KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111 pilihan ganda essay dan tugas

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfokus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111 pilihan ganda essay dan tugas

Download Aplikasi terasedukasi.com Pasti dapat ⭐nilai 100⭐

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan. Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 8 👏lainya:

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 piligan

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d  pada jawaban yang paling tepat !
1. Khalifah pertama Bani Umayyah adalah….
a. Abdul Malik bin Marwan
b. Walid bin Abdul Malik
c. Muawiyah bin Abu Sofyan
d. Umar bin Abdul Aziz
Kunci jawaban:    c. Muawiyah bin Abu Sofyan 

2. Pemerintahan Bani mayyah dibagi menjadi dua periode, yaitu periode….
a. Damaskus dan Toledo
b. Damaskus dan Cordoba
c. Madinah dan Andalusia
d. Madinah dan Cordoba
Kunci jawaban:    b. Damaskus dan Cordoba 

3. Masa kejayaan Bani mayyah terwujud ketika dipimpin oleh….
a. Muawiyah bin Abu Sofyan
b. Walid bin Abdul Malik
c. Abdul Malik bin Marwan
d. Hisyam bin Abdul Malik
Kunci jawaban:     b. Walid bin Abdul Malik 

4. Cendikiawan Islam dibidang ilmu tafsir adalah….
a. Ibnu Abbas
b. Ibnu Sina
c. Ibnu Sahal
d. Ibnu Rusyd
Kunci jawaban: a. Ibnu Abbas 

5. Perhatikan pernyataan dibawah ini

  1.  Kehidupan yang serba mewah bagi keluarga istana.
  2.  Munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abas ibn Abd al-Muthalib.
  3.  Pertentangan etnis antara suku Arabia tara (Bani Qays) dan Arabia Selatan (Bani Kalb yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam.
  4.  Semangat yang tinggi dalam  persatuan dan kesatuan dalam bela negara.
  5. Banyak memberikan bantuan kepada fakir miskin.

Yang merupakan penyebab runtuhnya Bani mayyah….
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan
c. 3,  dan
d. 1, 2 dan 4
Kunci jawaban: a. Ibnu Abbas 

6 . Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Hal ini tercantum dalam Qs…..
a. Al An’am ayat 165
b. Ar Radu ayat 11
c. Al Baarah ayat 11
d. Al Anfal ayat 30
Kunci jawaban: b. Ar Radu ayat 11

 7. Panglima perang  Bani Umayyah yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah selat yaitu:
a. Abdul Malik bin Marwan
b. Umar bin Abdul Aziz
c. Thari bin  ziyad
d. Walid bin Abdul Malik
Kunci jawaban: c. Thari bin  ziyad

8. Khalifah Bani mayyah yang bergelar Al Faru II adalah….
a. Abdul Malik bin Marwan
b. Umar bin Abdul Aziz
c. azid bin Muawiyah
d. Walid bin Abdul Malik
Kunci jawaban: b. Umar bin Abdul Aziz

9. Kota yang terkenal dengan julukan kota seribu malam adalah….
a. Mekah
b. Madinah
c. Bagdad
d. unani
Kunci jawaban: c. Bagdad 

10. Pada masa Walid bin Abdul Malik dibangun sebuah Masjid Damaskus hasil karya arsitek terkenal yang bernama….
a. Abu baidah bin arrah
b. bah bin a
c. Sa’id bin Musayyad
d. Rabiah Ar-Raiy
Kunci jawaban: a. Abu baidah bin arrah 

Baca Juga

 

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 Essay

di sekolah banyak sekali ya hal-hal yang wajib dikerjakan oleh peserta didik sekalian salah satunya yang wajib dikerjakan adalah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di mana tugas tersebut merupakan bagian dari pembelajaran di mana tugas tersebut merupakan tolak ukur bagi guru dan sekolah untuk meng mengetahui apakah seorang peserta didik ataupun siswa dan siswi pernah memahami materi yang telah diberikan atau belum memahami materi yang di jelas.

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini !
1. Bagaimana penyebaran agama Islam pada masa Daulah mayyah?
Kunci jawaban:
Kemajuannya adalah:

  1.  Bani Umayyah telah  berhasil memperluas daerah kekuasaannya sampai  ke seluruh penjuru    dunia, seperti Spanyol, Afrika Utara, Suriae Palestina, Semenanjung Arabia, Irak, sebagian kecil Asia, Persia, Afghanistan, Pakistan, Rukhmenia, Uzbekistan dan Kirgis.
  2.  Islam memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat luas. Sikap fanatik yang dimiliki oleh  bangsa Arab sangat efektif dalam membangun  negara  Islam. Pada saat itu bangsa Arab merupakan prototipe dari bangsa Islam sendiri.
  3. Telah berkembangnya  ilmu pengetahuan  secara pesat sehingga bermunculan  tokoh–tokoh ilmu pengetahuan yang terkenal di dunia Islam.

 

2. Di manakah pusat pemerintahan Daulah mayyah?
Kunci jawaban:
Dinasti Bani Umayyah berdiri selama 90 tahun (40 – 132 H / 661 – 750 M) dan didirikan oleh Muariyah bin Abi Sufyan bin Harb bin Umayyah, dengan Damaskus sebagai pusat pemerintahannya.

