KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149

Kunci jawaban IPA Kelas 9 smp mts  Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 bab 3 kurikulum 2013 edisi 2018 semester 1 jawaban dan soal pelajaran kelas 3 smp mts ✋halo temen-temen selamat datang di blog Teras Edukasi 😎. Teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100😍

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9  Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 bab 3

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan. Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 9 👏lainya:

Jawaban  Ayo Kita Pikirkan Halaman 144 bab 3 ipa kelas 9

Selain padi dan jagung, banyak varietas tanaman hibrida yang merupakan hasil pemuliaan tanaman. Bersama kelompokmu, carilah informasi beberapa jenis tanaman yang merupakan hasil pemuliaan tanaman beserta keunggulan varietas tersebut. Kamu dapat mencari informasi tersebut dari berbagai sumber, misalnya dari majalah pertanian, buku-buku di perpustakaan, internet, atau penyuluh pertanian di daerahmu. Buatlah poster dari informasi yang telah kamu dapatkan. Kemudian, presentasikan temuanmu dalam diskusi kelas.

Kunci jawaban

Pembahasan

Contoh beberapa jenis tanaman yang merupakan hasil pemuliaan tanaman antara lain:

1. Padi varietas Inpari 32 HDB

– Memiliki daun dengan struktur bendera yang tegak menjulang sehingga mampu menerima sinar matahari secara maksimal dan memanfaatkan sinar matahari secara optimum untuk pertumbuhannya.

– Memiliki postur tubuh yang tegak dan langsing mendekati tanaman tipe ideal yang sangat disukai oleh para petani.

– Tahan terhadap penyakit berupa HDB ras III dan HDB ras IV dan VIII.

– Tahan terhadap penyakit tungro ras lanrang.

– Tahan terhadap 2 ras penyakit blas.

– Menghasilkan bobot gabah hasil panen sekitar 1 ton lebih banyak dibandingkan varietas  Ciherang.

2. Padi varietas Inpari 33

– Tahan terhadap 3 biotipe wereng batang coklat.

– Hasil panen yang jauh lebih tinggi dibandingkan padi Ciherang dan IR64.

– tahan terhadap penyakit kresek dan patah leher.

3. Padi varietas Inpari 43 Agritan GSR

– Memiliki rasa beras yang pulen dengan kandungan amilosa 18,19%.

–  Warna gabah putih terlihat bersih.

– Gabah dengan tingkat pengapuran yang rendah.

– Tahan terhadap hawar daun bakteri strain III

– Tahan terhadap hawar daun strain IV dan VIII

– Tahan terhadap blas daun ras 073 dan 133 serta ras 033.

– Tahan terhadap wereng batang coklat.

Kesimpulan

Contoh beberapa jenis tanaman yang merupakan hasil pemuliaan tanaman yaitu padi varietas inpari 32, inpari 33  san inpari 43 dengan keunggulan varietas tersebut adalah tahan terhadap hama serta menghasilkan gabah panen dengan jumlah yang lebih besar.

Contoh Pemuliaan Tanaman Hasil Pewarisan Sifat dan Gambarnya

Amongguru.com. Pemuliaan tanaman adalah kegiatan mengubah susunan genetik individu atau populasi tumbuhan untuk suatu tujuan.

Dengan demikian, pemuliaan tanaman dapat dikembangkan melalui ilmu pewarisan sifat atau genetika.

Tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul dikembangbiakkan menggunakan prinsip pewarisan sifat melalui teknik persilangan.

Di dalam mendapatkan sifat unggul tersebut, maka persilangan harus dilakukan beberapa kali sehingga sifat-sifat unggul ini akan tergabung dalam satu individu.

Pemuliaan tanaman sering disamakan dengan penangkaran tanaman, yaitu kegiatan memelihara tanaman untuk memperbanyak dan menjaga kemurniannya.

