Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi! halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!
Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!

Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!

Jawaban halaman 130 aktivitas kelompok ips kelas 9
1. Dalam kegiatan ini diharapkan kalian dapat memahamiperbedaan antara globalisasi, westernisasi, ataupun modernisasi!
2. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 siswa!
3. Perhatikan gambar yang disajikan oleh guru berkaitan dengan prosesmodernisasi dan westernisasi!
4. Carilah dari berbagai sumber baik dari buku ataupun media massa berkaitan dengan perilaku westernisasi di masyarakat!
Kunci jawaban
Westernisasi: Definisi dan Dampaknya
 Tidak hanya modernisasi, proses perubahan sosial yang juga disebabkan oleh globalisasi adalah terjadinya westernisasi.
Sebagian besar masyarakat seringkali menyamakan westernisasi dengan modernisasi, padahal keduanya memiliki perbedaan.
Westernisasi merupakan proses meniru gaya hidup orang barat atau luar negeri. Sedangkan modernisasi mencakup hal yang lebih luas.
Modernisasi bukanlah pengambilalihan gaya dan cara hidup orang barat. Suatu bangsa atau negara tetap bisa melakukan modernisasi meskipun tidak mengadaptasi dan mengambil alih gaya dan cara hidup orang barat.
Faktor utama penyebab terjadinya westernisasi adalah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Teknologi yang lebih maju membuat masyarakat mudah untuk mengakses berbagai kebudayaan barat tanpa adanya filter sama sekali.
Selain itu, westernisasi juga terjadi karena adanya kecenderungan masyarakat yang menganggap bahwa kebudayaan barat lebih maju, modern, keren, dan lebih bergaya.
Adanya anggapan tersebut membuat masyarakat mengadopsi semua kebudayaan barat tanpa melakukan filter. Padahal tidak semua budaya barat dapat diterapkan di Indonesia. Westernisasi inilah yang membuat eksistensi kebudayaan nasional menjadi terancam.

Dampak negatif westernisasi

Dilansir dari buku Eksiklopedia Sosiologi Perubahan Sosial (2018) karya Joan Hesti dan kawan-kawan, dijelaskan dampak negatif westernisasi, yaitu:
1. Segi gaya hidup
Akibat westernisasi, sebagian besar masyarakat mulai mementingkan gengsi dan kepraktisan seperti yang dilakukan oleh masyarakat barat.
Masyarakat cenderung mengikuti gaya hidup konsumtif dan serba praktis, seperti mengikuti gaya hidup artis Hollywood atau menggemari fast food.
2. Segi pergaulan
Tidak bisa dimungkiri bahwa gaya pergaulan remaja di barat cenderung lebih bebas. Cara pergaulan ini jelas tidak sesuai apabila diterapkan di Indonesia yang notabennya menjunjung tinggi adat ketimuran.
Selain itu, pergaulan bebas dapat menyebabkan permasalahan yang lebih luas, seperti remaja yang sering melanggar nilai dan norma sosial, free sex, penggunaan alkohol, dan penggunaan obat terlarang atau narkoba.
3. Segi budaya
Budaya lokal atau budaya nasional yang beraneka ragam perlahan mulai tergeser dan tergantikan oleh penyamaan dengan budaya barat. Selain itu, westernisasi juga berpotensi melunturkan semangat nasionalisme bangsa, terutama bagi generasi muda.
SUMBER:KOMPAS.COM
5. Bersama kelompok kamu, diskusikan mengenai:
a) perbedaan antara westernisasi dan globalisasi
b) faktor yang menyebabkan terjadinya westernisasi
c) dampak westernisasi

📢Baca Juga📗

📢Info Penting
😚Yang mau kasih Pulsa/jajan ke mimin buat beli kopi
Bnk Sumsel Babel No. Rek. 19009001655
TLP/WA=0823-7747-1438
bisa berteman dengan mimin ☝
Terimakasi temen-temen😚 telah bekunjung ke Teras Edukasi, Silahkan comen 😍untuk pembahasan selanjutnya.

Sumber: kemdikbud/Buku ips kelas 9

Rangkuman IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) kelas 9 smp mts

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!nggak rela dekat sama orang kriminal kek terserah kalau mau cabut investasi lu dari perusahaan gua sewaktu-waktu mulai dari sekarang gue nggak mau ngeliat muka lu di depan gue Kalau iya gue bakal m

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!elapor ke polisi [Musik] [Musik] Kenapa nggak laper sekalian aja tak usah Hai juga nggak bakal Biarin aja emang gue karena takut aku dijauhin kita cerita kamu mau kan pisah dari alat dan kita bahagia sama [Musik] [Musik] Jadi gimana menurut loh hai salaban Hai ye sol Kita pisah ya Gimana baiknya lo aja gue ikut aja kok gitu sih Ih jangan pasrah begitu kenapa ya Oh nggak tahu pasti lu mau balikan sama cewek loh ya kan nyobain sih lagian percuma ini gue jawab apapun juga gue pasti

