KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2

Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2   bab 6 Semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 soal dan jawaban buku mtk kelas 2 smp mts semester 1 dan semester 2 

📢halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi . Teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran 📗 SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan NILAI 100+-.

Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Matematika Kelas 8  Semester 2 

1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang membentuk segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul?
a. 13, 9, 11
b. 8, 17, 15
c. 130, 120, 50
d. 12, 16, 5
e. 10, 20, 24
f. 18, 22, 12
g. 1,73; 2,23; 1,41
h. 12, 36, 35
KUNCI JAWABAN
Nah disini untuk menentukan geis segitiga, pastinya kita harus mengetahui rumus-rumus dari segitiga tersebut,

1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang membentuk segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul?
sumber:masbanja.com

disini kakak telah memberikan rumus dan telah menghitung nilai dari rumus tersebut, sehingga dapat kita simpulkan untuk menentukan jenis segitiganya

A.  13, 9, 11 
13² < 9² + 11²
169 < 81 + 121
169 < 202
Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah segitiga lancip, karena a² < b² + c² .
B.   8, 17, 15
17² = 8² + 15²
289 = 64 + 225
289 = 289

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

segitiga siku-siku, karena a² = b² + c²
C.  130, 120, 50 
130² = 120² + 50²
16900 = 14400 + 2500
16900 = 16900

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

 segitiga siku-siku, karena a² = b² + c²
D.  12,16,5 
16² > 12² + 5
256 > 144 + 25
256 > 169

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

 segitiga tumpul, karena a² > b² + c²
E.  10, 20, 24 
24² > 20² + 10²
576 > 400 + 100
576 > 500

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

 segitiga tumpul, karena a² > b² + c²
F.   18, 22, 12 
22² > 18² + 12²
484 > 324 + 144
484 > 468

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

segitiga tumpul, karena a² > b² + c²
G.  1,73; 2,23; 1,41
2,23² < 1,73² + 1,41²
4,9729 < 2,9929 + 1,9881
4,9729 < 4,981

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

 segitiga lancip, karena a² < b² + c²
h.  12, 36, 35
36² < 12² + 35²
1296 < 144 + 1225
1296 < 1369

Nah disini kita dapat simpulkan bahwa dengan nilai tersebut dan dari hasil operasinya maka bisa kita katakan bahwa ini adalah

 segitiga lancip, karena a² < b² + c²
2. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel
Pythagoras?
a. 10, 12, 14
b. 7, 13, 11
c. 6, 2(1/2),  6(1/2)
KUNCI JAWABAN
a. 10²+12²…14²
100+144…196
244 >196
Bukan tripel phytagoras
b. 7²+11²…13²
49+121…169
170>169
Bukan tripel phytagoras
c

memenuhi tripel phytagoras
Nah dari hasil yang telah kita operasikan, kita dapat simpulkan bahwah ketiga nilai tersebut merupakan  tripel phytagoras adalah bagian C
3. Tentukan apakah ∆KLM dengan titik K(6, −6), L(39, −12), dan M(24, 18) adalah segitiga sebarang, segitiga sama kaki, atau segitiga sama sisi. Jelaskan jawaban kalian.
KUNCI JAWABAN
Diketahui segitiga KLM 
  • Titik K (6,-6)
  • Titik L (39,-12)
  • Titik M (24,18)
Ditanya: bentuk segitiga apa ?

