KUNCI JAWABAN Uji kompetensi halaman 234 sejarah indonesia kelas 10

Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma mak
KUNCI JAWABAN Uji kompetensi halaman 234 sejarah indonesia kelas 10

 

✋😉halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

JAWABAN Uji kompetensi sejarah indonesia kelas 10 halaman 234 bab 3

1. Jelaskan latar belakang berdirinya Kerajaan Demak

KUNCI JAWABAN

Kerajaan Islam Demak adalah kerajaan Islam pertama di Jawa yang didirikan oleh Raden Patah tahun 1475 di Bintoro,Demak. Raden Patah mendirikan kerajaan tanpa ikatan dengan kerajaan Majapahit karena pada saat itu, kerajaan Majapahit sedang mengalami kemunduran. Para Wali Songo mendukung berdirinya kerajaan Demak dan dalam waktu singkat Demak berhasil menjadi kerajaan yang sangat besar.

2. Bagaimana proses berdirinya kerajaan Mataram?

KUNCI JAWABAN

Kesultanan Mataram adalah kerajaan Islam di Pulau Jawa yang pernah berdiri pada abad ke-17. Kerajaan ini dipimpin suatu dinasti keturunan Ki Ageng Sela dan Ki Ageng Pemanahan, yang mengklaim sebagai suatu cabang ningrat keturunan penguasa Majapahit. Asal-usulnya adalah suatu Kadipaten di bawah Kesultanan Pajang, berpusat di “Bumi Mentaok” yang diberikan kepada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya. Raja berdaulat pertama adalah Sutawijaya (Panembahan Senapati), putra dari Ki Ageng Pemanahan.

3. Gambarkan skema struktur birokrasi Pemerintahan Kerajaan mataram!

KUNCI JAWABAN

3. Diskusikan dan buat tulisan ringkas tentang kejatuhan kerajaan Banten ke tangan VOC (3-6) halaman !

KUNCI JAWABAN

Diawali dengan banten menyerang pasukan belanda yang ada di Batavia. Pada tahun 1655, Sultan Ageng, Raja Banten saat itu, mengirim 2 gelombang pasukan ke Batava untuk menyerang pasukan Belanda yang ada di sana.

 

Untuk menghentikannya, VOC menawari hadiah – hadiah menarik ke sultan Ageng agar dia mau menghentikan serangan. Namun Sultan Ageng menolak pemberian hadiah dair VOC dan malah melancarkan serangan geriliya besar – besaran ke VOC, menghancurkan banyak perkebunan milik VOC dan merusak kapal – kapal milik Belanda yang berada di pesisir Pantai.

 

Pada saat itu, Kerajaan Banten juga mendapat sejumlah dukungan dari beberapa kerajaan seperti Kesultanan Cirebon dan Mataram. Ditambah lagi sejumlah dukungan dari luar negeri seperti Turki, Inggris, Perancis, dan Denmark yang memberikan bantuannya berupa senjata api. Hal ini semakin memperkuat kedudukan dan kekuatan kerajaan Banten dalam menghadapi VOC.

5. Tuliskan biografi singkat Sultan Ageng Tirtayasa!

KUNCI JAWABAN

Sultan Ageng Tirtayasa (Banten, 1631 – 1683) adalah putra Sultan Abdul Ma’ali Ahmad dan Ratu Martakusuma yang menjadi sultan banten periode 1640 – 1650. Ketika kecil, ia bergelar Pangeran Surya. Ketika ayahnya wafat, ia diangkat menjadi Sultan Muda yang bergelar Pangeran Ratu atau Pangeran Dipati. Setelah kakeknya meninggal dunia, ia diangkat sebagai sultan dengan gelar Sultan Abdul Fathi Abdul Fattah.Nama Sultan Ageng Tirtayasa berasal ketika ia mendirikan keraton baru di dusun Tirtayasa (terletak di kabupaten serang). Ia dimakamkan di Mesjid Banten.

6. Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang Perjanjian Bongaya di Sulawesi!

