KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 130 Tugas

✅✔️idola pembahasan yang dapat kami berikan jika ada jawaban yang salah kami mohon maaf dan kamis saya berterima kasih kepada peserta didik sekalian telah berkunjung di blog kami ini dan kami mohon saran apa sih artikel yang dibutuhkan kepada siswa-siswi sekalian.

 jika ada pertanyaan ataupun buku-buku yang ingin kamu jawab silahkan ditulis di kolom komentar nantinya kami akan berusaha semaksimal yang tadi bisa dalam menjawab soal dan buku tersebut.

 dan jangan lupa untuk mendukung blog yang kau kami buat ini agar kami dah lebih bersemangat lagi membuat artikel-artikel yang sama, caranya dengan membagikan artikel yang kami buat ini dengan teman-teman yang mengerjakan tugas yang sama semoga dengan begitu artikan yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

 jangan lupa untuk mengklik notifikasi diatas sebaya siswa-siswi sekalian berlangganan di bulan ini karena blog ini khusus untuk membahas tentang dunia pendidikan di mana kami akan membahas tentang kunci jawaban bank soal ataupun materi pelajaran serta tentang seputar informasi dunia pendidikan lainnya

Daftar Isi

 pada saat ini sekolah telah menerapkan protokol kesehatan di mana sekolah tua menerapkan pembelajaran melar melalui media online dimana yang artinya para siswa dan siswi saya serta peralatan peserta didik sekalian belajar dari rumah ataupun pembelajaran nya melalui handphone.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7

 banyak sekali para siswa dan siswi sekalian yang mengeluh banyak sekali tugas-tugas yang diberikan oleh guru yang dimana tugas tersebut dapat mau memutihkan dan banyak sekali para siswa dan siswi kewalahan dalam menjawab ataupun menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru  salah satu faktor dikarenakan para siswa dan siswi kurang mengerti materi yang dibawakan oleh guru.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 130 Tugas

 hai ini dikarenakan media yang digunakan yaitu media online seperti waktu sore google plus rok ataupun YouTube, hal ini akan menyebabkan para siswa dan siswi sekalian kurang dalam memahami apa yang disampaikan guru.

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

 untuk itulah dalam hal ini kita akan membantu para siswa dan siswi sekalian dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru diharapkan kami ataupun kita dapat memberi membantu para siswa dan siswi sekalian dalamnya sagan tugas yang diberikan oleh guru dan kita berharap dengan begitu siswa dan siswi sekalian dapat terbantu dan berkurangnya ataupun mengurangi stress mereka.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 tugas

 hal yang dapat kami berikan adalah dengan memberikan pembahasan pembahasan mengenai kunci jawaban mengenai tugas-tugas yang diberikan oleh guru dimana hal tersebut diharapkan dapat membantu para siswa dan siswi sekalian dalam menyesuaikan tugas yang diberikan oleh guru yang di mana yang diharapkan dalam pembahasan yang kami buat ini dapat memperoleh nilai yang besar bagi siswi yang menggunakan pembahasan yang kami buat sini.

1. Carilah di dalam al-Qur’ān 10 ayat yang mengandung bacaan idgam syamsiyah dan 10 ayat                yang mengandung bacaan izhar qamariyah 
Kunci jawaban
10 Contoh alif lam qamariyyah yag terdapat pada surah an nisa ayat 49 sampai ayat 5
Ayat ke 50 pada  الْكَذِبَۗ karena alif lam bertemu degan huruf ك
Ayat ke 51 pada  الْكِتٰبِ karena alif lam bertemu degan huruf ك
Ayat ke 51 pada بِالْجِبْتِ karena alif lam bertemu degan huruf ج
Ayat ke 53 pada الْمُلْكِ  karena alif lam bertemu degan huruf م
Ayat ke 54 pada الْكِتٰبَ karena alif lam bertemu degan huruf ك
Ayat ke 54 pada  وَالْحِكْمَةَ karena alif lam bertemu degan huruf ح
Ayat ke 56 pada  الْعَذَابَۗ  karena alif lam bertemu degan huruf ع
Ayat ke 57 pada الْاَنْهٰرُ karena alif lam bertemu degan huruf ا
Ayat ke 58 pada  الْاَمٰنٰتِ karena alif lam bertemu degan huruf ا
Ayat ke 58 pada  بِالْعَدْلِ karena alif lam bertemu degan huruf ع