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi! akan salah di matalu bener ah masih Maaf aku mau tidur ngantuk bencana lagi jadi nggak bisa lepas dari gua a

Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!
Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!h gua bakal bikin kejutan buat loh kok [Musik] [Musik] hai oh best real nih ya Kok lu ah kenalin ini pacar saya terus salon Mbak saya sama aku sudah ada hubungan lagi dan waktu itu pas Mbak marah-marah itulah cuma ngomongin saya enggak lebih [Musik] Hai [Tepuk tangan] Heru Mytha buka siang sama Alan udahlah Simpati nih nggak cukum iye kamu bisa bikin media yang baik ya Iya ini semua berat gak tahu kamu sayang kamu merata aku juga tahu tapi sekarang aku di sini harus menjaga perasaan papa aku rewel Kalau papa kamu tahu kalau kamu itu cuma protura semalam ha [Musik] 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!Hai penetapan [Musik] bebas Iron atas menyembah Juwono karet elastomer eh ternyata mana Rena kan Iya habis lu Aneh banget [Musik] setelah kita menikah kamu mana Ice menunjukkan semuanya karena [Musik] bercerai Gue cuman bawa Milo makanan nih buat lo semua Dia sebentar Habis teh proses Lan [Musik] Wan man tunggu bentar Lan tunggu-tunggu kamu kalau mau nikah lagi terus mau bulan madu ama dia silakan apa yang didengar tadi bukan seperti yang perlu pikir aku dengar semua tapi lu nggak denger kan kalo gue nolak deh lo Hai bukan gue tahu gue salah sama lo karena gue nggak ngetik loh tapi gue rasa Allah ngebantu gue udah nyelamatin gue dengan membuka hati gue [Musik] ah uh orang yang istimewa gue telor satu-satunya buat gue [Musik] kan Semoga [Musi

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!k] Hai lanjutin pernikahan ini terus kita batulis pernikahan pura-pura kita [Musik] ngomongin nikah sama Spike komunikator gimana [Musik] gitu [Musik] Yuk kita gue yang salah gue yang salah ya udah buru-buru selamat siang Anda benda sudah lagi ya Anda Kami tangkap penipu dan penggelap ini udah ntar serial udah masuk ya Kok kamu [Musik] tahu dong tak bersalah kak wah Oh iya udah nulisnya gua coba ngerasa kalo gue udah sia-siain awan yang masih ada kesempatan buat memperbaiki semuanya tak iya kalau dia maafin gue inget-inget jernih ya Oke tenang ya Yah [Musik] Wah program momon

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!gan berobat plan tolong lan-lan udahlah percuma gak udah ngusir terusin lagi Islam pohon yang terbaik buat kamu nggak layak buat yo yo ra sabar dulu tak Ya udah ini kita mungkin butuh tempat tenang buat ngobrol ini akan [Musik] kalau mana Ya udahlah jangan dulu nanti gua kasih tau arahnya Oke ya udah [Musik] [Musik] Kak infonya motornya akan Iya [Musik] honi dimana ya [Musik] Coba kesana tak Hai klakson ya gapapa sih lo aja sih Ya udah yuk [Musik] uh Siapkan dengan segala apapun yang akan terjadi [Musik] ya Oke gue pegang ono udah nggak sabar dulu ya kini sini ih Ya udah kita [Musik] nggak [Musik] main-main di sini nggak ada siapa-siapa udah udah lo tenang dulu gimana mau tenang ngapain Kita kesini yang lainnya yuk at that [Musik] Hai [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] Bapak Emak kondisi ini Eh iya sabar dulu aja sih Ta [Musik] tudo ini delapan sih eh iya sabar sabar sabar sabar sabar help Hahaha masa berubah Selamat ulang tahun ini siapa rencan

