KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 54 tugas

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

kami mengetahui bahwasanya kunci jawaban yang benar sangat dianjurkan karena kunci jawaban sangatlah menentukan nilai yang    diperoleh nantinya, untuk itu kunci jawaban bukanlah hanya sekedar sebuah tulisan yang menjelaskan arti dari sebuah jawaban.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

ando itu kami dalam membuat kunci jawaban ini bukanlah sembarangan melainkan kami telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu barulah kemudian kamu berusaha semaksimal mungkin yang kami bisa untuk bisa menjawab kunci jawaban yang paling benar dan tepat tahannya itu kami juga mencari sumber-sumber lain seperti sumber buku-buku ataupun situs-situs yang terpercay.

Daftar Isi

 di mana hari ini sangatlah membentuk kami dalam membandingkan kunci jawaban yang telah kami buat dengan kunci jawaban dengan orang lain dengan hal ini kami dapat menyimpulkan bahwasannya kunci jawaban yang mana sih yang paling tepat dan benar.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 

 oleh karena itu gue mengajak para belajar untuk tidak ragu menggunakan kunci jawaban yang telah kami buat ini karena kami cukup yakin jika kunci jawaban yang kami buat ini sangatlah tepat dan benar dan dapat memberikan nilai yang memuaskan bagi peserta didik ataupun untuk pelajar yang lain yang menggunakan kunci jawaban yang kami buat ini karena kami telah membaca dan memahami soalnya terlebih dahulu dan komik ya bahwasannya kunci jawaban yang kami buat inyi sangatlah kecil kemungkinan dapat memperoleh nilai yang dibawa rata-rata.

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

Kunci jawaban pai kelas 8 bab 3 Tugas

C. Tugas 

1. Buatlah laporan tentang kisah nyata orang-orang terdahulu maupun sekarang yang memiliki sifat jujur dan adil ! 
Kunci jawaban:
Zaman dahulu :
Kejujuran Nabi Muhammad SAW
Diceritakan dalam Sirah Nabawiyah, dalam berdagang nabi Muhammad dikenal sangat jujur, tidak pernah menipu pembeli maupun majikannya.

Zaman Sekarang :
Kejujuran Petugas KRL yang menemukan uang 500 juta Rupiah
Mujenih berusia 30 tahun menemukan uang sebanyak Rp500 juta di salah satu gerbong kereta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, uang tersebut kemudian telah dikembalikan kepada pemilik oleh pihak KAI.

Pembahasan :

Jujur
Jujur adalah suatu sikap terpuji dimana terdapat kesesuaian antara hati, ucapan, dan perbuatan sebenarnya.
“Hendaklah kalian berlaku jujur, karena kejujuran itu menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan menunjukkan jalan menuju surga.” (HR Bukhari).
Kisah Nyata Mengenai Kejujuran Pada Zamannya
Zaman dahulu :
Kejujuran Nabi Muhammad SAW
Julukan al-Amin diberikan kepada Nabi Muhammad SAW karena Ia orang yang amanah, jujur dan dapat dipercaya. Nabi Muhammad pada usia 12 tahun kerap mengikuti pamannya Abdul Muthalib untuk berdagang. Ia pernah ikut berdagang ke negeri Syam (Suriah).

Suatu ketika nabi Muhammad SAW berselisih paham dengan salah seorang pembeli. Saat itu Muhammad bersitegang dengan salah satu pembelinya terkait kondisi barang yang dipilih oleh pembeli tersebut. Calon pembeli berkata kepada Muhammad, “Bersumpahlah demi Lata dan Uzza!” Muhammad menjawab, “Aku tidak pernah bersumpah atas nama Lata dan Uzza sebelumnya.”

Kejujuran Muhammad paad saat itu cukup sebagai prinsip kuat yang dipegang mandiri tanpa melibatkan Tuhan.
Zaman Sekarang :
Kejujuran Petugas KRL yang menemukan uang Rp500 juta
Seorang petugas kebersihan KRL bernama Mujenih berusia 30 tahun menemukan uang sebanyak Rp500 juta di salah satu gerbong kereta di Stasiun Bogor, Jawa Barat . Uang dalam bentuk pecahan Rp100 ribu tersebut ditemukan dalam kantong plastik berwarna hitam. Kantong plastik tersebut berada di bawah kursi prioritas.

