Inilah Perbedaan Signifikan Android 9 pie dan Android 10

Android 9 pie dan Android 10

Bagi para pengguna smartphone Android, perlu diketahui bahwa banyak sekali perbedaan antara Android 9 Pie dan Android 10. Tentunya pada sistem operasi terbaru pasti banyak mengalami peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya, berikut beberapa perbedaannya. di sini.

Di antara smartphone Android terbaru, mungkin banyak orang yang sudah menggunakan Android 10 out of the box, sistem operasi terbaru yang diklaim memiliki performa lebih baik. Alhasil, banyak pembuat smartphone Android yang sebelumnya menggunakan sistem operasi Android 9 Pie mulai menawarkan pembaruan agar pengguna bisa beralih ke OS Android 10 (Q).

Daftar perbedaan antara Android 9 pie dan Android 10
8 Perbedaan Android 9 Pie dan Android 10 yang Wajib Kamu Tahu!

Ada lebih dari 8 perbedaan penting antara Android 9 pie dan Android 10. Ulasan ini mungkin cocok untuk siapa saja yang masih menggunakan Android 9 dan masih ragu untuk memperbarui ke Android 10.

Penampilan

Sepintas ukuran font di Android 10 jauh lebih besar dibandingkan saat menggunakan Android 9. Namun, jika Anda terbiasa dengan ukuran yang lebih ramping, Anda bisa mengubahnya di pengaturan font sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat mengatur ukuran font di Android 10 dengan masuk ke menu Pengaturan >> Tampilan >> Gaya dan ukuran font

Pengaruh

Di Android 10, pengguna dimanjakan oleh transisi saat mengubah tampilan layar. Bahkan, ini akan terlihat lebih banyak jika Anda mengaktifkan fitur efek ini di ponsel Android berspesifikasi tinggi. Namun, jika Anda masih menggunakan RAM 2GB atau ponsel android tipe lama, mungkin akan sedikit lamban.

Performa kecepatan

Kecepatan performa di Android 9 dan 10 sepertinya tidak berbeda, keduanya memiliki performa yang lumayan. Alasannya karena baik Android 9 maupun 10 menggunakan proses caching yang boros memori, jadi ini akan sangat membantu kinerja memuat lebih cepat.

Namun menurut beberapa sumber, Android 10 diklaim lebih cepat dari Android 9. Itu karena proses caching yang lebih bertenaga. Dan di Android 9, terkadang kita masih perlu memuat data sebelum dapat menampilkan data yang kita minta.

Penggunaan memori internal

Jika ROM (memori) biasanya terpengaruh saat mengupgrade OS, tidak ada perbedaan yang signifikan di Android 10.

Tidak ada perbedaan atau peningkatan mendadak dalam penggunaan ROM (memori internal) setelah memperbarui dari Android 9 Pie ke Android 10.

fitur mode gelap

Padahal, di Android 9, fitur dark mode sudah ada, dan beberapa aplikasi sudah otomatis mengikuti fitur dark mode, seperti background blackening.

Begitu juga dengan Android 10. Namun pada sistem operasi ini, jumlah aplikasi yang mendukung fitur Dark Mode jauh lebih banyak. Misalnya, aplikasi Gmail di Android 9 tidak menghormati fitur mode gelap saat diaktifkan, sedangkan di Android 10, aplikasi secara otomatis aktif dalam mode gelap.

Perbedaan tampilan tema

Di tema default Android 9, Anda tidak dapat melihat menu karena agak gelap. Dan di Android 10 menjadi lebih cerah (kontras).

adaptasi cahaya

Saat Anda menggunakan Android 10, sistem Android ini dapat menyesuaikan intensitas cahaya tempat/ruangan Anda. Secara otomatis akan meredup di ruangan dengan cahaya paling sedikit (gelap) dan lebih terang saat Anda menggunakannya di ruangan terbuka atau di luar di bawah terik matahari.

bilah notifikasi

Ikon pada bilah notifikasi Android 10 terlihat besar, sangat berbeda dengan saat saya masih menggunakan Android 9 yang ikonnya terlihat lebih kecil.

Nah, mungkin itulah beberapa perbedaan antara Android 9 pie dan Android 10 yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melakukan upgrade dari Android 9 ke 10. Namun perlu kamu ketahui bahwa dengan Android 10, ponsel kamu sudah siap untuk menggunakan jaringan 5G (tergantung dari tipe). ).

You May Also Like