3. Sebutkan lima khalifah pada masa Bani mayyah!
Kunci jawaban:
Khafilah Muawiyah adalah: a. Muawiyah bin Abu Sufyan b. Yazid bin Muawiyah c. Khalid bin Abdul malik d. Sulaiman bin Abdul Malik e. Umar bin Abdul Aziz (jawaban dikembangkan sendiri oleh guru)

 

4 . Sebutkan 3 tokoh cendikiawan muslim di bidang ilmu iraat pada masa Bani mayyah
Kunci jawaban:
Ibnu Katsir, Ashim, dan Ibnu Amr.

 

5 . Sebutkan kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh Bani mayyah!
Kunci jawaban:
Kemajuannya:

  1. Memperluas wilayahnya sampai seluruh penjuru dunia.
  2. slam memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat luas.
  3. Telah berkembangnya  ilmu pengetahuan  secara pesat sehingga bermunculan tokoh–tokoh ilmu pengetahuan yang terkenal di dunia Islam.

 

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 Tugas

 bahannya itu biasanya tunggal juga dijadikan oalah alat untuk menentukan kenaikan kelas bagi seseorang, di mana mi yang diperoleh dari tugas akan di akumulasi terlebih dahulu barulah kemudian di jumlah sesuai dengan apa yang diperoleh bar dari peserta didik sekalian perlu kemudian akan diambil b beberapa persen dari nilai tersebut.

walaupun hanya beberapa persen diambil namun itu berupa bagian dari pembelajaran yang play diperoleh dari gurun di mana nia  tersebut berpengaruh bagi peserta didik sekalian banyak sekali para siswa dan siswi serta orang tua manja mencari kunci jawaban di internet dim kunci jawaban akan dapat membantu bagi peserta didik sekalian dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

C. Tugas
1. Tulislah biografi salah satu tokoh cendekiawan atau ilmuwan muslim pada masa Daulah mayyah
Kunci jawaban:
Muawiyah bin abi sufyan adalah khalifah pertama dari Bani Umayyah.
Muawiyah diakui oleh kalangan Sunni sebagai salah seorang Sahabat Nabi, Kalangan Syi’ah sampai saat ini tidak mengakui Muawiyah sebagai khalifah dan Sahabat Nabi, karena dianggap telah menyimpang setelah meninggalnya Rasulullah SAW. Ia diakui sebagai khalifah sejak Hasan bin Ali, yang selama beberapa bulan menggantikan ayahnya sebagai khalifah, berbai’at padanya. Dia menjabat sebagai khalifah mulai tahun 661 (umur 58–59 tahun) sampai dengan 680.

2.  Kemajuan peradaban Islam diwarnai oleh dua hal, yaitu dalam hal pemerintahan dan penrkembangan ilmu pengetahuan. Diskusikan mana di antara dua hal tersebut yang paling berpengaruh Diskusikan masalah tersebut dengan kelompok kalian masing-masing
Kunci jawaban:
pemerintahan dan ilmu penegtahuan memiliki keduduka yang sama pentingnya, dimana Allah memerintahkan untuk memimpin dan memerintahkan pula untuk memliki pengetahuan dan senantiasa mencarinya, karna tidak lah yang mencari ilmu Allah akan menamabahkan darajatnya didalam memahami ilmu pengetahuan

3. Carilah data dan informasi dari tingkat kerajinan teman-teman di kelas kalian dalam mengunjungi perpustakaan. Data dan informasi itu untuk membuktikan apakah kunjungan ke perpustakaan itu berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan wawasan
Kunci jawaban:
menurut saya Ya benar keperpustakaan bisa meningkatkan Pengetahuan dan wawasan karena dengan perginya keperpustakaan kta dapat membaca banyak buku dsana dan pada saat kita memmbaca buku2 tersebut disitulah wawasan kita brtambah dan kita mengetahui apa yg tdak kta ketahui

Baca Juga

Rangkuman PAI kelas 8 bab 6

Pekerti 97  A Mari Renungkan     Tahukah kalian bahwa sejak  dahulu kemajuan suatu bangsa  selalu ditandai dengan kemajuan  dalam bidang ilmu pengetahuan  dan budaya. Dalam sejarah tercatat  bahwa semasa pemerintahan  khalifah-khalifah Daulah Umayyah  hal ini sudah terbukti, baik semasa  Daulah Umayyah di Damaskus (661  -750 M) maupun Daulah Umayyah  di Andalusia atau Spanyol (756  -1031 M). Damaskus (sekarang ibukota  negara Suriah) menjadi saksi sejarah  betapa majunya peradaban dan ilmu pengetahuan saat itu.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111 pilihan ganda essay dan tugas

