KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 94 Essay

Rate this post

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfokus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 94 Essay

kami menyadari bahwasanya kunci jawaban yang tepat memang lalu sangatlah dibutuhkan hal ini mengingat bahwasanya penting sekali untuk mendapatkan nilai yang besar dari tugas yang diberikan oleh guru karena nilai tersebut sangatlah bergantung pada kenaikan kelas peserta didik sekalian.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

oleh karena itu kunci jawaban yang tepat ada benar sangatlah dibutuhkan karena kunci jawaban menentukan nilai yang diperoleh, sekarang ini banyak sekali di google kunci jawaban yang membahas mengenai tugas-tugas namun tak hanya hanya sedikit sekali kunci jawaban yang tepat dan benar.

Daftar Isi

peserta didik kami ingin mengajak tidak perlu khawatir dengan kunci jawaban yang kami buat kami yakin jika di jawaban yang kami buat ini sangatlah tepat dan benar dikarenakan kami telah berusaha menjawab semaksimal mungkin yang kami bisa yang dimana sebelumnya kami juga telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu barulah kami kemudian berusaha menjawab semaksimal yang kami bisa sehingga kami yakin jika kunci jawaban yang kami buat ini sangatlah tepat dan benar.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5

walaupun demikian kami telah membuat kincir pembahasan ini bukan berarti peserta ya ndak peserta didik hanya mencatat apa yang telah kami bahas kali ini namun kami juga mengajar peserta didik untuk selalu teliti mungkin dalam hal ini peserta didik kami ajak untuk terlebih dahulu mengecek kembali kunci jawaban yang telah kami bahas mungkin sekiranya ada dari peserta didik yang berasa kunci jawaban yang kami buat sekiranya kurang tepat.

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

Kunci jawaban PAI kelas 8 bab 5

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini ! 
1. Jelaskan perbedaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi! 
Kunci jawaban:
Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan ketika seseorang memperoleh kenikmatan dari Allah Swt. atau telah terhindar dari bahaya. 
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena ada perkara yang kita lupakan atau terlewatkan dalam melaksanakan śalat. 
Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca ayat-ayat sajdah dalam al-Qurān ketika śalat maupun di luar śalat, baik pada saat membaca/menghafal sendiri atau pada saat mendengarkannya. 

2. Mengapa kita harus melakukan sujud syukur? 
Kunci jawaban:
Sebab-sebab melaksanakan sujud syukur adalah mendapatkan nikmat dari Allah Swt. apabila kita mendapatkan nikmat, atau baru saja kita mendapatkan kabar yang menggembirakan, dan terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar), maka seketika itu juga kita melakukan sujud syukur tanpa menunda-nundanya lagi. 

3. Sebutkan tata cara melaksanakan sujud tilawah! 
Kunci jawaban:
Tata cara  melaksanakan sujud tilawah ada dua cara yaitu: 
    1) Sujud tilawah yang dilakukan di luar śalat. Adapun cara yang melakukan sujud tilawah di luar       ¡alat adalah sebagai berikut: 
         a) Berdiri menghadap kiblat 
         b) Berniat melakukan sujud tilawah 
         c) Takbiratul ihram 
         d) Sujud satu kali 
         e) Pada saat sujud membaca do’a sujud tilawah 
         f) Duduk sejenak 
         g) Salam 
    2) Sujud tilawah yang dilakukan di dalam śalat. 
Adapun cara melakukan sujud tilawah di dalam śalat sebagai berikut: 
Pada saat kita sedang berdiri dalam śalat membaca ayat sajdah atau imam membaca ayat sajdah di dalam śalat kita langsung melakukan sujud satu kali dengan membaca do’a sujud tilawah. Setelah selesai melakukan sujud tilawah tersebut kita langsung berdiri lagi dan melanjutkan śalat  kembali.

4 . Jelaskan hikmah sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari? 
Kunci jawaban:
Hikmah sujud sahwi Manusia tidak boleh berperilaku sombong dan angkuh, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Yang tidak pernah lupa hanyalah Allah Sw. Orang yang berbuat  salah, khilaf dan lupa harus segera memohon ampun kepada Allah Swt. dengan membaca istighfar. Demikian halnya ketika kita bersalah dengan orang tua, guru maupun teman harus segera meminta maaf kepada mereka. 