KUNCI JAWABAN

Pelajaran yang dapat kita petik dari perjanjian bongaya adalah bahwa kita di tuntut untuk berfikir matang sebelum mengambil sebuah keputusan agar kita tidak merugikan orang banyak dan kita pun di tuntut untuk mengambil keputusan yang terbaik, terbaik di sini di maksudkan bahwa mengambil keputusan yang hanya memiliki risiko yang kecil atau tidak merugikan terlalu banyak pada diri kita dan orang lain. Disini Sultan Hasanudin sangat terpaksa mengambil keputusan karena dia tidak ingin banyak korban berjatuhan lagi. Hal tersebut pastilah sudah dipikirkan secara matang dan telah ia timbang semua dampak yang akan di akibatkan dari perjanjian tersebut. Kita tidak bisa menyalahkan Sultan Hasanudin karena menandatangani perjanjian tersebut yang sebenarnya benar-benar sangat merugikan rakyatnya jika dilihat dari segi apa pun. Tetapi jika kita lihat dari sudut pandang kemanusiaan, kehidupan adalah bagian terpenting yang di pikirkan oleh Sultan Hasanudin sebagai sebuah pertimbangan dalam pengambilan sebuah keputusan yang matang dan menurutnya hal tersebut adalah pemikiran yang memiliki resiko terkecil.

7. Dari nana-nama kerajaan di Sulawesi, kamu pilih salah satu dan berikan penjelasan tentang singkat tentangkerajaan tersebut, misalnya kapan berdiri, siapa rajanya, pernahkah berperang melawan Belanda dan sebagainya.

KUNCI JAWABAN

Dari nama-nama kerajaan di Sulawesi di atas, kamu pilih satu dan berikan penjelasan secara singkat tentang kerajaan tersebut, misalnya kapan berdiri, siapa rajanya, pernahkah berperang melawan Belanda dan sebagainya!

 

 

Kesultanan Gowa (1300-1946) – Kerajaan Tallo (Pertengahan abad ke-15)

Di Sulawesi selatan terdapat dua kerajaan yaitu Gowa dan Tallo. Keduanya terlibat pertempuran dan persaingan, hingga Tallo terkalahkan. Akhirnya dicapai kesepakatan Rua karaeng se’re ata (dua raja tetapi satu rakyat) yang mana dengan persetujuan tersebut, maka dalam persekutuan itu Raja Gowa menjadi Sombaya (raja tertinggi) sedangkan Raja Tallo menjadi Tumabicara buta (perdana menterinya). Sejak saat itu Kerajaan Tallo selalu terlibat dan mendukung ekspansi Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Kerajaan Gowa-tallo juga disebut dengan nama Kesultanan Makasar.

 

Raja :

– Karaeng Matowaya dari Tallo I Mallingkang Daeng Manyonri (Sultan Abdullah) (1593-1623),

– Karaeng Gowa dari Gowa I Manga’ rangi Daeng Manrabbia (1593 – 1639).

Kerajaan yang ditaklukan : Wajo pada 10 Mei 1610, dan Bone pada 23 Nopember 1611.

Perlawanan : Sultan Hasanuddin dari kerajaan gowa menentang monopoli perdagangan Belanda (VOC). Sehingga terjadi peperangan antara keduanya. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kerajaan-kerajaan kecil untuk melawan Belanda. peperangan dari waktu ke waktu terus berjalan. Sempat tercipta perjanjian damai namun selalu dilanggar oleh Belanda.

8. Jelaskan proses Islamisasi di Maluku

KUNCI JAWABAN

Proses Islamisasi di Maluku terjadi karena pengaruh dari Gresik dan lewat pengaruh kerajaan Ternate dan Tidore mulai pada pertengahan abada ke 15 hingga ke 18. Kerajaan Ternate dan Tidore terletak di Kepulauan Maluku, antara Sulawesi dan Papua. Letak Kerajaan Ternate dan Tidore sangat strategis dalam dunia perdagangan masa itu. Pada masa itu, kepulauan Maluku merupakan penghasil rempah-rempah terbesar sehingga dijuluki sebagai “The Spicy Island”. Hal ini menyebabkan Maluku menjadi pusat perdagangan, sehingga setiap pedagang dari berbagai bangsa datang ke Maluku untuk membeli rempah-rempah. Hasil utama Ternate waktu itu ialah cengkeh dan pala. Keadaan ini telah mempengaruhi aspek-aspek kehidupan masyarakatnya, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

 

Kerajaan – kerajaan di Maluku sangat akrab menjalin hubungan ekonomi dengan pedagang Jawa sejak zaman Majapahit. Pedagang Maluku sering berkunjung ke Surabaya, Gresik, dan Tuban. Sebaliknya, pedagang Jawa datang ke Maluku untuk membeli rempah-rempah. Hubungan kedua belah pihak ini sangat berpengaruh terhadap proses penyebaran agama Islam di Indonesia. Para mubaligh dari Jawa Timur datang ke Maluku untuk mengajarkan agama Islam. Salah seorang mubaligh yang berjasa menyiarkan agama Islam di Maluku adalah Sunan Giri dari Gresik, Jawa Timur. Diperkenalkannya agama Islam kepada penduduk Maluku mengakibatkan banyak penduduk menganut agama Islam dan berdampak pada sistem pemerintahan sehingga muncullah Kerajaan Islam di Maluku

