KUNCI JAWABAN MTK kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 semester 2

NILAI⏩⭐100⭐🤩kunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  Hallo adik-adk selamat datang di blog terasdukasi.com.  blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

KUNCI JAWABAN MTK kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 semester 2

Jawaban buku Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 8.6

😚Hallo adik-adik kali🥇 ini kita akan membahas pelajaran kelas 8, namun sebelum memulai silahkan untuk melihat jawaban dari mata pelajaran yang lainnya seperti .
📢⏩LENGKAP jawaban BUku MTK kelas 8
📢⏩jawaban PELAJARAN KELAS 8 lengkapppp!!
📢⏩⭐Download aplikasi terasedukasi PASTI NILAI 100
Kami berharap adik-adik menggunakan jawaban ini dengan bijak iya😘


1. Sebuah limas tegak alasnya berbentuk persegi panjang yang sisi-sisinya 18 cm dan 32 cm. Puncak limas tepat berada di atas pusat alas dan tingginya 42 cm. Hitunglah volume limas.
kunci jawaban MTK kelas 8
Vlimas = 1/3 x luas alas x tinggi
= 1/3 x 18 x 32 x 42
= 6 x 32 x 42
= 8.064 cm3
Jadi, volume limas tersebut adalah 8.064 cm3.
2. Suatu limas alasnya berbentuk persegi dengan panjang sisi 6 cm dan volumenya 60 cm³. Hitunglah tinggi limas tersebut.
kunci jawaban MTK kelas 8
Volume limas = 60
1/3x luas alas x t = 60
1/3 x 6 x 6 x t = 60
         2x 6 x t = 60
            12 x t = 60
                   t = 60/12
                   t = 5
jawaban tingginya adalah 5 cm
3. Sebuah limas dengan alas berbentuk persegi mempunyai luas alas 81cm dan volume limas 162 cm3 .tentukan lah luas seluruh sis tegak limas tersebut
kunci jawaban MTK kelas 8
Luas alas = s x s
81 = s²
  s = 9cm
vol  = 1/3 x luas alas x t
162 = 1/3 x 81 x t
162 = 27t
    t = 6cm
tinggi sisi tegak limas (bentuk segitiga) dengan phytagoras
= (9 : 2)² + 6²
   4.5² + 6²
   20.25 + 36
   √56,25
    7,5cm
luas seluruh sisi tegaknya
= 4(1/2 x a x t)
   4(1/2 x 9 x 7,5)
   4(33,75)
   135cm²

4. Volume limas P.ABCD di samping ini 48.000 m3. Jika alasnya berbentuk persegi dengan panjang sisi 60 m, maka berapakah panjang garis PE?

kunci jawaban MTK kelas 8
Volume limas = 1/3 x luas alas x tinggi
48000 = 1/3 x 60 x 60 x t
48000 = 1200 x t
t = 48000 : 1200
t = 40 m
PE2=t2+(1/2s)2PE2=t2+(1/2s)2
PE2=402+302PE2=402+302
PE2=1600+900PE2=1600+900
PE2=2500PE2=2500
PE = 50 m

5. Gambar berikut menunjukkan piramida berbentuk limas dengan alas berbentuk persegi yang panjang sisi-sisinya 230 m dan tingginya 146 m. Hitunglah volume piramida tersebut.

