Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018 halo temen temen blog teras edukasi membahas kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban terasedukasi.com yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut
Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut

Tugas Kelompok 4.2 Bacalah sumber belajar lain, seperti buku teks, media cetak, atau media online (internet). Kemudian, carilah lima peristiwa konflik yang pernah terjadi di Indonesia serta identifikasi akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tuliskan hasil pekerjaan kalian dalam tabel di bawah ini.


No Peristiwa Konflik Akibat yang ditimbulkan
1 Konflik Maluku dan Maluku Utara a. Masyarakat yang meninggal akibat kerusuhan ini mencapai angka 8.000-9.000 orang
b. 70.000 Masyarakat lainnya mengungsi.
c. Kerugian materi dalam kasus ini adalah 29.000 rumah terbakar, 7.046 rusak termasuk 46 masjid, 47 gereja, 719 toko, dan 38 gedung pemerintah.
d. ketidaknetralan aparat keamanan dan pecahnya struktur pemerintah ke dalam dua komunitas.
2 Konflik Sampit a. Kasus ini terjadi pada tahun 2001 dan puncak konfliknya selama 10 hari. Tercatat 469 orang meninggal dan 108.000 orang mengungsi.
b. Kerugian materi sebanyak 192 rumah dibakar dan 784 lainnya rusak, 16 mobil dan 43 sepeda motor juga hancur.
c. Pemerintah pusat lamban melakukan darurat sipil, sehingga fasilitas dan masyarakat yang terlibat dalam konflik terlambat dihentikan.
3 Konflik Transito Mataram a. Pada kasus ini sebanyak 9 orang meninggal, 8 luka-luka, 9 orang mengalami gangguan jiwa
b. 79 orang terusir dari rumahnya, 9 orang dipaksa cerai, dan 3 ibu keguguran.
c. Kasus ini berlatar perbedaaan keyakinan pemeluk Ahmadiyah. Sejak tahun 1998-2006, terjadi 7 kali penyerangan kepada kelompok ini. Akibat konflik itu, 11 empat ibadah dan 144 rumah rusak serta harta beda dijarah.
4 Konflik Lampung Selatan a. Kasus ini terjadi pada 27-29 Oktober 2012 di Kecamatan Kalianda dan Way Panji. 14 Orang dilaporkan tewas dan belasan luka parah. Sementara sebanyak 1.700 warga mengungsi.
b. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 24,88 miliar
c. Pemicunya karena terjadi kesalahpahaman antara dua kelompok warga, sehingga 532 rumah dibakar.
5 Konflik Kerusuhan Mei 1998 di Jakarta (Trisakti) a. Pada peristiwa ini, sebanyak 1.217 orang meninggal, 85 orang diperkosa dan 70.000 orang mengungsi.
b. Kejadian ini berlangsung selama 3 hari dari 13-15 Mei 1998 dengan kerugian materil diperkiaran mencapai Rp 2,5 triliun.
c. Pemicunya karena terjadi penculikan aktivis, penembakan terhadap mahasiswa Trisakti dan memburuknya ekonomi saat itu. Kebanyakan etnis Tionghoa menjadi sasaran kemarahan.


Sumber:buku pkn kelas 9/ kemdikbud
Baca  Juga

NILAI✔️100✔️ Lengkap kunci jawaban pkn kelas 9

NILAI✔️100✔️ Lengkap kunci jawaban PELAJARAN kelas 9

Rangkuman PPKN kelas 9 smp mts

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018gue sama dia bikin pikiran jadi stress lihat iya yah ia melihat Oh makasih ya Aneh cewek tapi kenapa gue malah nyaman ya kalau dia kayak gini ke gua arti cukup Iya sama-sama lu mau anterin kemana-mana aja deh hatimu Hai untukmu Jiwa kita jalanin bersama mendidih ini aku menemu Eh aku menyentuhmu sumpah ya udahlah ngekek ini enggak malam besok gua iya sama-sama [Musik] Hai mah ngapalin liatin gua gua tahu penguji kan gue cantik kupu-kupu [Musik] Hai sore kayaknya tengkleng tuh udah begitu hai hai Ya udah ngasih jujur gue tuh bingung banget kadang-