10 Contoh alif lam syamsyiah yang terdapat pada surah an nisa  ayat 49 sampai ayat 57
Ayat ke 49 pada الَّذِيْنَ  karena alif lam bertemu degan huruf ذ
Ayat ke 51 pada  الَّذِيْنَ karena alif lam bertemu degan huruf ذ
Ayat ke 51 pada وَالطَّاغُوْتِ  karena alif lam bertemu degan huruf ط
Ayat ke 51 pada الَّذِيْنَ karena alif lam bertemu degan huruf ذ
Ayat ke 52 pada  الَّذِيْنَ karena alif lam bertemu degan huruf ذ
Ayat ke 53 pada  النَّاسَ karena alif lam bertemu degan huruf ن
Ayat ke 54 pada  النَّاسَ karena alif lam bertemu degan huruf ن
Ayat ke 56 pada الَّذِيْنَ karena alif lam bertemu degan huruf ذ
Ayat ke 57 pada  وَالَّذِيْنَ karena alif lam bertemu degan huruf ذ
Ayat ke 57 pada الصّٰلِحٰتِ karena alif lam bertemu degan huruf ص

 2. Salah satu teman sekelasmu ada yang memiliki sifat takabur. Apa yang harus kalian lakukan agar teman kamu tersebut dapat sadar dan kembali ke jalan yang benar jawaban minimal memuat dua cara 
Kunci jawaban
1. menasehatinya Dengan cara lemah lembut, kemudian
2. mengajaknya untuk selalu menjadi org yg bersyukur dan ramah tama.

 3. Allah berman dalam Q.S. an-Nisa/4 ayat 36 yang artinya “Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh,) teman sejawat, ibnu sabl ) dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.” (Q.S. an-Nisa/4:36) 
a. Rumuskan pesan-pesan mulia dalam ayat tersebut yang dapat diterapkan dalam bergaul dengan orang tua dan guru 
b. Tindakan apa yang kamu lakukan jika kamu melakukan kesalahan kemudian diberi nasihat oleh orang tua dan guru 
c. Tindakan apa yang kamu lakukan jika orang tua atau guru melakukan tindakan kekerasan      
Diskusikan permasalahan tersebut secara berkelompok!
Kunci jawaban

Pembahasan
Firman Allah Surat an-Nisa ayat 36

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Rumusan pesan-pesan mulia dalam ayat tersebut yang dapat diterapkan dalam bergaul dengan orang tua dan guru

Berbuat baik pada kedua orang tua dan guru.
Menghormati kedua orang tua dan guru.
Sopan dan santun jika bertutur sapa kepada kedua orang tua dan guru.
Rumusan pesan-pesan mulia dari ayat tersebut

Jangan pernah mempersekutukan Allah.
Berbuat baik pada orang tua dan guru.
Berbuat baik kepada semua orang, seperti karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan jauh, teman sejaeat, ibnu sabil, dan juga pada hamba sahaya (pembantu).
Jangan pernah Sombong dan membanggakan diri.

Rangkuman pai kelas 8 bab 7

kami melihat banyak sekali para siswa dan siswi serta orang tua mencari pembahasan mengenai kunci jawaban mengenai tentang tugas-tugas yang diberikan oleh guru namun hanya sedikit pembahasan mengenai kunci jawaban yang tepat dan benar pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tentang pembahasan kunci jawaban yang tepat dan benar yang dimana diharapkan pembahasan tersebut dapat membantu peserta didik sekalian telah menyaksikan tugas yang diberikan oleh guru.

