KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2

📢Info Penting

halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi . Teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100😍

Tugas 1. Bacalah sebuah proposal penelitian ataupun proposal kegiatan-kegiatan lainnya.

Kunci jawaban

Contoh proposal 2

Judul penelitian : GENRAM Genteng Beton Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Komposit Lumpur Lapindo dan Serabut Kelapa Berbasis Nano zeolit Untuk Peningkatan Mutu Genteng dan Mengurangi Polisi CO2.

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah

Semburan  lumpur Lapindo di daerah Sidoarjo Jawa Timur belum ada tanda  berhenti sampai  tahun 2016 ini. walaupun begitu semburan ini memiliki dua sisi, disatu sisi merupakan bencana bagi masyarakat sekitar dan dilain sisi lumpur lapindo dapat dimanfaatkan untuk berbagai bahan bangunan. Menurut Taufiqur Rahman (2006), didasarkan penelitiannya menunjukkan bahwa kadar silika dalam lumpur Lapindo cukup signifikan untuk dipisahkan. Silika dapat menghasilkan nano silika yang berguna untuk memperkuat batako maupun batubata.

Kebutuhan rumah di Indonesia setiap tahun rata-rata sebesar + 1,1 juta unit dengan pasar potensial di daerah perkotaan sebesar 40 % atau + 440.000 unit (Simanungkalit, 2004). Harga material bangunan yang cenderung meningkat, yang mengakibatkan harga rumah mengalami kenaikan. Oleh karena itu pemanfaatan lumpur lapindo sebagai bahan bangunan, khususnya untuk genteng akan memberikan bahan bangunan yang lebih murah karena bahan baku yang melimpah selama semburan lumpur lapindo masih ada.

Menurut Kamariah (2009) lumpur Lapindo berpotensi sebagai bahan baku utama pembuatan komposit untuk bahan bangunan yang dikompositkan dengan semen (PC) dan sabut kelapa (coco fiber) yang ramah lingkungan dengan mengetahui karaktristik mekanik dan kimia dari komposit.  Untuk Cocofiber sendiri yaitu bahan limbah yang sebenarnya dapat digunakan dalam pembuatan material tertentu, (seperti: beton, genteng, batu bata, dll) dengan tujuan untuk menaikkan kekuatan material tersebut terhadap gaya lentur. Hal ini menandakan bahwa lumpur lapindo bercampur sabut kelapa dapat di jadikan genteng beton yang  untuk  meningkatkan  karakteristik  mekanik  komposit  bahan bangunan.

Badan Meteorologi Dunia (WMO) pada tahun 2013 mencatat  bahwa terjadi peningkatan polusi CO2. Karena karbondioksida di atmosfer menumpuk, suhu bumi jadi semakin panas. Polusi karbondioksida global meningkat menjadi 396 parts per million (ppm) dari pada tahun sebelumnya. Peningkatan tingkat polusi CO2 itu berkisar 2,9 ppm pada periode 2012–2013. Pada tahun sebelumnya peningkatan berkisar 2,2 ppm (anonym, 2014). Polusi CO2 didominasi pada daerah di perkotaan dimana akibat banyaknya kendaraan yang ada. Maka dari itu perlu adanya Struktur bangunan ramah lingkungan yang mampu mengurangi emisi gas CO2. Pengunaan  Genteng Beton  dinilai efektif untuk mengurangi emisi gas CO2 diudara karena atap rumah yang sering terpapar langsung polusi gas ini.

Dengan Permasalahan yang ada di atas, kami mengajukan gagasan pembuatan GENRAM:genteng beton ramah lingkungan berbahan dasar lumpur lampindo dan serabut kelapa yang mana keduanya adalah limbah yang tidak terpakai dalam pengunaanya juga kurang optimal. Untuk mengatasi efek dari global warming akibat dari gas CO2 dapat di lakukan penambahan nanozeolite pada komposisi genteng beton.

Nanozeolite terbukti dapat menyerap emisi gas CO2 yang ada di udara sering di akibatkan adanya kendaraan. Dengan adanya GENRAM ini diharapkan dapat mengurangi limbah semburan lumpur lapindo dan mengoptimalkan pengunaan serabut kelapa untuk meningkatkan struktur mekanis genteng beton. Penambahan Nanozeolit pada komposisi genteng di harapkan genteng beton yang digunakan untuk atap bangunan efektif untuk mengurangi polusi akibat emisi gas CO2.

