KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1

Kunci jawaban IPA Kelas 9 smp mts Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1 kurikulum 2013 edisi 2018 semester 1 jawaban dan soal pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 3 smp mts 

📢Info Penting
✔️Download aplikasi Teras Edukasi (Pasti dapat nilai 100😊)

halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi 😎. Teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100😍

1.Perubahan energi yang terjadi pada baterai yang menyalakan senter adalah

Kunci jawaban

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 241 – 245 Uji Kompetensi 5

Kunci Jawaban Pilihan Ganda IPA Kelas 9 Halaman 241 – 244

1. A. kimia-listrik-cahaya
2. C. 1 dan 3
3. D. 0,6 C
4. C. jumlah energi listrik yang dihasilkan sama dengan jumlah energi cahaya yang dihasilkan
5. B. Rp65.142,00
6. B. Arus pada lampu 2 sama dengan arus pada lampu 1.
7. D. 8 volt
8. A. tidak menghasilkan polusi
9. B. matahari
10. C. seluruh instalasi listrik di rumah menggunakan rangkaian paralel

Kunci Jawaban Essai IPA Kelas 9 Halaman 244, 245

1. Diberikan sebuah rangkaian listrik arus searah terdiri dari tiga buah lampu, dua buah sakelar, dan sebuah sumber arus listrik. 

Manakah lampu-lampu yang menyala jika:
a. sakelar 1 tertutup, sakelar 2 terbuka
b. sakelar 2 tertutup, sakelar 1 terbuka
c. sakelar 1 tertutup, sakelar 2 tertutup
d. sakelar 1 terbuka, sakelar 2 terbuka
Jawaban :


a) 2 dan 3
b) tidak ada yang menyala
c) 1, 2, dan 3
d) tidak ada yang menyala


2. Sebuah rumah menggunakan peralatan listrik seperti pada tabel di bawah ini! 
Berdasarkan rincian peralatan listrik dan waktu pemakaian ratarata setiap hari, hitunglah biaya yang harus dibayarkan selama 1 bulan jika harga listrik Rp1000,00/kWh! (1 bulan = 30 hari)

Jawaban :


Biaya penggunaan listrik rumah
4 × 10 × 12 = 480 Wh
1 × 300 × 3 = 900 Wh
1 × 100 × 24 = 2400 Wh
1 × 50 × 6 = 300 Wh

Total energi listrik = 480 Wh + 900 Wh + 2400 Wh + 300 Wh
= 4080 Wh
= 4,08 kWh

Biaya penggunaan energi listrik selama satu bulan (30 hari) 4,08 × 30 × 1000 = Rp122.400


3. Mengapa rangkaian listrik di rumah-rumah sebagian besar menggunakan rangkaian paralel?
Jawaban :

Untuk memudahahkan penggunaan, karena dapat mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan tanpa harus memadamkan seluruh arus listrik dalam rumah.

4. Sebutkan tiga upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya bahaya penggunaan listrik!
Jawaban :

Mencabut kabel dari stop kontak bila tidak menggunakan peralatan listrik, menghindari air dan kondisi tangan yang basah saat menyambung atau melepas sambungan kabel dengan stop kontak,
serta tidak memegang lubang stop kontak atau sambungan kabel yang terbuka.

5. Perhatikan gambar di bawah ini!
kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 241 - 245 uji kompetensi 5
Hitunglah!
a. Hambatan pengganti
b. Arus listrik total yang mengalir pada rangkaian
c. Arus listrik yang mengalir pada hambatan 9 Ω
d. Arus listrik yang mengalir pada hambatan 6 Ω
e. Arus listrik yang mengalir pada hambatan 1 Ω
f. Tegangan listrik pada hambatan 9 Ω
g. Tegangan listrik pada hambatan 6 Ω
h. Tegangan listrik pada hambatan 1 Ω
Jawaban :

a) 1/Rp = 1/9Ω + 1/6Ω
1/Rp = (4 + 6) / 36Ω
1/Rp = 10/36Ω
Rp = 36Ω / 10
Rp = 3,6Ω

Rtotal = 3,6Ω + 1Ω + 0,4Ω
Rtotal = 5Ω
Jadi, hambatan penggantinya adalah .

b) I = V / Rtotal
= 10 V/ 5Ω
= 2A
Jadi, arus listrik total yang mengalir pada rangkaian adalah 2A.

c) I9 = V9 / Rtotal
= 10 V/ 5Ω
= 2A

V9 = VV6 = Vpararel
Vpararel + V1 + Vr = Vtotal = 10 volt
V1 = I1 x R1 = 2 x 1 = 2 volt
Vr = Ir x Rr = 2 x 0,4 = 0,8 volt
Vparalel + 2 + 0,8 = 10
Vparalel = 10 – 2 – 0,8 = 7,2 volt
I9 = 7,2 V / 9 Ω
= 0,8 A
Jadi, arus listrik yang mengalir pada hambatan 9Ω adalah 0,8A.

d) I6 = 7,2 V / 6 Ω
= 1,2 A
Jadi, arus listrik yang mengalir pada hambatan 6Ω adalah 1,2A.

e. Ir = Iseri = Itotal = 2 A

f. 7,2 volt

g. 7,2 volt

h. 2 volt

📢Baca Juga

📢Info Penting
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.