F. Pengayaan  Peserta didik yang sudah menguasai materi, peserta didik mengerjakan  materi tambahan berupa pendalaman dan perluasan materi tentang  beberapa ketentuan puasa sunnah. Peserta didik mengerjakan soal yang  terkait dengan puasa sunnah. (Guru  mencatat dan memberikan tambahan  nilai bagi  peserta didik  yang berhasil dalam pengayaan).    150 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  Materi pengayaannya: 1. Niat  Pada puasa sunnah niat diperbolehkan pada siang hari sebelum lengsernya  matahari asalkan kita belum makan dan minum atau melakukan perkara  yang lain yang membatalkan puasa. Contohnya: kita belum sempat  sarapan pagi karena kesibukannya pada saat itu maka boleh niat untuk  berpuasa sehingga tidak makan dan minum sampai tiba saatnya untuk  berpuasa. 2. Boleh membatalkan atau meneruskan untuk berpuasa Puasa boleh dibatalkannya apabila kita tidak mampu untuk melanjutkan  puasanya meskipun ada kemampuan untuk meneruskannya. Oleh  karena itu, apabila kita tidak mampu untuk berpuasa sunnah maka  kita diperbolehkan untuk membatalkannya demi kelancaran aktivitas  keseharian, seperti bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah  tangga. Jika kita berniat untuk melanjutkan tetapi keadaannya tidak  memungkinkan atau mungkin tapi harus mengorbankan kewajiban yang  ditinggalkan, maka boleh meninggalkan puasa sunnahnya. 3. Seorang istri tidak boleh berpuasa sunnah ketika ia sedang bersama  suaminya, kecuali sang suami memberikannya izin untuk melaksanakan  puasa sunnah tersebut. 4. Balasan yang akan diberikan oleh Allah Swt. terhadap orang yang rajin  melaksanakan puasa sunnah yaitu: a. Mendapatkan pahala yang tak terhingga Baik puasa wajib maupun puasa sunnah tidak ada bedanya yaitu  akan mendapatkan balasan langsung dari Allah Swt. seberapa besar  pahalanya hanya Allah yang tahu. Namun demikian kita dapat  mengira-ngira dengan jalan membandingkan dengan ibadah yang  lainnya. b. Amalan puasa khusus untuk Allah Siapapun orangnya tidak akan mengetahui keadaan kita apakah  kita sedang berpuasa atau tidak berpuasa kalau kitanya sendiri tidak  memberitahukannya. Karena ibadah berpuasa yang kita lakukan tidak  tampak secara zahir. Puasa kita hanya Allah yang tahu sehingga bisa  kita katakan bahwa puasa itu ritual khusus untuk Allah semata. c. Dua sekaligus kebahagiaan yang akan diraih bagi orang yang  berpuasa Sesorang yang sedang melaksanakan puasa akan merasakan  kenikmatan yang luar biasa tatkala tiba saatnya untuk berbuka.  Perasaan menahan, gelisah lantaran menahan haus dan lapar berubah  menjadi senang dan terharu tumpah sekaligus ketika kita meneguk  air minum dan menghadapi berbagai makanan di atas meja untuk  berbuka. Selain itu, kebahagiaan yang kedua adalah manakala     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 151  berjumpa dengan Allah. Semua umat Islam mendambakan peristiwa  ini yang nikmatnya melebihi kenikmatan syurga. Bertemu dengan  Allah adalah peristiwa langka yang hanya diperuntukkan bagi orang- orang yang yang bertaqwa dan gemar melakukan puasa pada saat  hidup di dunia.  d. Puasa sebagai perisai dari api neraka Dengan berpuasa kita dapat melindungi seorang hamba  dari api neraka. e. Puasa mendapatkan syafaat dari nabi Muhammad saw. kelak di  yaumul kiamat. f. Akan disediakan pintu syurga ar-Royyan Bagi orang-orang yang  melakukan puasa akan disediakan pintu untuk  masuk  syurga yang dinamakan Ar-Royyan dan tidak ada seorangpun  yang masuk surga lewat pintu tersebut kecuali mereka yang rajin  berpuasa. G. Remedial  Peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali  materi tentang “ Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa” dan  melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal yang sejenis.  Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan,  contohnya:  boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau di  luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.  H. Interaksi Guru dan Orang Tua  Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Catatan untuk  Orang Tua Peserta Didik” seperti yang tercantum dalam buku teks kepada  orang tuanya. Selanjutnya, orang tua diminta memberikan komentar dan  paraf. Dapat pula dengan  menggunakan buku penghubung kepada orang  tua, untuk melaporkan perubahan perilaku peserta didik  setelah mengikuti  kegiatan pembelajaran. Guru dapat pula berkomunikasi baik langsung  atau lewat telepon meminta kepada orang tua untuk membimbing dan  memantau kegiatan peserta didik di rumah.   152 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  Bab XII  Mengonsumsi Makanan dan  Minuman yang Halal dan  Menjauhi yang Haram  A. Kompetensi Inti  KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaannya KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama  dalam sudut pandang/teori B. Kompetensi Dasar  1.12 Meyakini ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram  berdasarkan al-Qur’ān dan hadis. 2.12 Menghayati perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi makanan  dan minuman halal.. 3.12 Memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram  berdasarkan al-Qur’ān dan hadis. 4.12 Menyajikan hikmah mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi  sesuai ketentuan dengan al-Qur’ān dan Hadis.