1.2 Perumusan Masalah

Lumpur lapindo masih terus mengalami  semburan hingga saat ini. Berbagai cara telah di lakukan untuk mengatasi semburan lumpur lapindo seperti penutupan  sumber lumpur mengunakan bola beton. Akan tetapi hal ini kurang efektif, Salah satu cara penanggulangan lumpur lapindo adalah dengan memanfaatkan lumpur lapindo itu sendiri untuk material bangunan yaitu sebagai genteng beton.

“GENRAM” Genteng beton berbahan dasar komposit lumpur lapindo dan serabut kelapa dengan penambahan komposisi nanozeolite pada campuran bahan Genteng akan mempunyai sifat yang mampu menyerap emisi gas CO2. Menurut Thi-Huong Pham  Penurunan  ukuran partikel kristal zeolit dari tingkat mikro ke tingkat nano terjadi peningkatan yang signifikan dalam spesifik luas permukaan, sehingga memberikan  sifat  yang lebih aktif untuk adsorpsi CO2. Genteng Beton  ini sangat ramah  lingkungan dengan memanfaatkan lumpur lapindo dan limbah serabut kelapa beserta harga nya ekonomis karena bahan yang digunakan cukup melimpah.

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan karsa cipta ini yaitu,

  1. Membuat Reinforcement dan Filler komposit Lumpur lapindo serta Serabut kelapa.
  2. Melakukan Sintesis partikel nanozeolit.
  3. Menciptakan “GENRAM” Genteng Beton Berbahan dasar komposit lumpur lapindo dan serabut kelapa berbasis nanozeolit.
  4. Melakukan Pengujian yang akan dilakukan adalah pengujian beban  lentur-kuat tekan,  daya serap gas CO2,  penyerapan  air  ( porositas), dan penyerapan  panas genteng beton.

1.4 Luaran yang diharapkan

Luaran yang diharapkan dari Penelitian yang berjudul “GENRAM : Genteng Beton Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Komposit Lumpur Lapindo dan Serabut Kelapa Berbasis Nanozeolit untuk Peningkatan Mutu Genteng dan Mengatasi Polusi Gas CO2” sebagai solusi Pemanfaatan Limbah Lumpur Lapindo dan serabut kelapa yang belum digunakan secara optimal, dan juga untuk mengurangi polusi gas CO2 yang berbahaya bagi kehidupan. Kami juga sebagai peneliti akan meyajikan data-data teknis eksperimen sebagai design proses .

1.5 Kegunaan

Kegunaan  Penelitian ini yaitu,

  1. Membuat inovasi genteng beton dari lumpur lapindo sebagai salah satu upaya penanggulangan semburan lumpur lapindo yang semakin meluas.
  2. Genteng beton yang ramah lingkungan, ekonomis, dan bertekstur kuat untuk bangunan.
  3. Aplikasi genteng beton ini dapat mengurangi polusi CO2 di udara.
  4. Menunjukkan aplikasi sains dan teknologi dalam mengatasi masalah infrastruktur.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Genteng Beton

Genteng  beton  atau  genteng  semen  adalah unsur bangunan yang dipergunakan  untuk  atap  yang  dibuat  dari  beton  dan  dibentuk  sedemikian  rupa serta berukuran tertentu.

Genteng beton pada umumnya dibuat dengan cara mencampur pasir dan semen ditambah air, kemudian diaduk sampai homogen lalu dicetak. Selain semen dan  pasir,  sebagai  bahan  susun  gentang  beton  dapat  juga  ditambahkan  kapur.

2.2 Komposit Lumpur Lapindo dan Serabut Kelapa

Di  Indonesia  penelitian  tentang  produk bahan bangunan seperti: genteng, plafond,  dll yang berasal dari komposit  limbah masih  sangat terbatas, padahal saat sekarang bahan baku yang bangunan karena bersifat renewabledan biodegradable dalam pembangunan jangka panjang berupa  limbah lumpur Lapindo  jumlah  sangat melimpah dan menjadi problem lingkungan yang serius. 

Oleh  karena  itu  penelitian  ini  sangat penting untuk dilakukan karena dirancang memberdayakan potensi limbah lumpur Lapindo yang melimpah dan menjadi problem lingkungan untuk dikompositkan  dengan  semen  (PC)  dan serat  kelapa  sebagai bahan  utama  dalam pembuatan  genteng  bangunan  yang  ringan memiliki karakteristik mekanik tinggi dan ramah lingkungan. 

