KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21 pilihan ganda

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

 hal ini dikarenakan dalam proses pembuatan artikel ini kakak telah menyinari set kunci jawaban yang tepat dan benar hal yang kakak lakukan adalah pertama kakak membaca dan memahami apa sih maksud dari soal tersebut kemudian kakak mencoba memahami materi dari bab tersebut barulah kemudian kagak mencoba menjawab semaksimal yang kagak bisa tinggal kakak memasak yakin jika kunci jawabannya kakak buat ini dapat memberikan nilai memuaskan bagi peserta didik sekalian.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Berikut ini merupakan daftar isi yang kakak buat agar adik adik dapat langsung ke pembahasan mengenai kunci jawaban

disini kakak telah membuat sebuah pembahasan mengenai kunci jawaban ini dan kakak rasa sangat yakin jika kunci jawaban yang kekal buat ini sangatlah memberikan nilai yang begitu besar bagi peserta didik sekalian, karena kakak merasa yakin jika punya jawaban yang kakak buat ini dapat memberikan nilai yang begitu besar dapat membuat peserta didik dapat menyaksikan tugas dengan tepat waktu.

Kunci jawaban PAI Kelas 8 bab 1 Halaman 19 20 pilihan ganda

tak hanya itu terkadang kakak juga mencari kunci jawaban dari sumber-sumber lain seperti buku-buku ataupun situs-situs terpercaya hari ini kakak lakukan supaya kakak dapat membandingkan kunci jawaban yang lengkap buat dengan jawaban orang lain sehingga kakak dapat menyimpulkan kunci jawaban yang mana yang paling tepat dan benar sehingga nteu peserta didik sekalian tidak cross tidak perlu ragu dengan kunci jawaban yang kakak buat ini karena kakak dalam pembuatan artikel ini sangat  teliti.

Kunci jawaban pai kelas 8

Hallo temen temen pada kali ini kami akan memberikan sebauh pembahasan mengenai kunci jawaban dari pelajaran pendidikan agama islam , yang mana pembahasan ini kami buat agar temen temen dapat menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru dengan tepat waktu dan kami harap dengan adanya pembahasan yang kami buat ini temen temen dapat memperoleh nilai yang memuaskan

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

Kami yakin jika temen temen menggunakan pembahasana yang kami buat ini kami yakin temen temen akan dapat memperoleh nilai yang besar hal ini dikarenakan kami dalam membuat pembahasan ini, kami sebelumnya telah membaca dan memahami apa yang di ingikan soal sehingga kami berusa menjawab semaksimal yang kami bisa

walaupun demikian kakak juga mengajak kepada siswa-siswi sekalian untuk selalu teliti dalam hal ini dalam menulis kunci jawaban yang kakak buat ini kakak berharap peserta didik memperhatikan setiap soal dan jawaban yang kakak buat karena boleh jadi ke kau juga mungkin pernah kelly keliru dalam menjawab soal-soal yang ada pada pembahasan ini untuk itu kakak berharap peserta diri sekalian dalam menulis artikel yang tersebut ini yaitu kunci jawaban ini kakak berharap peserta didik sekalian teliti dalam menulisnya dan mengoreksi kembali jawaban yang kakak buat ini.

supaya peserta didik sekalian dapat memperoleh nilai yang sempurna di mana nilai yang sempurna dapat menghantarkan peserta didik naik kelas hal ini dikarenakan nilai yang diperoleh dari tugas merupakan bagian dari penilaian dalam rapot, dimana tugas nilai tugas yang diperoleh nantinya akan di akumulasi terlebih dahulu barulah barulah kemudian nilai tersebut akan dibagi sesuai dengan jumlah nilai c setelah itu barulah kemudian akan diambil beberapa persen dari nilai tersebut.

Kunci jawaban  pai kelas 8 bab 1 Pilihan ganda 

1. Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam. Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus…
a. mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah Swt. 
b. percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.
c. percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada
d. menganggap bahwa al-Qur’ān saja yang perlu dipercayai
Kunci Jawaban: b. percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.