9. Ceiritakan secara singkat tebtabg Sultan Baabullah

KUNCI JAWABAN

Sultan Baabullah adalah sultan Ternate terbesar. Ia bertahta pada 1570-1583. Ia menggantikan ayahny Sultan Khairun, yg dibunuh oleh Portugis. Sultan Baabullah membalas dengan menyerang dan membuat Portugise menyerah tanpa syarat pada 26 Desember 1575. Portugis kemudian diusir dari Maluku. Pada masa pemerintahan Sultan Baabullah, kekuasaan Ternate berkembang luas. Selain berkembang ke seluruh wilayah kepulauan Maluku, kekuasaannya juga mencakup ke Bulton dan Pulau Selayar di Sulawesi Selatan. Sultan Baabullah diberi gelar ” Heer van twee en zeventig eilanden ” atau ” Penguasa atas 72 pulau “.

10. Ceritakan hubungan antara kerajaan Ternate dan dengan tokoh-tokoh Ulama dari Gresik

KUNCI JAWABAN

Kerajaan Ternate dan Tidore letaknya berdekatan. Keduanya menganut agama Islam sejak abad ke-16. Ajaran Islam dibawa oleh para pedagang dari Malaka dan Jawa. Ajaran Islam yang dri Jawa ini disebarkan oleh salah satu dari sembilan ulama yang terkenal dengn sebutn wali songo. Nama ulama itu Maulana Malik Ibrahim yg masyarakat umum mengenalnya sebagai Sunan Gresik

11. Buatlah peta dunia(kamu dapat memfotokopi pada atlas) kemudian gambarkan pelabuhan-pelabuhan yang pada masa Islam digunakan sebagai bandar-bandar -perdagangan dan berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia

KUNCI JAWABAN

1. PELABUHAN TANJUNG PRIOK

2. PELABUHAN MERAK

3. PELABUHAN TANJUNG PERAK

4. PELABUHAN BAKAUHENI

5. PELABUHAN TANJUNG MAS

6. PELABUHAN KETAPANG

7. PELABUHAN HARBOUR BAY

8. PELABUHAN SUNDA KELAPA

9. PELABUHAN BATAM CENTER

10. PELABUHAN SOEKARNO-HATTA MAKASSAR

LOKASI PELABUHAN DI INDONESIA

-Pulau Jawa 17 pelabuhan

-Sumatera 50 pelabuhan

-Kalimantan 8 pelabuhan

-Sulawesi 16 pelabuhan

-Nusa Tenggara 8 pelabuhan

-Maluku Utara 10 pelabuhan

-Maluku 13 pelabuhan

-Papau Barat 7 pelabuhan

-Papua 7 pelabuhan

FASILITAS TERMINAL MODERN PELABUHAN TANJUNG PERAK

12. Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Nilai apa saja yang sekira dapat kamu amalkan

KUNCI JAWABAN

-Dapat mempelajari akhlak akhlak dan budi luhur yang diamalkan oleh leluhur kita.         -mengetahui bahwa kerajaan islam lebih cepat berkembang dibandingkan kerajaan hindu. karena tidak adanya sistem kasta . 

SUMBER: BRANLY DAN LAIN

 

Sumber: kemdikbud/Buku sejerah indonesia kelas 10

Rangkuman sejarah indonesia kelas 10 sma smk ma mak

seoKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makrang politisi seperti yang diinginkan oleh orang gantinya Dipilihkan Katakanlah itu anggota DPR itu Bagaimana anda bisa menjadi seperti itu m l Sirait bangsa kita rendah di negara kita ini buku-buku bagus tidak muncul kita rata-rata membaca buku impor tidak ada karyamu yang membelalakkan mata karya-karya yang ada itu tidak terlalu hebat lah kira-kira

begitu ini buku beberapa detik ini yang ke-15 kolosal lagi ya oke nah papan namanya tradisi membaca jelek tradisi riset jelek karena itulah kemudian level dari orang-orangnya juga demikian makanya tadi Kalau Anda meKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makngatakan kebanyakan pengusaha Saya sih tidak pesimis dengan itu Hai ada ke

