Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia
Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia

Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia

Jawaban ips halaman 109 110 aktivitas kelompok  kelas 9

1. Buatlah kelompok dengan anggota 3–4 orang! 
2. Setelah kalian mengamati berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di Indonesia, diskusikan hal-hal berikut! 

a. Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur?

Jawaban :

Alam yang Subur,
– Banyak masyarakat dari luar yang datang ke daerah yang subur untuk bertani

– Mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani
– Masyarakat hidup saling bergantungan satu dengan yang lain 
Alam yang tidak Subur,
– Hanya sedikit masyarakat luar yang datang atau bahkan masyarakat pada pergi ke daerah lain
– Memiliki sedikit hasil pertanian

– Masyarakat hidup masing-masing

b. Apa saja perubahan sosial budaya akibat Indonesia berperang melawan penjajahan Belanda?

Jawaban :
– Terdapat beberapa bahasa yang diserap dari bahasa Belanda
– Gaya berpakaian yang mengikuti gaya berpakaian dari daerah barat
– Perseberan agama Kristen yang dibawa oleh misionaris-misionaris Belanda

c. Carilah contoh pengaruh masyarakat lain di sekitar tempat tinggal kalian yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya!

Jawaban :
– Gaya hidup, contohnya olahraga lari setiap pagi
– Cara berkomunikasi, berbicara dengan sopan terhadap orang yang lebih tua
– Sikap dan berprilaku, saling menghormati satu sama lain
– Budaya dari luar, cara berpakaian 
3. Kalian dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan mengasosiasikannya dengan kelompok lain!
4. Tulislah hasil diskusi kalian!
5. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas.
📢Baca Juga📗

📢Info Penting
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.

Sumber: kemdikbud/Buku ips kelas 9

Rangkuman IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) kelas 9 smp mts