 2. Dalam al-Qur’ān disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan kepada 4 Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah….
a. Nuh a.s, Ibrahim a.s, Musa a.s, Muhammad Saw
b. Musa a.s, Ibrahim a.s, Isa a.s, Muhammad Saw
c. Nuh a.s, Dawud a.s, Isa a.s, Muhammad Saw
d. Musa a.s, Dawud a.s, Isa a.s, Muhammad Saw
Kunci Jawaban: d Musa a.s, Dawud a.s, Isa a.s, Muhammad Saw

3. Di antara  kitab Allah Swt yang paling awalterdahulu adalah kitab….
a. Taurat
b. Al-Qur’ān
c. Zabur
d. Injil 
Kunci Jawaban: a Taurat

4 . Semua kitab Allah Saw berisi ajaran yang benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua kitab Allah Swt adalah tentang….
a. tata cara berumah tangga 
b. perintah mengesakan Allah Swt.
c. larangan membunuh binatang
d. hukum-hukum mengenai tata negara
Kunci  Kunci Jawaban: b perintah mengesakan Allah Swt.

 5 . Kitab Zabur diturunkan pada abad ke- ….
 a. 16 SM
 b. 12 SM
 c. 10 SM
 d. 5 SM
Kunci Jawaban: c10 SM

 6 . Kitab Injil pada awalnya ditulis dengan bahasa….
 a. Ibrani
 b. Yunani
 c. ibti
 d. Suryani 
 Kunci Jawaban: d Suryani

7 .  Potongan Q.S. al-Isrā’: 55 tersebut menjelaskan    tentang….
 a. Allah Swt. menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s.
 b. Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.
 c. Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Isa a.s.
 d. Allah Swt. menurunkan kitab al-Qur’ān  kepada Nabi Muhammad saw.
 Kunci Jawaban: b Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.

8. Pengertian suhuf adalah….
 a. wahyu yang diterima para nabi dan dibukukan
 b. ucapan para nabi yang sudah tertulis dan dibukukan
 c. ketetapan para sahabat Nabi yang telah dibukukan
 d. lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak dibukukan
 Kunci Jawaban: d . lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak dibukukan

9. Di antara Nabi berikut ini yang menerima suhuf adalah nabi.
a. Harun a.s.
b. Ibrahim a.s.
c. Ismail a.s. 
d. Sulaiman a.s.
 Kunci Jawaban: b Ibrahim a.s.

10. Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt. pasti benar. Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab ….
a. manusia sebagai makhluk social
b. tidak ada makhluk yang sempurna 
c. manusia memiliki banyak kelemahan 
d. Al-Qur’ān merupakan peraturan yang benar
 Kunci Jawaban: c. manusia memiliki banyak kelemahan

Rangkuman PAI kelas 8 bab 1

kitab yang pernah  diturunkan oleh Allah Swt.   Ada ξ kitab yang diturunkan oleh Allah Swt ke dunia ini. Allah Swt juga  memberikan nama-nama untuk kitab-kitab-Nya tersebut. Secara berurutan  mulai dari yang pertama kali diturunkan hingga saat ini, keempat kitab yang  wajib kita yakini adalah : Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’ān. a. Kitab Taurat ;diturunkan pada abad ke-12 SMͿ 

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21 pilihan ganda

Kitab Taurat diwahyukan kepada Nabi Musa a.s pada abad ke-12 SM.  Nama Taurat berarti hukum atau syariat. Pada saat itu Eabi Musa a.s diutus  oleh Allah Swt untuk berdakwah kepada bangsa Bani Israil. Oleh karena itu,  tepat sekali kalau kita meyakini bahwa kitab Taurat diperuntukkan sebagai  pedoman dan petunjuk hidup bagi kaum Bani Israil saat itu. Adapun bahasa  yang digunakan dalam kitab Taurat adalah bahasa Ibrani. Sebagai muslim kita sangat meyakini akan keberadaan kitab Taurat  ini. Kita meyakini bahwa kitab Taurat benar-benar wahyu dari Allah Swt.  Keyakinan ini diperkuat oleh keterangan-keterangan yang ada di dalam al- Qur’ān. 