Di dalam kenyataannya, kegiatan penangkaran merupakan sebagian dari bentuk pemuliaan tanaman. Selain melakukan penangkaran, pemuliaan tanaman berupaya untuk memperbaiki mutu genetik, sehingga diperoleh tanaman dengan kualitas unggul.

Tahap Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan tanaman pada dasarnya terbagi dalam lima tahapan kegiatan besar, sebagai berikut.

1. Penentuan tujuan

Penentuan tujuan pemuliaan tanaman merupakan langkah awal yang wajib dilakukan karena berkaitan dengan varietas yang akan diperoleh nantinya.

Tujuan pemuliaan tanaman biasanya didapatkan dari masalah-masalah yang ditemukan di lapangan, sehingga dengan program pemuliaan tanaman tersebut dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada.

Terdapat dua tujuan dalam program pemuliaan tanaman, yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek difokuskan pada diperolehnya hasil tanaman yang lebih bermutu daam jangka pendek, sehingga dapat diproduksi secara nasional, misanya penanaman padi atau gandum.

Beberapa tujuan jangka pendek dalam pemuliaan tanaman adalah sebagai berikut.

a. Memenuhi keinginan konsumen dengan memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan.

b. Memenuhi kebutuhan petani atau produsen, yaitu peningkatan hasil panen secara cepat.

c. Memenuhi kebutuhan industri.

Sedangkan tujuan jangka panjang pemuliaan tanaman didasarkan pada strategi jangka panjang untuk mengantisipasi berbagai perubahan arah konsumen atau juga perubahan kondisi lingkungan.

Misalnya, pemuliaan padi saat ini tidak hanya diarahkan pada peningkatan hasil, akan tetapi juga diarahkan agar tahan terhadap kondisi ekstrim karena perubahan iklim 20 sampai 50 tahun mendatang.

2. Pembentukan keragaman genetik

Kegiatan yang dilakukan adalah menentukan populasi dasar atau bahan dasar dari proses pemuliaan tanaman.

Penyediaan materi pemuliaan atau populasi dasar yang mempunyai keragaman genetuik tinggi penting dilakukan untuk menunjang proses pemuliaan tanaman.

Tanaman dapat ditingkatkan potensi genetiknya apabila terdapat keragaman genetik dalam populasinya.

Cara yang dapat dilakukan untuk membentuk keragaman genetik adalah melalui persilangan, manipulasi kromosom, penggabungan inti sel, transfer gen, dan manipuasi regulasi gen.

3. Seleksi

Seleksi dilakukan untuk memberikan penilaian genetik dari populasi dasar yang sudah dipilih. Penyeleksian dilakukan jika materi pemuliaan memiliki keragaman genetik yang tinggi yang didasarkan pada penampakan fenotipe (uji keturunan).

Metode seleksi yang diterapkan tergantung pada cara perkembangbiakan tanaman, antara lain  sebagai berikut.

a. Seleksi massa; yaitu memilih bahan tanam yang lebih baik pada generasi berikutnya.

b. Seleksi galur murni; yaitu metode pemilihan bahan tanam dengan cara memisahkan individu yang terdapat dalam populasi varietas.

c. Seleksi pedigree; yaitu metode pemilihan bahan tanam sejak keturunan kedua (F2) dengan mencatat asal usulnya, sehingga didapatkan galur murni.

d. Seleksi bulk; yaitu metode pemilihan bahan tanam yang dilakukan pada generasi lanjut untuk mendapatkan galur murni.

e. Backcross; yaitu persilangan keturunan pertama (F1) dengan induknya (baik resesif atau dominan).

f. Seleksi satu tongkol satu baris (ear to row); yaitu pemilihan tanaman terpilih (tongkol) sebagai modifikasi dari seleksi massa.

4. Pengujian

Pengujian bertujuan untuk memastikan kualitas dan kuantitas individu yang terseleksi, sebelum akhirnya dilepas.

Sebelum tanaman terpilih dilepas menjadi varietas baru, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian dalam bentuk uji adaptasi dan uji hasil.

