KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017
📢Info Penting

✋😉halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

2. Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan Pantun

Daftarlah kata yang memiliki bunyi akhir sama pada gurindam, syair, dan
pantun di atas! Lanjutkan seperti contoh berikut!
KUNCI JAWABAN

Kata berima pada pantun

Kata berima pada larik ganjil (1 dan 3) Kata berima pada larik genap (2 dan 4)
Bayam Ayam
Kantung Sekampung
Tidak Tidak
Benang Dikenang
Berang-berang Orang
Kiri Diri
Selasih Kasih
Taman Zaman


Kata berima pada Gurindam

Kata berima pada larik 1 Kata berima pada larik 2
Perangai Ramai
Sahabat Obat
Guru Seteru
Berbangsa Bahasa
Berbahagia Sia-sia
Mulia Dia


Kata berima pada syair

Kata berima pada larik 1 Kata berima pada larik 2, 3, dan 4
Madah Indah, berpindah, sudah
Dirimu Hidupmu, hidupmu, hidupmu
Budiman Pedoman, kerjakan, insan
Perahumu Kayu, di situ, itu
Ayar Layar, taksir, kabir

3. Menemukan kata berima sama secara utuh

Buka kamus dan berbagai sumber untuk menemukan kata berima yang bunyi
akhirnya sama secara utuh!

KUNCI JAWABAN
Benda di sekitar/masakan/buah/kota/hewan
  • rebana, pelana
  • Sulawesi
  • Jambu
  • nasi
  • dasi
Kata dengan akhir sama secara utuh
  • terpana, terpesona, terhina, suasana, terbina
  • solusi, prestasi, motivasi,
  • kelambu, rambu, terumbu, sumbu
  • dominasi, intonasi, kombinasi, melunasi,  nominasi
  • intimidasi, pondasi, rekomendasi, validasi, konsolidasi

4. Menemukan kata berima akhir sebagian

KUNCI JAWABAN
Benda di sekitar/masakan/buah/kota/hewan
  • pisang
  • sambil
  • selasa
  • duku
  • dendam
Kata dengan akhir sama secara utuh
  • pegang, dagang
  • stabil, gembil, tarbil
  • binasa, dewasa, mikasa, semasa
  • kaku, daku, buku, suku, laku
  • mendam, ngidam, pendam, sendam

5. Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam

Setelah membaca beberapa contoh puisi rakyat di atas, kamu bisa menggali
informasi yang lebih banyak lagi tentang puisi rakyat dari berbagai sumber.
Setelah itu, berdiskusilah untuk membandingkan ketiganya. Diskusikan
persamaan dan perbedaan ketiganya! Tulislah pada tabel berikut!

KUNCI JAWABAN
Pantun:
1. Terdiri dari empat baris
2. Terdiri dari 8-12 suku kata
3. Baris pertama dan kedua adalah sampiran, semengara baris ketiga berupa isi
4. Berima ab ab
5. Berisi nasihat atau teguran secara tidak langsung dengan kata-kata yang menghibur.
Syair: 
1. Pada syair, terdiri dari empat baris.
2. Jumlah kata terdiri atas 8-14 suku kata.
3. Semua baris adalah isi.
4. berima a-a-a-a.
5. Isinya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara.
Gurindam: 
1.  Pada gurindam, terdiri dari dua baris.
2.  Terdiri atas 10-14 kata.
3.  Isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua karena baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama.
4. berima a-a, b-b, c-c, dan seterusnya
5. Isinya berupa nilai-nilai kehidupan atai nilai-nilai moral

😁Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.

Sumber: kemdikbud/Buku Bahasa indonesia kelas 7

Rangkuman bahasa indonesia kelas 7 smp mts

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017itu kan Abang tahu gesekan Tuhan demikian kerasnya kalau kemudian nggak ada yang bertoleransi iya ya kita nggak tahu mungkin sampai hari ini kita enggak tahu Indonesia jika jadi api bisa Di bisa dimaklumi ya jadi tahu sedikit tentang keluarga ya Enggak banyak

 yang bisa diceritain Saya punya istri satu anaknya hahaha yayaya setup sedang sudah pada besar se