kunci jawaban MTK kelas 8
Diketahui
Piramida berbentuk limas persegi
Panjang sisi persegi (s) = 230 m
Tinggi limas (t) = 146 m
Ditanyakan
Volume piramida = …. ?
Jawab
Volume piramida
= volume limas
= ⅓ × luas alas × tinggi
= ⅓ × s² × t
= ⅓ × (230 m)² × (146 m)
= ⅓ × 52.900 m² × 146 m
= ⅓ × 7.723.400 m³
= 2.574.466 2/3  m³
= 2.574.466,67 m³
6. Alas sebuah limas berbentuk belahketupat dengan panjang diagonaldiagonalnya 10 cm dan 15 cm. Tinggi limas adalah 18 cm. Jika diagonal-diagonal alas maupun tingginya diperbesar 3 kali, maka tentukan perbandingan volume limas sebelum dan sesudah diperbesar.
kunci jawaban MTK kelas 8
Volume Limas belah ketupat awal
d₁ = 10 cm
d₂ = 15 cm
t = 18 cm
V awal = ¹/₃ × luas alas × tinggi
           = ¹/₃ × (¹/₂ × 10 × 15) × 18 cm³
           = ¹/₃ × 75 × 18 cm³
           = 450 cm³
Volume limas belah ketupat diperbesar 3×
d₁ = 10 cm × 3 = 30 cm
d₂ = 15 cm × 3 = 45 cm
t = 18 cm × 3 = 54 cm
V perbesar = ¹/₃ × luas alas × tinggi
                   = ¹/₃ × (¹/₂ × 30 × 45) × 54 cm³
                   = ¹/₃ × 675 × 54 cm³
                   = 12.150 cm³
Besar perubahan volume limas
Perubahan volume = V perbesar – V awal
                                = 12.150 cm³ – 450 cm³
                                = 11.700 cm³
Jadi besar perubahan volume limas adalah 11.700 cm³
Perbandingan volume = V awal : V perbesar
                                     = 450 cm³ : 12.150 cm³
                                     = 1 : 27

7. Perhatikan limas T.ABCD alasnya berbentuk persegi. Kelling alas limas 72 cm, dan panjang TP = 15 cm. Volume limas tersebut adalah ….

A. 4.860 cm3
B. 3.888 cm3
C. 1.620 cm3
D. 1.296 cm3
kunci jawaban MTK kelas 8
Keliling persegi = 72 cm
4 × s = 72 cm
      s = 72 / 4
      s = 18 cm
∴ Panjang AB = BC = CD = AD = 18 cm
menentukan tinggi limas TO
TO² = TP² – (AB/2)²
       = 15² – ()²
       = 15² – 9²
       = 225 – 81
       = 144
 TO = √144
 TO = 12 cm
Mencari volume limas T.ABCD
V limas = 1/3 × AB × BC × TO
             = 1/3 × 18 cm × 18 cm × 12 cm
             = 324 × 4 cm³
             = 1.296 cm
Jadi volume limas tersebut adalah 1.296 cm³
Jawaban : D
8. volume sebuah limas adalah 640 m³ dan tingginya 13 m. berapakah luas alasnya?
kunci jawaban MTK kelas 8
rumus umum volume limas:
volume limas = 1/3 x luas alas x tinggi
ilustrasi soal diketahui:
volume limas = 640 m³
tinggi limas = 13 m
ditanya luas alas limas = …?
rumus yang digunakan → volume = 1/3 x luas alas x tinggi
jawab:
volume limas = 1/3 x luas alas x tinggi
640 m³ = 1/3 x luas alas x 13 m
640 m³ x 3 = luas alas x 13 m
1920 m³ = luas alas x 13 m
1920 m³ : 13 m = luas alas
147,7 m² = luas alas
jadi luas alas limas = 147,7 m²