Mujenih kemudian memeriksa isinya dan menemukan tumpukan uang. Mujenih kemudian langsung menyerahkan uangnya kepada Passenger Service (PS). Uang tersebut kemudian telah dikembalikan kepada pemilik oleh pihak KAI.

2. Misalnya ada salah seorang teman kamu kehilangan uang. Rencananya uang pemberian orang tuanya itu akan digunakan untuk membeli buku pelajaran. Ia takut untuk bercerita kepada orang tuanya, sebab ia akan kena marah. Padahal buku pelajaran tersebut sangat ia butuhkan. Sebagai teman, apa yang akan kalian lakukan untuk membantu temanmu tersebut? 
Kunci jawaban:
Sebenarnya sesuai diri kita masing masing.
Mungkin ada yang akan=
1. Meminjamkan uangnya
2. Hanya memberitahu untuk sabar / beritahu ke orang tuanya
3. Meminjamkan buku pelajaran yg penting itu jika kita sedang tidak memakainya.
Kalau menurut saya seperti itu

3. Sifat jujur dan adil sangat berguna bagi kehidupan seseorang. Carilah contoh-contoh yang membuktikan bahwa sifat jujur dan adil bermanfaat dalam kehidupan kita.
Kunci jawaban:
Berikut adalah bukti-bukti yang dimaksud di atas:

  1. Sikap jujur dan amanah yang dimiliki oleh para PEJABAT akan sangat bermanfaat sebab menjauhkan mereka dari penggunaan kuasaan atas kepentingan pribadi, korupsi, nepotismen kolusi, suap dan semacamnya.
  2. Sifat adil yang dimiliki PRESIDEN Indonesia menjadikan pembangunan di negara kita seimbang, tidak hanya fokus pada masyarakat Indonesia di Jawa melainkan masyarakat Indonesia di wilayah timur yang sebelumnya terabaikan.
  3. Sifat jujur yang dimiliki oleh seorang SISWA yang terpelihara sampai ia dewasa tentu akan menjadikan dia pribadi yang amanah dan disenangi di lingkungan manapun ia berkecimpung kelak.
  4. HAKIM dan JAKSA yang jujur dan adil akan sangat bermanfaat dalam menegakkan hukum bagi semua masyarakat, tidak tebang pilih dan tidak memihak selain pada kebenaran.
  5. POLISI yang jujur dan adil akan menjadi pengayom terbaik bagi masyarakat.
  6. PENJUAL yang jujur akan disenangi oleh pembeli, seperti kisah nabi Muhammad SAW.

Rangkuman pai kelas 8 bab 3

seseorang sudah terbiasa jujur dan adil,  maka kedua perilaku mulia ini akan melekat dalam dirinya. Lalu, kapan seseorang  bisa mulai berlatih jujur dan adil? Jawabannya adalah mulai dari sekarang. Jangan  menunda, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang untuk berperilaku jujur  dan adil.  Perilaku jujur dan adil  ini harus dilatih dan dibiasakan sejak usia dini. Sebab  pada usia dini, seorang anak akan sangat mudah dididik dan dilatih. 

