diperoleh peserta didik, baik nilai  sikap, nilai pengetahuan serta nilai Keterampilan. Selanjutnya  guru memberikan komentar/tanggapannya terhadap hasil  yang diperoleh peserta didik seperti yang tercantum dalam  kolom ”Catatan untuk Orang Tua Peserta Didik”, serta meminta  kepada orang tua untuk membimbing dan memantau  kegiatan peserta didik di rumah.

sumber :buku pai kelas 8

close

You May Also Like