KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 155 156

 NILAI⏩⭐100⭐Kunci ⏩jawaban⭐Kunci jawaban bahasa indonesia kelas 7  halaman 155 156 semester 2  buku siswa kurikulum 2013 revisi Revisi 2017   –   Hallo temen-temen selamat datang di blog terasdukasi.com.  blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

KUNCI JAWABAN halaman 155 156
KUNCI JAWABAN halaman 155 156

KUNCI JAWABAN halaman 155 156 Secara ringkas lakukan kegiatan berikut bab 4 bahasa indonesia kelas 7

Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas bahasa indonesia  kelas 7, namun sebelum memulai silahkan untuk melihat jawaban dari mata pelajaran yang lainnya seperti Matematika, Bahasa inggris, PAI, POK, IPA,IPS dan lain-lain. Kami berharap adik-adik menggunakan jawaban ini dengan bijak iya.

1) Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks laporan hasil observasi pada berbagai media massa/ media sosial!

Kunci jawaban
KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 155 Secara ringkas lakukan kegiatan berikut bab 4

Penyuntingan Teks

  • Penggunaan kata adalah dan merupakan kurang tepat, Kata adalah digunakan biasanya menguraikan/mengartikan sesuatu. Kata merupakan biasanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu bagian dari bagian lain, misal jari kelingking merupakan bagian dari tangan kita.
  • Penulisan kata leter kurang tepat, kata yang tepat adalah liter.
  • Penggunaan kata pena kurang tepat, kata yang tepat adalah vena.
  • Penggunaan yaitu dan adalah kurang tepat, seharusnya salah satu saja dan jangan digunakan secara bersamaan.
  • Penulisan kata ke seluruh kurang tepat, keseluruh seharusnya penulisan ke sebagai kata depan harus dipisah.
  • Penulisan kata ditengah kurang tepat, penulisan yang benar adalah di tengah. Di sebagai kata depan penulisannya terpisah.
  • Penulisan kata kira2 kurang tepat, kata yang tepat adalah kira-kira.
  • Pemilihan kata kilogram kurang tepat, pilihan yang tepat adalah gram.

2) Bacalah berbagai buku yang menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan huruf kapital)

Kunci jawaban
1. Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta/ memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu. Arti Kalimat perintah adalah kalimat yang isinya menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki.
Ciri-ciri kalimat perintah yaitu
  • Kalimat perintah jika dilisankan berintonasi naik di awal dan berintonasi rendah di akhir.
  • Kata yang berintonasi naik biasanya kata dasar.
  • Berpola kalimat inversi (PS).
  • Menggunakan partikel -lah atau -kan.
  • Menggunakan tanda seru (!) bila digunakan dalam bahasa tulis.
Contoh Kalimat Perintah:
  • Tolong matikan kran air itu!
  • Jangan membuat ribut, anak-anak!
  • Buang sampah itu!
  • Masukkan barang-barang ini ke dalam bagasi mobil!
  • Antarkan surat ini kepada Pak RT sekarang juga!
  • Marilah kita gunakan tekstil buatan dalam negeri demi menyukseskan program pemerintah!
  • Ayolah bersenam pagi setiap hari agar badan kita menjadi sehat!
  • Jangan buang air di sini!
  • Jangan makan roti itu!
Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur 
Teks prosedur  tidak bisa dibuat secara asal-asalan namun harus menuruti kaidah kebahasaannya.
Menurut kaidah kebahasaan, teks prosedur kompleks mengandung kalimat partisipasi manusia secara umum, kata kerja imperatif, konjungsi temporal, verba material, dan verba tingkah laku.Berikut sayarat dan pilihan kata yang tepat dalam teks prosedur 
Kalimat partisipan manusia
Teks prosedur kompleks harus menggunakan kalimat partisipan manusia. Kalimat tersebut berarti manusia yang membaca berhubungan langsung dengan prosedur yang dituliskan.
Kalimat partisipan manusia biasanya menggunakan kata seperti anda, kamu, kita, atau kata ganti yang ditujukan untuk manusia seperti penggugat, penanggung jawab, pelapor, pemain, dan pengendara.
 