2.3 Penambahan Nano Zeolite Pada Genteng Beton

Zeolite  adalah  batuan  yang  membuih  bila  dipanaskan  pada  100ºC.  Zeolit didefinisikan  sebagai  kristal  alumina silika  yang mempunyai  struktur kerangka tiga  dimensi  yang  terbentuk dari tetrahedral  silika  dan  alumina  dengan  rongga-rongga tiga dimensi yang didalamnya  terisi  ion-ion  logam penyeimbang muatan kerangka zeolite dan molekul air yang dapat bergerak bebas (Yadi, 2005). Sifat-sifat khusus zeolite diantaranya :

2.3.1  Dehidrasi
Molekul-molekul air pada zeolite merupakan molekul yang mudah  lepas.

2.3.2  Adsorpsi 
Adsorpsi  diartikan  sebagai  proses  melekatnya  molekul-molekul  pada

BAB 3 METODE PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan alat dan penelitian ini adalah 1,5 bulan. Kegiatan dilakukan di tiga tempat, yaitu :

  • Laboratorium Kimia Universitas Diponegoro
  • Laboratorium Fisika Material Universitas Diponegoro
  • Laboratorium  Teknologi  Bahan  Konstruksi  Teknik  Sipil  Universitas Diponegoro

3.2 Variabel Penelitian

Variabel terikat dalam pengujian:

  • Beban lentur  dan kuat tekan
  • Penyerapan emisi gas CO2 dan gas berbahaya
  • Penyerapan air (porositas) 
  • Penyerapan panas 

Variabel terkontrol dalam pengujian

  • Jumlah komposisi nano zeolite dan lumpur lapindo

Variabel tetap pada penelitian ini:

  • Bentuk dan ukuran genting
  • Bahan baku  material semen porland, serabut kelapa  PVA dan abu batu.               

3.3 Alat dan bahan

Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cetakan genteng beton, oven, high energy milling, Los Angles abrasion, SEM (Scanning Electron Microscopy), XRD. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah lumpur lapindo, serabut kelapa, zeolit, abu batu, semen, PVA dan air.

3.4 Prosedur Kerja

3.4.1 Pembuatan Nanozeolit

Zeolit Bayat diayak dengan ayakan 225 mesh. Pembuatan nanozeolit dilakukan dengan metode top down menggunakan high energy milling (HEM-E3D) yaitu dengan menggiling bahan awal (zeolit alam) ke dalam alat milling. Rasio yang digunakan yaitu 1:8. Setiap kali melakukan milling, zeolit sebanyak 4,84 gram dengan 11 buah bola penggiling yang memiliki berat masing masing 3,52 gram dimasukkan dalam tabung (jar) HEM-E3D. Proses milling berlangsung selama 6 jam pada kecepatan 1000 rpm.

Tabung HEM-E3D dan bola penghancur sebelum digunakan dicuci terlebih dahulu menggunakan etanol.  Karakterisasi zeolit menggunakan SEM (Scanning Electron Microscopy) untuk mengetahui morfologi permukaan zeolit dan BET (Brunauer-Emmet-Teller) untuk mengetahui luas permukaan spesifik zeolit.

3.4.2 Pembuatan genteng beton berbahan lumpur lapindo dan serabut kelapa berbasis nanozeolit

Nanozeolite yang telah di buat dengan metode top down menggunakan high energy milling (HEM-E3D) kemudian di tambahkan pada komposisi lumpur lapindo, serabut kelapa, semen portland, abu batu dan PVA. Dari Pengujian ini kami melakukan variasi penambahan nanozeolit dan  lumpur lapindo.

3.4.3 Kualitas  Kontrol  dan  Evaluasi  Komposisi  Bahan  (Variabel  terkontrol lumpur lapindo)

Adapun Komposisi Campuran Pengerjaan genting: 

  • SP 0,3 + 0,2 (Zeolit) + 0,3 Lumpur Lapindo + 0,1 serabut kelapa= Benda Uji A 
  • SP 0,3 + 0,3(Zeolit) + 0,3 Lupur Lapindo + 0,1 serabut kelapa = Benda Uji B 
  • SP 0,3 + 0,4(Zeolit) + 0,3 Lumpur Lapindo + 0,1 serabut kelapa = Benda Uji C
  • SP 0,3 + 0,5(Zeolit) + 0,3 Lumpur Lapindo + 0,1 serabut kelapa = Benda Uji D 
  • SP 0,3 + 0,6 (Zeolit) + 0,3Lumpur Lapindo + 0,1 serabut kelapa = Benda Uji E

3.5 Pengujian Prototipe GENRAMPada pembuatan prototipe dilakukan beberapa pengujian :

  • Pengujian X-Ray Diffractometer (XRD)
  • Pengujian Scanning Electron Microscopy (SEM)
  • Pengujian Serapan Air (porositas)
  • Pengujian Absorbsi Emisi Gas Buang  CO2
  • Beban lentur  dan  kuat tekan
  • Penyerapan panas 

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya

4.2 Jadwal Kegiatan

Penelitian ini dilakukan selama 1,5 bulan dengan jadwal:

DAFTAR PUSTAKA

Agustanto,  BP.  2007.  Pemerintah  Tidak  Bisa Hentikan Semburan Lumpur Lapindo. Media Indonesia Online  Rabu, 19 Oktober 2016.

