KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2

NILAI⏩⭐100⭐ KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2–  Hallo temen-temen selamat datang di blog terasdukasi.com.  blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 129 Tabel 6.1 Daftar Pertanyaan

Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas pelajaran kelas 8, namun sebelum memulai silahkan untuk melihat jawaban dari mata pelajaran yang lainnya seperti Matematika, Bahasa indonesia, Bahasa inggris, PAI, PKN POK, IPA,IPS dan lain-lain. Kami berharap adik-adik menggunakan jawaban ini dengan bijak iya. ⏩⭐Download APLIKASI TERASEDUKASI⏩⭐


Aktivitas 6.1
Silakan kalian gali informasi secara berkelompok siapa saja pendiri negara yang memiliki semangat dan komitmen kebangsaan yang kuat. Tuliskan bagaimana bentuk perjuangan yang dilakukan. Kemudian, presentasikan di depan kelas.

Tabel 6.2 Bentuk Semangat dan Komitmen Kebangsaan Pendiri Negara

Nama Pendiri Negara : K. H. Wahid Hasyim
Bentuk Semangat dan Komitmen :
1. Aktif berorganisasi di organisasi positif terutama dalam bidang keagamaan.
2. Bersikap patriotisme dan nasionalisme, terbukti dari beliau yang dianugerahi sebagai pahlawan nasional.
3. Menjadi pribadi yang jujur, cerdas, amanah, serta dapat dipercaya.
Sejarah Perjuangan :
K. H. Wahid Hasyim merupakan seorang tokoh pahlawan Nasional yang juga menyabet gelar Founding Fathers (Bapak Pendiri Bangsa) Indonesia. Langkah cemerlang dalam perjuangan yang diambil K.H. Wahid Hasjim adalah membentuk Kementerian Agama, lalu membujuk Jepang untuk memberikan latihan militer khusus kepada para santri, serta mendirikan barisan pertahanan rakyat secara mandiri.

Selain itu, beliau juga termasuk salah satu anggota BPUPKI. Peran beliau sangat penting, yaitu guna menengahi perbedaan pandang antar kaum nasionalis dan kaum islami, dimana kaum nasionalis menginginkan negara berbentuk kesatuan, sedangkan kaum islami menginginkan negara yang menjalankan penuh Syariat agama Islam. K.H. Wahid Hasyim sendiri juga merupakan tokoh nasional termuda yang ikut serta dalam penandatanganan Piagam Jakarta dimana Piagam ini menjadi cikal bakal terbentuknya landasan dasar Indonesia.

Nama Pendiri Negara : Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H
Bentuk Semangat dan Komitmen :
1. Totalitas dalam menjadi pribadi yang cinta dan siap membela tanah air.
2. Semangat menempuh pendidikan guna merubah bangsanya kearah yang lebih baik.
3. Menjadi pribadi yang jujur dan tegas dalam menegakan keadilan, hal ini dibuktikan ketika ia menjabat sebagai Menteri Kehakiman.
4. Memberikan dan memperlakukan Negaranya sebaik mungkin.
5. Aktif dalam organisasi yang memiliki orientasi positif bagi pribadi serta bangsanya.
6. Amanah dalam mengemban tugas sebagai pejabat negara.

Sejarah Perjuangan :
Mohammad Yamin merupakan sosok yang lahir pada tanggal 24 Agustus 1903 dan wafat pada 17 Oktober 1962. Sebelum memulai perjuangan, beliau banyak menempuh pendidikan, seperti di HIS Palembang, AMS Yogyakarta, dan Rechtschoogeschool te Batavia di Jakarta.

Mohammad Yamin bisa dikatakan sebagai bapak pendiri bangsa karena beberapa keaktifannya dalam membantu proses kemerdekaan Indonesia, diantaranya seperti menyusun naskah Sumpah Pemuda yang dibacakan pada kongres pemuda II pada 27-28 Oktober 1928 dan Menyampaikan gagasan pendapat landasan negara sewaktu konferensi BPUPKI.

Nama Pendiri Negara : Ir. Soekarno
Bentuk Semangat dan Komitmen :
1. Bersifat Nasionalisme dan Patriotisme yang sangat tinggi.
2. Menerapkan nilai-nilai keislaman dalam dunia berpolitiknya demi kemaslahatan bangsanya.
3. Idealisme Perjuangan yang sangat kental dan sangat tinggi.
4. Jiwa yang menggelora untuk mencapai kemerdekaan bangsanya.
5. Tegas dalam menolak setiap iming-iming bangsa Asing.

Sejarah Perjuangan :
4 Juli 1927 beliau bersama teman-temannya mendirikan PNI guna menciptakan perjuangan yang terorganisir dan terarah, sehingga kemerdekaan dapat lebih mudah diraih.

