Cara Memperbaiki Laptop Tidak Menyala atau Hang

laptop eror

Pernahkah Anda mengalami masalah seperti laptop mati secara tiba-tiba, layar biru, atau laptop tidak menyala tapi lampu charger menyala? Pastinya berkesan dan emosional, apalagi saat Anda sangat membutuhkan laptop untuk tugas-tugas penting.

Tapi jangan terus-terusan merusak laptop secara emosional, karena bisa jadi karena kelalaian Anda sendiri yang bermasalah dengan laptop Anda, misalnya: penggunaan lembur, sering digunakan untuk menonton drama Korea, daripada menggunakan kipas pendingin di bawah, gunakan bantal untuk membiarkan itu siklus. Udara tidak bekerja.

Anda harus tetap tenang karena masalah seperti laptop tidak mau hidup tetapi lampu charger menyala belum tentu berarti kerusakan yang serius, mungkin tips berikut yang akan dijelaskan oleh harewosgarut.com dapat membantu mengatasi masalah tersebut tanpa harus pergi ke Pusat servis.

Tips Mengatasi Laptop Tidak Menyala
Secara umum, laptop yang tidak menyala adalah masalah daya (daya/adaptor/baterai). Entah itu masalah pada stopkontak, atau adaptor yang rusak, tidak menutup kemungkinan juga layarnya baru saja rusak. Namun kali ini harewosgarut.com akan membahas masalah laptop tidak menyala tapi lampu charger menyala.

Ini bisa disebut juga dengan first aid kit (pertolongan pertama pada kerusakan laptop), terutama bagi yang bukan ahli IT. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi hal seperti itu? Simak tips berikut dan cara mengatasinya:

Masalah Memori
Saat Anda mulai menggunakan laptop dan menghubungkan adaptor/charger sebagai sumber listrik, lampu indikator charger akan menyala secara otomatis. Artinya daya yang masuk normal ya, tapi saat tombol power ditekan, laptop sama sekali tidak merespon dan layar tetap blank/hitam.

Masalah apa yang harus diperiksa terlebih dahulu? Mungkin ada masalah dengan RAM laptop Anda, apakah itu rusak atau kotor. Laptop dengan masalah RAM mencegah laptop menyala ditandai dengan lampu menyala untuk menunjukkan bahwa mesin terasa baik (saat dihidupkan).

Yang bisa anda lakukan untuk langkah awal ini adalah dengan melepas RAM laptop dan membersihkan pin RAM dengan penghapus pensil, kemudian coba pasang kembali dengan sempurna dan coba hidupkan kembali laptop dengan menekan tombol power.

Bagaimana hasilnya? Jika laptop tetap tidak mau hidup atau tidak muncul apa-apa di layar, kemungkinan besar RAM laptop yang rusak. Tapi jangan langsung disebut rusak, karena bisa jadi berasal dari perangkat lain yang bermasalah, seperti prosesor atau motherboard.

Prosesor merupakan perangkat terpenting dalam sistem komputer, bisa juga dikatakan sebagai otak. Jika prosesor rusak, sistem di dalamnya pasti tidak akan berfungsi, dan laptop Anda tidak akan menyala secara otomatis.

Cara pengecekan ini lebih rumit daripada pengecekan RAM karena Anda harus sangat berhati-hati jika ingin membersihkan prosesor. Pinnya sangat kecil sehingga mudah ditekuk atau patah jika Anda menariknya keluar dengan paksa. Cobalah untuk mulai membersihkan debu dari prosesor dan heatsink, dan jangan lupa untuk memeriksa knalpot laptop, biasanya ada banyak debu yang mengendap di sana.

Cara selanjutnya adalah membersihkan slurry/isolasi termal pada prosesor, jika terlihat kering atau rusak, ganti dengan slurry yang baru setelah dibersihkan agar performanya lebih baik. Jika 2 cara ini masih tidak mau menyala, maka kami sarankan untuk membawanya ke service atau service center laptop agar lebih resmi. Karena ada kemungkinan lain merusak motherboard.

Lantas, kenapa laptop tidak menyala saat tombol power ditekan?

Bagaimana agar laptop tidak menyala saat Anda menekan tombol daya
Nah, jika laptop Anda bermasalah, seperti laptop tidak mau hidup ketika Anda menekan tombol power, jangan mengira Windows sedang crash, karena hal seperti ini biasanya memiliki masalah hardware.

Alasan pertama yang dapat dianalisis adalah tombol power rusak atau mungkin ada masalah dengan perangkat keras internal, seperti motherboard, hard drive, RAM, prosesor, catu daya, atau perangkat keras lainnya.

Tentunya bila anda mengalami masalah seperti ini dan anda tidak memiliki keahlian untuk mengecek/mengganti hardware baru, lebih baik membawanya ke service center laptop.

You May Also Like