9. Perhatikan gambar limas O.KLMN berikut.

Alas limas O.KLMN merupakan persegi yang memiliki panjang sisi 13 cm. Jika sisi tegak limas merupakan segitiga sama kaki dengan tinggi 18 cm, tentukan.
a. luas alas,
b. luas ΔLMO,
c. luas bidang tegak,
d. luas permukaan.
kunci jawaban MTK kelas 8
a. luas alas = sisi x sisi = 13 x 13 = 169 cm²
b. luas lmo = (sisi x tinggi) / 2 = (13 x 18) / 2 = 117 cm²
c. luas bidang tegak = 4 x luas lmo = 4 x 117 = 468 cm²
d. luas permukaan = luas alas + luas bidang tegak = 169 + 468 = 637 cm²
10. Perhatikan kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 2 cm. Tentukan volume limas E.ABCD.
kunci jawaban MTK kelas 8
V limas E.ABCD .
t = BE = 2 cm
AB = 2 cm
BC = 2 cm
V ?
V = 1/3 . La . t
   = 1/3 . 2 . 2 . 2
   = 1/3 . 8
   = 2 2/3 cm3
11. Atap sebuah rumah berbentuk limas dengan alas berupa persegi panjang berukuran 25 m × 15 m. Tinggi atap itu (tinggi limas) adalah 7 m. Volume udara yang terdapat dalam ruang atap itu adalah
kunci jawaban MTK kelas 8
Diketahui :
ukuran alas = 25 x 15
t = 7 m
maka :
Luas alas = p x l
                   = 25 x 15
                   = 375 m²
V = 1/3 luas alas x t
    = 1/3 x 375 x 7
    = 875 cm
12. Alas sebuah limas berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 10 cm dan lebar 8 cm. Tinggi limas adalah 15 cm. Jika sisi-sisi alasnya diperbesar 11/2 kali, tentukan besar perubahan volume limas tersebut.
kunci jawaban MTK kelas 8
Diperbesar 1 1/2
panajang = 10 x 1 1/2
              = 10 x 3/2
              = 15
lebar = 8 x 1 1/2
         = 8 x 3/2
         = 12
volume = 1/3 x p x l x t
           = 1/3 x 12 x 15 x 15
           = 4 x 15 x 15
           = 4 x 225
           = 900 cm²
jawabnnya 900 cm ²
13. Sebuah limas tegak alasnya berbentuk segidelapan dengan panjang sisinya 10 cm dan tinggi limas tersebut 15 cm. Tentukan volume limas tersebut.
kunci jawaban MTK kelas 8
Rumus Luas segi delapan  = 2 x s2 (√2 + 1)
Luas alas = 2 x 102 (√2 + 1)
= 200 (√2 + 1) cm2
Vlimas = 1/3 x luas alas x tinggi
= 1/3 x 200 (√2 + 1) x 15
= 1.000 (√2 + 1) cm3
Jadi, volume limas tersebut adalah 1.000 (√2 + 1) cm3.
14. Sebuah limas segiempat beraturan akan dimasukkan pada kubus yang mempunyai panjang rusuk 12 cm. Tentukan besar volume maksimal limas itu agar dapat masuk pada kubus tersebut.
kunci jawaban MTK kelas 8
Vmaksimal limas = 1/3 x luas alas x tinggi
= 1/3 x ( 12 x 12 ) x 12
= 4 x 144
= 576 cm3
Jadi, besar volume maksimal limas itu agar dapat masuk pada kubus tersebut adalah 576 cm3
14. Sebuah limas segiempat beraturan akan dimasukkan pada kubus yang mempunyai panjang rusuk 12 cm. Tentukan besar volume maksimal limas itu agar dapat masuk pada kubus tersebut.
kunci jawaban MTK kelas 8
Volume maksimal limas
= 1/3 x luas alas x tinggi
= 1/3 x s x s x t
= 1/3 x 12 cm x 12 cm x 12 cm
= 1/3 x 1728 cm³
= 576 cm³
15.  Sebuah limas segi empat beraturan memiliki panjang sisi alas 6 cm dan tinggi 15 cm jika panjang sisi sisi alasnya diperbesar 2 kali sedangkan tingginya diperkecil 1/3 kali maka berapakah besar perubahan volume limas itu?
kunci jawaban MTK kelas 8
Volume awal
=1/3×6²×15
=1/3×36×15
=12×15
=180cm³
Volume setelah diperkecil
=1/3×(2×6)×(2×6)×(15×1/3)
=1/3×12×12×5
=4×12×5
=240cm³
Perubahan
=240-180
=60cm³

📢⏩LENGKAP jawaban BUku MTK kelas 8
📢⏩jawaban PELAJARAN KELAS 8 lengkapppp!!
📢⏩⭐Download aplikasi terasedukasi PASTI NILAI 100