 Salah satunya adalah yang tertuang dalam Įrman Allah dalam Q.S.  al-Mu’minun/23 : 49 berikut ini :  Artinya : “Dan sungguh, telah Kami anugerahi kepada Musa a.s  Kitab (Taurat), agar mereka (Bani Israil) mendapat  petunjuk. “ (Q.S. al- Mu’minūn/23 : 49 )  Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.ο ͗ Kitab Suci.   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 7  Kitab Taurat yang diturunkan Allah Swt kepada Eabi Musa a.s untuk  bangsa Bani Israil ;kaum zahudiͿ agar mereka senantiasa berada dalam  jalan kebenaran. Perhatikan kisah mengenai Eabi Musa a.s. mendapatkan  wahyu dari Allah berikut ͗  Adapun pokok-pokok ajaran  yang ada dalam Kitab Taurat  yang diturunkan di Bukit Sinai  tersebut adalah sebagai berikut: 

 1. Perintah untuk mengesakan  Allah Swt. 2. Larangan menyembah patung/ berhala. 3. Larangan menyebut nama Allah  Swt dengan sia-sia. ξ. Perintah menyucikan hari  Sabtu. ο. Perintah menghormati kedua orang tua. 6. Larangan membunuh sesama manusia.  Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.6 : Bukit Sinai.  Eabi MuƐa a͘Ɛ͘ MendapatŬan tahLJu dari  ůůah Dengan izin dan pertolongan Allah Swt, Eabi Musa a.s dan kaumnya dari bangsa Bani  Israil selamat dari kejaran Fir’aun.

 Mereka dapat menyeberangi Laut Merah. Setelah itu  Nabi Musa a.s membawa para pengikutnya menuju Bukit Sinai.  Kaum Bani Israil meluapkan kegembiraan mereka karena dapat selamat dari kejaran  Fir’aun dan tentaranya. Saat itu, mereka benar-benar merasa merdeka dan bebas. Semula  mereka hidup terkekang karena menjadi budak bagi Fir͛aun di Kerajaan Mesir. Sekarang  situasinya menjadi berbalik 1ς0 derajat, mereka benar-benar bebas, merdeka, dan tidak  ada aturan yang perlu dipatuhi. Mereka meluapkan kegembiraan dengan berbagai cara.

 Ada  yang bersyukur kepada Allah Swt, namun ada yang melampiaskannya dengan hanya bersuka  ria.  Eabi Musa a.s merenung dan berĮkir. Beliau berkeinginan agar kehidupan bangsa Bani  Israil menjadi terarah dan memiliki aturan. Mereka tidak boleh hidup liar dan bebas semau- maunya. Nabi Musa a.s kemudian berdiam diri dan bermunajat di salah satu tempat yang  berada di bukit Sinai untuk memohon petunjuk dari Allah Swt. Eabi Musa a.s berzikir, ͞Maha  Besar Engkau ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, dan aku menjadi orang yang  pertama beriman kepada-Mu.” Saat Eabi Musa a.s terus berzikir dan kemudian merasa begitu dekat dengan Allah,  diberikanlah kepadanya petunjuk dan aturan berupa Kitab Taurat. Kitab itu berisi panduan  kehidupan untuk Nabi Musa a.s dan kaumnya agar hidupnya menjadi terarah. 

