KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 soal dan jawaban soal ilmu pengetahuan sosial kelas 3 smp mts bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi 

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan. Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 9 👏lainya:

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

 

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131Aktivitas Kelompok BAB 2

 Jawaban aktivitas kelompok halaman 130 131 ips kelas 9

Jawaban halaman 130 aktivitas kelompok ips kelas 9
1. Dalam kegiatan ini diharapkan kalian dapat memahamiperbedaan antara globalisasi, westernisasi, ataupun modernisasi!
2. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 siswa!
3. Perhatikan gambar yang disajikan oleh guru berkaitan dengan prosesmodernisasi dan westernisasi!
4. Carilah dari berbagai sumber baik dari buku ataupun media massa berkaitan dengan perilaku westernisasi di masyarakat!
Kunci jawaban
Westernisasi: Definisi dan Dampaknya
 Tidak hanya modernisasi, proses perubahan sosial yang juga disebabkan oleh globalisasi adalah terjadinya westernisasi.
Sebagian besar masyarakat seringkali menyamakan westernisasi dengan modernisasi, padahal keduanya memiliki perbedaan.
Westernisasi merupakan proses meniru gaya hidup orang barat atau luar negeri. Sedangkan modernisasi mencakup hal yang lebih luas.
Modernisasi bukanlah pengambilalihan gaya dan cara hidup orang barat. Suatu bangsa atau negara tetap bisa melakukan modernisasi meskipun tidak mengadaptasi dan mengambil alih gaya dan cara hidup orang barat.
Faktor utama penyebab terjadinya westernisasi adalah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Teknologi yang lebih maju membuat masyarakat mudah untuk mengakses berbagai kebudayaan barat tanpa adanya filter sama sekali.
Selain itu, westernisasi juga terjadi karena adanya kecenderungan masyarakat yang menganggap bahwa kebudayaan barat lebih maju, modern, keren, dan lebih bergaya.
Adanya anggapan tersebut membuat masyarakat mengadopsi semua kebudayaan barat tanpa melakukan filter. Padahal tidak semua budaya barat dapat diterapkan di Indonesia. Westernisasi inilah yang membuat eksistensi kebudayaan nasional menjadi terancam.

Dampak negatif westernisasi

Dilansir dari buku Eksiklopedia Sosiologi Perubahan Sosial (2018) karya Joan Hesti dan kawan-kawan, dijelaskan dampak negatif westernisasi, yaitu:
1. Segi gaya hidup
Akibat westernisasi, sebagian besar masyarakat mulai mementingkan gengsi dan kepraktisan seperti yang dilakukan oleh masyarakat barat.
Masyarakat cenderung mengikuti gaya hidup konsumtif dan serba praktis, seperti mengikuti gaya hidup artis Hollywood atau menggemari fast food.
2. Segi pergaulan
Tidak bisa dimungkiri bahwa gaya pergaulan remaja di barat cenderung lebih bebas. Cara pergaulan ini jelas tidak sesuai apabila diterapkan di Indonesia yang notabennya menjunjung tinggi adat ketimuran.
Selain itu, pergaulan bebas dapat menyebabkan permasalahan yang lebih luas, seperti remaja yang sering melanggar nilai dan norma sosial, free sex, penggunaan alkohol, dan penggunaan obat terlarang atau narkoba.
3. Segi budaya
Budaya lokal atau budaya nasional yang beraneka ragam perlahan mulai tergeser dan tergantikan oleh penyamaan dengan budaya barat. Selain itu, westernisasi juga berpotensi melunturkan semangat nasionalisme bangsa, terutama bagi generasi muda.
SUMBER:KOMPAS.COM
5. Bersama kelompok kamu, diskusikan mengenai:
a) perbedaan antara westernisasi dan globalisasi
b) faktor yang menyebabkan terjadinya westernisasi
Kunci jawaban
A. Perbedaan globalisasi dengan westernisasi adalah:
Globalisasi adalah proses perubahan mendunia yang mempengaruhi bidang ekonomi, politik, budaya dan teknologi.
Westernisasi adalah proses perubahan dengan masuknya budaya dan perilaku bangsa Barat
b. Faktor Penyebab Westernisasi
Faktor penyebab terjadinya westernisasi antara lain sebagai berikut!
(1) Kurang penguasaan dan berkembangnya iptek.
(2) Masyarakat yang bersifat konsumtif terhadap barang-barang luarnegeri.
(3) Maraknya budaya Barat dan akulturasi (percampuran) budaya.
(4) Kurangnya kesadaran masyarakat memilah budaya yang baik atauburuk.
(5) Munculnya keinginan untuk mencari kebebasan, seperti negaranegaraBarat
(6) Meniru gaya berbusana, rambut, serta gaya hidup ke barat-baratan.
c. Dampak Negatif Westernisasi
(1) Lunturnya jiwa nasionalis dan jati diri bangsa.
(2) Melunturkan semangat cinta akan bangsa dan budaya sendiri.
(3) Gaya hidup yang bersifat konsumtif.
(4) Mencari segala sesuatu yang instan.
(5) Budaya Barat yang dikenal dengan konsep liberalisme, yangmengakibatkan munculnya pornografi, pergaulan bebas, dansebagainya.
6. Tulislah hasil diskusimu.
7. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas!

