JAWABAN halaman 169 170 171 175 176 177 178 bahasa indonesia kelas 7

 NILAI⏩⭐100⭐Kunci ⏩jawaban⭐Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 7  halaman169 170 171 175 176 177 178 semester 2  buku siswa kurikulum 2013 revisi Revisi 2017   –   Hallo temen-temen selamat datang di blog terasdukasi.com.  blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

JAWABAN halaman 169 170 171 175 176 177 178 bahasa indonesia kelas 7
JAWABAN halaman 169 170 171 175 176 177 178 bahasa indonesia kelas 7

Jawaban bahasa indonesia kelas 7 bab 5

Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas⏩ bahasa indonesia  kelas 7, namun sebelum memulai silahkan untuk melihat jawaban dari mata pelajaran yang lainnya seperti ⏩Matematika, Bahasa inggris, PAI, POK, IPA,IPS dan lain-lain. Kami berharap adik-adik menggunakan jawaban ini dengan bijak iya.

jawaban bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171

2. Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun

Daftarlah kata yang memiliki bunyi akhir sama pada gurindam, syair, danpantun di atas! Lanjutkan seperti contoh berikut!KUNCI JAWABANKata berima pada pantun

Kata berima pada larik ganjil (1 dan 3) Kata berima pada larik genap (2 dan 4)
Bayam Ayam
Kantung Sekampung
Tidak Tidak
Benang Dikenang
Berang-berang Orang
Kiri Diri
Selasih Kasih
Taman Zaman

Kata berima pada Gurindam

Kata berima pada larik 1 Kata berima pada larik 2
Perangai Ramai
Sahabat Obat
Guru Seteru
Berbangsa Bahasa
Berbahagia Sia-sia
Mulia Dia

Kata berima pada syair

Kata berima pada larik 1 Kata berima pada larik 2, 3, dan 4
Madah Indah, berpindah, sudah
Dirimu Hidupmu, hidupmu, hidupmu
Budiman Pedoman, kerjakan, insan
Perahumu Kayu, di situ, itu
Ayar Layar, taksir, kabir

3. Menemukan kata berima sama secara utuh

Buka kamus dan berbagai sumber untuk menemukan kata berima yang bunyiakhirnya sama secara utuh!

KUNCI JAWABAN
Benda di sekitar/masakan/buah/kota/hewan
  • rebana, pelana
  • Sulawesi
  • Jambu
  • nasi
  • dasi
Kata dengan akhir sama secara utuh
  • terpana, terpesona, terhina, suasana, terbina
  • solusi, prestasi, motivasi,
  • kelambu, rambu, terumbu, sumbu
  • dominasi, intonasi, kombinasi, melunasi,  nominasi
  • intimidasi, pondasi, rekomendasi, validasi, konsolidasi

4. Menemukan kata berima akhir sebagian

KUNCI JAWABAN
Benda di sekitar/masakan/buah/kota/hewan
  • pisang
  • sambil
  • selasa
  • duku
  • dendam
Kata dengan akhir sama secara utuh
  • pegang, dagang
  • stabil, gembil, tarbil
  • binasa, dewasa, mikasa, semasa
  • kaku, daku, buku, suku, laku
  • mendam, ngidam, pendam, sendam

5. Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam

Setelah membaca beberapa contoh puisi rakyat di atas, kamu bisa menggali

informasi yang lebih banyak lagi tentang puisi rakyat dari berbagai sumber.
Setelah itu, berdiskusilah untuk membandingkan ketiganya. Diskusikan
persamaan dan perbedaan ketiganya! Tulislah pada tabel berikut!
KUNCI JAWABAN
Pantun:
1. Terdiri dari empat baris
2. Terdiri dari 8-12 suku kata
3. Baris pertama dan kedua adalah sampiran, semengara baris ketiga berupa isi
4. Berima ab ab
5. Berisi nasihat atau teguran secara tidak langsung dengan kata-kata yang menghibur.
Syair: 
1. Pada syair, terdiri dari empat baris.
2. Jumlah kata terdiri atas 8-14 suku kata.
3. Semua baris adalah isi.
4. berima a-a-a-a.
5. Isinya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara.
Gurindam: 
1.  Pada gurindam, terdiri dari dua baris.
2.  Terdiri atas 10-14 kata.
3.  Isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua karena baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama.
4. berima a-a, b-b, c-c, dan seterusnya
5. Isinya berupa nilai-nilai kehidupan atai nilai-nilai moral

Jawaban Menyimpulkan Isi Pantun halaman 175 bab 5

KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 175 176 177 178 latihan bab 5

a) Carilah makna kata sulit pada pantun tersebut!