1 = tidak kompeten 2 = cukup kompeten 3 = kompeten 4 = sangat kompeten = x 100     =  Catatan…………………………………….. ………………………………………………….. ………………………………………………….  ……….,……………………………. Guru Mata Pelajaran PAI    (………………………………….)  b.   Tugas no. 1  Skor penilaian sebagai berikut:  1) Tugas produk :  Cara penilaiannya adalah: Nama Kelompok : …………………………………… Anggota : ………………………………….. Kelas : ………………………………….. Nama Produk : …………………………………..  No. ASPEK  SKOR (1-4) 4 3 2 1  1. Perencanaan a. Persiapan b. Rumusan Judul  = Jumlah Skor x 100 Jumlah Total    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 97  2. Pelaksanaan a. Persiapan alat b. Teknik pencarian c. Kreativitas 3. Hasil produk a. Bentuk fisik b. Inovasi Jumlah skor yang diperoleh Nilai   Keterangan penilaian: 4 = sangat  baik 3 = baik 2 = cukup baik 1 = kurang  c. Tugas no. 3 Cara penilaiannya adalah : Nama Kelompok : …………………………….. Anggota : ……………………………. Kelas : ……………………………. Nama Proyek :  No. Aspek Skor (1-4) 4 3 2 1 1. Perencanaan a. Persiapan b. Rumusan Judul 2 Tahapan Proses Pembuatan a. Sistematika penulisan  b. Keakuratan sumber data c. Analisis data   98 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  d. Penarikan kesimpulan 3 Tahap Akhir a. Performan b. Presentasi/Penguasaan Jumlah skor yang diperoleh Nilai  Keterangan penilaian: 4 = sangat  baik 3 = baik 2 = cukup baik 1 = kurang Petunjuk Penskoran:  Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor yang dicapai Skor maksimal × 100 = Skor akhir Perhitungan  Perolehan Nilai ketrampilan  Nilai akhir yang diperoleh peserta didik merupakan akumulasi  perolehan nilai   pada kolom a dan b  serta c dibagi 3  Kunci Jawaban  A. Pilihan ganda  No. Kunci jawaban No. Kunci jawaban 1 b 6 c 2 a 7 d 3 a 8 a 4 c 9 c 5 b 10 b    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 99  B. Essay 1. Rendah hati adalah tidak sombong dan tidak angkuh. 2. Orang-orang yang mempunyai sifat pemboros adalah bagian dari  perbuatannya setan. 3. Dengan rajin menabung, hemat dalam menggunakan listik, air, tidak  berfoya-foya dan lain sebagainya (dikembangkan oleh guru). 4. Akan dilaknat oleh Allah Swt., karena pemborosan termasuk  perbuatan setan, ttidak mempunyai tabungan untuk masa depan  karena seringnya berfoya-foya, dengan menggunakan air yang  berlebihan akan mengakibatkan berkurangnya sumber daya alam  (jawaban dikembangkan oleh guru). 5. kita memiliki sifat rendah hati (tawadu’). Sifat rendah hati ini harus  diwujudkan dalam setiap perilaku kita, baik terhadap diri kita sendiri,  terhadap Allah Swt., maupun terhadap orang-orang jahil yang  menyapa kita. Seorang muslim yang memiliki sifat rendah hati akan  mendapatkan keridaan Allah  Swt. baik di dunia maupun di akhirat.  C. Tugas (kebijakan guru)  F. Pengayaan  Peserta didik yang sudah menguasai materi, selanjutnya dapat  mengerjakan materi tambahan berupa pendalaman dan perluasan materi  tentang ciri-ciri orang yang memiliki perilaku rendah hati. Peserta didik  mengerjakan soal yang terkait dengan perilaku rendah hati. (Guru  mencatat  dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam  pengayaan).  Materi pengayaannya: 1. Perilaku orang yang mempunyai sifat rendah hati adalah: a. Tidak pernah berputus asa dalam menghadapi cobaan yang diberikan  oleh Allah Swt. kepada kita b. Akan terhindar dari penyakit hati dan sifat tercela seperti, sombong,  angkuh, egois dan ingin selalu menang sendiri, riya, dan lain  sebagainya c. Selalu berlapang dada terhadap kelebihan yang dimiliki oleh orang  lain d. Berani atau tidak malu mengakui kelemahan dan kekurangan yang  ada pada dirinya sendiri e. Tidak memaksakan kehendaknya kepada orang lain   100 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  f. Selalu menanamkan pola hidup sederhana. 2. Akibat orang yang mempunyai sifat sombong adalah: a. Dijauhi dan dibenci oleh sesama manusia baik keluarganya sendiri,  masyarakat maupun lingkungan sekolah b. Dibenci dan dimurkai oleh Allah Swt. G. Remedial  Peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali  materi tentang “Rendah Hati, Hemat dan Sederhana Membuat Hidup  lebih Mulia” dan melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal  yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang  disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada  waktu atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah. Catatan: Peserta didik yang belum bisa membaca al-Qurān diberikan  bimbingan khusus. H. Interaksi Guru dan Orang Tua  Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Catatan untuk  Orang Tua Peserta Didik” seperti yang tercantum dalam buku teks kepada  orang tuanya. Selanjutnya, orang tua diminta memberikan komentar dan  paraf. Dapat pula dengan  menggunakan buku penghubung kepada orang  tua, untuk melaporkan perubahan perilaku peserta didik  setelah mengikuti  kegiatan pembelajaran. Guru dapat pula berkomunikasi baik langsung  atau lewat telepon meminta kepada orang tua untuk membimbing dan  memantau kegiatan peserta didik di rumah.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 101  Bab VIII  Meneladani Kemuliaan dan  Kejujuran Para Rasul Allah Swt  A. Kompetensi Inti  KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. KI-3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata. KI-4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama  dalam sudut pandang/teori. B. Kompetensi Dasar  1.4 Beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.. 2.4 Menghayati perilaku amanah sebagai implementasi dari iman kepada  Rasul Allah Swt. 3.4 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt. 4.4 Menyajikan dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah Swt.  c. Tujuan Pembelajaran  Peserta didik mampu: 1. Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah Swt. dengan benar 2. Menunjukkan dalil iman kepada Rasul Allah Swt. dengan benar 3. Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul dengan benar   102 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  4. Menjelaskan sifat wajib para Nabi dan Rasul dengan benar 5. Menjelaskan sifat mustahilnya para Nabi dan Rasul dengan benar 6. Menjelaskan sifat jaiznya para Nabi dan Rasul dengan benar 7. Menjelaskan Rasul ulul azmi dengan benar 8. Menyebutkan nabi dan Rasul ulul azmi dengan benar 9. Menjelaskan hikmah beriman kepada Rasul Allah Swt. D. Proses Pembelajaran  1. Persiapan a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan  manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah  dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis  ICT atau media lainnya). b. Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan berdoa  bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian  berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan  pembelajaran. c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi  sesuai dengan pokok bahasan. d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.  2. Proses pembelajarannya sebagai berikut: a. Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran  yang tepat diterapkan adalah model cooperative learning mencakup  suatu kelompok kecil peserta didik yang bekerja sebagai sebuah tim  untuk menyelesaikan sebuah masalah, menyelesaikan suatu tugas,  atau untuk mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama  lainnya. Model cooperative learning menekankan pada kehadiran  teman sebaya yang berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah  tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau  tugas).  b. Proses pembelajarannya sebagai berikut: 1) Guru meminta peserta didik untuk mengkaji “Mari Renungkan”. 2) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil  kajiannya. 3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 103  terhadap hasil kajian peserta didik. 4) Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar  yang ada pada “Dialog Islami”. 5) Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan  pencermatan pada gambar tersebut. 6) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang isi dari dialog Islami  tersebut. 7) Peserta didik mengkaji bacaan tentang arti beriman kepada  kitab-kitab Allah Swt. dan menuliskan komentar terhadap dua  gambar tersebut. 8) Peserta didik mengemukaan hasil kajiannya. 9) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan  tersebut. 10) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada pada kolom  “Aktivitas 1“ yaitu membaca Q.S. ali Imran/3: 164 dan artinya. 11) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan  tugas  untuk berdiskusi sesuai yang telah ditentukan tentang  pengertian iman kepada Rasul, tugas para Rasul dan sifat-sifat  Para Rasul. 12) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan  hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  13) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 14) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada pada “Aktivitas  2” yaitu membaca kisah dakwah 25 Rasul dan menerapkannya  dalam kehidupan sehari-hari. 15) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan  tugas  untuk berdiskusi tentang kisah dakwah 25 Rasul. 16) Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan  hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak  dan memberikan tanggapan.  17) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 18) Peserta didik mengkaji bacaan yang ada pada “Rasul Ulul  Azmi”. 19) Peserta didik mengemukaan hasil kajiannya.   104 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  20) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 21) Peserta didik mengkaji hikmah beriman kepada Rasul Allah  Swt. 22) Peserta didik mengemukakan hasil kajiannya. 23) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 24) Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan  terhadap pernyataan-pernyataan yang ada pada kolom”  Refleksi Akhlak Mulia”. 25) Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah  tauladan ” Kisah Nabi Musa dengan Qarun”. 26) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah  dari kisah tersebut. 27) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap kisah tersebut. 28) Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran  tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks peserta didik  pada kolom rangkuman. 29) Pada “Ayo Berlatih”, guru: a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan  ganda dan uraian. b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang ada  pada poin c. 30) Guru menuliskan nilai yang diperoleh peserta didik, baik  nilai sikap, nilai pengetahuan serta nilai Keterampilan dan  memberikan komentar/tanggapannya terhadap hasil yang  diperoleh peserta didik seperti yang tercantum dalam kolom  ”Catatan untuk Orang Tua Peserta Didik”, serta meminta  kepada orang tuanya untuk membimbing dan memantau  kegiatannya di rumah.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 105  E. Penilaian  Guru melakukan penilaian  terhadap peserta didik: 1. Penilaian Sikap Cara penilaiannya sebagai berikut:  No  Nama Peserta  Didik  Peryataan   Keterangan  1 2 3 4 5  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  1 2 3 4 5 dst.  