Jawaban halaman 131 aktivitas kelompok ips kelas 9

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

 

1. Kegiatan dalam aktivitas ini akan menuntun siswa agar pahamtentang pengertian, contoh, dan berbagai hal berkaitan dengandemoralisasi!
2. Buatlah kelompok dengan anggota 3 – 4 siswa!
3. Lakukanlah pengamatan dari berbagai media massa mengenaidemoralisasi!
4. Dari pengamatan tersebut, pilihlah artikel atau gambar yangmenunjukkan gejala demoralisasi sebagai bahan diskusi!
5. Diskusikan dalam kelompok artikel atau gambar yang telah diperoleh!
6. Hal-hal yang didiskusikan dari gambar adalah :
  • a. Apakah artikel yang kamu temukan termasuk demoralisasi?
  • b. Mengapa artikel atau gambar tersebut termasuk demoralisasi?
  • c. Apa yang menyebabkan demoralisasi dari gambar atau artikeltersebut?
7. Tulislah hasilnya pada kertas atau buku tugas kalian!
8. Kumpulkan pada guru untuk di nilai!
Kunci jawab

 

Contoh artikel dari : www.antaranews.com/berita/588781/polisi-tahan-12-pelajar-terlibat-tawuran-maut-di-karawang.
a. Apakah artikel yang kamu temukan termasuk demoralisasi?
Ya, karena tawuran pelajar termasuk salah satu bentuk demoralisasi yang dialami oleh remaja.
b. Mengapa artikel atau gambar tersebut termasuk demoralisasi?
Karena di dalam artikel tersebut ada sebagian oknum pelajar melakukan tindakan yang bermoral dan melanggar peraturan dan undang-undang. seperti :
– Menyakiti dan menganiaya orang lain sesama pelajar
– Mengganggu kepentingan umum
– Membawa senjata tajam untuk berkelahi
– Merusak fasilitas umum
– Berpotensi menjadi aksi kriminalitas jika sampai terjadi korban jiwa
c. Apa yang menyebabkan demoralisasi dari gambar atau artikel tersebut?
– Rendahnya mutu pendidikan dalam sekolah terutama pendidikan akhlak dan agama
– Pengawasan orang tua dan guru yang masih rendah terhadap pelajar
– Penegakan hukum yang masih kurang
– Kesenjangan sosial ekonomi yang mungkin ada diantara pelajar
– Adanya pencarian jati diri yang bersifat negatif
– Adanya provokasi dari alumni sekolah yang bersangkutan
Penyebab terjadinya demoralisasi
– Adanya ketidakpatuhan pada norma agama dan norma lainya
– Jumlah masyarakat miskin yang meningkat terutama di kota-kota besar
– Perilaku malas, tidak disiplin , boros dan individualis
– Kegagalan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya
– adanya krisi sosial ekonomi yang dialami masyarakat
– Pertumbuhan penduduk yang tinggi sehingga meningkatkan jumlah pengangguran

 

📢Baca Juga📗

Rangkuman IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) kelas 9 smp mts

 KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 kowi Oke tuh jabatannya sebagai jubir jubir jubir Anda muncul dengan kekuatan yang luar biasa orang menyebutnya To Die Hard sampai hari ini Hai pertanyaan b KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2anyak orang Kenapa sih harus seperti itu tidak bisa kaditu disampaikan dengan bahasa yang sederhana tanpa harus tarik urat leher Saya pengen tahu orang Pengen tahu Apa alasan Kakak rumah Sepertiny KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

a iya Kak Akbar hari ini saya juga suka ya KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 hai pertama orang selalu bilang tidak ada makan siang gratis dalam voli hahaha ya Ya tapi saya menggratiskan diri saya untuk bangsa dan negara bangsa dan negara yang saya Bella karena kemarin di pada pad KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2a pada pilpres kemarin itu sikap sikap intoleran itu luar biasa saat luar biasa sampai-sampai mohon maaf Ketika saya tidak pakai jilbab Saya dibilan KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

g Cafe mana mungkin dia Bapak menjadi ora KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2ng baik kalau dia tidak melaksanakan ajaran agama Joe segala macem lah gitu Ya pokoknya itu membuat saya marah gitu ya Kenapa harus seperti ini gitu memang nenek moyang kita dulu kemarin M KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2arin Ibu saya nenek saya zaman-zaman Eh Nenek sa

ya tuh sama dengan yang menyewanya Buya Hamka nggak ada yang pakai jilbab kok kok dibilang kafir Apakah modem naik mereka mati bersa KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2udara kan waktu itu enggak juga hidup ini sikap intoleran ini luar biasa Kemudian ujaran kebencian hub fitnah misalnya misalnya nih pak Jokowi dibilang Joko doplah kemudian PKI lah segala macem itu membuat saya marah gitu membuat saya