OPERASINYA
Kita cari panjang sisi-sisinya terlebih dahulu, dengan menggunakan rumus pythagoras
c = √(a² + b²)
Dengan C sisi terpanjang (sisi miring)
Kita cari panjang KL
KL = √{(y2 – y1)² + (x2-x1)²}
     = √{(-12-(-6))² + (39 – 6)²}
     = √{(-6)² + 33²}
     = √(36 + 1089)
     = √1125
     = 33,5 satuan
Panjang KM
KM =  √{(y2 – y1)² + (x2-x1)²}
      = √{(18-(-6)² + (24-6)²}
      = √(24² + 18²)
      = √(576 + 324)
      = √900
      = 30 satuan
Panjang LM
LM = √{(y2 – y1)² + (x2-x1)²}
      = √{(18-(-12)² + (24-39)²}
      = √{30² + (-15)²}
      = √(900 + 225)
      = √1125
      = 33,5 satuan
Nah dari operasi yang te.ah kita lakukan , kita dapat simpulkan bahwa  segitiga KLM merupakan segitiga sama kaki
4. Jika 32, x, 68 adalah tripel Pythagoras. Berapakah nilai x Tunjukkan bagaimana kalian mendapatkannya.
KUNCI JAWABAN
Diketahui :
a = 32, b = x, dan c = 68.
Seperti kita ketahui bahwa salah satu rumus pythagoras itu  a² + b² = c², nah disini tinggal kita masukan angka-angka yang telah kita identifikasi sebelum
⇔ 32² + x² = 68²
⇔ x² = 68² – 32²
⇔ x² = 4.624 – 1.024
⇔ x² = 3.600
⇔ x = √3.600
⇔ x = √60²
⇔ x = 60
Jadi, nilai x adalah 60
5. Bilangan terkecil dari tripel Pythagoras adalah 33. Tentukan tripel Pythagoras. Jelaskan bagaimana kalian menemukan dua bilangan lainnya.
KUNCI JAWABAN
Bilangan terkecil dari tripel pythagoras adalah 33. Kita cari faktor dari 33 yaitu 3 × 11. Bilangan 3 terdapat pada tripel pythagoras 3, 4, dan 5. Dan bilangan 11 merupakan kelipatannya.
Untuk menemukan dua bilangan lainnya kita bisa mengalikan 4 dan 5 dengan 11.
4 × 11 = 44
5 × 11 = 55
Jadi yang merupakan tripel pythagoras adalah 33, 44, dan 55
Pada lampiran bisa dilihat beberapa Tripel Pythagoras
5. Bilangan terkecil dari tripel Pythagoras adalah 33. Tentukan tripel Pythagoras. Jelaskan bagaimana kalian menemukan dua bilangan lainnya.
sumber:basbanja.com

6. Bingkai jendela yang terlihat berbentuk persegi panjang dengan tinggi 408 cm, panjang 306 cm, dan panjang salah satu diagonalnya 525 cm. Apakah bingkai jendela tersebut benar-benar persegi panjang? Jelaskan.

KUNCI JAWABAN
6. Bingkai jendela yang terlihat berbentuk persegi panjang dengan tinggi 408 cm, panjang 306 cm, dan panjang salah satu diagonalnya 525 cm. Apakah bingkai jendela tersebut benar-benar persegi panjang? Jelaskan.
sumber:basbanja

7. Panjang sisi-sisi segitiga adalah 1 cm, 2a cm, dan 3a cm. Buktikan bahwa ketiga ukuran tersebut bukan merupakan tripel Pythagoras.
a. Jika (p – q), p, (p + q) membentuk tripel Pythagoras, tentukan hubungan antara p dan q.
b. Jika p = 8, tentukan tripel Pythagoras.
KUNCI JAWABAN
a. Jika (p-q),p,(p+q) membentuk triple phytagoras, tentukan hubungan antara p dan q
(p-q)²+p²=(p+q)²
p²-2pq+q²+p²=p²+2pq+q²
p²-2pq+q²+p²-p²-2pq-q²=0
p²-4pq=0
p(p-4q)=0
p=0 atau p-4q=0
p=0 atau p=4q
p=0 tidak memenuhi, maka p=4q
b. Jika p=8, tentukan triple Pythagoras
p=8
p=4q
8=4q
q=8/4=2
(p-q)=8-2=6
p=8
(p+q)=8+2=10
Triple Phytagoras : 6,8,10