Kata kerja imperatif
Dilansir dari Thought Co, kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung instruksi atau mengungkapkan perintah untuk melakukan sesuatu. Kata kerja imperatif menggunakan kata perintah ataupun kata kerja yang ditambah dengan imbuhan akhir –lah. Misalnya bawalah, ikutilah, tutup pintunya, keluarlah, cepat bawa
 
Verba material
Verba material dalam bahasa Indonesia adalah kata kerja yang berkenaan dengan tindakan fisik. Misalnya mendorong, menendang, mencium, memperhatikan, mengeringkan, menuliskan, menunjukkan, menunggu, mengambil, menyetir, dan menyerahkan.
Verba tingkah laku
Verba tingkah laku dalam bahasa Indonesia adalah kata kerja yang berkenaan dengan sikap seseorang. Misalnya menolak, menerima, merasa, merasakan, yakin, ragu, skeptis, dan memahami.
Kalimat deklaratif
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan, memberikan fakta, penjelasan, atau menyampaikan informasi. 
Contoh kalimat deklaratif adalah formulir pembuatan paspor dapat diakses secara online, pas foto harus berlatarkan warna merah, 
Konjungsi temporal
konjungsi temporal adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu. Dalam teks prosedur kompleks, konjungai temporal berfungsi untuk mengurutkan langkah-langkah.
Contoh konjungsi temporal adalah kemudian, lalu, selanjutnya, setelah, saat, ketika, sewaktu, jika, bila, sementara, sambil, pertama, 
Bilangan penanda
Teks prosedur kompleks biasanya menggunakan bilangan penanda untuk memperjelas tahapan langkah yang harus dilakukan. 
1. Tanda Titik (.)
Tanda titik dipakai pada akhir kalimat pernyataan.
        Contoh: Nenekku tinggal di Bandung.
Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka, jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.
        Contoh: Pukul 02.09.14 (pukul 2 lewat 9 menit 14 detik)
Tanda titik dipakai untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya yang menunjukkan jumlah.
        Contoh: Penduduk desa itu berjumlah 400 orang.
2. Tanda Koma (,)
Tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
       Contoh: Buku, majalah, dan jurnal termasuk sumber kepustakaan.
Tanda koma digunakan sebelum kata penghubung, seperti melainkan, tetapi, dan sedangkan, dalam kalimat majemuk setara.
        Contoh: Dia membaca cerita, sedangkan adiknya bermain boneka.
Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimatnya.
        Contoh: Kalau diundang, saya akan datang.
Tanda koma dipakai di belakang kata atau penghubung antarkalimat, seperti dengan demikian, mesipun demikian jadi, dan sebagainya.
        Contoh: Anak itu rajin membaca sejak kecil. Jadi, wajar kalau dia menjadi bintang pelajar.
Tanda koma dipakai sebelum dan/atau sesudah kata seru, seperti wah, aduh, atau hai, dan kata yang dipakai sebagai sapaan, seperti Bu, Kak, Dik, atau Nak.
        Contoh: Hati-hati, ya, jalannya licin!
3. Tanda Titik Koma (;)
Tanda titik koma bisa digunakan untuk menggantikan kata penghubung yang memisahkan kalimat setara dalam kalimat majemuk.
        Contoh: Ayah menyelesaikan pekerjaan; Ibu menulis makalah; Adik membaca cerita pendek.
Tanda titik koma dipakai untuk memisahkan bagian pemerincian dalam kalimat yang sudah menggunakan tanda koma.
        Contoh: Ibu membeli buku, pensil, dan tinta; baju, celana, can kaus; pisang, apel, dan jeruk.
4. Tanda Titik Dua (:)
Tanda titik dua dipakai pada akhir pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian atau penjelasan.
        Contoh: Hanya ada dua pilihan bagi pejuang kemerdekaan: hidup dan mati
Tanda titik dua dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan penjelasan.
        Contoh: Ketua: Ahmad Wijaya
5. Tanda Hubung (-)
Tanda hubung dipakai untuk menyambung unsur kata ulang.
        Contoh: anak-anak, berulang-ulang, kemerah-merahan
Tanda hubung dipakai untuk memperjelas hubungan bagian kata atau ungkapan.
        Contoh: ber-revolusi, meng-ukur
Tanda hubung dipakai untuk merangkai unsur bahasa Indonesia dengan bahasa daerah atau bahasa asing.
        Contoh: di-back up, me-recall
Penggunaan Huruf Kapital
Penggunaan Tanda Baca dan Huruf Kapital Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia (2)
Ilustrasi penggunaan tanda baca dan huruf kapital dalam bahasa Indonesia yang benar. Foto: Pixabay
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat.
        Contoh: Kita harus bekerja keras.
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julusan.
        Contoh: Amir Hamzah, Dewi Sartika, Halim Perdanakusuma

3) Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!

Kunci jawaban
karena kata lah merupakan kata akhiran -lah jadi dipisah telaah lah

4) Perbaiki kalimat yang kurang efektif!

Kunci jawaban

5) Perbaikilah penulisan tanda baca/ ejaan yang salah!

Kunci jawaban
a) Sejak lulus S-1 dan bergelar SH., Rini selalu mengunjungi Nenenknya yang tinggal di kecamatan Tandes Surabaya
perbaikannya
b) Budi sedang membaca Cerpen ‘dari Merauke Kembali ke Sabang’ , ketika temannya datang
a) Sejak lulus S-1 dan bergelar SH, Rini selalu mengunjungi neneknya yang tinggal di Kecamatan Tandes Surabaya.
b) Budi sedang membaca cerpen dari Merauke kembali ke Sabang. Ketika temannya datang.

6) Tulis ketiga bagian pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bagian satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)

Kunci jawaban
kalimat salah
1. Suasana di rumahnya sangat sepi sekali.
2. Sekolahnya banyak terdapat berbagai jenis tanaman obat.3. Meskipun demam, namun Anas tetap pergi kuliah.
kalimat alasan kesalahan
susunan kata Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Penggunaan kata depan cukup menggunakan salah satu saja, kepada atau yang saya hormati. Selanjutnya kata sapaan bapak juga tidak diperlukan bila tidak diikuti dengan nama orang. Bagian Kepala Sekolah SMP cukup di tulis Kepala SMP, karena SMP singkatan dari Sekolah Menengah Pertama.
kalimat perbaikan
Lenaa saat ini terhimpit oleh sesuatu yang membuatnya tidak dapat datang ke suatu acara yang saat ini telah berlangsung

7) Gurumu akan memandu bermain adu cepat memasangkan dan menentukan ketepatan alasan dan perbaikan yang kamu lakukan.