5. Sebutkan 15 ayat sajdah!
Kunci jawaban:
 Adapun ayat-ayat sajdah yang ada di dalam  al-Qurān berjumlah 15 yaitu: 
1) Q.S. al-A’raf/7:206 
2) Q.S. ar-Ra’du/13:15 
3) Q.S. an-Nahl/16:49 
4) Q.S. al-Isra’/17:109 
5) Q.S. al-hajj/22:18 
6) Q.S. Maryam/19:58 
7) Q.S. al-hajj/22:77 
8) Q.S. al-Furqan/25:60 
9) Q.S. an-Naml/ 27:25 
10) Q.S. al-Sajdah/32:15 
11) Q.S. Sad/38:24 
12) Q.S. Fuśśilat/4:38 
13) Q.S. an-Najm/53:62 
14) Q.S. al-Insyiqaq/84:21 
15) Q.S. al-Alaq/96:19

Rangkuman pai kelas 8 bab 5

(H.R. Abu Dawud dan Tirmizi). Đ͘ SebabͲƐebab MeůaŬuŬan Suũud SLJuŬur Sebab-sebab melaksanakan sujud syukur adalah : 1) Mendapatkan nikmat dari Allah Swt. Apabila kita mendapatkan nikmat atau baru saja kita mendapatkan kabar  yang menggembirakan, seketika itu juga ia melakukan sujud syukur tanpa  menunda-nundanya lagi. perhatikan kisah pak Hamdi dan Miftah berikut ini ͗   84 Kelas VIII SMP/MTs

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 94 Essay

 Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 3.6 : Seorang jemaah haji melakukan sujud  syukur di bandara     Pak Hamdi baru selesai menunaikan ibadah Haji. Dia tiba kembali di tanah air.  Sesaat setelah mendarat di bandara, Pak Hamdi melakukan sujud. Miftah yang ikut  menjemput, saat itu melihat ayahnya melakukan sujud, dia kemudian bertanya, “Ayah,  tadi melakukan sujud apa?”  Pak Hamdi menjawab, “Itu namanya sujud syukur. Ayah bersyukur telah diberi  kekuatan dan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji. Ayah juga bersyukur dapat  tiba kembali di tanah air kita tercinta ini. Dan ayah bersyukur dapat bertemu kalian  dalam keadaan sehat.  “Wah, kalau begitu aku juga akan melakukan sujud syukur, Ayah.” Seru Hamdi.  Ayahnya balik bertanya, “Adakah kabar gembira yang akan kamu sampaikan?”  “Ya, Ayah. Alhamdulillah aku mendapat nilai bagus.”  Pak Hamdi menjawab, “Alhamdulillah, sungguh besar nikmat Allah yang telah  diberikan kepada keluarga kita.”   2) Terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar) Apabila kita terhindar dari bahaya atau bencana yang ketika itu terjadi,  maka segeralah untuk melakukan sujud syukur tanpa menunda-nundanya  lagi. Misalnya, ketika terjadi gempa bumi, seisi rumah ternyata dapat  menyelamatkan diri semua. Maka saat itu disunnahkan untuk melakukan  sujud syukur. d͘ data ara MeůaŬuŬan Suũud SLJuŬur Tata cara sujud syukur cukup mudah untuk dipraktikkan dan  dilaksanakan. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut : 1) Menghadap kiblat 2) Niat untuk sujud syukur 3Ϳ Sujud seperti sujud dalam śalat dengan membaca do’a sebagai berikut:      Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 85  Artinya : “Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain  Allah, Allah Mahabesar, dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas  ijin Allah zang Mahatinggi dan Mahaagung.” 4) Duduk kembali 5) Salam    ŬtiǀitaƐ μ ͗ a. Bacalah ketentuan dan tata cara sujud syukur. b. Secara berkelompok, lakukan latihan sampai dapat mempraktikkannya  dengan sempurna. c. :ika sudah bisa, maka biasakan melakukan sujud syukur pada saat yang tepat.  e. Hikmah Sujud Syukur  Hikmah melakukan sujud syukur, sebagai berikut : 1Ϳ Orang yang mendapatkan nikmat dan kelebihan kalau tidak berhati- hati dapat lupa diri sehingga menjadi angkuh atau sombong. Orang  yang melakukan sujud syukur akan terhindar dari sifat sombong atau  angkuh tersebut. 2Ϳ Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima  dari Allah Swt. 3) Merasa dekat dengan Allah sehingga memperoleh bimbingan dan  hidayah-Nya.  4) Memperoleh tambahan nikmat dari Allah Swt. dan selamat dari siksa- Nya.  μ͘ Suũud Sahwi  a. Pengertian Sujud Sahwi Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena lupa atau ragu-

Sumber: buku pai kelas 8 
close

You May Also Like