Sumber:kemdikbud/buku mtk kelas 8/m4thguru

Rangkuman mtk kelas 8

meluJdan bisa mengiringi keadaan salat-salat sehingga bisa mkunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 ensupport pada kekhusyu’an idealnya kita mengerti apa yang dibaca dan dilakukan dalam salat sebelum salat kunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 dikerjakan idealnya kita mempelajari dulu kalau sekedar untuk menggugurkan formalitas kewajiban yang melekat dan mengantarkan pada tingkatan khusyu yang paling rendah yaitu sekedar salat ditunaikan tuntas selesai ada masalah babnya bukan ini hai tapi kalau motivakunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 si kita ingin mendapatkan feedback ini mempercepat terkabul doa kemudian tadi yang pernah disampaikan manfaat-manfaat merubah perilaku jadi lebih baik menghadirkan ketenangan ini mutlak Diperlukan ya Jadi apa yang harus dilakukan harus dilakukan adalah kita mempelajari dulu memahami darikunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  mulai takbir bacaan yang diucapkan allahuakbar pikiran harus paham harus mengerti itu ya nanti fungsinya apa akan mengiringi kegiatan fisik jadi begitu fisik itu mengatakan allahuakbar Lisa mengatakan allahuakbar fikiran mengiringi dengan menerjemahkan sehingga ikut di pemaknaan itu allahuakbar fikirannya langsung menerjemahkan Allah Maha Besar Ketika pikirankunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  menerjemahkan konektivitas ini akan kehati nyambung ke Rohim Rohadi kaleborah merasakkunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 an Oh ya Oh yang meresapi jadi kalau singkatnya Begini Begitu Anda kemudian saya kita memulai contoh ya dalam salat kan ini mengangkat nih Ken Allohuakbar dengan ini kalau nanti kita maskunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 uk ke makna-makna ya Asrul salam ya terus makna-makna gerakan dan bacaan shalat hikmahnya itu apa sambil cepat saja ya misal bisa ambil gerakan pertama ini mengangkat ini ya mengangkat seperti ini bukan sekedar mengangkat tapi hikmahnya Nanti menunjukkan kepasrahan ketawakalan kepada Allah kesiapan kita menghadap dengan sempurna sekaligus menepikan semua yakunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 ng tidak terkait dengan salat ke belakang buang urusan dunia ke belakang ya persoalan terbesar yang mengganggu kekhusyu’an itu adalah ketika orang salat dunia Masih Dibawah maka Buang semua urusan dunia ke belakang pasrahkan hadapkan diri kita sepenuhnya untuk membangun ketaatan kepada Allah angkat lisan mengucapkan allahuakbar pikiran menerjemahkan Allah maha beskunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6kunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 kunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  halaman 188 189 190 bab 8 semester 2 ar hati meresap Oh ya Allah aku mengikrarkan Engkau yang maha besar yang Maha Agung nih sedangkan aku bahkan sebelum salat kadang-kadang membawa kebesaran dalam diriku merasa lebih hebat di samping orang lain masa lebih tinggikunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  dibandingkan dengan teman ya merasa lebih mulia dibandingkan dengan pasangan dan sebagainya lalu kita bertobat di situ Makanya kalau pengantar awalnya sudah begini ya step berikutnya itu lebih khusyu Ketika anda mengucapkan doa iftitah setelah takbir dengan suasana seperti ini merasakan berbuat salah dengan mengakui banyak kekurangan katanya mengatakan Allah maha besar tapi masih merasa besar dalam kehidupan sadar kita karena sudah masuk kehati ada kesadaran dalam jiwa maka keluarlah selanjutnya Allah membangun baini wabaina khatayaya kalimat tobat wajah dua jendela di fatal samawati Wal art kalimat kepasrahan itu kalau kalimat inikunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  diawali dengan sifat-sifat keadaan tadi kekhusyu’an yang sudah hadir itu beda rasanya nggak Hai beda itulah tilawah inilah pentingnya kita mengaji Gan Jadi kalau salat seperti biasa Iya betul gugur kewajiban ada masalah sah shalatnya sepanjang rukun terpenuhi syarat dikerjakan rukun dan syarat terpenuhi sah shalat khusyu’ tapi kalau kita ingin melangkah kepada hal yang baru yang menghadirkan semua manfaat-manfaat yang dijanjikan maka ini masih terpenuhi yaitu Haikunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  baiknyakunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  nah keadaan seperti ini bagi orang yang ingin khusyuk mudah tapi bagi orang yang tidak ingin mendapatkan khusyuknya naik maksimal itu terasa berat