8. Perhatikan ∆ABC berikut ini. BD = 4 cm, AD = 8 cm, dan CD = 16 cm.

8. Perhatikan ∆ABC berikut ini. BD = 4 cm, AD = 8 cm, dan CD = 16 cm.
a. Tentukan panjang AC.
b. Tentukan panjang AB.
c. Apakah ∆ABC adalah segitiga siku-siku? Jelaskan.
KUNCI JAWABAN
Diketahui : 
BD = 4 cm
AD = 8 cm
CD = 16 cm
Ditanya : 
a.  panjang AC 
b.  panjang AB
c.  apakah segitiga ABC adalah segitiga siku-siku? jelaskan!
operasi:
a.   Kita lihat Δ ADC
AC² = CD² + AD²
AC² = 16² + 8²
AC² = 256 + 64
AC² = 320
 AC = √320
 AC = 
 AC = 8√5 cm
Jadi panjang AC adalah 8√5 cm
b.  Lihat Δ ADB
AB² = BD² + AD²
AB² = 4² + 8²
AB² = 16 + 64
AB² = 80
 AB = √80
 AB = 
 AB = 4√5 cm
Jadi panjang AB adalah 4√5 cm
c.  Pembuktian apakah Δ ABC 
BC² = AC² + AB²
(16 + 4)² = (8√5)² + (4√5)²
20² = (64 × 5) + (16 × 5)
400 = 320 + 80
400 = 400
Karena hasilnya sama dengan, maka Δ ABC adalah siku-siku.
9. Diketahui persegi panjang ABCD. Terdapat titik P sedemikian sehingga PC = 8 cm, PA = 6 cm, dan PB = 10 cm. Dapatkah kalian menentukan jarak titik P ke D? Bagaimana kalian menemukannya?
KUNCI JAWABAN
Panjang AB = DC = p cm,
AE = HP = DG = x cm
EB = PF = GC = (p – x) cm
Lebar AD = BC = l cm
AH = EP = BF = y cm
HD = PG = FC = (l – y) cm
Dengan teorema pythagoras :
1) PA² = AE² + EP²
6² = x² + y²
y² = 36 – x²
2) PC² = PG² + GC²
8² = (l – y)² + (p – x)²
(p – x)² = 64 – (l – y)²
3) PB² = PE² + EB²
10² = y² + (p – x)²
100 = (36 – x²) + (64 – (l – y)²)
100 = 100 – x² – (l – y)²
x² + (l – y)² = 0
4) PD² = DG² + GP²
PD² = x² + (l – y)²
PD² = 0
PD = 0
Jadi jarak P ke D = 0 artinya
P dan D berimpit
sumber:kemdikbud/buku mtk kelas 8

BEST INSURANCE IN AMERICA

otomatis secara otomatis ketika dia mengatakan beriman itu lewat lisannya dia sudah masuk ke dalam frame Islam Hai Gen maka bahasa Arabnya memeluk masuk ke memeluk sudah memeluk sudah menganut Islam maka Aslan Nady

a selamat telah Islam Hai aslamtu saya telah berislam aslamna ya kita telah berislam di kalau kita padankan dengan ini ini Amanah ini aslamna hai aslamna Hai nah Hai tadinya naik ya ini eh harus fokus betul-betul saya agak Pelankan lagi jadi ketika dia mayakulu Dia sedang berkata dengan lisannya aman Nah dengan amanah kami telah beriman baru dengan lisannya berarti baru masuk yang pertama ini s

yahadatain lewat lisan jadwal La ilaha illallah wa Asyhadu anna muhammadar rasulullah maka bahasa Arabnya begini aslama kalau ingin dipadankan dengan ini aslamna baru formalitas secara formal Hai Na untuk mengetahui benar tidaknya Islamnya bagus tidaknya komitmen tidaknya kan harus diuji Oh ya karena sahadat Kenteng masuknya ke sini udah bahasa hati Iman kesini kalau mengatakan beriman harus tembus ke sini kan sedangkan ide jiwa sedangkan jiwa di hati semua yang ada

 di hati harus diuji untuk ditampakkan apa isi hatinya hen-hen Kalau anda ingin mengucap pakai cat yang baik atau tidak akan diujikan ya cinta itu masalah hati ketika dia ada dalam hati harus dibuktikan Menang gak keluar cinta itu ya cinta antar pasangan lewat pernikahan pembuktiannya cinta kepada a