Akibat langkah yang beliau tempuh, beliau harus sering berhadapan oleh kolonial Belanda sehingga menjadikan beliau sering diasingkan. Pengasingan yang diperoleh beliau tidak menyurutkan semangat beliau. Banyak langkah-langkah yang beliau lakukan, seperti menyusun pledoi bertuliskan Indonesia menggugat, mengusulkan landasan dasar negara sewaktu sidang BPUPKI, Ikut berpendapat dalam upaya memerdekakan Indonesia, serta ikut aktif dalam usaha-usaha menciptakan kemerdekaan Indonesia lainnya.

Nama Pendiri Negara : Mohammad Hatta.
Bentuk Semangat dan Komitmen :
1. Semangat persatuan dan kesatuan.
2. Pejuang Hak Asasi Manusia.
3. Cinta tanah air.
4. Mengutamakan kepentingan umum.
5. Berjiwa kepahlawanan

Sejarah Perjuangan :
Perjuangan beliau sudah dimulai sejak beliau menempuh pendidikan di Negara Belanda. Banyak sekali upaya yang beliau lakukan bersama teman-temannya, salah satunya menyuarakan kemerdekaan Indonesia di Belanda.

Sepulangnya di Indonesia, ia melanjutkan perjuangannya secara diplomatik guna mengeluarkan Indonesia dari pengaruh kolonialisme Belanda. Salah satu langkah yang beliau ambil adalah bergabung dalam badan BPUPKI. Secara khusus beliau tergabung dalam panitia 9 guna mengolah usul dan konsep para anggota mengenai dasar negara Indonesia.
Tidak hanya itu, setelah dibubarkannya BPUPKI, beliau kemudian aktif di PPKI bersama tokoh nasional lainnya Ir. Soekarno. Berkat kerja kerasnya, Indonesia mampu meraih kemerdekaanya.

Jawaban satu BUKU pkn kelas 8
⏩jawaban PELAJARAN KELAS 8 lengkapppp!!
⏩⭐Download aplikasi terasedukasi PASTI NILAI 100