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 54 tugas

Orang tua  berperan penting dalam mendidik anak-anaknya untuk jujur dan adil. Orang  tua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya dalam menerapkan kejujuran dan  menegakkan keadilan.  Kejujuran dan keadilan seorang guru juga akan dicontoh  oleh murid-muridnya. Demikian pula dengan kalian, kejujuran dan keadilan yang  kalian lakukan akan dilihat dan dicontoh oleh adik-adik kalian. a. Menerapkan Perilaku Jujur Perilaku jujur dapat kita terapkan di rumah, sekolah, maupun  masyarakat. Untuk memahami cara menerapkan perilaku jujur perhatikan  contoh perilaku jujur berikut ini: 1) Di rumah, kita melaksanakan tugas yang diberikan orang tua dengan  sebaiknya-baiknya. Misalnya, ibu minta tolong dibelikan minyak  goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Sebagai anak jujur, semua uang  sisa kembalian diberikan kepada ibu. Hal ini berarti memegang dan  menjalankan amanah dengan baik. Memberitakan sesuatu hal baik ke  orang tua ataupun ke dalam lingkungan masyarakat. 2) Di sekolah, mengerjakan tugas yang diberikan bapak-ibu guru dengan  penuh tanggung jawab. Tidak menyontek saat ulangan, melaksanakan  piket sesuai jadwal, mentaati tata tertib sekolah, bertutur kata yang  benar kepada bapak-ibu guru, karyawan, dan teman. Jika bersalah  harus mengakui kesalahannya 3) Di masyarakat, kita dapat berperilaku jujur dalam rangka membangun  masyarakat yang tenang, harmonis dan saling menghormati.  Seseorang yang jujur tidak akan mengarang cerita atau gosip sehingga  akan menimbulkan gaduh dan suasana lingkungan menjadi tidak  kondusif, antara ucapan dan perbuatan. Seseorang yang jujur harus  sama. Dengan berperilaku jujur, maka orang lain akan merasa aman  dan tenteram.   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 49  b. Menerapkan Perilaku Adil Perilaku adil juga dapat kita terapkan di rumah, sekolah, maupun  masyarakat. Untuk memahami cara menerapkan perilaku adil perhatikan  contoh  perilaku adil berikut ini: 1) Di rumah, misalnya setiap awal bulan ayah memberikan uang saku  kepada ketiga anaknya, termasuk kalian sebagai anak pertama. Ayah  menitipkan uang saku untuk kedua adikmu. Masing-masing mendapat  Rp.100.000 dan Rp.50.000, sedangkan kamu mendapat Rp.200.000.  Ayah memberikan uang saku secara adil berdasarkan tingkat  kebutuhan anak-anaknya. Sebagai kakek, kalian harus adil kepada  adik-adik kalian, yaitu memberikan hak uang saku kepada mereka  sesuai perintah ayah.  2) Di sekolah, menghormati dan menghargai tugas ketua dan semua  pengurus kelas. Kalian harus memperlakukan mereka dengan adil  sesuai posisinya masing-masing di kepengurusan kelas. Bukan justru  sebaliknya, meremehkan dan merendahkan mereka sebagai “pesuruh”  kelas. 3) Di masyarakat, berlaku adil kepada tetangga dan warga dalam satu RT,  RW ataupun kelurahan. Memperlakukan tetangga dengan baik, tidak  merusak nama baiknya dengan menyebarkan cerita-cerita negatif.  Tidak mengganggu tetangga dengan suara musik yang terlalu keras  dari dalam rumah kita. Mengapa demikian? Sebab tetangga juga  punya hak untuk dihormati dan diperlakukan dengan baik. Dengan  memberikan hak kepada tetangga berarti kita telah berperilaku adil  kepada tetangga. D ReŇeŬƐi  ŬhůaŬ Muůia     Kalian sekarang menjadi mengerti tentang kejujuran dan menegakkan  keadilan. Jujur dan adil merupakan akhlak mulia yang sangat dianjurkan oleh  Allah Swt. Keduanya akan membawa pelakunya meraih kebahagiaan dunia dan  akhirat. Terkait dengan hal ini, lakukan intropeksi terhadap diri kalian masing- masing. Tanggapilah pernyataan-pernyataan berikut, sesuai dengan apa yang  kamu rasakan dengan cara memberi tanda silang pada gambar yang sesuai.  – (setuju), . (biasa saja), / ;tidak setujuͿ͗ 1. Ketikat saya menemukan sejumlah uang di depan kelas, kemudian saya  mengumumkannya agar bisa diketahui oleh teman-teman. –  .  /   50 Kelas VIII

Sumber: buku pai kelas 8 bab 3

You May Also Like

x