nak lewat perhatian yang lewat pembelian dan seterusnya jadi ini kan yang di hati itu dari mata ya dari lisan turun kehati dibuktikan lewat perilaku kan gitu konsepnya yaitu dasarnya dibikin ya di sini harus ada pembuktian pembuktiannya lewat ujian untuk tahu benar atau tidak imannya sampai ke sini atau cuma dilisan saja yakni harus pakai kan dengan apa Ini amal sholehnya muncul enggak ketika d

iuji makanya turun al-amru Bil Ma’ruf sebagai ujian perintah kepada kebaikan untuk masih sampai enggak usah datang ke sini atau cuman dilisan saja warna hijau ane bongkar dilarang berbuat mungkar sampai gitu ke sini ya awas hati-hati ya hati-hati Jangan jangan cuman disini begitu mau ditembuskan di sini nggak bisa karena disini ada yang menghalangi nih jelas ya pasir yang menghalangi mau ditembuskan enggak bisa cuma dilisan saja Makanya kalau sudah nyampe lisan itu Bahasany

a aslamna aja belum aman nah ini yang dikonfirmasi Quran surah ke 49 ayat 14 pakai Tuliskan ini nanti karena ada korelasinya Hai kok ansor 49 ayat 14 al-hujurat ayat 14 Hai planet-planet ya ini ada kasus di zaman Nabi Salamun firmasi ini stop jelas kali ini gambarannya seperti ini secara teoritis tapi hoax sifatnya benar ini contohnya Ini kenyataannya b

egini bagi kamu ini inspirasi Kalau bagus lakukan kalau jelek tinggalkan kalau Tila Rabu sementara orang Arab badui beberapa datang kepada Nabi mengatakan qolakol Hola Tilaar Abu ameenah mereka mengatakan kami telah beriman Hai tanda iman perkarahati dan yang maha mengetahui tentang jiwa-jiwa akan sumbernya dari Allah wesal undaka

n eroh kon ambek ambek karena itu nabi menunggu konfirmasi Halo menyampaikan apa untuk mengetahui isi hati seseorang ini kan hanya Allah yang Maha Mengetahui Ya Allah berikan kemudian wahyu kepada Nabi Muhammad yang tekwan ilhwa inhwa ilah wahyuhadi Berikan penjelasan mereka berkata orang-orang Arab badui ini Aa orang-orang Arab badui datang kepada Nabi berkata kalau tidak Rabu amannya kami telah beriman Muhammad SAW turun perintah dari Allah kul-kul ini mengonfirmasi bahwa semua apa yang disampaikan Rasulullah Wasallam teratas perintah Allah sek

aligus menunjukkan kebenaran risalah Rasulullah untuk menjelaskan bahwa Alquran bukan rekayasa Nabi Ya kalau nabi langsung yang menyampaikan Gak ada kata pull Katakanlah Untuk apa kita berkata sendiri bikin baik inikol katakan Muhammad Shallallahu Hai apa kalimat yang dibintangi katakan nyambung kesini Halah til arabo amanah complete lam Tomino walangkir ko luas nah in

i dia kata-kata Allah eh Iman kamu belum benar belum serius belum nyampe ke sini ya kenapa kena belum kelihatan ketika diuji dengan amal shaleh diminta sholat kok malas malas makan gak dikerjakan dengan diminta baca Quran tuh kali membaca kok mengolok-ngolok orang yang baca Quran diminta shalat yang itu yang beriman samikna wa atokna yang ini samikna Wa soalnya Heheh

e ya kami dengar Kami banyak nanya gitu kan itu kan jelas tunaikan shalat shalat siap seminar Ya allah kapan 24434 2 subuh 44 Acer tiga Maghrib Isya kerjakan Ada lagi ya Allah kalau mau Nafila tahajud siap ya Allah kerjakan ini baru yang saldo dananya kegiatan salat waktunya Dimana anda enggak di Korannya Allah Hai Rizky udah nanya itu emang firmasi dan belum tentu dikerjakan wamakaru ya falun ada persoalan-persoalan di sini ya oke dikonfirmasi langsung oleh Allah s

Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2ubhanahuwata’ala langsung turun ayat kolam Tomino katakan Muhammad SAW pada mereka itu Allah pemilik jiwa yang sementara kan pa belum kalian belum sempurna imannya belum masuk ke sini dengan darimana taunya kalimat itu Terus kayaknya wa latin puluh oleh Q10 Asna Katakan kal

ian baru formal memeluk Islam mengatakan syahadat ini baru dilisan belum ditempuh Kandani lisan dari jasadnya diawali ke akal diikat tembus ke sodrun ke qa

lbu kesini ya Tuliskan ayatnya waltham Ma Yan Kholil imanu file qulubikum nih sementara kalimat Iman syahadat yang kalian katakan itu Asyhadu anla ilaha illallah wa Asyhadu anna muhammadarrasulullah belum tembus ke sini belum ke sini nih ke followback UM Hai kalau sudah masuk kalbu artinya kesini updater konfirmasi ke jiwa Taqwa telah terkonfirmasi kesini dorongan cahaya kuat Apa yang terjadi ketika didorong disini diperintahk

Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2an oleh Allah cepat dilarang oleh Allah ditinggalkan seketika nyambung kesini ini gambarnya Hai nah ini dikonfirmasi pertama teman-teman sekalian karena itu ditegaskan oleh al-qur’an di al-baqarah ayat 8 itu karena dia baru nyampe ke lisan belum nyampe kesini betul-betul ditolak oleh Allah Enggak belum betul nanya begitu komitmen ucapan Gilis Anda pernah diwujudkan semua orang mengatakan Aku akan mencintaimu Aku akan menikahimu tapi enggak pernah kejadian cuma d

ilihat aja enggak ada pembuktiannya sama aja gitu ya kalau kita ingin korelasikan komparasikan dengan nilai-nilai tadi dia berkata Amanda Bella kami beriman kepada Allah Mobilio Mi akhir dan Kami yakin akan ada sisa bihari akhirat jika ada kepastian kehidupan setelah wafat ada konsekuensi setelah kita meninggal dan seterusnya yaumul akhir tapi apa yang terjadi warna nih lo akbany kalau kita ngaji baloch ngeri ini akhir-akhir ini ya Warna masih inget di pertemuan yang lalu Ma bermakna Navy disini tidak mau sudah dan Navy ada istifham in a fight Hai nafsu the navy j2me Hai dan di

Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2nafikan yang nafikan Allah langsung Dan tidaklah mereka itu tidak gak bener ya ya hai homeband munfasil Oh ya nasi ketemu home dhomir munfashil itu mengandung makna tauhid Hai Nafi Plus munfasil Hai itu bisa mengandung makna tauhid Jadi bukan sekeda

r menyampaikan informasi untuk menolak mereka tapi juga ada penekanan didalamnya I Want Me Home dengan nah darimana Taunya ini bisa mengandung tauhid antara dhomir munfashil dengan huruf Navy ini karena ada bak disini Mbaknya bisa saja Misalnya di luar koran dikatakan begini wama home apa ininya enggak pakai ba

Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2cklog semua Homerun selesai mereka bukan orang-orang yang beriman belum sampainya selesai tapi ketika menggunakan bag Navy ketemu bak ditengahi dhomir munfashil itu makna tauhid betul-betul tegaskan eh setegas kan ya kamu belum serius imannya belum melekat jadi identitas makanya menggunakan Isim fa’il Omah umbi Mu’minin nggak belum perlu diucapkan ketahuilah belum mengakar ke

sini nih belum jKunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2adi aqidah belum melekat di sini identitas ya gua mau home mukminin dan aku tegaskan iman yang mereka katakan dilisan baru sampai listen blong akar kesini belum mengaktifkan simpul imannya belum jadi kuat dalam jiwanya jadi belum nyampe sini ba

ru di sini saja ya Sama nanti ini rumus cepat ya kalau ada hurufnya seperti Malaysia dan sebagainya ketemu nanti huruf-huruf ini seperti back ya Ada Tengah oleh ini dhomir munfashil ini menunjukkan makna tauhid ya atau bahkan Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 6.3 Halaman 31 32 Semester 2

You May Also Like

x