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasiaku suka dong mungkin aku nggak suka It involves The Hunger usah kau Hai tunjukin burung yang hangat kok mati Siapa enggak biasa orang kredit nih aneh banget sih tumben banget Amel matiin telepon dari Gua biasanya kayak gini Ayo dong kur mati kelaparan gua laper banget Ayo Oh ya udah aku mau ngajak kamu makan siangnya tapi sayang masa kita 2 tahun ketemu habis makan siang bareng sama aku ya hidung tutup [Musik] Hai menyenangkan masyarakat Spanyol masih belum 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasijadul misalnya masih belum bisa Dik minggu lagi sibuk sama kerjaannya jadi betul-betul sayang kamu masih inget ya pokoknya empat tahun lalu kamu nembak aku disini dua kalinya kamu baru dimaksud Eh iya sayang aku failed dulu oke oke oke [Musik] [Musik] Hai hongkongpool.net syahwatnya untukku [Musik] Kenapa sih Kenapa alur the disini hehe seneng kenapa cewek hu hu hu the sweet banget hai aduh seksinya [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] Halo siapa nih tasnya Mel Coba telepon Hai kakek lowbat lagi pas tolet sebelah sana masih kosong kok oh oh ya maaf ya [Musik] [Musik] tadi blokir 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan GlobalisasiOke cukup suami Oh ya Mah ya di masjid Maaf ya gue yakin banget itu tasnya Amel Hai Tadi ngapain juga Iya di dalam tol al-qur’an triangle sekarang tersambung Epic Eh gimana sih lu kenapa sih Mel mencoba Kenapa Hino Jakarta Gue tahu kok jadi masalahnya itu tadi gue banget sama ibu ke HP Aldo makanya gua kabur dari Cafe itu Hai Terus gimana dong Punya terus sama gue sih Harusnya gue nanya sama lo gimane ini ya Hai senyum horse pilih salah satu nggak bisa putih lebih sayang sama dua-duanya cover jadian kan sama Aldo ya tinggalin aja dia tinggalin dari Hongkong aku tuh lagi sayang-sayangnya juga sama Aldo Ya udah kalau gitu putusin Vino Nggak bisa juga 2 tahun lebih Gue nungguin dia soalnya balik tiba-tiba gue putusin gitu [Musik] Permisi mbak Mel 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasiitu ada tamu di depan cowok cewek cowok ganteng-ganteng putih ya putih mbak itu pasti siapa aja ya kalau maafin lu ya Aduh ciri-cirinya sama si Manado Nah sekarang lebih main deh Hai yang penting walaupun bersalah Wars jalan keluarnya kalau Allah enggak bersalah steam Oke ini susah map Kamu kemana aja sih aku teleponnya susah banget sayang Dari tadi aku mesin pekerjaan aku sibuk banget kamu dari tadi urusan pekerjaan Kalau Hai Kamu bukannya dari dari kafe mahogany enggak tahu enggak ngaku tuh dari itu meeting di cafe Serdadu sore Jokowi mirip banget sama kamu Kamu tuh akhir-akhir ini Aneh banget enggak tahu kenapa kamu kenapa enggak papa saya kita ngobrol sedikit Ayo saya kenalin ini Aldo Oh ini namanya aldos yang hampir Hai hari lo omongin Aldo sayang kamu tunggu 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasidi sini dulu aku ada meeting sama bos aku untuk meeting science kepada ngobrol disini gimana sih Kamu lagi ngapa diem meeting ah soal sama kalian tadi sayangnya entar Oh yes sambil nunggu serahkan duduk aja dulu apa-apa oke halo aku punya Lu jagain Aduh gue anus novy no oke bye-bye [Musik] yang aneh tank Maaf ya tadi aku buru-buru ke sini soalnya tadi aku nunggu banget knapa sih sebel ih akhir-akhir gini Sayang aku ngasihin presentasi ke bos aku tapi ternyata itu salah dan tadi itu lihat HP aku buru-buru untuk ponin Katanya aku sebagai kesini Nah jadi aku nggak sempet kesel kamu maafin aku ya sayang sekarang kita mati aja ya tapi aku Kenapa kamu marah setelah 2 tahun setelah ketemu sekarang kamu marah gitu aja [Musik] Hai Oke sip makasih mirip [Musik] [Tepuk tangan] di mesin 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan GlobalisasiATM eh bener Halo di mana sih lama banget Hei sebentar-bentar apaan coba udah hampir dua jam tuh sih lu nanyain lu kurus coba apa Gue bingung Nggak ngerti kenapa sih sebab itu lama banget jauh sih bikin ribet Kan gua udah bilang tapi salah satu susah banget ndak pakai gua mau lu pilih Aldo atau pilot titik pilih ribet banget tetapi Hai seharusnya memang pilih salah satu creambath bang Aldo kangenku to download [Musik] saya Maaf ya dok dok dok dok dok dok dok Hai Amel Hai lu putusin lu gampang banget membutuhkan pertolonganku Bulan depan Bro kalau ketahuan aduin loh Mengapa temenan sama dia kalau gua tunangan sama dia nyokap gua bakal kena serangan jantung begitu habis pikir gile hamil tega banget gue Hai kamu perasaan