Kunci jawaban ikuti perintah guru iya
sumber:kemdikbud
Baca Juga:
  • NILAI⏩⭐⏩100⭐ Kunci jawaban pelajaran kelas 7
  • Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 147
    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 148
    kunci jawaban bahasa indonesia kelas 7 halaman 150
    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 153, 154
    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 155, 156
    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 156
    Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 159
    JAWABAN halaman 160 161 bab 4 bahasa indonesia kelas 7 smp mts
================================================
saya saja pribadi belum sampai usia 40 dengan gue sampai 40 sekarang masih 37 masuk 38 ngerti masih ada dua tahun 2 tahun lagi ya karena diantara teman-teman keluarga besar Mila yang Sudah lewatkan ya ada yang pas ada yang ditarik ke bawahnya ih pesannya sama saja substansinya serupa membentuk kematangan diri berbekal dari sekarang Kalo nyampek 40 Ya Alhamdulillah udah dan Allah ritual dengan itu kita siap kalau sudah lewat diperbaiki sehingga kembali kepada Rel yang benar dengan Kalau berhenti sebelum 40 dan wafat di situ Alhamdulillah belum matang aja udah mematangkan diri dengan dan mudah-mudahan Allah ritual dengan itu semuanya Nah di sini kita mohonkan wa-an Ahmad jayani acaranya mata Kendati an’amta alaihim Awali dakwaan dan bimbing hamba untuk beramal sholeh yang engkau ridhoi hai hai Hai sedangkan dalam syahadat kita dimintakan mengikuti petunjuk Nabi SAW Anda Ilahailallah wa Asyhadu anna muhammadar rasulullah dengan kita mengikuti semua Wahyu yang dibimbingkan oleh Allah nih begini begini begini begini kan syahadat itu lewat siapa Muhammad Rasulullah Ya kan itu tegas disampaikan Gan laqod Kana lakum Fi rasulillahi Uswatun Khasanah semua yang melekat pada pribadi Nabita contoh terbaik ya contoh Terima kasih Hasanah orang surah 33 ayat 21 Nah sekarang bagaimana fase memperbaiki diri dengan mencontoh keadaan rasulullah yang dibawa oleh Nabi yang dilekatkan oleh Allah kepada Rasulullah dari Wahyu dan seterusnya nah diantara contoh perbaikan itu fase awalnya ya ini pasal 5 ayat di surah Al Alaq itu karena saat itu diturunkan itu adalah pembekalan pembekalan khusus kepada Rasulullah untuk membentuk karakter Saleh sebagai nabi dan rasul levelnya pasti beda namanya nabi dan rasul tapi setidaknya esensi yang ada di sini pancarannya bisa kita teladani kan kita diminta berlada nih Ini Suasana nggak nyampe ke tahap lebih karena kita bukan Nabi apalagi Rasul bukan kita manusia biasa tapi diminta kita meneladani Apa yang pernah ya dicontohkan dibekalkan oleh rasulullah memberikan pembekalan kepada nabi menjadi Soalnya kita ambil nih Aura positif dari sini terapkan untuk memulai memperbaiki diri ini yang saya maksud dan perbaikan pertama langkahnya dari sini jelasnya jika sekarang mengerti ya korelasinya nabi Ini hikmah semua ini ya hikmah semua nih kalau saya mau bahas sampai ke bulannya tanggalnya ilmu Ya semua jam bukan utak-atik kitabnja pun ada ya kita hanya ada tentang hari misalnya tentang waktu tentang ini ini saya ambil baru inian saja 40 tahun bertemu dengan 40 tahun kita juga disini cuma beda status beliau nabi kita manusia biasa tapi spiritnya adalah sampai ke sini masih ada penguat Anas sudah ini ya jikalau sudah sampai usia-usia seperti ini atau mendekati ke situ atau dari balik-balik itu kan dari kata Bulog balok gaya blue buktikan yang sampai [Musik] Hai sampai ya sampai ke mana sampai ke fase akan mendekati kematangan yaitu baru nyampe Mak nyampe mulai mencerna nih ya akalnya baru nyampe mulai mencerna sesuatu boleh berfungsi sampai kepada fungsinya akal mulai bisa mencerna