Sumber: disarikan dari wikipedia   8 Kelas VIII SMP/MTs  7. Larangan berbuat zina. 8. Larangan mencuri. 9. Larangan menjadi saksi palsu. 10. Larangan mengambil hak orang lain. b. Kitab Zabur ;diturunkan pada abad ke-10 SMͿ Kitab Zabur diturunkan Allah Swt kepada Eabi Daud a.s untuk bangsa  Bani Israil atau umat zahudi. Kitab ini diturunkan pada abad 10 SM di  daerah zerusalem. Adapun kitab ini ditulis dengan bahasa Yibti.  Firman Allah Swt. ͗  Artinya : “Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di  bumi. Dan sungguh, Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian  Nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada  Dawud. “ (QS. Al-Isrā/17 :55). <iƐah Eabi aud a͘Ɛ dan ŬaumnLJa Dikisahkan bahwa rakyat di wilayah kerajaan Nabi Daud a.s hidup dalam keadaan  damai dan sejahtera.

 Atas perintah Allah Swt mereka malaksanakan ibadah pada  hari Jum’at dan bekerja pada hari-hari yang lain. Di sebuah wilayah yang bernama  Kota Aylah, masyarakatnya sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Mereka ingin  mengganti hari ibadah ini menjadi hari Sabtu.  ͞Apa yang terjadi pada kalian͙͍͟ kata zahuda, ͞Aku lihat kalian bingung dan ragu.  Bukankah ini adalah wilayah kita? Bukankah kita yang paling tahu mengenai profesi  kita sebagai nelayan? Mari satukan langkah dan kita tentang peraturan pemerintah  mengenai hari beribadah ini, pokoknya ini demi kepentingan kita.͟ ͞Benar zahuda.͟ sambung yang lain.

 ͞Kita harus bersatu untuk menyampaikan  aspirasi ini kepada Eabi Daud a.s, dia pasti setuju.͟ zahuda berkata, ͞Kita mengganti hari peribadatan kita demi kepentingan pekerjaan  kita. Kita bekerja mulai hari Ahad sampai :um͛at, setelah mendapat ikan yang banyak,  maka di hari Sabtu kita beribadah. Dengan demikian pikiran kita saat beribadah  menjadi tenang. Begitu teman-teman, setuju͙.͍͟ kata zahuda meyakinkan. Mereka  menjawab dengan serempak, ͞Setuju͙͟ Ketika sedang asyik membicarakan hal ini tiba-tiba Eabi Daud a.s datang.

 Mereka  segera keluar menemui Eabi Daud a.s. Kata Eabi Daud, ͞Apakah kalian hendak  berpaling dari perintah Allah Swt, dan menetapkan hukum sendiri yang bertentangan  dengan perintah-Nya”   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 9  “Nabiyullah, untuk wilayah ini hari :um͛at tidak cocok untuk digunakan beribadah.  Kami bekerja keras selama seminggu hingga badan kami terlalu lelah untuk beribadah  pada hari :um͛at. Kami ingin melepas lelah pada hari :um͛at dan beribadah pada hari  Sabtu,” bantah salah seorang kaumnya. ͞

Bukankah Allah Swt telah mengingatkan kita akan hari Sabtu, mengapa kalian ngotot  untuk beribadah pada hari itu͍͟ Kata Eabi Daud a.s ͞Pokoknya kami hanya mau beribadah  pada hari Sabtu,” tegas Yahuda melawan.  ͞Saudara-saudara sekalian, aku ingin mengingatkan kalian akan murka dan azab Allah  Swt yang sangat pedih. Kalian sudah sering mengkhianati nabi-nabi kalian sendiri. Kalian  gemar berbuat maksiat dan kemungkaran. Apakah kalian lupa dengan nikmat yang telah  Allah Swt anugerahkan͍͟ Daud mengingatkan mereka. Mendengar nasihat ini Bani Israil terbagi menjadi tiga kelompok. Pertama, kelompok  orang-orang yang sadar. Kelompok kedua ialah mereka yang menentang. Mereka berpikir  Eabi Daud a.s tidak menghendaki mereka hidup sejahtera dan

sumber :buku pai kelas 8

You May Also Like

x