Rangkuman pkn kelas 8

x Baabullah un bensetengah orang sabuk boleh tidak boleh itu menang penguasa gitu ya apabila itu di take over diambil alih oleh masing-masing individu keliru Salah menurut aturan Islam juga salah tanpa membenarkan perbuatan membeli sesajian enggak sebab sirih ya seri tapi bagaimana cara memberantas perbuatan Syirik tersebut ada aturan berdasarkan hal itulah maka lihat dampaknya lihat mau bawahnya karena ingin memberantas Syirik dengan Sara yang tidak syar’i caranya lelaki bat mogok apa motor tuh muncul 1000 sesajian terus di asli dipermasalahkan yang Semoga Allah melindunginya Hai juga Allah juga memberikan kesabaran kepadanya Semoga Allah memudahkan urusan semoga dibebaskan lah ya Dan ini menjadi pelajaran bagi dia untuk di kemudian hari dan juga pelajaran bagi yang lain ingat  Bakar telah melakukan kebaikan kok dibalas dengan keburukan Benarkah apa yang dilakukan oleh Allah akan Hai menara Hai karena kesel kebaikannya di balas dengan kejahatan Ayah sumpah stop saying akan bantu-bantu lagi Ngakan ngasih lagi ke mereka beneran masalah ini Jawa Batu benar salah-salah Apa benar sungai yang salah kalau nggak mau ngomong tuh yang salah satu yang Hai Nona nasum the simple jawabannya apa yang dilakukan oleh bakar adalah benar-benar salah-salah kenapa Salah ditegur oleh Allah Allah sampai menurunkan ayat tegurannya tertuang dalam surah an-nur ayat 22 kata Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam ayat tersebut negur Abubakar karena Allah Azza wa Jalla Wal Yaumil Fadli minkum usah Ayo to Ulil qurbal masakin ketahuan sama Jela janganlah sampai bersumpah jangan sampai bersumpah untuk tidak memberi apa-apa lagi orang-orang yang punya kelebihan harta dan keluasan kekayaan bahwa mereka tidak akan memberi lagi kepada kerabat kepada orang-orang miskin kepada Muhajirin fisabila walya’fu walyasfahu Maafkan mereka toleran lah kepada mereka alat tuhibbun ayat Shalallahu alaikum allahurohim Apa kamu tidak mau kalau Allah mengampuni dosa-dosa kamu karena kamu mengampuni kesalahan mereka itu intinya tidak boleh kita bersumpah untuk tidak melakukan kebaikan membantu oranKUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2g melakukan kebaikan bukan ya dan sampai kita bersumpah ya akan bantu-bantu lagi itu sama dengan bersumpah untuk tidak melakukan baikan nggak boleh Hai Celia full Maafkan mereka waKUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2lyasfahu dan tetap toleran kepada mereka hallethu handphone Ayah suruh bangun aku apa kamu nggak mau kalau Allah mengampuni dosa kamu karena kamu mengampuni dosa mereka tahu Bakar As Shiddiq radhiallahu an yang merasa bahwa ayat ini turun tentang diri yeah lalu merespon balla no heboh ia r’fia antar firlana rompi benar kami suka Kalau engkau ya Allah mengampuni dosa-dosa kan akhirnya dicabut sumpahnya dibayar kifarat nya dan tetap memberikan bantuan kepada orang-orang yang tadi jahat dan berikut ada berapa wasit lihat jahatan orKUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2ang tutup baik tetap di dibalas dengan kebaikan Allah menyatakan infaq bilety hiasan balas keburukan itu dengan kebaikan Nanti orang jahat tersebut Malu sendiri Hai sudah dijahati nih dibalasnya dengan kebaikan Hai itu akan malu sendiri akhirnya akan mendekat dia minta maaf [Musik] akhirnya dia akan mendekam mendekati kita kemudian menyayangi kita mendukung kita bersahabat dengan kita persis seperti yang Allah terangkan dalam ayat tadi setelah infark Billah hiasan Fadli by nagare no adalah karena hwalien hamil maka orang yang tanya antara kamu dengan dia bermusuhan itu berubah menjadi kawan yang dekat karena kebaikan yang kita lakukan ini ada pengalaman orange pengalaman Hai ustad-ustad ini pakai mobil menyetir sendiri kenapa nyetir sendiri Tahu enggak karena Hai negeri itu enggak bisa berdua ciu Heng gitar buat sahabat Aurelia usaha nunga gasnya makanya birma dimana-mana juga sendiri pesan itu lagi film mobil Mengisi bensin masuk ke pom bensin [Musik] Hai ada antrian di hadapan mobil ustad ini ada angkot Hai santri juga di hadapan angkot atau berapa Android ketika orang lain terus maju angkat ini tetep tim diteliti template-template nggak maju juga selesai mikir mungkin ini mogok akhirnya Ustad mundur dikit akhirnya yapta tidak hulului posisi dahulu that Woi Ngambek dia Hai karena merasa di salib ya mau video akhirnya dia duluan usah itu karena nggak tahu ya udah mundur lagi punten Kang itu Sugan teh mogok Wow ternyata si aku tadi Teh supirnya lagi ngitung uang receh untuk beli-beli bengsin uang receh bayaranKUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2 dari dari dari dari penumpangnya ketika ngisi berapa SS2 l memilih sidoli terbanyak apa sedikit-sedikit saucer ngaharewos kasaha kasih petugas kasih 10 l u nanti saya yang bayar [Musik] Hai nah begitu sudah dua tong sok2an penuh 10kg ngadaun Yesus Tipang bayarkan Queen hahaha Hamas tadi poporongos Hai tahu hanas hanas setiap bank sudah kadung dia itu poporongos itu KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2membentak-bentak memarahi dia Hai jurusan itu hanyalah menghiaskan tapi Abdi lepat ringe Tadi saya salah sebagai permohonan maaf biar ditambah jadi 10 l uang itu sudah Hai ambil aja nggak papa nanti seng bayar gitu apa yang terjadi sepuh runtuhan cucok Allah warna tadi mah menghina menyebut teori segala macam pada Ustadz atau berjenggot Asoka Wisnu kayak gitulah mulutnya itu kayak AK47 poor gitu [Musik] muncrat-muncrat nah segala macem kaya gitu lah Ya udah ini orang awam jangan dilayani dan langsung pasang kuda-kuda biar Hai biarkan karena mereka AlKUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Tabel 6.2lah mereka tipis Iman buah salad buah untuk mudah sekali tersulut emosi kalau kita lawan tidak ada kebaikan dan manfaat yang Adam magma balap Hai nah tapi kalau kita merasa salah meminta maaf kemudian diberikan kebaikan setelah itu dia merangkul didoakan pohoj pun tadinya hop Maaf ya saya tadi ngomong kayak gitu pagi orang baik dah assalamualaikum assalamualaikum kalau Batak mungkin Islam mungkin tidak kenapa sampai ongkek begitu Jadi

sumber:basbahanajar

jawaban pkn halaman 136 kelas 9
tabel 6.2 bentuk semangat dan komitmen kebangsaan pendiri negara
nama pendiri negara bentuk semangat dan komitmen sejarah perjuangan
bentuk komitmen kebangsaan
tabel 6.2 perbedaan kedua teks
tugas mandiri 6.2 pkn kelas 9 brainly
aktivitas 6.2 pkn kelas 8 hal 139 brainly
tugas kelompok 6.2 pkn kelas 9 hal 161 brainly

You May Also Like