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 153  c. Tujuan Pembelajaran  Peserta didik mampu: 1. Menjelaskan pengertian makanan halal dengan benar. 2. Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman halal dengan benar. 3. Menunjukkan dalil naqli tentang makanan dan minuman halal dengan  benar. 4. Menyebutkan pengertian makanan dan minuman haram dengan benar. 5. Menunjukkan dalil naqli tentang makanan dan minuman haram  dengan benar. 6. Menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman haram dengan benar 7. Menjelaskan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman yang halal  dengan benar. 8. Menjelaskan akibat makanan dan minuman yang haram dengan benar. D. Proses Pembelajaran  1. Persiapan a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan  manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah  dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis  ICT atau media lainnya). b. Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan berdoa  bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian  berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan  pembelajaran. c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi  sesuai dengan pokok bahasan. d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.  2. Proses pembelajarannya sebagai berikut: a. Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran  yang tepat diterapkan adalah Model Problem Based Instruction.  Model Problem Based Instruction adalah suatu metode yang diajarkan  dengan melihat fakta yang berkembang atau berdasarkan masalah  yang ada kemudian akan dilakukan diskusi dan pemecahan masalah  tersebut. Model Pembelajaran berdasarkan pada masalah tertentu,  bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan  Keterampilan berfikir dan Keterampilan memecahkan masalah,  belajar menjadi peranan sebagai orang dewasa dan belajar Mandiri.    154 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  b. Proses pembelajarannya sebagai berikut: 1) Guru meminta peserta didik untuk mengkaji “Mari Renungkan”. 2) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil  kajiannya. 3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap hasil kajian peserta didik. 4) Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar  yang ada pada  “Dialog Islami”. 5) Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan  pencermatan pada gambar tersebut. 6) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang isi dari dialog Islami  tersebut. 7) Peserta didik mencermati dan mengamati gambar yang ada  pada poin a tentang makanan dan minuman dan menuliskan  komentar terhadap dua gambar tersebut. 8) Peserta didik mengemukaan hasil pencermatannya. 9) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan  tersebut. 10) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada pada “Aktivas  Peserta didik” yaitu membaca dan mencermati Q.S. al- Maidah/5 : 88. 11) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan  tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah  ditentukan yaitu  tentang makanan yang halal, makanan yang  haram, minuman yang haram, minuman yang halal, manfaat  mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, serta  akibat buruk dari makanan dan minuman yang haram. 12) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan  hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  13) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 14) Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan  terhadap pernyataan-pernyataan yang ada pada ”Refleksi  Akhlak Mulia”.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 155  15) Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah  tauladan ”Kisah Penjaga  Kebun Buah-buahan”. 16) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah  dari kisah tersebut. 17) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap kisah tersebut. 18) Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran  tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks peserta didik  pada kolom rangkuman. 19) Pada “Ayo Berlatih”, guru: a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan  ganda dan uraian. b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang ada  pada poin c. 20) Guru menuliskan nilai yang diperoleh peserta didik, baik  nilai sikap, nilai pengetahuan serta nilai Keterampilan dan  memberikan komentar/tanggapannya terhadap hasil yang  diperoleh peserta didik seperti yang tercantum dalam kolom  ”Catatan untuk Orang Tua Peserta Didik”, serta meminta  kepada orang tuanya untuk membimbing dan memantau  kegiatannya di rumah. E. Penilaian  Guru melakukan penilaian  terhadap peserta didik: 1. Penilaian Sikap Cara penilaiannya sebagai berikut:  No  Nama Peserta  Didik  Peryataan   Keterangan  1 2 3 4 5  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  1 2 3 4 5 dst.   156 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  Keterangan: && = Sangat baik  & = Baik  ‘ = Cukup b. Observasi Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh  guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran),  guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam  pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Nama Sekolah : …………………………………………. Kelas/Semester : ………………………………………… Tahun Pelajaran : …………………………………………. No. Waktu Nama 

Sumber: buku pai kelas 8 bab 7

You May Also Like

x