Melalui pengujian ini, akan diketahun kemampuan tannam pada lingkungan jika dibandingkan varietas unggul sebelumnya.

Bahan-bahan pemuliaan yang telah terpilih harus dievaluasi atau diuji terlebih dahulu dalam kondisi lapangan. karena proses seleksi pada umumnya dilakukan pada lingkungan terbatas dengan ukuran populasi kecil.

Evaluasi dilakukan untuk melihat apakah keunggulan yang ditunjukkan sewaktu seleksi juga dipertahankan dalam kondisi lahan pertanian terbuka dan dalam populasi besar.

5. Pelepasan varietas

Varietas baru yang akan dilepas perlu diadakan percobaan adaptasi di beberapa tempat yang mewakili daerah  dimana varietas tersebut akan ditanam.

Sebelum dilepas, maka prosedur pelepasan varietas baru harus diikuti, yaitu dengan cara mengajukan permohonan pelepasan varietas secara tertulis kepada Menteri Pertanian, sampai diterbitkan Surat Keputusan tentang pelepasan varietas oleh Menteri Pertanian.

Contoh Pemuliaan Tanaman

Berikut ini beberapa contoh pemuliaan tanaman hasil pewarisan sifat dan gambarnya.

1. Perbaikan ukuran buah pepaya kecil menjadi lebih besar dan berbiji sedikit

2. Variasi warna pada bunga anggrek yang menambah keindahan bunga

3. Ketahanan bunga potong sedap malam dengan menambah asam benzoat

4. Keindahan dan keunikan tanaman hias mawar

5. Peningkatan kandungan kurkumin pada temulawak.

6. Penemuan nangkadak (hasil pemuliaan tanaman nangka mini dan cempedak).

7. Penemuan jambu biji tanpa biji (Jambu kristal).

8. Penemuan apel dua warna sebagai hasil mutasi gen

9. Penemuan kacang panjang ungu yang mengandung antosianin untuk menghambat penuaan

Rangkuman Ilmu Pengetahuan Alam kelas 3 smp mts

 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 duduk Oh ya baru kemudian silahkan bawa proses pengadilan misalnya lapor pensil Ice itu betapa kreatifitas kita di brush menghadapi ormas tapi begitu meng

hadapi partai politik lidah kita s  KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3eakan-akan ke lutut tidak berani melakukan terobosan apapun satu yang kedua adalah karena mema KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3ng rezim Hai penghukuman partai itu minim sekali dengan undang-und KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3pembubaran partai politik tapi itu harus melalui proses yang panjang jika ia termasuk proses di mahkamah konstitusi dan itupun ia agak spesifik tuh Apa yang dilakukan pelanggaran sehingga bisa dilaku KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3kan pembubaran belum lagi pembubaran partai politik ini

kan pemohonnya adalah pemerintah artinya kalau partai politik pemerintah nggak mungkin diubah ribet ya pastilah terkorup skor apapun sehancur apapun nggak mungkin tiba-tiba pemerintah ia mend

orong pembubaran partai politik Hai yang yang ikut menyokong pemerintahan dan apalagi sekarang kan memang hampir semua bergabung mendukung Pak Presiden kan satu yang kedua adalah saya masih berharap yang beginian beginian ini mau dikelola dalam sebuah proses kontestasi oposisi versus pendukung jadi quality berdua posisi yang sayangnya dala

m sistem kita mati Hai Hehe kan dalam sistem kita mati nih oposisi sama koalisi bukan bukan mati tapi tidak amat sangat tidak berimbang Hai

 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3

padahal dalam struktur negara khususnya  KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3dalam sistem presidensil oposisi dan koalisi ini harusnya relatif berimbang Bahaya kalau tidak berimbang kalau pe KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3ndukung pemerintahan terlalu besar ini bukan kata saya godaan menuju otoriternya menj KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3adi ting

gi ya ya karena semua apa yang dia ingink KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3an dia akan oleh partai dan pada saat yang sama kalau terlalu rendah dia terlalu mudah dijatuhkan nah saya melihat ini nih gejal KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3a matinya oposisi itu membuat apa partai juga tidak punjung mengalami pengayaan wacana dan lain-lain sebagainya ya Kak