Kok gini banget gitu kok kejahatannya seperti ini banget gitu ya kita inikan 11 nusa satu bangsa satu ya satu bahasa gitu ya Kok begitu bener gitu KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 itu membuat saya tuh marah gitu saya tuh paling enggak suka dengan orang kalau ada orang yang yang Hai menghakimi orang lain tanpa tanpa alasan yang jelas jika itu terjadi ketika saya di pripun saya seperti itu kalau itu Bahasanya gini kabar aing mah

mending mati daripada nggak makan Hahah KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2a itu tak hanya perlu tahu lu jual gua beli lah ya itu tuh itu saya di Priuk sama teman-teman seperti itu Bahasanya nah ketika Fadli Zon misalnya atau Rocky ngomong yang menurut saya enggak pada tempatnya Gisel awan Itu shalawat ya saya ditan

ya juga sama anak saya Anak saya laki-laki Anak saya lebih datanya seenaknya bilang ini ibu-ibu nggak takut sih gitu kan mereka tuh laki-laki begini b KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2egini begini Itu Ibu jangan ini deh gitu udah capek Bu gitu terus saya jawab Hai ibumu ini cuman  KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

a Tuhan sayana Herlan kita kalau yang lain saya Ibu  KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2nggak takut gitu biarin aja kemana takdir ibu membawa yang penting saya ingin NKRI ini utuh dan saya hidup damai di dalamnya itu aja dan Tentu saya juga sebagai manusia nggak mungkin juga gak kita nggak punya harapan gaya kita juga punya harapan kedepan bahwa dengan misalnya Pak Jokowi Ma’ruf ini menang gitu Ya ada-ada banyaklah yang bisa diapresiasi dari dari semua yang dilakukan teman-teman kan begitu itu saya lakukan Saya selal KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

u berkomunikasi sama kawan-kawan juga dan saya berharap itu Tentu saya tidak munafik tidak ada orang bilang bahwa melakukan sesuatu denga KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2n sukarela dalam politik enggak ada Bohong semua itu kabar Hahaha iya ada itu adalah saya menambah mapan wakafkan diri saya untuk Indonesia Betul

ya saya berjuang tanpa pamrih untuk Indon KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2esia is oke itu memang jadi Tujuan saya makanya saya kadang-kadang saya takutin ternyata nyolong pada beberapa perdebatan anda dengan teman-teman d KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2ari dulu ya pada saat masih masih kampanye itu itu the board yaitu keras penyakit sayangnya ke

ruang the public yang dikuasai oleh media  KUNCI JAWABAN IPS Ke KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2las 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2sosial itu ternyata itu kadang-kadang terlihat lebih tua dari kubu sebelah gitu Ya gitulah ya kemudian yang Anda rasakan tadi dibully segala macem Hai tapi sebenarnya menurut anda kata kalau misaln KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2ya untuk Rocky Hai saya sudah pernah menang juga desainer oke apa yang paling membuat Anda kenapa sampai harus bersikap sangat keras kepada Rocky S KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2

aya melihat Rocky itu punya bahasa itu enggak jelas mengawang-awang iya makanya saya bilang nih orang sakit gitu secara pribadi kalau ketemu Habis selesai debat ya kita thousand ada masalah share pribadi cuman saya lihat ini orang kaya orang kaya orang nggak waras kalau ngom

ong contohnya nih ketika di ILC bicara soal  KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2bisa kita lagi di glc Ya bicara soal omnibus misal dia bilang bahwa Kenapa pemerintah itu enggak bicara dulu dengan mamalia dengan pohon-pohonan dengan binatang dengan daun-daunan bayangkan Hai menurut saya kan nggak marah nih orang Nah kalau dia misalnya Mungkin sebenarnya Maksudnya tuh perlambangan kali saya bisa s

aja saya buka sajikan sarjana sekolahan lu gitu KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 130 131 Aktivitas Kelompok BAB 2 ya kalau saja misalnya dia biasa bilang bahwa Tolong dong buruh diajak bicara rakyat kecil diajak bicara ya buruh-buruh apa namanya buruh bangunan diajak bicara Insert masih bisa saya Nalar itu masih bisa saya tangkap dan saya akan hormati itu gitu Tapi ketika seperti selalu mamalia diajak bicara pohon-pohonan harus diajak bicara saya bilang ora

ng gila nih Eh itu beda Ketika saya berhadapan misalkan Fadli rohani Gimana sama Fadli Fadli paham gitu ya karena kami sama-sama dari Sumatera Barat saya bilang Hai secara pribadi Uni dukung kau fat Kenapa halus ada kalau dalam istilah orang-orang Minang itu membangkitkan batang t

You May Also Like