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!a ini semua rencana awan buat loh Selamat ulang tahun Selamat ulang tahun selalu cium dan enggak kirim-kirim Setia menanti kekasih eh Selamat ulang tahun ya makasih Pak of Saya permisi sebentar mundur mundur Ayo bentar doang sih [Musik] ora ih kok orang sih nggak norak tahu nih keren cuy udah bikin aku bete apalagi tuh youdis Yudhoyono seri bahas mendingan deh Ya enggak sih ya udah terus kasih ya untuk kebahagiaan ini [Musik] my god Ya udah kalau gitu kita Selesaiin aja pernikahan program nih oh gitu eh ntar dulu ini salah persepsi oke oke anjing eh Maksud aku aku akan terus pertahanin pernikahan inilah tapi enggak pura-pura paham dengan [Musik] demikian maka kamu jadi kita Eh kalian ayo dong orang tungguin tahu Eh udah ya aku mau nyanyi ya [Musik] demi the pernah 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!aku bermaksud mengusikmu mengganggu setiap ketentraman hidupmu tak pernah aku bermaksud mengusikmu mengganggu setiap ketentraman hidupmu hanya tak mudah bagiku lupakanmu dan pergi menjauh Rizky kit waktu agar ku terbiasa Bernafas Tanpamu [Musik] he he he [Musik]   Oh maaf ya hai hai [Musik] Hai anggot a Hai [Musik] Mbak e [Tepuk tangan] Hai bunga kamu Wow kawanan itu mas cie hahaha aku menang aku Oh berarti gigi putih bantuin jemur yuk [Musik] the big kau aja nggak kamu aja cuy Facebooknya udah mau ke yuk Vice Hai unik ambil aku mau hai kandeman hai hai hai mei ambil yo kok aku silakan tadi aku tentang boleh kamu kalau kamu tangkap pun

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi! hai hai Ini salah kamu hai oh pelakunya Hai Putri berhati-hati Hai yang itu banyak hantunya eh masyarakat dibutuhkan sih ya biasa caina dibunuh itu nendang boleh kenceng banget dia malah salah intim loh Kak biasa gue kan penakut emang udah dasarnya Hai Kenapa takut Hai Kan kata Kak bumi di dalam gudang banyak hantunya coba kau lihat yo yo hai hai yo yo hai hai Halo gendut Hai enak enggak Bye HHD Banyuwangi wanikman aslinya Nggak ada tuh mangkanya jangan nakutin orang sendiri Takut Akan Hai hehe Enggak kok hahaha dueh sayur mainboard di Wikipedia The [Musik] kyuhyun-ah kau [Musik] Hai [Musik] tadi jangan dendam oleh Hai sih cepat banget Hai saya minta maaf Hai Karena mulanya Kedungwaru sucipti ngerti Pak Mereka lagi main gak sengaja kan Hai mungkin dikacangin the lounge ini tenang aja kalau udah kayaknya semuanya amat mungkin apa-apa nggak ada 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!nggak ngomong Oh iya nggak tadi aku ngomong sangat ini kalau Kak Ina itu cantik apalagi kalau nggak marah kasih kamera ini [Musik] pun kali kau seharusnya aku jangan sampai orang lain dimarahin ngerti ya kalau kamu nggak di aku kok [Musik] cuma namun seiring [Musik] [Tepuk tangan] Hai Mbak uangnya hanya sedih Akupun tak dikenal hai kenapa cuman segitu Syifa kita berlangganan paling enggak khasiat yang biasa Enggak bisa itu mah udah dekat sini kali orang ketombe mana Adakah Iya cepetan nggak bisa kasih apa-apa itu tega pisan e Hai Na kasian apa sama anak-anak Hai kalau Semua orang punya rasa kasihan kita nggak mungkin terjadi banjir sungai ini berapa ya betul number udah ini ada apa ya ada satu keluarga dibunuh bisa baca2 perang tahu lagi karena Terima kasih ya ya ajak jalan-jalan Hai senyumku hanya senyum-senyum [Musik] terus [Musik] aku baru tahu kamu sebenarnya jendela di rumah tangga banyak yang belum tentang aku juga mau Hai aplikasi ade

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!gan anak-anak papa aku nggak suka melihat kamu Hai cuman kesiangan anak-anak tinggal dinosaurus Hai HP baru sampai di sini tinggal aku udah [Musik] bilang lebih Atik comment hai hai hai maaf habis Agus bisa tolong lama untuk sementara tidak sebentar Bos masalahnya kita enggak satu orang kucing terus terima Hai punya otak Nggak sih dikasih makan apa Saya tambah satu papa sih bisa lah Lagian sementara ajakan sementara Berapa lama satu hari dua hari tiga hari satu bulan satu tahun Empat tahun tak kalau niatnya baik pasti acaranya acaranya enggak hai hai Hai aku yang saja dia mau tan

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!ggung jawab Hai lepas tangan hai hai Hai terima kasih Ina kamu sudah membantu agar anda bisa tinggal disini untuk sebentar nanti saya akan minta semua warga untuk memberikan semangat kasih har

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Contoh dari perilaku Westernisasi di masyarakat! Dampak dari WesternisasiDampak negatif westernisasi!apkan kita pak sama-sama Sayang terima kasih hai hai Hai Ayyub [Musik] hu hu ngomong-ngomong tersenyum lebih hahaha Halo Ayah sayang a remark Hai clear [Musik] hai hai Hai makan yo yo kunjungan Nazar Hai kyup iya [Tepuk tangan] boleh-boleh ngapa ya ya udah [Musik] makanya aku yang ngomong enak Hai semua hai hai Hai 

You May Also Like

x