KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018  halo temen temen blog teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100 

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 halaman 88 89 tugas  bab 3

KUNCI JAWABAN

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 Tugas

Tugas
Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Kamu dapat membandingkannya dari berbagai sudut pandang antara teks editorial yang satu dengan yang satunya lagi.

TEKS EDITORIAL 1

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3


Kunci Jawaban : 
Kado tahun baru 2014 dari Pertamina

2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut.

Kunci Jawaban : 
Kenaikan harga elpiji hingga 50% tanpa sosialisasi


Kunci Jawaban : 
Harga tabung elpiji naik

4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Pada tahun 2014 Pertamina membawa kabar kepada masyarakat bahwa harga tabung elpiji naik. Akibatnya konsumen membeli kisaran 125.000-130.000.

5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?

Kunci Jawaban : 
Pertamina menaikkan harga secara sepihak

6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Pertamina menaikkan harga secara sepihak tanpa sosialisasi kepada masyarakat karena merosyotnya pasar internasional dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?

Kunci Jawaban : 
Keputusan Presiden terkait kenaikan harga tabung gas elpiji

8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Presiden republik Indonesia mengadakan rapat mendadak dengan para menteri terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut.

9. Apa kata kunci dalam paragraf keempat?
Kunci Jawaban : 
Isu pengiringan langkah pemerintah sebagai reaksi semu

10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temulcan.

Kunci Jawaban : 
Reaksi yang muncul sebagai bentuk kekagetan atas reaksi semu pemerintah

11. Apa kata kunci dalam paragraf kelima?

Kunci Jawaban : 
Masyarakat tidak menerima aksi sepihak dari Pertamina

12. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Masyarakat tidak menerima aksi sepihak yang dilakukan Pertamina karena mengikuti pasar dunia

13. Apa kata kunci dalam paragraf keenam?

Kunci Jawaban : 
Keuntungan yang dimanfaatkan untuk rakyat

14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru penegasan dalam paragraf ketujuh berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Keuntungan yang diperoleh dari hasil tambang dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat

15. Apa saja fakta-fakta yang disajikan dalarn tulisan tersebut?

Kunci Jawaban : 
Harga tabung elpiji 12kg lebih dari 50%, pertamina memutuskan secara sepihak, merugi 22 triliun selama 6 tahun.

16.Apa yang menjadi opini redaktur atas fakta tersebut?

Kunci Jawaban : 
Kenaikan harga tidak simpatik, tidak bijak dan tidak logis

17.Menurutmu, tanggapan redaktur tersebut ditujukan kepada siapa? masyarakat atau pemerintah?

Kunci Jawaban : 
Pemerintah 

18. Bagaimana sikap redaksi terhadap peristiwa tersebut? Mendukung, menolak atau netral?

Kunci Jawaban : 
Menolak

19. Bagaimana saran atau rekomendasi redaksi terhadap pihak yang dituju dalam teks editorial tersebut?

Kunci Jawaban : 
Keuntungan hasil minyak digunakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

20. Buatlah ringkasan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu sebelumnya

Kunci Jawaban : 
Pertamina memberi kado pada tahun 2014 bahwa warga tabung elpiji naik. Pertamina menaikkan harga secara sepihak tanpa sosialisasi kepada masyarakat. Presiden RI mengadakan rapat mendadak dengan menteri. Munculnya reaksi semu yang menganggap pemerintah sebagai bentuk pencitraan. Masyarakat tidak menerima atas aksi sepihak Pertamina atas kenaikan harga yang mendadak. Pertamina seharusnya memanfaatkan keuntungan dari hasil minyak untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

TEKS EDITORIAL 2 bahasa indonesia kelas 12 halaman 89 bab 3

1. Coba tulis kembali judul tulisan yang kamu baca.

Kunci Jawaban : 
Ketahanan Energi yang Mencemaskan
2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut.

Kunci Jawaban : 
Sistem Energi Listrik yang ternyata Lemah

3. Apa kata kunci dalam paragraf pertama?

Kunci Jawaban : 
Blackout

4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Pesan penting dari terjadinya peristiwa blackout yang membuat listrik mati di hampir seluruh Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, Minggu (4/8)

5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?

Kunci Jawaban : 
Ketahanan energi kita lembek

6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Padamnya listrik di beberapa wilayah penting negara ini selama berjam-jam membuktikan bahwa ketahanan energi di Indonesia ternyata rapuh.