KUNCI JAWABAN
No Kata Sulit Makna
1. Tabiat perangai; watak; budi pekerti
2. Bergalas tongkat yang ditaruh di bahu untuk menyandang (membawa) barang-barang; pikulan
3. Buli-buli wadah sejenis guci yang terbuat dari tanah liat, bentuknya bundar, tanpa leher, berkaki rendah, dan bagian atasnya diberi berlubang; botol kecil; guci kecil
4. Rantau daerah (negeri) di luar daerah (negeri) sendiri atau daerah (negeri) di luar kampung halaman; negeri asing;
5. Kendala halangan; rintangan; gendala;

b) Uraikanlah dengan bahasamu sendiri isi pantun tersebut!

KUNCI JAWABAN
No Pantun Isi
1. 1 Biasakan bersikap tenang, dan jangan ribut hanya karena hal kecil
2. 2 Berbuat baiklah kepada siapapun dan sebab budi akan dikenang
3. 3 Jagalah diri dan tingkah laku di kampung/tempat orang
4. 4 Budi baik akan terkenang sepanjang jaman
5. 5 Walaupun kita mempunyai banyak masalah, kita harus tetap semangat.
6. 6 Selalu semangat dalam menghadapi hidup, janganlah mudah patah semangat dan terpuruk,
7. 7 Teruslah menjadi teladan bagi orang lain, raihlah cita-cita dan prestasi
8. 8 Kita harus berusaha dan berdoa dalam menggapai cita cita.

c) Tulislah kembali nasihat dan ajakan yang terdapat dalam pantun!

KUNCI JAWABAN
No Pantun Isi
1. 1 Biasakan bersikap tenang, dan jangan ribut hanya karena hal kecil
2. 2 Berbuat baiklah kepada siapapun dan sebab budi akan dikenang
3. 3 Jagalah diri dan tingkah anda di kampung/ tempat orang
4. 4 Budi Baik akan terkenang sepanjang jaman
5. 5 Walaupun kita mempunyai banyak masalah, kita harus tetap semangat.
6. 6 Selalu semangat dalam menghadapi hidup., janganlah mudah patah semangat dan terpuruk,
7. 7 Teruslah menjadi teladan bagi orang lain, raihlah cita-cita dan prestasi
8. 8 Kita harus berusaha dan berdoa dalam menggapai cita cita.

d) Bandingkan isi nilai-nilai/tindakan baik yang terdapat pada pantun karya nenek moyang dan karya generasi sekarang!

KUNCI JAWABAN
Pantun Nenek Moyang
  • Nilai sosial. Tindakan baik yang disarankan pada pantun karya nenek moyang dalam nilai sosial adalah menyarankan tata cara dalam hidup bermasyarakat, seperti saling menghargai, saling membantu
  • Nilai moral. Tindakan baik yang disarankan pada pantun karya nenek moyang dalam nilai moral adalah menyarankan sikap dan tingkah laku seseorang agar sesuai dengan norma-norma kemasyarakatan, seperti sopan santun dan tata krama.
Pantun Masa Kini
  • Nilai pendidikan. Tindakan baik yang disarankan pada pantun karya masa kini dalam nilai pendidikan adalah menyarankan agar belajar dengan sungguh-sungguh agar cita-cita dapat tercapai.
  • Nilai agama. Tindakan baik yang disarankan pada pantun karya masa kini dalam nilai agama adalah menyarankan agar selalu berdoa dalam setiap usaha yang dilakukan

Jawaban Nilai moral/nasihat halaman 176 Latihan bab 5

KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 175 176 177 178 latihan bab 5

a) Carilah makna kata sulit pada gurindam tersebut!