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018kadang Si Kapur Hai manis Hai tapi kadang-kadang juga luka yang Ajak berantem gua gue perasaan lo aja kali gua akan kecewa macet manis dan cantik gue Serius ini serius kok aku hai hai Hai sikap putih itu pintu prasarana yuk Saya penasaran maksud sih hihihi cuma rezeki tes tes tes informasi KN7000 tuh Hai

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut
Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018guys berharga dan ia akan dosanya sama lu Hai Nah bagi pas gua tahu resep itu gua gua malamnya niat buat macet join gue Yakin kalo usaha-usaha gua join usah kita akan sapi berkembang Nah kalau kenapa gua harus buka usaha di deket usaha lowongan tahu ia Mungkin takdir gue banget kalau kita juga usaha kita akan semakin berkembang kios gua atau kisruh bisa kita 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018jadi workshop yo yah kita ngomongnya aja deh ngetik bintangnya banyak banget Gue tuh suka banget melihat bintang dan terbang sama mereka Hai ingin lu tuh siapa sih Kok kayaknya udah kenal lama sama lu ya Hai indah banget gua gak kebayang kalo lahirnya punya Bintang pasti nggak kan ini kaya lo kalau misalkan di dinding ya loh Nah kalau aja jika begini terus Doh manis nyenengin sehari aja gua nggak berantem sama lu gue seneng banget sih Hai gua juga maunya gini terus kok sama lo ngomong huu Hey babe dingin Iya stang [Musik] lebih-lebih Ingatkan 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018ia meneriaki lebih hangat kau sesali Nyaris semua kehendaknya masih perjalanan kita akan sering diterpa badai apapun keadaanmu kukan menyayangimu jangan [Musik] Hai YouTubers Hai menjalankan pemerintahannya telah untuk saling Hai uh roof beberapa sini di sebelah mana hai halo hai halo halo hahaha Hai hehehe udah-udah kulit buah jeruk bawah model rambut [Musik] hai hai di Indonesia janji lungo bakal pernah ninggalin gua ya gojekin pedagang buah anggur kentang goreng wow wow Hai bro nggak butuh Udah makan apa belum Kalau belum Anda tahu Ih 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018ngapain Mau pusing-pusing aja ya juga jauh lebih gua Iya gua sih cuek aja kesini mana mungkin gua mengajakku ketempat kurang kayak gini ya terus ngomong macem-macem kan temen gua bakal pun lu ke polisi lihat aneh Dia ngajak gue kesini Hai proses malam Jumat yang Hakiki [Musik] ajarku cowok pertama dekat kuburan kayak gitu ia mencoba pasti dia sengaja tuh pasti dia pelajar Yusuf Coba lu ingat-ingat gimana kalau bisa ikut sama dia gue inget-inget pokoknya gue inget gue bangun disamping dia [Musik] Hi Ho Tum Hi Ho blog tapi lu nggak diapa-apain sama 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018cowok gue enggak Yuh ini enggak bisa didiami in kita harus lapor India ke polisi kita juga boleh mau laporin ke polisi Hai punya bukti apa Hah kok ada fitnah lagi aduh mewah kemudian nekat terus culik lo Gimana Hayo gimana Hai apa jangan-jangan ini tiga buat nyerang sebelum lagi Hai menyentuh Hai mungkin puluhan secukupnya lokasi Weh mana Ayo dah ngapain Udah itu parah lumut lihat nih jadi trending topic Aduh kalau misalkan kayak gini terus gue yakin tokochi Regita hari ini bakal rame banget lagi kemarin udah ngasih gratis ke deh fbhg kayaknya 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018bel Aku punya dua kepribadian Bella Iya cewe depan itu Hai Astaga Farel Gue tuh lagi ngomongin soal bisnis kita ngomongin tu cewek aneh di sebelah sel Farel banget sama gue beneran gue pulang cantik apa ngomongin kecewa nih lagi di Hai pokoknya gua nggak boleh tinggal diam nggak harus bikin pelajaran sama tuh cewek trik my god kerjain dia hai ketuk [Musik] Hai sepi awet Rembang orangnya mau dikunjungi orang [Musik] rezeki Ahmad Hai jauh pasti gue bisa dapet informasi pembela Disini [Musik] file-file Farel Farel Farel Hai monyet Hai Epic rumah masih ngomongin penyakit-penyakit gua Ih aku menunggu [Musik] Hei aku menyentak mungkin ini bener 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018deh udah kena jampi-jampi nge-rap sih Oh kenapa lo suruh liatin gua kayak gitu setiap gua pastiin Kenapa nggak mau pergi-pergi wuih ngomongo pergi kali Siapa juga mau ke sini [Musik] ia meminta bantuan kamu Hai kenapa kamu malah ngusir nih yang pertama kita meminta bantuan supaya toko kita itu ramai yang kedua nih biar teman saya ini terhindar dari jampi-jampi cowok yang sok ganteng di dekat toko kita itu kamu bisakah udah Hei apa itu percaya sama orang kayak gini yang juga Paranormal bawa hai hai hai hai Hai kayaknya dia masih kenalan makanya 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018dia masih belum pasti reff Hai kok ngapain sih daritadi mondar-mandir mondar-mandir ke setrikaan bikin Kepala gue pusing nggak nggak PM gua penasaran aja help Hai kupas sampailah Kayaknya gue tuh Kenanga Made sumadia Hai mimpi kok suka ya sama tu cewek nggak gitu lu tau sih Devi unik itu beda Oh my God bisa suka dhofaro sama tuh cewek apa sih Ih Iya pokoknya gue tuh nggak rela relkomsel sama cewek aneh itu jadi-jadian juga gue tuh Hai guys sebenarnya ini sebenernya gue tunggu mbak Tutut Mbak Arimbi tungguin dulu oke iya Iya sebentar Lho ih gagal lagi di gue ngomong kalo gue tuh suka sama Farel nggak boleh jadi landak nih lama 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018bertindak yang ada Farel liga1.cf lirik Oh iya siangnya pokoknya gua nggak mau bawa Gua sekarang rumah gadungan itu lagi ya kalau nggak lo gua pecat dari best friend forever gua Ih lo jahat banget sih bel gua kan tahu dia dari sosmed kalau bodo amat emang gua pikirin kadang gue tuntut cocok dengan kita bela bela bela bela bela bela bela bela udah capek-capek eh Mau Dibawa Kemana Iya sabar sabar ya sabar Hai gerbang Udah kayaknya dia suka deh sama Bella kok dia khawatir banget sih sama Bella Kamu temen gue udah mati kali aja kalau gua emang salah ya coba mungkin mati ngebajak di bel-bel gpu-z Oh seneng kowe seneng pernah ketemu di sini tahu ya udah 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018kalau masih mau disini sekarang juga berhenti jadi asisten kita buka usaha Hai Friends selama aku malah senang gue jadi asisten kok tetep pencarianku berlalu di hatimu Sungguh kamu ku memilihmu menjadi Hai jadikanmu yang terindah untukku menjadikanmu berarti hidupku mau kejauhan pokoknya ngomong-ngomong akan Biarin parah pacaran sama cewek untuk punya gue ih ih Mama Teh yang ada juga buah nanya sama lu Lu ngapain nitipin mereka berdua ngaku lu cemburu kan temen lu deket sama temen gue mau bilangin ya kalau jadi cewek gatelan sentilan yang deketin dulu juga si Farel bukan Della juga nggak suka Bella deket sama Farel Lagian ya mereka 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018itu udah bahagia jaz hai aneh mana loh meja Nih pasti segera loh sama temen waktu sibela itu sebenarnya mau ngapa-ngapain Pharrell Hanya Tuhanlah Yang Tahu [Musik] the weeknd kalah boleh kamu capeknya hilang gue seneng deh kita kerjasama kayak gini kalau kita join join kita lebih laku keras ya enggak iya bujur selesai gini berencana Gimana kalau misalkan gua kasih nama kodok baru kita juga bisa Hai boleh nabimu a-a-a-a Kuingin Kau Jadi Milikku Hanyalah 

Carilah lima peristiwa konflik yg pernah terjadi di indonesia, serta identifikasi akibat yg ditimbulkan dari peristiwa tersebut pendidikan kewarganegaraan kelas 3 smp mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017 / 2018Dirimu Aa Aku ingin Kejar Cintaku untuk selamanya Oh memang kau membuat ku seret beleng beleng baik Hai Jalan namun Belle ngajak berantem Ku yakin kau yakin sih mungkin ini 

You May Also Like