Keterangan: && = Sangat baik  & = Baik  ‘ = Cukup b. Observasi Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh  guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran),  guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam  pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Nama Sekolah : …………………………………………. Kelas/Semester : ………………………………………… Tahun Pelajaran : …………………………………………. No. Waktu Nama  Siswa  Catatan  Perilaku  Butir Sikap Keterangan Spiritual /Sosial  1 2 3 4 Dsb.   106 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  c. Penilaian diri Petunjuk: Berilah tanda centang(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai  dengan keadaan yang sebenarnya. Nama : Kelas : Semester : No. Pernyataan Ya Tidak 1 Saya selalu mengidolakan tokoh Nabi Muhammad saw. 2 Saya selalu meneladani sifat amanah dalam kehidupan  sehari-hari 3 Saya selalu meneladani sifat fathonah dalam  kehidupan sehari-hari 4 Saya selau meneladani sifat sidiq dalam kehidupan  sehari-hari 5 Saya selalu meneladani sifat tablig dalam kehidupan  sehari-hari  Hasil penilaian diri perlu ditindaklanjuti oleh guru dengan melakukan  fasilitasi terhadap siswa yang belum menunjukkan sikap yang diharapkan. d. Penilaian Antarteman Petunjuk: Berilah tanda centang(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai  dengan keadaan yang sebenarnya. Nama teman yang dinilai :  Nama Penila : Kelas : Semester :  No. Pernyataan Ya Tidak 1 Teman saya selalu mengidolakan tokoh Nabi  Muhammad saw.  2 Teman saya selalu meneladani sifat amanah dalam  kehidupan sehari-hari 3 Teman saya selalu meneladani sifat fathonah dalam  kehidupan sehari-hari 4 Teman saya selau meneladani sifat sidiq dalam  kehidupan sehari-hari    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 107  5 Teman saya selalu meneladani sifat tablig dalam  kehidupan sehari-hari Hasil penilaian antarteman perlu ditindaklanjuti oleh guru dengan  memberikan bantuan fasilitasi terhadap siswa yang belum menunjukkan  sikap yang diharapkan.  2. Penilaian Pengetahuan Kolom “Ayo Berlatih” a. Kolom Pilihan ganda dan uraian. Skor  penilaian sebagai berikut: 1) PG : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10) 2) Uraian : jumlah jawaban benar x 2 (maksimal 5 x 2 = 10) Cara penilaian: No.  Soal Cara penilaian 1 a. Jika peserta didik dapat menuliskan perbedaan nabi dan rasul  sangat lengkap, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan perbedaan nabi dan rasul  lengkap, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan perbedaan nabi dan rasul tidak  lengkap, skor 1. 2 a. Jika peserta didik dapat menuliskan pendapatnya tentang nabi  mempunyai sifat sebagaimana manusia sangat lengkap, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan pendapatnya tentang nabi  mempunyai sifat sebagaimana manusia lengkap, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan pendapatnya tentang nabi  mempunyai sifat sebagaimana manusia tidak lengkap, skor 1. 3 a. Jika peserta didik dapat menuliskan 4 nabi-nabi yang bergelar ulul  azmi, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan 3 nabi-nabi yang bergelar ulul  azmi, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan 2 nabi-nabi yang bergelar ulul  azmi, skor 1. d. Jika peserta didik dapat menuliskan 1 nabi-nabi yang bergelar ulul  azmi, skor 0,5.   108 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  4 a. Jika peserta didik dapat menuliskan hikmah iman kepada rasul sangat  lengkap, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan hikmah iman kepada rasul lengkap,  skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan hikmah iman kepada rasul tidak  lengkap, skor 1. 5 a. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang nabi Muhammad Saw.  sangat lengkap, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang nabi Muhammad Saw.  lengkap, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang nabi Muhammad Saw.  tidak lengkap, skor 1. Skor Maksimal  3). Tugas  Cara penilaiannya adalah: a) Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan benar dan  lengkap  serta dikumpulkan tepat waktu, skor 10. b) Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan benar dan  dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 9. c) Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan benar dan  tidak lengkap serta dikumpulkan  tidak tepat waktu, skor 8. Perhitungan  Perolehan Nilai Pengetahuan Nilai akhir yang diperoleh peserta didik merupakan akumulasi  perolehan nilai pilihan ganda dan uraian serta tugas dibagi 3  Contoh: Pilihan ganda = 8 Uraian = 8 Penugasan = 10  Nilai akhirnya =  Jumlah skor yang diperoleh (PG+Uraian+ Tugas) x 100 Skor maksimal (PG+Uraian + Tugas)    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 109  = 26 x 100 30 = 87 3. Penilaian keterampilan           a.   Tugas no. 1  Skor penilaian sebagai berikut:  1) Tugas produk :  Cara penilaiannya adalah: Nama Kelompok : …………………………………… Anggota : ………………………………….. Kelas : ………………………………….. Nama Produk : …………………………………..  No. ASPEK  SKOR (1-4) 4 3 2 1  1. Perencanaan a. Persiapan b. Rumusan Judul 2. Pelaksanaan a. Persiapan alat b. Teknik pencarian c. Kreativitas 3. Hasil produk a. Bentuk fisik b. Inovasi Jumlah skor yang diperoleh Nilai   Keterangan penilaian: 4 = sangat  baik 3 = baik 2 = cukup baik 1 = kurang 2) Tugas no. 3 Cara penilaiannya adalah :   110 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  Nama Kelompok : …………………………….. Anggota : ……………………………. Kelas : ……………………………. Nama Proyek :  No. Aspek Skor (1-4) 4 3 2 1 1. Perencanaan a. Persiapan b. Rumusan Judul 2 Tahapan Proses Pembuatan a. Sistematika penulisan  b. Keakuratan sumber data c. Analisis data d. Penarikan kesimpulan 3 Tahap Akhir a. Performan b. Presentasi/Penguasaan Jumlah skor yang diperoleh Nilai  Keterangan penilaian: 4 = sangat  baik 3 = baik 2 = cukup baik 1 = kurang Petunjuk Penskoran:     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 111  Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor yang dicapai Skor maksimal × 100 = Skor akhir Perhitungan  Perolehan Nilai ketrampilan  Nilai akhir yang diperoleh peserta didik merupakan akumulasi perolehan  nilai   pada kolom a dan b  dibagi 2  Kunci Jawaban  A. Pilihan ganda  No. Kunci jawaban No. Kunci jawaban 1 d 6 a 2 a 7 c 3 c 8 d 4 d 9 b 5 d 10 d  B. Essay 1. Pengertian rasul adalah seorang laki-laki yang merdeka yang  diberikan waktu untuk dirinya sendiri dan umatnya sedangkan nabi  adalah seorang laki-laki yang merdeka yang diberi wahyu untuk  dirinya sendiri. 