KUNCI JAWABAN
1.Jemu
sudah tidak suka lagi (makan, melihat, dan sebagainya) karena terlalu sering dan sebagainya; bosan:
2.Bertanah
berurat, berakar
3.Mengumpat
mengeluarkan perkataan yang keji (kotor dan sebagainya) yang diucapkan karena marah (jengkel, kecewa, dan sebagainya); cercaan; makian; sesalan; umpatan:
4.Tergelincir
terpeleset:
5.Akal
daya pikir (untuk memahami sesuatu dan sebagainya); pikiran; ingatan:

b) Simpulkan nilai-nilai moral/nasihat yang terdapat pada gurindam di atas!

KUNCI JAWABAN
1.Untuk mengetahui seseorang baik atau tidak, bisa dilihat dari tingkah lakunya.
2.Bila ingin pintar, jangan malu bertanya dan belajar pada orang yang lebih pintar.
3.Selalu bertindak dengan akal yang sehat sebagai pembelajaran hidup di dunia.
4.Rasa iri adalah penyakit hati yang akan terus ada apabila sudah berurat akar di dalam hati.
5.Ketika berbicara sebaiknya dipikirkan terbih dahulu agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.
6.Apabila ada orang yang marah, jangan dibela karena yang marah akan semakin kehilangan kendali

Jawaban halaman 177 Latihan bab 5 bahasa indonesia kelas 7

KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 175 176 177 178 latihan bab 5

a) Carilah makna kata sulit pada syair tersebut!

KUNCI JAWABAN
1. madah: kata-kata pujian
2. iktikat: keyakinan yang teguh
3. tamsil: persamaan dengan umpama
4. akhirat:alam setelah kehidupan dunia
5. insan: manusia
6. ayar: air
7. taksir: kira-kira
8. kabir: mahabesar

b) Simpulkan nilai-nilai moral/nasihat yang terdapat pada syair di atas!

KUNCI JAWABAN
setelah kakak membaca, kakak menyimpulkan mengandung nilai-nilai moral/ nasihat yang sangat baik bagi pembacanya. Nilai tersebut berupa nasihat atau pengingat bagi manusia agar senantiasa mengingat kehidupan akhirat.Bukan hanya itu, manusia harus menjalankan kehidupan di dunia berdasarkan pertimbangan akhirat.
kesimpulan paling penting setiap manusia haru berpedoman pada agama yang di anut agar sempurna kehidupan di akhirat.

Jawaban halaman 178 Latihan bab 5 bahasa indonesia kelas 7

Pasangkan nilai-nilai pada paparan berikut dengan nilai pada syair di atas!

KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 175 176 177 178 latihan bab 5
Syair perahu tersebut berupa nasihat kepada para pemuda (generasi
muda) untuk membekali diri dengan ilmu dan amal yang baik agar hidup
menjadi berguna dan dan bermanfaat.
Hal itu disebabkan oleh adanya hidup yang tidak akan kekal selamanya
dan pasti akan ke akhirat juga. Dengan amalan kita yang baik maka kita
akan mendapat kebahagian di dunia dan di akhirat, serta sempurnalah
kehidupan kita yang kita jalani.
KUNCI JAWABAN
1. Syair tersebut berisikan sebuah nasehat bagaimana caranya menjalani kehidupan yang hanya sementara ini
2. Pemuda perlu membekali diri dengan ilmu dan amal yang baik agar hidup menjadi berguna
3. Jadilah generasi muda yang bijaksana, cerdas, serta berbudi baik agar perahu mampu mencapai tujuan
4. Kita harus mempersiapkan diri dalam perjalanan dalam menggapai keindahan akhirat
5.Setelah semua pembekalan kita siapkan, maka langkah selanjutnya adalah melangkahkan kaki menuju tujuan
sumber:kemdikbud
Baca Juga:
================================================
sini karena paham tentantempat wudhu jus ini jalan-jalan di jalan sini ada terminal sebelah sini kemudian ini ada Jabal qubis di sini ya saya kotak karena terjadi istana ya Ada coaster coaster di apa ya aduk istana menerima tamu-tamu yang dihormati yang mau Haji maupun umrah tenang disini untuk ke transitnya nah ini Jabal qubis namanya disini Jabal qubais Hai nah ini ada sejarahnya juga Jabal qubis kalau kita bawa ke bawah di sini nah kalau kita mau ke arah haram ini ke haram di pelatarannya haram disini Masjidil Haram jikalau kita kesini bisa arah ke sini kecil harap bisa kan lewat yang kesini ya kan pintunya banyak nih kalau kita ke sini ini di sini ada pos ya Wa satpamnya security-nya ngisi tv-nya oleh kita jalan ke sini ya di sini ada Bab 26 get Ismail ya terus kesini lewat sampai kita temukan di sebelah sini ada babun nabi ini ya babon nabi ya kalau kita lanjutkan ke sini lagi nanti di sebelah sini ada Babussalam enggak Babussalam di Babussalam Nanti kalau kita tarik kejut lurus ke sini ada Al Maktabah Al khaima ya di tempat lahirnya nabi di sini ya karena ini enggak cukup ya udah begini aja sampai di sini nah jadi saya ingin katakan gini di Get nabi Ini babuna binti ada balik ke sininya ada Babussalam di Babussalam ini dibalik pintu ininya ada nanti kalau turun ke bawah yang ini pakai eskalator yang tengah-tengahnya tangga biasa jadi ada eskalator lagi nih ada Babussalam masuk disini Di Balik pintu ini ini rumahnya Abbas bin abdul-muththalib jadi ada anaknya yang fotonya dengan Abdullah dikenal dengan Ibnu Abbas kalau masuk ke dalam lagi naik ke sini nanti ada Bukit Shafa jadi di dekat sininya ada rumahnya atau Pembina biarkan nah saya mau bergerak ke babonnya biji babun nabi disini ini rumahnya saya dan Maimunah yang disini Babas pernah main pernah menginap kemudian mendapati Bagaimana bangun tidurnya Nabi di malam hari ya Sambil duduk dulu menghilangkan bekas ngantuk ia penutup surah al-‘imran lantas membaca doa pergi ke tempat tertutup untuk berwudhu dan shalat Sisi yang 11 rakaat itu yang 222 ujungnya satu termasuk copy paten yang dua rakaat ini tempatnya di sini nah disini pula nabi selama bulan menunaikan shalat dua rakaat sebagai pendahuluan tapi bukan nanti nggak seperti yang didapatkan perintahkan yang di Islami radka renang ini di sini lebih mengikuti jejak-jejak rasul-rasul sebelumnya yang Hanifia Telkom size di bawah dipraktekkan oleh Beliau nanti disini beliau kemudian bersiap-siap menunaikan perintah ya setelah peristiwa yang sebelumnya dilempari itu di Thaif ya ketika beliau ke Faiz dilempari kalau pakai itu kita bergeraknya di sini nih al-maktabah kadimah tempat kelahiran beliau Disini tempatnya ambil air zamzam yang pakai kran kesini nyebrang itu Nah itu ada jalan dari sini minyak jalan yang suka nawarkan mobil mobil itu ya taksi-taksi kVA ada di sini nih jikalau Anda mau Gambarkan bio ke thoif dari gambaran di sini tempat berumah tangganya sini kurang lebih nih hehehe ini udah keluar nih ya jadi ke Marwah kesebelah sini jalannya ke sini terus keluar yaitu yang sempat dilempari itu yang saat dilempari dan dilindungi oleh zait ya yang saat itu masih diadopsi oleh Beliau yang kuliah dilepaskan Danti hubungan adopsi yang dalam arti adopsi kekerabatan