Basuki, Eko. 2012. Analisis Kualitas Genteng Beton Sebagai Penutup Atap Dengan Bahan Tambahan Serat Ijuk.

Kamarlah dan Fajriyanto. 2009. Pemanfaatan Lumpur Lapindo Sebagai Komposit Ramah Lingkungan Berbasis Reiforced Concrete(FRC). Bandung: SNTKI sumber:https://saintif.com/contoh-proposal-penelitian/#Contoh_proposal_penelitian_1

2. Secara berkelompok, catatlah kebermanfaatan yang kamu peroleh serta inspirasi yang dapat kamu kembangkan setelah membaca proposal tersebut.

Judul proposal :GENRAM
Aku Menjadi Tahu tentangi
Kunci jawaban
  1. Membuat inovasi genteng beton dari lumpur lapindo sebagai salah satu upaya penanggulangan semburan lumpur lapindo yang semakin meluas.
  2. Genteng beton yang ramah lingkungan, ekonomis, dan bertekstur kuat untuk bangunan.
  3. Aplikasi genteng beton ini dapat mengurangi polusi CO2 di udara.
  4. Menunjukkan aplikasi sains dan teknologi dalam mengatasi masalah infrastruktur.
Aku pun akan Merencakan
Kunci jawaban
jikalau di tempat kami terdapat sumber daya alam seperti halnya yang ada di proposal ini tentulah saya akan juga memanfaatkan sumber daya tersebut untuk di jadikan sebagai pengasilan, namun di karenakan di tempat kami tidak ada sumber daya tersebut, hal yang ingin saya rencanakan adalah mencari sumber daya alam dulu, misalnya di tempat saya itu banyak sekali, sumber daya ..(disisi iya) hal ini dapat saya meanfaatkan untuk memperoleh pengasilan

3. Presentasikanlah laporan hasil diskusi kelompokmu itu. Mintalah
kelompok lain untuk memberikan penilaian/tanggapan-tanggapannya.
 Kelompok penanggap: …. 

temen-temen di minta untuk melakukan presentasi di depan kelas iya

📢Baca Juga

📢Info Penting
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.

Sumber: kemdikbud/Buku bahasa indonesia kelas 11

Rangkuman bahasa indonesia kelas 2 sma smk ma mak

 komunikasi lagi pagi gi Baik terima kasih pagi mungkin dari bapak ibu dosen yang lain kalau seandainya masih ada saya persilahkan oke Saya kira kalau sudah tidak ada ya Ini karena sudah hampir dua setengah jam ini pernah kita tercinta Mungkin sa

ya akan akhiri dan apa KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2saya mohon pak dekan untuk bisa memberikan closing statement dan sekaligus menutup acara diskusi ngobrol bareng kita pada pagi hari ini saya persilahkan Badekan Jejer ngasih Pak Hendro eh alhamdulillahirobbilalamin puji syukur kepada Tuhan Yang 

Maha Esa pagi hari ini adalah KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2pasti yang luar biasa bagi yang sangat indah dan insya Allah nanti Bapak Ibu yang saya hormati kita akan melakukan satu hal secara bersama-sama dalam hal ini adala

h terkaitan keterkaitan dengan air mentasi ikut tiga untuk kita mulai salah pada semester Eh besok disemester mismatch semester yang akan datang tadi banyak hal yang sudah kita bicarakan di dan Cac

a mencatat banyak sekali kecil dari pembicaraan kita pada pagi hari ini dan kami dari fakultas biologi komitmen Bapak Ibu teman-teman dari Universitas atau perguruan tinggi yang lain deh dan kami dapetnya ada sekitar 10 Terima kasih Bapak Ibu dan Mari kita bersama bersama-sama di untuk men

