Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut!

Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 
📢Info Penting

✋😉halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut!

Kunci jawaban
1. Kata tidak baku : Bawain
Alasan tidak baku : kosakata daerah
Kata baku yang benar : bawakan

2. Kata tidak baku : Pengrusak
Alasan tidak baku : awalan /pe-/ atau /per-/ yang melekat pada kata berfonem awal /r/ tidak berubah menjadi /peng-/
Kata baku yang benar : perusak

3. Kata tidak baku : Merubah
Alasan tidak baku : penambahan awala me- tidak menjadikan ubah menjadi merubah dengan tambahan r, tetapi mengubah dengan pengesuaian me- menjadi meng- untuk semua kata dasar yang diawali vokal a,i,u, e, o.
Kata baku yang benar : mengubah

4. Kata tidak baku : Mempengaruhi
Alasan tidak baku : kata dasar “p” jika diberi awalan “me” huruf “p” mengalami pelunturan menjadi “m”
Kata baku yang benar : memengaruhi

5. Kata tidak baku : Sintesa
Alasan tidak baku : Akhiran -is memiliki makna ” bersangkutan dengan”. Akhiran -is merupakan adaptasi dari bahasa Belanda dan bahasa Inggris
Kata baku yang benar : Sintesis

6. Kata tidak baku : Resiko
Alasan tidak baku : kata baku tang benar adalah “risiko”
Kata baku yang benar : Risiko

7. Kata tidak baku : Diakomodir
Alasan tidak baku: akomodasi: sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.

8. Kata tidak baku : Kuwalitas
Alasan tidak baku : penambahan konsonan W
kata baku yang benar: kualitas

9. Kata tidak baku : Infra merah
Alasan tidak baku : penulisan imbuhan serapan asing harus dirangkai dengan kata yang diikuti
Kata baku : Inframerah
10. Kata tidak baku : Ekstra kulikuler
Alasan tidak baku : penulisan imbuhan serapan asing harus dirangkai dengan kata yang diikuti
Kata baku : Ekstrakulikuler

😘BACA JUGA

😘Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.

Sumber: kemdikbud/Buku Bahasa indonesia kelas 7

Rangkuman bahasa indonesia kelas 7 smp mts

Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 menawarkan atau ditawari untuk masuk pada kabinet pemerintahan Jokowi tetapi banyak yang kaget ketika mereka apa Prabowo memutuskan dan Gerindra untu

k menerima itu salah satunya kemudian muncul kita lihat dampaknya adalah kekecewaan para pihak Saya dengar ada masih berkomunikasi dengan 212 ya saya secara pribadi dengan autec Slamet Ma’arif misalnya Ustadz Haikal Hassan dan beberapa yang lain dengan hubungan baik jika kita akan t

etap melakukan komunikasi komunikasi tapi mereka menyatakan terbuka tidak akan lagi bersama dengan Green Tea dan otot ya ada yang ngomong begitu tetap ada yang ngomong God Antum kita nggak akan dukung lagi pak Prabu kalau begini ya begitu tapi juga kemudian ada juga yang mendoakan semoga berhasil Gan gitu ya ya jadi anu juga ya apa namanya tuh Pro kontranya juga keras ya ya begit

u ya Ya itu kan namanya pro-kontra jangankan di luar ini internal juga Tadinya juga tapi besar karena itu kalau kita lihat ya 212 itu jaringannya besar juga lomba ya kita bismillah aja lah itu ganti itu d

engan HabibPenggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154  Rizieq masih berkomunikasi eh saya enggak langsung dalam Saya saya enggak langsung Apa tanggapan Anda dengan kelompok dedengkot dari para pendukung Prabowo dulu yang kemu

dian mendeklarasikan Kamis karena apa tanggapannya Iya kalau saya pikirkan Ya namanya juga hard hai apa namanya diatur oleh konstitusi saya pikir kebebasan berserikat berkumpul itu ya pekan dijamin nasinya kita ketika mereka masih dalam batas koridor kan ada juga yang ngomong ini kita mau gabung ke sini ada juga yang nggak ngomong kan gitu Iya kan kita hargai aja sepanjang itu kem

udian eh kita pikirnya melewati batas-batas yang sudah ditentukan kan gak apa-apa sayap karena saya mengenal Anda saya percaya Anda seorang yang bisa memediasi itu warnanya segala itu Tetapi itu tadi perlu saya sampaikan saja namanya juga memungkinkan terjadinya acara ini tidak un

tuk meskipun sensor gitu ya tapi saya pengen hukuman apa bertanya tentang Hai hubungan anda dengaPenggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 n teman-teman yang mungkin relatively tidak tidak terlalu menerima kehadiran ada sebagai ke

tua harian digerinda Apa tanggapan Anda Hai sampai ia sampai hari ini sih Hai belum ada yang komplain yang belum Hah lupa teleponnya udah pada komplain diem ada yang kompleks kegiatannya semuanya menerima mungkin kalau saya enggak menjalankan amanah baru kan komplain

 gitu ya apalagi ini kan ya baru hitungan belum sebulan juga itu belum sebulan lebih sebulan Pak das

hco kelihatannya mengambil peran-peran yang signifikan untuk mengkomunikasikan kepentingan para piPenggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 hak diantara fraksi di DPR kenap

a ya Anda yang mengambil inisiatif itu kenapa bukan kepada DPR Saya pikir kita semua kerjanya saat mayat dulu mungPenggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 kin biasanya tahu nih Bang abbar bisa berpendapat begitu save akhir-akhirnya saya pikir ketua DPR ya komunikasi kalau funniest komunikasi Saya tidak keberatan lo kalau panas kau buka-bukaan direndam acaranya bukan bukan ya oh ya enggak kebetulan Begini saya akan di DPR itu kan Ya kan Kita sama-sama iya saya kan orangn

ya Ia senang berteman kan gitu loh Nah sehingga rata-rata yang jadi pimpinan fraksi ini kan sudah juga pernah ya menjadi anggota DPR sebelumnya nah sehingga sudah pernah berinteraksi berkomunikasi gitu loh Nah jadi ketika kemudian ada misalnya hal yang perlu dikomunikasikan atau yang pe

rlu kitaPenggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154  komunikasikan ya kan saya enak aja gitu kan tinggal ya kita hubungi kita duduk kita ngobrol kan kalau sudah begitu kan ya eng

gak ada masalah ini bisa diselesaikan badminton tapi saya enggak tahu kemudian nanti dilihat orang bahwa ia seperti tadi bahwa cuma saya enggak juga saya koreksi count yang lain juga komunikasi

 kok itu begitu ya iya iya iya tentu saja saya percaya kalau padat payudaranya Hai tapi anda bisa mengatur waktu itu sekarang sedikit saya agak personal sifatnya dari ketua umum Harian dari wakil ketua DPR Anda bisa mengelola itu jadi begini Eh kita memang diajari oleh Pak Prabowo untuk melakukan memenej semua saya kan juga di luar ini saya juga 

pengusaha Saya juga punya usaha yang tentunya tidak ada hubungan dengan APBN atau pemerintah nah nah itu juga saya kan mesti Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku Isilah tabel berikut! bahasa indonesia kelas 7 smp mts halaman 153 154 

You May Also Like