7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?

Kunci Jawaban : 
Energi sangat vital bagi sebuah negara.

8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Energi listrik merupakan energi yang sangat penting bagi negara ini, jangan sampai terjadi pemadaman listrik hingga berjam-jam bahkan berhari-hari.

9. Apa kata kunci dalam paragraf keempat?

Kunci Jawaban : 
Kita terlalu mengandalkan energi fosil

10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temulcan.

Kunci Jawaban : 
Bangsa Indonesia terlalu mengandalkan energi fosil sebagai sumber daya listrik, padahal suatu saat nanti fosil akan habis.

11. Apa kata kunci dalam paragraf kelima?

Kunci Jawaban : 
Habisnya cadangan energi fosil diprediksi terjadi dalam waktu tidak lama.

12. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Kunci Jawaban : 
Dalam kurung waktu kurang dari tiga puluh tahun, energi fosil yang dimiliki bangsa Indonesia akan habis.

13. Apa kata kunci dalam paragraf keenam?

Kunci Jawaban : 
Ada persoalan pengelolaan manajerial dari PLN sebagai satu-satunya pemegang kunci listrik nasional.

14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru penegasan dalam paragraf ketujuh berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
Kunci Jawaban : 
Jawaban pada paragraf ini saya ganti menjadi paragraf terakhir: Pemerintah Republik Indonesia harus segera mengatasi persoalan kelangkaan energi yang mungkin akan segera terjadi.

15. Apa saja fakta-fakta yang disajikan dalarn tulisan tersebut?

Kunci Jawaban : 
Fakta yang tersaji:
  • Pemadaman total (blackout) di hampir seluruh Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, Minggu (4/8 2019)
  • Kita terlalu mengandalkan energi fosil.
  • Akibatnya cadangan energi otomatis terus merosot.
  • Data Kementerian ESDM menunjukkan cadangan batu bara Indonesia saat ini sekitar 7,3–8,3 miliar ton dan diperkirakan habis pada 2036.
16.Apa yang menjadi opini redaktur atas fakta tersebut?

Kunci Jawaban : 
Redaktur beropini antara lain:
  • Kita mestinya ‘berterima kasih’ pada kejadian pemadaman total (blackout) di hampir seluruh Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, Minggu (4/8) lalu.
  • Di balik efek kejutnya yang membuat aktivitas berbasis listrik lumpuh dan pelaku bisnis menanggung rugi, blackout telah menunjukkan sebuah pesan maha penting.
  • Hampir tidak masuk akal kita ketika sebuah institusi yang sudah berpuluh-puluh tahun memonopoli urusan listrik negara tidak memiliki sistem deteksi dan pencegahan yang memadai atas kerusakan sistem.
  • Lebih mengenaskan lagi, mereka yang mestinya sudah menguasai segala keahlian dan kepakaran soal listrik ternyata tidak mampu dengan cepat memulihkan kehilangan daya yang terjadi. Akan tetapi, itulah yang terjadi.
17.Menurutmu, tanggapan redaktur tersebut ditujukan kepada siapa? masyarakat atau pemerintah?

Kunci Jawaban : 
Pemerintah 

18. Bagaimana sikap redaksi terhadap peristiwa tersebut? Mendukung, menolak atau netral?

Kunci Jawaban : 
Netral

19. Bagaimana saran atau rekomendasi redaksi terhadap pihak yang dituju dalam teks editorial tersebut?

Kunci Jawaban : 
Saran dari redaktur adalah, sudah seharusnya pemerintah Republik Indonesia memikirkan sumber energi, dengan cara membangun kilang minyak di berbagai tempat, tidak terpusat di Jawa.

20. Buatlah ringkasan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu sebelumnya

Kunci Jawaban : 
Coba kamu ringkas sendiri dari jawaban-jawaban nomor 1 – 19 yang sudah kami jawab tersebut.