yang kokoh jadi seperti lulur hop dalam rahim at yang dipecahkan sehingga muncul hukum adopsi yang benar yang dibenarkan oleh syariat jadi kalaupun adopsi tetap gak bisa nasabnya dilekatkan kepada nasabah adopsi yang harus dikembalikan kepada Bapak asli atau Ibu aslinya dengan karena hukum-hukum nanti akan berbeda anti nanti aspek yang lainnya system to lengkap sekali ya begitu nanti kemudian beristirahat setelah dilempari dan sebagainya datang kedua malaikat penjaga Gunung pada saat itu penjaga bekev dan menawarkan kepada rasul salam dengan untuk bisa memberikan hukuman kepada mereka lihat memohon minta mohon kepada Allah dan dikatakan oleh Nabi Salam tidak Jadi mereka in Hongkong wilayah oleh Bun mereka itu kau masyarakat yang belum tahun saja aku berharap bisa ditempati nanti akan ada orang dewasa anak kecilmu Pemuda dan sebagainya yang kelak akan beriman kepada Allah dari situlah kemudian turun undangan ya perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk menunaikan israk dan Mikraj sekaligus di peristiwanya usianya 52 tahun Pada saat itu nah sebelum menunaikan Isra Mi’raj itu berada di rumah Rida Maimunah disini kemudian bermunajat lalu Beliau berangkat ya Dan setelah berangkat itu diserahkan Mi’raj itu usia 52 tahun 12 tahun dipasung Makiyah kemudian secepat kembali dalam waktu yang sangat singkat dan Brunai ke Jabal qubis kesini untuk mengumkan peristiwa itu setelah sebelumnya ini hikmahnya juga nanti kalau disiram lebih detil lagi diprovokasi oleh Abu Jahal Abu Jahal itu rumahnya dekat sini sebetulnya di sebelah sini nih ya sebelah sini jikalau kita kesini tadi kami saya Sebutkan pos satpam security di sini ada CCTV terus di atasnya ada kipas angin itu Ki kesini kurang lebih ada 35 kipas angin yang pernah saya itung itu nah di sebelah sini itu ada masih ada tiang listrik nih tiang listrik besar ini sekarang jadi jembatan sininya lu masih ada tiang listriknya ini persis di tiang listrik ini nih yang rumahnya Abu Jahal itu kisahnya sih cukup unik kalau mau dibahas macam-macam lah dari mulai nabi bertanding gulat dari mulai Abu Jahal melamar saya dekat dia ditolak terus nabi melamar sudah diterima itu dendamnya semakin menge sobat jadi apapun yang ada pada Rasulullah SAW ditolak oleh yang bersangkutan pokoknya tahu itu baik tapi ditolak atau itu benar itu ditolak karena itu disebut dengan Abu Jahal kalau ada orang paling bodoh ini bapaknya gitu sampai yang paling benar pun ditolak juga dia nah ini ada provokasi nya karena Abu Jahal menyimpulkannya nggak mungkin terjadi kalau sudah Muhammad SAW menyampaikan ini pasti banyak pengikutnya akan balik lagi yang ingkar kembali dan sebagainya ini ketika diprovokasi demikian didorong nabi untuk ke menyampaikan informasi seputar Isra Mi’raj itu naik ke Jabal qubis aja balcombe sini ini bukan sekedar Bukit ya tapi juga ini penanda kekuasaan Jadi siapa yang punya kuasa lain nanti ke sini nanti ya deklarasinya informasinya macam-macamnya Karena itulah generasi Saudi yang sekarang pun ini kan menjadikannya sebagai Bukit istana untuk menunjukkan ini yang sekarang pemerintah yang berkuasa ya zaman dulu tuh kalau ada musim Muslim Yaumul aqrobah hari yang kelima Yang sekarang kita kenal dengan Jumat karena saat datang syariat Islam diganti dengan Jumat asalnya rubah-rubah itu hari berbangga sebagai orang Arab Hali berpesta hari menampilkan kehebatan kehebatan di sini nanti akan dipertandingkan puncaknya disini biasanya pusat-pusat hiburan dikenal dengan aswaq shock absober betul jandal dan sebagainya itu nanti akan dipertarungkan yang paling kaya lomba-lomba ngitung Siapa yang paling kaya nanti Hartawan tertinggi yang dihormati kemudian ada lagi yang punya kedudukan termasuk para penyair para penyair menampilkan syairnya Siapa yang paling bagus diseleksi nanti ada ke-7 ini nanti yang paling bagus ditulis dengan Tinta Emas berlanjut lebih er mereka ya puisi mereka qasidah mereka nanti ditempelkan di dinding Ka’bah itu yang telat nanti diganti dengan kiswah itu ya sekarang menjadi Alquran kan dulunya itu sihir sihir Yasir usia dan warna beberapa kali terjadi perubahan-perubahan warna hijau pernah hijau juga dengan pernah juga merah kemudian yang sekarang hitam dengan penamaanya tulisan ayat al-quran Tinta Emas yaitu g hidupnya kamu mengerti diri kita sendiri

You May Also Like