muanya ya anaknya satu baru 11 tahun yang lagi apa namanya memang perlu perhatian perhatian khusus dan di pantai juga semua sudah tahu Panglima tertinggi saya itu anak saya Hai dari saya sudah ngomong dengan ketuKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017a umum dan yang lain mohon maaf kalau rapat itu misalnya enggak boleh bawa handphone saya bilang saya bawa dua handphone satu handphone itu yang khusus Emang buat keluarga 

jadi saya mohon yang satu ditinggal saya bawain satu Anda dikenal orang yang sangat ringan tangan untuk membantu orang kemarin Pada saat awal-awal kofit Anda membuat gerakan dan bekerjasama den

gan para pihak untuk ada semacam cairan ya gitu jadi tanya gimana Kok jadi gini itu memang kita akan eh apa sih namanya eh KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017eh hai hai Oh ya kawan-kawan tuh kan banyak ada termasuk saya itu menjad

i pembina di pengobatan tradisional interkontinental Indonesia dimana disitu memang dokter-dokter tcm lulusan Universitas Beijing itu ada di situ nah waktu terjadi covert itu saya ngomong sama mereka eloe Minta dong gan disana ramuannya yang sudah hebat karena ada lalu kemudian mereka minta kebetula

n dapet Ramon yang memang sudah ada jurnal internasional lu kemudian mereka begitu coba Bikin disini Raffi ternyata da

ri 11 ramuan tuh ada sembilan bahan di sini tinggal dua yang mereka kemudian impor nah terbukti kemarin Who baru mengeluarkan bahwa obat herbal itu kemudian direkomendasi untuk copied nah padahal Ia kemarin mereka sudah bikin nah itu sudah kita bikin pencipta pagi-pagi termasuk Sekarang A

nda Anda pernah positif Saya pernah saya pernah hanya sebulan dia Februari akhir awal Maret begitulah ceritanya gimana ya saya akan sudah di rumah sebenarnya di rumah karena waktu itu katoda awal copy jadi kita enggak ke DPR kita enggak ini tapi memang kalau penyakit mau dateng yaitu denga

n aja karena tiba-tiba ada ipar saya datang di anggota DPRD dikaitkan Oke dia mau konsultasi soal pemilihan Wagub DKI lalu kemudian dia batuk-batuk saya tanya kenapa anu dia bilang suaminya ada dirawat di rumah sakit karena lambung nah pulang dari situ saya masih di tempat kerja saya di ruang 

kerja saya di rumah Dua jam kemudian ada telepon ada ipar saya nangis ternyata suaminya udah dirawat itu karena kofit sementara dia akan juga nginep di situ jaga saya saya pikir kalo udah begini ya berarti kan Dia kena Ada kemKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017ungkinan saya kena itu loh Yang ternyata benar Nah Ternyata saya langsun

g isolasi Hai langsung isolasi lalu ya Hai setelah kemudian isolasi itu dites baik rabbit maupun swap yaitu positif telah nah waktu itu karena saya sakit itu makanya saya kemudian ngotot datengin r

abbit untuk merekrut seluruh KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017anggota DPR yang kemudian diributin di media massa pada waktu itu menurut anda Please respon pKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017emerintah menyangkut dengan copy ini gimana banyak yang kecewa Jadi kalau menurut saya begini saya sudah komunikasi dengan semua pihak mau Menteri Kesehatan mau Kemudian dari BNPB mau kemudian di sekarang ini gugus tugas berkovitz sebenar

nya kalau menurut saya ini karena semua pihak ini pengen menunjukkan kerja yang bagus karena ini covert ini kan memang eh hal baru di Indonesia belum ada rumusnya buat mengatasi konflik Deni nah Hai karena kemudian masing-masing pihak ini pengen menunjukkan kerja lalu kemudia

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017

n pengen juga mencoba apa yang mereka sudah komunikasikan bayangkan dengan kolega kolega misalnya begini-begini mengatasi lalu kemudian lupa koordinasi 10 koordinasi yang lupa itulah yang kemudian membuat jadi lambat Hai eksekusi jadi lambat apapun lambat Kalau dicari Siapa yang pali

ng bertanggung jawab dengan seluruh kelambanan ini menurut ane ya Pak Iya kalau kita mau cari k

ambing hitam sebaiknya Enggak karena saya nih sayanya sudah komunikasi lu dengan semua pihak termasuk misalnya saya KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 7 halaman 169 179 171 bab 5 semester 1 soal dan jawaban kelas 1 smp mts edisi revisi 2017

You May Also Like