saat balikan boleh bisa membedakan the mencerna mau nyebrang liat kanan-kiri dulu dengan ada kalimat mulai bisa dicerna sampai ke tahap itu tapi belum tentu matang anak boleh balik tapi belum tentu matang pemikirannya bisa jadi ya bisa jadi balik tapi belum tentu matang emosinya bisa jadi ya bisa jadi balik belum tentu matang spiritualnya nah ini yang fase itu yang coba dimatangkan jadi bagus kali ini kalau ada usia-usia yang dibawa 40 sudah balik tapi dilatih dengan spirit spirit ini nanti begitu 40 manusia ideal tuh itu menjadikan orang-orang hebat tuh sepeninggal nabi itu rata-rata sudah sudah dilatih sempurna kalau kita lihat ya cendekiawan cendekiawan Begawan beton pengetahuan ulama-ulama itu ya dari mulai para mas masa tabiin ke atas lah kalau sahabat ini sudah jelas itu ya ya kan kalau tabiin ke atas tuh pembentukannya jelas meniru yang sebelumnya Ibnu Abbas tuh dari masa sahabat disiapkan dari sahabat judi organ yang Ibnu Ibnu itu Abdulloh rata-rata Allah semua tuh Abdullah bin Abbas Abdullah bin Umar Abdullah bin Amr Bin Auf dan seterusnya dari kecil disiapkan kematangan ini sehingga generasi mereka itu udah matang kecil-kecil tuh pikirannya udah kuat ya udah pikirannya Bagaimana mengatasi solusi ini eh mengatasi problem ini solusinya Apa ada yang berpikir kenegaraan berpikir tentang fase maka sosial di masyarakat jika cita-citanya jelas bahkan ada anak-anak yang belasan tahun itu itu cara berpikirnya sudah matang sekali udah matang sekali wah ini problem ini solusinya harus begini nih nanti saya dewasa ini jadi seperti ini sudah begitu kita Hai ini mereka tuh diusia 13 tahun 12-13-14 udah punya visi masa depan jadi nggak sibuk dengan tiktok dengan game dengan macem-macem ya yaitu enggak matang itu kita harus Balikin ke sini nih makanya hasil cetakan setelahnya tuh orang-orang hebat al-imam Abu Hanifah Imam Malik Imam Syafi’i Imam Ahmad bin hambal ke ulama-ulama bahkan ke pengetahuan umum juga ya al-kharismi abatani Jabir bin hayyan kemudian Ibnu Sina Ibnu Rusyd Ibnu rusydi instruksi itu orang-orang hebat yang kalau kita teliti dari kecil yaitu kematangan ini yang diajarkan kecil-kecil sholatnya dulu dibina kematangan spiritual nya dulu terus dekatkan dengan Quran dikumpulkan dengan orang sholeh sampai ulama bikin kitab-kitab Riyadus Shalihin Taman orang-orang sholeh supaya nyambung kesitu aktif Beyonce adab hamalatil Qur’an Gimana cara masuk medis ilmu suka mendapatkan kematangan ini ini saya mau katakan kitab-kitab ulama kita itu sangat berharga udah berhenti dari yang nggak jelas yang sekarang-sekarang itu ya Jadi bacaan-bacaan sekarang gitu kan saya bacanya ini cuma Hai dapat mohon maaf kalau benda keilmuan terdapat ampasnya saja gitu kecil sedikit kalau kita mau ke isinya itu sekarang orang-orang hebat sekarang apalagi kalau sampai ke Yahudi Yahudi sebagainya Itu yang diriset kitab-kitab masa lalu the plastic dan kita sudah punya sumber otentik Alquran dan hadis kenapa enggak dikeluarkan dari kurikulum hidup jelas Ya sudah enggak gak perlu dilacak lagi Dari mana sumber kebenarannya dan sebagai semuanya sudah pasti Ya sudah sudah pasti itu kebenaran karena hak sifatnya hop ya Karena itulah kemudian dasarnya kita kembalikan ke sini kalau ingin lihat tafsirnya nanti lihat di penjelasan para ulama kitab-kitab Anda fashionnya kemana ke umum banyak kitabnya kok kita bisa sajikan Khazanah pemikiran Masa lalu itu yang sumbernya dari kajian ini ya di dunia hewan kita berkhayalan dunia tumbuhan kitabun hebat bahkan ada ensiklopedi hewan ensiklopedi tumbuhan di bidang kedokteran bidang astronomi macam-macam tuh ya Bahkan peta dunia pertama yang disusun orang Islam yang bikin jahat dari mana penggalian ini dari

You May Also Like

x