Ajeng kita menuju ke bagian-bagian akhir KU KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3NCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 diskusi kita ya ya Hai ton selalu saja membuat kita sedih apabila kemudian ada lagi pemimpin wilayah yang dipilih oleh rakyat tersangkut oleh apa namanya hukum apalagi korupsi dan itu adalah KPK KUNCI JAWABAN IPA K KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3elas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 kata

kelas seperti itu terlebih lagi kalau orang yang kita tahu dikepala kita itu baik salah satunya Nurdin Abdullah Terus bagaimana kemudian agar Ah lagi-lagi ini pertanyaan-pertanyaan yang sudah diucapka

 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kit KU KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3NCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3a Cari Tahu Halaman 149 BAB 3

n setiap seperti makan obat lah tiga kali sehari Ba KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3gaimana kemudian ajarin seperti ini tidak terjadi lagi cek saya menggunakan baterai tanyaan dari warga ini saya bank-bank Akbar Izinkan saya menyambung pertanyaan itu jadi bukan hanya sek KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3edar tidak boleh terjadi lagi tapi kemudian Bagaimana memastikan bahwa pemerintahan di d KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3aerah itu tidak hancur gara-gara tidak ia betul set saya mulai d

ari yang pertama yang pertama Bagaimana memastikan tidak terjadi lagi mau kau harus mau jawaban-jawaban klise yang scan lama Tadi kita ulang terpaksa harus kita ulangi kembali Dia berharap kepada pemerintah membangun aturan yang baik terhadap hara KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3p kepada legislasi untuk mengatur aturan yang baik berharap kepada partai untuk membangunnya menjadi lebih baik berharap kepada partai itu tidak Rahmat iskandi dasi gak usah pakai bayar proses pemilu diperbaiki berbiaya mahal tidak

perlu Dana kampanye di bedih dis KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3okong pemerintah supaya kemudian tidak banyak sekali sebenarnya veeshop yang sudah sekian lama dibicarakan oleh masyarakat sipil dan disampaikan

juga dan serem debit sudah sudah li KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3at sudah di scan banyak digaungkan ya Nah yang kedua ini yang menurut saya yang paling penting ya KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3ng pa

ling khawatirkan dari sebuah proses penangkapan terhadap kepala daerah itu yang rugi itu adalah masyarakat daerah merugi double-double Oh ya kepala daerahnya sudah di sudah menjadi seorang tersangka menjadi orang dalam tand KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3a kutip pesakitan pada saat yang sama pemerintahan daerahnya juga terganggu Hai nah yang harus dipikir KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3kan dari proses ini adalah bagaimana pemerintah daerah tidak cocok ganggu saya mulai khawatir ya kalau ha

rus kita akui ya program-programnya N KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3urdin Abdullah ternatif menarik bagus-bagus ya 2 tahun 2 tahun menjadi gubernur walaupun tidak sama dengan Bantaeng dia masih mendapat 2/3 penghargaan nasional dan tetap salah satu internasional ma KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3s KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3i

h ada sebenarnya kesinambungan karen KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3a yang saya bayangkan adalah siapapun penggantinya siapapun penerusnya Hai kebiasaan baik ini harus dilanjutkan hal yang baik ini dilanjutkan jangan kemudian karena yang naik adalah orang yang bisa KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3 jadi berseberangan orang lain yang tidak setuju dengan itu lalu kemudian dia menarik garis sehingga

kemudian menghentikan program program yang se KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3benarnya program itu baik kecuali kalau program itu ketua program itu proses 7 gitu kalau program itu baik program itu sudah benar berada di jalur yang pas harusnya dilanjutkan dong ya sukai kemudian  KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Ayo Kita Cari Tahu Halaman 149 BAB 3

You May Also Like