2. Para Rasul mempunyai sifat jaiz “Iraadhul Basyariyah” yaitu bersifat  dan berperilaku sebagaimana manusia biasa antara lain makan,  minum, haus, lapar, dan lain sebagainya. 3. Nuh as., Ibrahim as., Musa as., Isa as., dan Muhammad saw. 4. Hikmah yang dapat kalian laksanakan dalam kehidupan sehari-hari  adalah: – Kita selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt. – Kita selalu mengerjakan dan mengamalkan apa yang telah  dicontohkan oleh  para rasul. – Menjadikan para Rasul sebagai suritauladan dalam kehidupan  sehari-hari. – Kita selalu patuh dan taat dalam melaksanakan semua yang    112 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  diperintahkan oleh Allah Swt. dan menjauhi apa yang menjadi  larangan-Nya. 5. Nabi Muhammad saw. dilahirkan di dalam masyarakat jahiliyah yang  menyembah berhala, suka berjudi, mabuk-mabukan, menindas  dan merendahkan kaum wanita. Nabi Muhammad saw. dikenal  sebagai seorang pemuda yang memiliki sifat yang lemah lembut,  suka menolong dan selalu berkata jujur sehingga diberi gelar “Al  Amin”yang artinya yang terpercaya. Nabi Muhammad Saw. mengubah  kepercayaan bangsa arab Quraisy dan adat istiadatnya dengan agama  Islam. Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul yang terakhir yang  membawa ajaran agama Islam yang diperuntuhkan bagi seluruh  umat manusia di dunia.  C. Tugas (kebijakan guru)   F. Pengayaan  Peserta didik yang sudah menguasai materi, selanjutnya mengerjakan  materi tambahan berupa pendalaman dan perluasan materi tentang iman  kepada Nabi Muhammad saw. Peserta didik mengerjakan soal yang terkait  dengan tentang iman kepada nabi Muhammad saw. (Guru mencatat dan  memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam  pengayaan).  Materi pengayaannya: Iman kepada Nabi Muhammad Saw. — Nabi Muhammad sebagai Rasul akhir Zaman Faktor-faktor datangnya Rasul akhir zaman adalah: 1. Ajaran rasul terdahulu masih bersifat lokal sehingga diperlukan  perbaikan dan penyempurnaan yang bersifat universal (umum) serta  abadi sepanjang masa. 2. Ajaran rasul terdahulu banyak yang hilang baik faktor sengaja atau  tidak sengaja maka diperlukan pengungkapan kembali ajaran yang  sebenarnya. 3. Rasul terdahulu hanya berlaku untuk suatu bangsa atau daerah tertentu  maka diperlukan seorang rasul yang  ajarannya bersifat universal untuk  seluruh umat manusia.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 113  Keistimewaan yang dimiliki Nabi Muhammad  saw. adalah: 1. Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul terakhir, sehingga tidak  akan ada lagi nabi dan rasul sesudah Nabi Muhammad saw. 2. Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul untuk seluruh umat yang  ada di dunia sampai akhir zaman. 3. Nabi Muhammad saw. adalah semulia-muliannya Nabi dan Rasul.  — Nabi Muhammad saw. sebagai pembawa ajaran agama Islam 1. Nabi Muhammad saw. diutus untuk melepaskan umat manusia dari  kebinasaan kehancuran serta kebodohan. 2. Nabi Muhammad diutus untuk semua umat manusia yang ada  diseluruh penjuru dunia sampai hari kiamat. 3. Nabi Muhammad ditugaskan di dunia ini dengan dibekali wahyu yang  terhimpun dalam al-Qurān bukan berdasarkan hawa nafsu. 4. Dalam menyampaikan ajarannya tidak dibenarkan dengan cara  paksaan tetapi dengan cara menyampaikan wahyu kepada umatnya. 5. Ajaran yang dibawa Nabi Muhammad saw. bukan memberatkan  umatnya tetapi memberikan kebahagiaan. 6. Ajaran Islam adalah wahyu Allah Swt. yang paling sempurna dan  sebagai agama yang diridai-Nya sebagaimana tercantum dalam surah  al-Maidah/5:3.  G. Remedial  Peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali  materi tentang “Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran Para rasul Allah Swt.”  dan melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal yang sejenis.  Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan,  contohnya:  boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau di  luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah. H. Interaksi Guru dan Orang Tua  Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Catatan untuk  Orang Tua Peserta Didik” seperti yang tercantum dalam buku teks kepada  orang tuanya. Selanjutnya, orang tua diminta memberikan komentar dan  paraf. Dapat pula dengan  menggunakan buku penghubung kepada orang  tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan  pembelajaran. Guru dapat pula berkomunikasi baik langsung atau lewat  telepon meminta kepada orang tua untuk membimbing dan memantau  kegiatan peserta didik di rumah.   114 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  Bab IX  Hormat dan Patuh  Kepada Orang  Tua dan Guru   A. Kompetensi Inti  KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan soaial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaannya. KI-3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata. KI-4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama  dalam sudut pandang/teori. B. Kompetensi Dasar  1.7 :Menghayati ajaran berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua  dan guru adalah perintah agama. 