Nur nyuruh siapa deh aduh waktu gimana sih jadi orang tuh cowok banget gua kan nggak bilang Sorry enak belum Sorry gampang 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasigue ngejalanin Hai guys gimana lagi maaf mau kemana halo halo halo habis klik dari ternyata aku dulu nggak kenapa semoga jelas semuanya tuh nggak seperti yang kamu bayangin biar aku jelasin semuanya ya sebelum aku jadian sama kamu udah jadian sama Vino tapi aku Wapres cinta sama Vino aku tuh jodohin sama orang tuaku Aku mau putus sama dia tapi belum bisa aku nggak mau hadapi Situasi kayak gini tapi aku nggak bisa keluar sekarang semua keputusan lebih tangan kamu-kamu yang udah buat aku jatuh cinta tapi aku nggak kentut kamu untuk Hi Ho Hai aku Aku minta satu hal sama kamu Halo Papa Hai minta kalau kamu ketemu aku sama Vino kamu jangan ngeliatin kalau kamu itu pacar aku kenapa Mel Iya karena aku nggak mau dia cerita sama aku Aku yakin sebelum kita tunangan aku udah bisa selesai masalah ini dan aku juga yakin kamu udah diterima sama 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan GlobalisasiMak e Hai pernah terlalu percaya Hai Jeju Orange dong gimana Nggak percaya soalnya gua pakai seneng nyonge xie-xie ternyata loveland jadi figuran FTV halnya yang Iya cepet di Indonesia di Hai single bila susunan kemudian dia dipercepat minggu depan tebal tidak [Musik] butuh makan belum selesai bicara jadi minggu depan anaknya tante asli itu mau bertunangan Mama tuh nggak mau kalah Ma mau nunjukin sama dia kalau kamu sudah bisa move on terus Cuma gara-gara itu Mama nggak mau kalah ya Aku nggak mau kehilangan muka di depan teman-teman mama mama mau nunjukin kamu itu bisa move on dan kamu tuh masih laku masih banyak yang sama kamu Sayang n sih mah Pokoknya minggu depan kamu harus jutaan sama 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan GlobalisasiAmel Hai YouTube 26 bisa keluar sebentar ya Ada opening mau aku omongin akhir-akhir hai hai Hai pasti Mbah entar Sunarni depan aduh nggak bisa seenaknya gitu dong well ini penting Melin permintaan Mamah udah nggak bisa nolak kamu nggak bisa nolak ini kita ada satu hal yang kamu nggak tahu Mama itu sakit jantung dan penting sekali buat aku untuk menjaga emosi Mama tetap stabil khususnya my maksud aku kalau aku nolak permintaan dia aku takutnya kena serangan jantung mampir pus mampus ravino web ngomong-ngomong kamu emang kenapa sih buat hubungan kita akui cepet o2e saya [Musik] tapi sayang sebenarnya aku sayang Tunggu dulu bentar bentar udah mereka the Brands memang Apalagi nih Mau ikut beli saya Hai ah terserah kamu kok terserah aku sih Saya kan kamu yang ngajakin aku ya nggak bisa gitu juga dong Sayang ini Kan tunangan kita amel mau tunangan sama Vino Kenapa rela cerita gua ngapain lagi sih Aldo direject 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasisih Kok dimatiin dari siapa orang antar sayang sayang aku angkat teleponnya dulu ya nggak enak halo halo halo kenapa kamu nggak bilang kalau kamu udah tunangan sama dia Hai kamu di mana Aku udah denger semua pembicaraan kalian barusan udah pokoknya nanti aku jelasin aku di belakang restoran kalau kamu nggak jelas sekarang aku bakal temuin ya oke fine Aduh gawat kurus mana nih ah sayang ah sayang aku pamit dulu ya tiba-tiba perutku sakit banget biasanya [Musik] Hai sayang sama aku tanya sama kamu Kamu sayang sama dia namanya Vina sayang sama dia tadi aku lihat kamu Hai kedua aku merasa kamu kau benar-benar tunangan sama dia tahu nggak tadi aku dengar semuanya Kamu jangan bohong Dia itu emang ngajak kenalan sama aku aku nggak terima dia karena aku nggak cinta sama aku itu cuma saya sama kamu dan aku tuh cuma cinta sama kamu 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh Hasil Diskusi Perubahan Sosial Budaya di Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan GlobalisasiHai kamu nggak percaya aku cuma cinta sama kamu sayang [Musik] Hai kenapa kamu nggak percaya percaya sama aku Aku cuma cinta sama kamu Hai semua msol Ridho aku harus lakuin ini Sayang kenapa sih kita kayaknya aku harus berangkat lagi ke kantor karena first meeting sama bos aku ya Bukan agama Lagi jalan sama dia aku dibilang sama kamu itu nggak penting ya aku berangkat ke kantor ya sayang muah bye bye bye [Musik] Hai mengapa ceroboh banget sih ini semua gara-gara enggak tahu enggak gua yang pertama lu demen sama adoya kedua gara-gara kecerobohan Waduh jadi tahu semuanya Oh jadi basket lagi sih Ya udah terserah gua  

You May Also Like

x