jalankan suatu aktivitas yang dalam hal ini adalah ikut tiga tapi saya yakin Insyaallah nanti tidak hanya ini saja dalam perjalanan ini Ataupun mungkin dalam waktu dekat ini Perkembangan pembicaraan-pembicaraan kita nanti akan ada banyak aktivitas yang bisa kita kerjakan bersama terima kasih ngopi Mam Terima kasih meski dan terima kasih Bapak Ibu dari up er Putri Kemudian dari Uni padaku pa pa Ina dan ku Maria marosa dan juga hiburan tih kemudian juga Terima kasih dari papoy dari Atmajay

a kemudian juga dari Tadulako tadi ada Bu Enok buanawati kemudian juga kami sampaikan terima kasih dari umrah huany dari unremoved Anda luar biasa Saya juga mengikuti bukan Da ini kemudian juga ada dari Universitas Bengkulu Budi ton kemudian juga saat samekta kami sampaikan terima kasih dari Pak Ahmad dari Ahmad Dahlan untuk Rahmat Dahlan juga Kemudian dari unitas Muria Kudus Universitas Nusantara PGRI KKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2ediri bagus tadi dana Bapak Ibu dosen masa

lah kami sampaikan terima kasih dari fakultas biologi Ini yang luar biasa mudah-mudahan kedepan kita akan menjalankan satu kegiatan yang luar biasa yang hasilnya nanti juga akan kita berikan kepada bangsa dan negara ini perutnya di dalam menyiapkan adhd kita untuk menjadi generasi penerus kita Ibu Bapak yang terhormat I seKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2kali mencapai Terima kasih mohon maaf atas sega

la kekurangannya dari kami dari fakultas biologi salam hormat untuk teman-teman kami semua di Rudi Bapak Ibu di perguruan tinggi yang tadi saya Sebutkan ini salah kita akan bekerjasama yakni Baik Ibu Bapak yang atur mati dengan mengucap puji syukur darat Tuhan Yang Maha Esa Alhamdulillah acara ngeblog bareng persiapan Emang implementasi ikut tiga tahun 2020 progr

am studi bioKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2logi dan programs pendidikan biologi kita akhiri bersama-sama kenal sih salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh nama Mencoba ini sungguh Heru Makasih Bapak Hendro profesi langsung InKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2donesia atas semua atuh Waalaikum salam Ummi Maturnuwun Bapak Ibu Ih naga [Musik] Amin Nggak ada foto bersama ya tetep siap lusri kepencet lagi mau foto bersama Mas Alhamdulillah cukup ya udah Magrib ibuke seKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2kali gurunya nih Reva ini memang sebelum kita saya ada foto ber

sama supaya punya kenang-kenangan nih pertumbuhan bakteri agak lewat mengabari jeriken enggak usah banyak2 untuk membuka kameranya pengin niscaya hitung untuk pengambilan yang pertama [Musik] Hai pintar yang kedua saya hitung 1 2 3 [Musik] eh sambon kenapa sih [Musik] Beb Makanlah siswa Ibu semuanya high Maaf mikum alaikum waalaikum kalau ini sudah yeah ketemu lagi hahaha as

yik-asyik hehKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2ehe sayang salah Kepengen ke Papua Nugini asisten ngehubungin meluluh Marine Papua ya Ayolah togel Manokwari luar biasa pemandangannya Papua itu yang jual Ayu nanti pokoknya bersih Papua Eropa Manokwari fotonya bersih ingin ambil aktino dari Papua hehehe nah ini lupa sekali udah siap pulau pulau mansinam itu Pulau mansinam itu habitatnya anggrek macan Ibu saya m

asuk ke sana pulang-pulang bawa dulu terus tidak ada ada apa namanya sejarah gereja juga nih disana ada satu Vietnam kalau dibawa ke Papua iya kadang waktu kesana teknik yang pemandangannya enak bukan pikKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2ng asli Papua itu dari Manokwari yang di Merauke sudah banyak juga Jayapu

ra banyak tapi aslinya dari Manokwari YouTube nah fungsi Mbak Din jenderal-jenderal izin ppid izin semuanya Negeri Manokwari ada masih ada enggak ya Bu Pa Halo Pa orang yang manggil-manggi

l manggil ikan di laut tuh kasih makan itu begitu lucu ya suaranya Suaranya baik kayak kemarin Sudiang nashriva mangkep you you mmuach Aku punya peluang di itu juga ada di Gorontalo ada juga tuh yang paus bisa dipegang-pegang itu jinak di pantai digoreng tak perlu yeah yeah inilah ingin sampling lumpur dari segala mangrove di Indonesia iyo nanti saya kayaknya mau kok hahaha Saya izin KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 halaman 160 tugas bab 5 semester 1, soal dan jawaban kelas 2 buku bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 semester 1 dan semester 2

You May Also Like