2.7 Menghayati perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang  tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari. 3.7 Memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua  dan guru. 4.7 Menyajikan cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua  dan guru.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 115  c. Tujuan Pembelajaran  Peserta didik mampu: 1. Menjelaskan cara berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang tua  dengan benar. 2. Menunjukkan dalil berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang tua  dengan benar. 3. Menunjukkan contoh perilaku berbuat baik, hormat dan patuh  kepada orang tua dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 4. Berperilaku berbuat baik, hormat dan patuh kepada orang tua dalam  kehiduan sehari-hari dengan benar. 5. Menjelaskan cara berbuat baik, hormat dan patuh kepada guru  dengan benar. 6. Menunjukkan dalil berbuat baik, hormat dan patuh kepada guru  dengan benar. 7. Menunjukkan contoh perilaku berbuat baik, hormat dan patuh  kepada guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.  tBerperilaku berbuat baik, hormat dan patuh kepada guru dalam  kehiduan sehari-hari dengan benar. D. Proses Pembelajaran  1. Persiapan a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan  manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah  dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis  ICT atau media lainnya). b. Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan berdoa  bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian  berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan  pembelajaran. c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi  sesuai dengan pokok bahasan. d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.  2. Proses pembelajarannya sebagai berikut: a. Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran  yang tepat diterapkan adalah model cooperative learning mencakup  suatu kelompok kecil peserta didik yang bekerja sebagai sebuah tim    116 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  untuk menyelesaikan sebuah masalah, menyelesaikan suatu tugas,  atau untuk mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama  lainnya. Model cooperative learning menekankan pada kehadiran  teman sebaya yang berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah  tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau  tugas).  b. Proses pembelajarannya sebagai berikut: dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 1) Guru meminta peserta didik untuk mengkaji di kolom “  Renungkanlah”. 2) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil  kajiannya. 3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap hasil kajian peserta didik. 4) Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar  yang ada pada kolom “ Dialog Islami”. 5) Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan hasil  pencermatan pada gambar tersebut. 6) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik. 7) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom  “Aktivitas 1“ mencermati dan mengamati gambar-gambar  tersebut kemudian diskusikan dan tulislah komentar atau  pertanyaan yang terkait dengan gambar tersebut. 8) Peserta didik menyampaikan atau memaparkan hasilnya  kepada kelompok lain. 9) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan  tersebut. 10) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan  tugas untuk berdiskusi tentang hormat dan patuh kepada  kedua orang tua. 11) Secara bergantian masing-masing kelompok  mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya  memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.  12) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom  “Aktivitas 2”  membaca dan mencermati materi   ‘Hormat dan  patuh kepada guru, dilanjutkan memaparkan hasilnya. 13) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 117  14) Masing-masing kelompok mengkaji dan mendiskusikan  hormat dan patuh kepada  guru.  15) Secara bergantian masing-masing kelompok  mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya  memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.  16) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang  dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. 17) Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan  terhadap pernyataan-pernyataan yang ada pada kolom”  Refleksi Akhlak Mulia”. 18) Guru membimbing peserta didik untuk melaksanakan  kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas 3”,  19) Peserta didik mengemukakan pendapatnya secara langsung  atau dengan sosiodrama tentang hikmah dari kisah tersebut. 20) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan  terhadap kisah tersebut. 21) Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran  tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada  kolom “Rangkuman”. 22) Pada kolom “Ayo Berlatih”,  a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan   ganda dan uraian.  b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang   ada pada poin c. 23) Peserta didik mempelajari materi hormat dan patuh kepada  orang tua dan guru dengan bimbingan dan arahan  orang tua  pada saat di rumah.           