mungkinan karena memang pengusaha itu lebih cerdas ia lebih banyak membaca tapi sayang orientasinya oleh politik begitu dia masuk dia tidak di switch menjadi pemikir gitu karena pada dasarnya akan menjadi pejabat publik tu artinya menjadi pemikir Ya itu bukan menjadi orang yang bertransaksi dagang gitu nah itu yang kita sedih kan Makanya akan Anda bikin podcast seperti ini saya juga ada c

hannel itu yang abadi Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makdaripada seorang politisi dia itu menjadi public educator tetap hadir ditengah masyarakat itu untuk mencerahkan supaya orang itu banyak yang membaca buku Bali tidak sekarang kalau orang Malas baca buku ya Nonton YouTube yang apa namanya yang seperti Ambon Faisal channel and sensor iniKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma mak supaya dia ada kegiatan berpikir gitu mungkin cara orang membaca katanya ini ada risetn

 

ya mengatakan 60% oranKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makg tuh belajar dari menonton gitu deh ini juga gabung kabar bagus begitu yang dan mudah-mudahan dengan ini di masa depan akan muncul politisi-politisi yang banyak Nonton YouTube yang bagus-bagus enggak pikirannya itu lebih teratur dan terstruktur yang paling membuat

kita menderita itu pabrikan Saya pernah bersama dengan anda di DPRD adalah bagaimana politisi kita itu eh miskin narasi game yang bahkan sampai Pada tahapan memindahkan mohon maaf nama-n

ama kebun binatang itu ke ruang-ruang konstitusi GR itu sangat menyakitkan sekali dan Fahri Hamzah melihat Bagaimana anda pertama dengan seluruh ide anda real Apakah kita masih bisa berharap pada DPR yang sekarang kalau yang sekarang saya agak pesimis sebab cara mereka mendekati politik dari awal agar ke agak keliru jadi kehendak misalnya ya Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makkehendak jadikan gini saya mengatak

an beberapa waktu lalu wow Wu pernah kita launching Havana garais itu juga saya bicara itu seperti ada ada dua pertarungan narasi besar di dunia ini yang kita itu mencoba mengcopy Salah satunya yaitu pertarungan antara sukses Amerika dan sukses Cina giKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma maktu tiba-tiba sekarang ini kita agak cenderung ingin menganggap cara sukses Amerika ini lamban eh kebetulan juga presidennya Ameri

ka sekarang ini orang yang Apa nama cara berpikirnya Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma maksebenarnya agak fasis ya karena dia itu kan terbiasanya dengan decision-making process dalam dagang dan itupun dia bukan berasal dari Capital market ya dia itu bisnis keluarga yang mengatakan saya Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makmau ini saya mau ini gitu itulah Donald Trump

 

sekarang sehingga seolah dominan ID yang mempengaruhi pejabat kita sekarang ini adalah ide tentang sukses Cina makanya saya menganggap itu omnibus lo itu sebenarnya kalau kita bawa ke Eropa dan Amerika itu akan diketawain oleh investor Amerika danKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma mak Eropa tapi kalau and Gowa kedai nah ini memang polanya ini adalah pola namanya ini gitu ini besar ini itu yang dianggap gitu cocok untuk mereka jodoh mereka untuk diparaf tepi barat ini Barat itu Green Yuman Rider Seroja itu itu enggak Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma mak

ada dalam omnibus ini pertanyaan terakhir dari saya Seandainya Anda masih ada di DPR omnibus slow Cipta Karya ini Cipta kerja ini akan lolos atau tidak seharusnya dicegah dari awal Saya pernah mengatakan saya akan kita tekan hadir ini kan yang mau dirombak ini adalah undang-undang tidak saja yang 20 terakhir terakhirnya 20 tahun terakhir kita buat ada undang-undang yang justru mau kembali ke masa lalu di dalam logam 79999 1200 pasar Kalau saya bilang ma presiden nggak perlu Pak Bapak a

mbil aja Itu PPP bapak itu buat penterjemahan yang mengclearkan terjemahan terhadap selKunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma makuruh undang-undang yang pernah ada dibikin lebih sesuai dengan keperluannya cuman Pepe kalau ada Kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 Uji kompetensi halaman  234 bab 3 semester 1 kelas 2 sma smk ma mak kurikulum 2013 edisi 2017 Buku siswa sma smk ma mak

You May Also Like