Sumber: kemdikbud/Buku ipa kelas 9

Rangkuman Ilmu Pengetahuan Alam kelas 3 smp mts

 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1harus harus beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan lingkungan internasional kita juga yang menghendKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1aki bahwa Indonesia harus membuka diri

 terhadap perubahan tersebut satu contohnya misalnya begini ya yang di undang-undang cipta kerja di diributkan juga soal undang-KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1undang eh nikmat-nikmat itu kan secara keseluruhan 16 undang udah di tag out semua tapi ada satu pasal Tertinggal pasal 65 itu tentang investasi juga masuknya

 boleh sekolah asing itu masuk boleh rumah sakit itu masuk tapi di kawasan ekonomi khusus di Pulau Jawa ini cuma ada Tanjung Lesung lainnya di Pulau luar pulau Jawa saya kira Eh ini menurut saya Yap bagus-bagus aja begitu dan ini adalah salah salah satu prasyarat dari aweto sebagai bagian dari Repu

blik ini menjadi bagian dari pergauKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1lan internasional nah jadinya kayak gitu kita nggak bisa menutup diri dari salah satu sudah Nanda yang membuat Anda dikenal sebagai anggota DPR yang peduli adalah usulan Anda agar gaji anggota DPR dipotong untuk penanganan kofit Tentu saja itu bagus te

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1

tapi ada beberapa sore mengatakan bahwa kalau pola-pola seperti itu diteruskan maka kemudian lama-lama pemerintah itu menganggap bahwa Oh Phillip jadi tugas DPR karena penumpukan tugas.dpr Sepertinya tugas.dpr itu adalah memastikan bahwa kata kalau misalnya kalau Nurul dari tapi berapa

 ya Jabar Sabtu Jabar 1 itu masyarakatnya terpenuhi hak-haknya sebagai warga negara melalui mekanisme pembangunan dari pemerintah pemerintah sebagai eksekutor dan program itu kita mawas yang menyerah Halo tetapi banyak mengatakan Anda seorang yang baik hati menurut anda

 wong-paula seperti ini kalau Hai bagaimana oi Om Menurut saya itu sah-sah saja ya itu sebetulnya spontanitas pajak bukan satu skenario Saya mau bicara disitu sampai saya juga bicara kadang-kadang ke takut juga karena memang saya belum izin kepada Ketua Fraksi apakah apakah yang keluar dari m

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1ulut saya harus peduli beginilah nah cuma sebenarnKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1i dengan masyarakat justru Ini mah menapa namanya mengkorelasikan bagi-bagi aneh bahwa a4ti itu enggak bisa ditahan-tahan gitu loh masa apalagi sekarang nih ya Kita kan sudah masuk dalam masa raja si pengetahu tahun depan udah selesai apa belum betul justru sekarang ini kita diuji sejauh mana kita bisa terus memberikan empat i

tu dan membantu masyarakat kita Saya kira ya Hai Fajar wajar aja sih mas kalau kalau misalnya itu bukan tugasnya tapi yang namanya 4 nih sensitifitas iKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1tu tak bisa dilarang barang no ngebantu gitu Harus anggap dilarang larang juga dan itu sangat personal sehingga seseorang gitu juga pertanyaan terakhir da

ri saya masih pengen main film hahaha main film di Enggak sih cuma saya bersyukur banget berterima kasih kepada Tuhan Ya jalan hidup saya sudah mcvvvvelalui banyak hal menjadi artis itu bukan satu eh bukan satu yang harus saya sesali tapi saya syukuri karena itu menjadi modal sosial saya saat ini saKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1

ya salah satu penonton terbaik adalah hahaha dulu ya Yoi Nurul Arifin Terimakasih banyak telah hadir di forum Akbar Faisal Iya Makasih juga mas Akbar inKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1i satu pbolitisi yang sangat luar biasa semasa satu periode sama-sama di komisi 2 saya mengenal Beliau juga orang yang sangat vokal soal dia komisi kami dan Alhamdulillah kita Taman biasa saya semuanya berharap menyuruh semakin menunjukkan bahwa inilah perempuan Indonesia terutama di dunia politik Ya saya berharap seperti itu sekali lagi terima kasih cendol para negarawan nugrawati para penonton Adventure Terima kasih atas 

waktunya untuk menonton tayangan ini saya berharap kita bisa belajar lebih banyak lagi malam ini kita belajar dari seorang ia telah menjadi politisi tangguhKUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1Nurul Arifin sekali lagi terima kasih assalamualaikum warohmatullahi Hai selang waalaikum warahmatullah barakatuh Selamat malam kita ketemu kembali malam ini saya akan mencecar seseorang yang suka mencecar orang lai

n tapi Malam ini kita hadirkan saudara rezeki Harlem yang beberapa sudah satu minggu ini kau memenuhi media ya ya biasanya kan sejak bakal sejak Kami sebenarnya ya terjahit yes good news hahaha ya dan memang Nah dari catatan yang di kesimpen di setiap apa namanya tayangan kami it

u ada namanya refly Harun Galang nomor urut pertama tolong diundang katanya sekaligus untuk bertanya banyak hal Ya sudah saya undang Kebetulan lagi ada waktu KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Uji Kompetensi 5 Halaman 241 – 245 bab 5 semester 1

You May Also Like