makanya ketika Allah sampaikan sifat khusus ini ketika akan dibangun sifat khusyuk itu salat itu ya akan terasa berat kecuali bagi orang-orang yang memang ingin mendambakan khusyuk tapi kalau sekedar hanya salat biasa salat biasa untuk salat saja ini sempurna selesai rukun dan syarat pntas ya cuman kalau khusyu ini enggak didapat ini hanya sekedar menggugurkan kewajiban pun bisa malas-malasan Kenapa karena kenikmatan tuh lahir dari ini yang dimaksudkan wasta’inu bissobri wassolah wine Nah ada kabirotun ngiler Russian Solatum bisa jadi berarti tunaikan Cherrybelle orang khusyuk tasnya ide keadaan sampai step yang kedua yang ketiga terkait dengan roh qalbu yang tempatnya dekol body Nafiz Hai di kalau begitu kan Puncak segala rasa perasaan tenang gelisah cinta suka-duka adanya dalam jiwa bawaan dari perasaan kita dirasa ini karena itu Bahasa Kalbu beda dengan bahasa akal Hai orang kalau sudah nggak bisa diajak berdialog dengan akal untuk qolbunya sentuh qolbunya dan qalbu itu biasanya lebih sensitif Sentuhlah Iya tepat dihatikunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  maka ia akan jadi milikmu untuk selamanya adegan anak pasangan ya kemudian juga ya Jadi kitakunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  dan sebagainya ini di qalbu dalam jiwanya sentuhan kepada qalbu ini bahasanya berbeda dengan bahasa akal apalagi dengan bahasa-bahasa fisik tidak dia lainnya ya kita bicara dengan ibu itukunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  beda ya Ibu itu yang mengandung memberikan asyik oke setiap kalimat-kalimat yaitu bukan hanya sampai ke fikir itu langsung ke jiwa Wajar kiranya anak-anak itu datang ke ibu untuk konsultasi jarang ke Ayah ya karena Ayah tucano diskusi biasanya lebih banyak kepada fikiran mematangkan akal matangkan cara berpikir pakai Alquran tuh banyak sekali informasi-informasi dialog anak dengan ayah itu untuk mematangkan sifat berfikir oil Alaihisalam dengan Ibrohim Alaihis Salamkunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  untuk mematangkan Sempat berpikir ya bunda ini Raffi Ahmad Bukhori Duhai anakku sayang aku lihat engkau dalam mimpi Papa Yen Papa menyembelih kamu pendapatmu gimana kematangan berpikir Nabi Yusuf Alaihissalam dialog dengan ayahandanya yang aku alisan Ya wahai Ayahanda ya abati saya melihat dalam mimpi saya ya Ahadakunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  asyarokunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  kaukaba worth walqomaro roaituhum bisa jadi aku melihat bahwa 11 gemintang kemudian bulan dan matahari bersujud kepadaku Bagaimana pendapat Ayahanda dialog matang nakal ya kematangan akal nah tapi kalau dengan ibu itu kematangan emosional Ibu tuh kalau ngasihkunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  nasehat bicara itu Menghunjam Nike jiwa anak telurnya ke ibunya untuk mendapatkan sih sayang perlindungan dan sebagai itu antara sangat terpisahkan Makanya kalau anak diantar orang tua ke pesantren itu yang baru melangkah pulang itu yang nangis ibunya duluan Hai bapak yang menangani tugas-tugas begitu biasanya ya udah-udah kompaktour ngantar ke pesantren siap tiga hari sebelum berangkat masih merasakan dua hari mulai ada perasaan yang berbeda sehari Pas mau berangkat menangis Apa Pa nanti aja ke pesantren tahun depan hehehe perangkat nyampekunci jawaban matematika kelas 8 ayo kita berlatih 8.6 halaman 188 189 190 bab 8 semester 2  Pesantren mulai tuh iya pulang-pulang datangnya enggak pernah baru-baru kantong itu itu biasa itu Ibu enggak terpisahkan dalam suasana Kenapa akan ada rahmat dalam rasa dalam jiwa dalam salat kalau kita ingin menghadirkan Puncak kekhusyu’an maka inikol bunyi disentuh Hai enak alquran sudah mengajarkan bagaimana cara menghadirkan sentuhan dalam jiwa sehingga perasaan itu terpaut sempurna dalam salat saja tidak pada yang lain terbawa ke situ itu jawabannya nanti ada di Quran surah kedua ayat 46 hai hai Oh ya tetap bersabar

ayo kita berlatih 8.7 matematika kelas 8 semester 2
jawaban matematika kelas 8 halaman 188 semester 1
jawaban matematika kelas 8 halaman 188 semester 2
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 188 uji kompetensi 4
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 181
ayo kita berlatih 8.7 matematika kelas 8 semester 2
jawaban matematika kelas 8 halaman 188 semester 1
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 188 uji kompetensi 4
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 181
terdapat dua garis k dan l seperti gambar dibawah ini

You May Also Like