24) Pada setiap akhir pembelajaran guru memberikan nasihat  kepada peserta didik agar mengambil hikmah dari materi  yang dipelajari dan mempraktikkannya dalam kehidupan  sehari-hari.                     118 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  E. Penilaian  Guru melakukan penilaian  terhadap peserta didik: 1. Penilaian Sikap Cara penilaiannya sebagai berikut:  No  Nama Peserta  Didik  Peryataan   Keterangan  1 2 3 4 5  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  & &  & ‘  1 2 3 4 5 dst.  Keterangan: && = Sangat baik  & = Baik  ‘ = Cukup b. Observasi Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh  guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran),  guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam  pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal (yang selanjutnya disebut jurnal). Nama Sekolah : …………………………………………. Kelas/Semester : ………………………………………… Tahun Pelajaran : …………………………………………. No. Waktu Nama  Siswa  Catatan  Perilaku  Butir Sikap Keterangan Spiritual /Sosial  1 2 3 4 Dsb.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 119  c. Penilaian diri Petunjuk: Berilah tanda centang(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai  dengan keadaan yang sebenarnya. Nama : Kelas : Semester : No. Pernyataan Ya Tidak 1 Saya selalu berbuat baik kepada kedua orang tua 2 Saya selalu menghormati dan mematuhi nasehat guru 3 Saya selalu mencium tangan ketika berjumpa dengan  guru 4 Saya selalu tidak mengucapkan kata “ah” kepada orang  tua 5 Saya selalu membantu orang tua setelah pulang  sekolah  Hasil penilaian diri perlu ditindaklanjuti oleh guru dengan melakukan  fasilitasi terhadap siswa yang belum menunjukkan sikap yang diharapkan. d. Penilaian Antarteman Petunjuk: Berilah tanda centang(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai  dengan keadaan yang sebenarnya. Nama teman yang dinilai :  Nama Penila : Kelas : Semester :  No. Pernyataan Ya Tidak 1 Teman saya selalu berbuat baik kepada kedua orang  tua 2 Teman saya menghormati dan mematuhi nasehat guru 3 Teman saya mencium tangan ketika berjumpa dengan  guru 4 Teman saya tidak mengucapkan kata “ah” kepada  orang tua 5 Teman saya membantu orang tua setelah pulang  sekolah   120 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs  Hasil penilaian antarteman perlu ditindaklanjuti oleh guru dengan  memberikan bantuan fasilitasi terhadap siswa yang belum menunjukkan  sikap yang diharapkan.  2. Penilaian Pengetahuan Kolom “Ayo Berlatih” a. Kolom Pilihan ganda dan uraian. Skor  penilaian sebagai berikut: 1) PG : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10) 2) Uraian : jumlah jawaban benar x 2 (maksimal 5 x 2 = 10) Cara penilaian: No.  Soal Cara penilaian 1 a. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap  pengertian amal saleh, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap pengertian  amal saleh, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak lengkap  pengertian mal saleh, skor 1. 2 a. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan 3 syarat diterimanya  amal saleh, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan 2 syarat diterimanya amal saleh,  skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat  menuliskan 1 syarat diterimanya amal saleh,  skor 1. 3 a. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap contoh  amal saleh yang pernah dilakukan di sekolah, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan  dengan lengkap contoh amal  saleh yang pernah dilakukan di sekolah , skor 1,5. c. Jika peserta didik menuliskan dengan tidak lengkap  contoh amal saleh  yang pernah dilakukan di sekolah, skor 1. 4 a. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap manfaat  bersifat husnuzan kepada Allah Swt., skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap manfaat bersifat  husnuzan kepada Allah Swt, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak lengkap manfaat  bersifat husnuzan kepada Allah Swt, skor 1.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 121  5 a. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap jika  melihat teman yan bersu’udzun, skor 2. b. Jika peserta didik dapat menuliskan jika melihat teman yan  bersu’udzun dengan lengkap, skor 1,5. c. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak  lengkap jika  melihat teman yan bersu’udzun, skor 1. Skor Maksimal  Cara penilaiannya adalah: a) Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan benar dan  lengkap  serta dikumpulkan tepat waktu, skor 10. b) Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan benar dan  dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 9. c) Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan benar dan  tidak lengkap serta dikumpulkan  tidak tepat waktu, skor 8. 3)  Perolehan Nilai Pengetahuan Nilai akhir yang diperoleh peserta didik merupakan akumulasi  perolehan nilai   pilihan ganda dan uraian  serta tugas  dibagi 3  Contoh: Pilihan ganda = 8 Uraian = 8 Penugasan = 10  Nilai akhirnya =  Jumlah skor yang diperoleh (PG+Uraian+ Tugas) x 100 Skor maksimal (PG+Uraian + Tugas) = 26 x 100 30 = 87 3. Penilaian keterampilan           a.   Tugas no. 1   122 Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs   Skor penilaian sebagai berikut:  1) Tugas produk :  Cara penilaiannya adalah: Nama Kelompok : …………………………………… Anggota : ………………………………….. Kelas : ………………………………….. Nama Produk : …………………………………..  No. ASPEK  SKOR (1-4) 4 3 2 1  1. Perencanaan a. Persiapan b. Rumusan Judul 2. Pelaksanaan a. Persiapan alat b. Teknik pencarian c. Kreativitas 3. Hasil produk a. Bentuk fisik b. Inovasi Jumlah skor yang diperoleh Nilai   Keterangan penilaian: 4 = sangat  baik 3 = baik 2 = cukup baik 1 = kurang 2) Tugas no. 3 Cara penilaiannya adalah : Nama Kelompok : …………………………….. Anggota : ……………………………. Kelas : ……………………………. Nama Proyek :

Sumber: buku pai kelas 8

You May Also Like