Terimakasi telah berkunjung ke TERASEDUKASI.COM”Tinggalkan Comen iya temen temen

Rangkuman bahasa indonesia kelas 12

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018 ingat dulu kita adalah umat yang satu di atas tauhid Hai sampai tatkala terjadi kesyirikan Allah utus para nabi untuk menjelaskan mana yang benar ternyata orang-orang tersesat itu adalah yang menolak kebenaran itu sah datang kepada mereka kebenarannya dateng jelas nih arjal berjumpa dengan nabi ayat 106 Jawa berjumpa dan di masa nabi ada shalat WhatsApp KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3

dia bukan orang biasa bukan dia orang yanKunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018g taat beribadah sampai ketaatannya Itu tampak di wajah Hai tapi bagaimana akhir hidupnya akhirnya murtad dan mati dan kondisi murtad naudzubillahimKunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018indzalik Hai yang keenam adzah bin Abdurrahim Hai adzah bin Abdurrahim disebutkan oleh Ibnu

 Katsir dalam kitabnya al-bidayah wan-nihayah Kyle wajah hadap sana tuh sama nih Nose Indomie Aceh Hai jadi Kitab ilmu kecilnya lebih yay bercerita tentang sejarah bertahun-tahun 200 sampai terjadi tahun 201 apa yang terjadi tahun 220 terjadi terus sampai masanya Juve meninggal dunia dia Ceritakan tentang 

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3

peristiwa-peristiwa penting Hindu kasih mengatakan masuk ke tahun 278 Hijriyah nah mantep berapa tahun setelah wafatnya Rasulullah SAW wassalam Hai Kabhi meninggal tahun berapa Hai akhirnya Tahun berapa 11.000 dikurangi 11 berapa perlu kalkulator faktor jiwa kita udah jadi lemah apa itung-itungan kita zaman kecuali fulus five gatekno kefir masuk tahu

n 278 Hijriyah tuh via Abdi Abdurrahim about me Hai wafat pada tahun itu adzin abdurrohim Semoga Allah membutuhkan dia ada apa dengan Abdurrahim apakah teh juga sih pokoknya Indonesia ini Ibu kasihmu cerita ini orang ini ini orang yang sengsara hidupnya karena mineral mujahidina katsiron sibylla jeruk dia termasuk orang yang suka berjihad dijalan Allah memerangi Romawi ini dia termasuk pasukan yang deme

n berjihad dijalan the Fallen makan NKunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018avy badillo pesawat pada satu peperangan walmuslimin muhajirun label Jatim bila jeruk orang-orang Islam sedang mengepung salah satu kota dari kota orang-orang Romawi Hai ternyata dari benteng yang dikepung ini muncul seorang wanita cantik Hai hantu b

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3

isa bayangin tentara ngelihat perempuan ini di medan perang yang mungkin mereka sudah berbulan-bulan meninggalkan kampung ketika melihat disini Abdah langsung yang sama banyolan jatuh cinta hai lalu dia tulis surat Hai seorang MuKunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 CariKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3lah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018jahid fisabilillah Jangan dipikir orang yang di medan perang tidak digodain kemacetan Oh Mujahid sudah enggak ada godaan siapin bila Hai setan tidak pernah

 berhenti godain maka Raja kirim surat kepada ini perempuan Hai dan surat itu ditulis Mas Herdi ilmu usually they affect Jalan supaya aku bisa sampai kepadamu lihat Bagaimana bahayanya pandangan matanya Waljamaah fitnah yang terbesar untuk umat ini karena bisa wasallam buat lelaki adalah wanita Hai bagaimanapun wanita in the Hai jangan sampai untuk berpikir enggak usah Nana sudah istikhomah Alha

mdulillah melihat perempuan kayak ngelihat pagar rumah Oke kalau kau seperti itu kau harus ke rumah sakit Hah melihat perempuan kayak Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018pagar rumah jawa enggak ada godaan itu tetep ya

 tetep ya eh di medan perang seorang Mujahid fisabilillah dia kirim surat gara-gara melihat awalnya semua dari mata dari mata turun ke hati Solo dari hati akhirnya turun ke tangan tulis surat kalau sekarang Masya Allah dulu-dulu jamaah Kalau ada perempuan KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3cantik Anda masih melihat dulu di Medinah Jadi kalau ada perempuan lewat cepat tetapi abaya perempuan itu nanti ada lelaki yang l

empar bodo Hai kertas Jalan si perempuannya pura-pura jalan ada yang jatuh diambil kertasnya apa Jal nomor kertas nomor HP dulu belum ada medsos cuma yang ada nomor HP naudzubillah apa ya

KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3man 88 89 bab 3KUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3

ng terjadi apa kata perempuan ini biasa bila Ilham tattonox enggak ada jalan menuju aku kecuali engkau murtad jadi Nasrani namanya orang lagi jatuh cinta jangan enggak berfikir panjang tidak berpikir mana allahuakbar Antum seberapapun ilmuan to the Hai setinggi apapun Masya Allah hai tapi kalau sudah urusan wanita Hai Nabi Yusuf alis Nabi Yusuf Alaihis Salam untuk bisa bayang sampai oleh cerita ke Nabi Yusuf sampai tergeraKUNCI JAWABAKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3N bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3k hatinya falamma hammett bihi waham mabiha Yusuf juga tertarik dengan perempuan Hai kecuali karena Allah selamat ke dialog jadi Selamat ya zaman ma

ka oh ya ada seorang yang sering ngomong sama aja dulu seorang ustad seorang yang Masya Allah Haji puluhan kali itu kalau dipimpin uang satu miliar Insyaallah dijaga enggan terjaga tapi dititipin anak perempuannya tetangga nah cara Audzubillah keempat saya apa yang terjadi dengan abjad yasud

ah akhirnya dia masuk ke bentengnya orang-orang Nasrani yang masuk kesana dan pasukan kelihatan sama abjad e-ktp musim yang lewat ya bulan mafa alquranu mafada sia-move wajih aduk washolatu kejadian Wulan mana Shalat Mana bacaan Quran membesar kau baca apa yang dilakukan dengan bacaanm

u dengan sholatmu dengan puasa modern jihadmu Hai apakah tak ada eh kamu aninasi cukuran pulau Hai ketahuilah kalau aku sejak lupa Alquran semuanya ilaha illallahu ta’ala kecuali firman Allah di surat al-hijr ayat 2 dan 3 rubah mayward ladzina kafaru lokal muslim ini tuh orang-orang kafir

 itu berharap kalau dia jadi orang Islam icon diharapkan oleh abjad ini ayat terus dia ingat daerah home Aku luwe tempat tahu biarkan mereka makan biarkan mereka bersenang-senang Wahyudi himun awal dan mereka terlena dengan hangat-hangatnya yang membuat kita ini terlambat Taubat itu an

llah nanti Insyaallah itu karena ada amanah fasaufa ya Allah murka Allah mereka bakal tahu naud

zubillah ini Mujahid Fi Sabilillah yang sudah berulangkali yang punya hafalan Qur’an yang sering shalat puasa Masya Allah tapi ternyata akhir dari hayatnya gara-gara perempuan hai magazine yan

g tergantung bisa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mengatakan and abroad usah munizzi hamil iblis Salma semua pandangan mataKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3 itu adalah anak panah syetan yang beracun untuk tahu beracun Hai kalau anak panah itu enggak AKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3da racunnya untuk mungkin terluka dicabut anak panah itu selesai diobatin aja tapi ketika anak panah beracun Hai padahal anak panah itu hanya meleset tidak

 kena tapi tergores aja pakai ada racun iseng I have racun itu Berangkat kemana khas ke jantung jadi Antum juga ngelihaKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3t perempuan lewat selesai deh Untung gak kepikiran malam mau sholat maut allahuakbar anaknya Safari itu namanya beracun artinya Orangnya sudah pergi perempuannya sudah pergi tapi racunnya tetep aja dan itu fitnahnya dia timur-timur tulisan baik yang terakhir kisah yang 

terakhir yang ke-7 kisah Abdulloh Al Qosim saat ini seorang alim ulama Hai pada abad ini dia hidup di masa gurunya Syekh band opening Shining dianya sekolah emsil dia termasuk seorang alim ulama yang terkKUNCI JAWABAN bahasa indonesia kelas 12 tugas halaman 88 89 bab 3masa dia senantiasa melihat Abdullah ini bahwa kita dan orang ini suka membaca S

hahih al-bukhari ini dia itu banyak menulis Kitab tentang bagaimana membela Islam membela dakwah Salafiyah bagaimana dia membantah orang-orang yang tersesat dan dia memiliki kitab G2 ini milik kita ini besar dan Kitab yang terkenal sekali judul kitab itu adalah Ashira bainal dosa besar Betulnya ucap tapi ternyata ada orang yang membunuh 100 orang lokasi daya dan dia Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 89 88 Tugas Halaman 89 88 Carilah dua buah teks editorial dari surat kabar lokal atau nasional yang berbeda dengan yang ada dalam buku. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan di atas. Semester 1 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi 2018

You May Also Like