KUNCI JAWABAN IPA kelas 7 bab 5 halaman 81 82 uji kompetensi 4 semester 2

✅Hallo temen temen pada  hari ini kami akan memberikan sebuah pembahasan mengenai artikel tentang dunia pendidikan yang nama artikel ini berhubungan dengan tugas yang di berikan oleh guru adik adik. 

Kami yakin jika temen temen mengerjakan tugas dengan rajin, dan juga temn temen  dapat menyelsaikan tugas dengan tepat waktu , dan tidak ada hal lakukan yang membuat guru guru merasa kesal maka temen temen memiliki kesempatan sangat besar untuk kenaikan kelas temen temen.

KUNCI JAWABAN IPA kelas 7 bab 5 halaman 81 82 uji kompetensi 4 semester 2

Kami yakin jika temen temen menggunakan pembahasan yang kami buat ini, maka temen temen bisa meningkatakan nilai ;yang lebih baik lagi, karena kami dalam membuat pembahasan ini bukan lah sembarangan

  1. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 1 semester 2
  2. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 2 semester 2
  3. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 3 semester 2
  4. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 4 semester 2
  5. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 5 semester 2
  6. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 6 semester 2
Melainkan kami telah menjawabnay semaksimal yang kami bisa, kami dalam penjawaban dari tugas yagn ada kami telebih dahulu berusaha untuk memahami apa yang diinginkan soal barulah kemudian kami menjawab nya semasimal yang kami bisa.
  1. Kunci jawaban IPA kelas 7
  2. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 7
  3. Kunci jawaban IPA kelas 7
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 7
  5. Kunci jawaban PKN kelas 7
  6. Kunci jawaban Prakarya kelas 7
  7. Kunci jawaban MTK kelas 7
  8. Kunci jawaban Seni budaya kelas 7

Tak jarang juga kamiberusaha untuk mencari sumber sumber kunci jawaban lain, hal ini kami lakukan supaya kami dapat membadingkan jawaban yang kami buat dengan jawaban orang lain sehingga kami dapat menyimpulkan mana jawaban yang paling tepat dan benar

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81, 82 Uji Kompetensi 4

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.

Kunci jawaban

Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas.

2. Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global.

Kunci jawaban

– Gas Emisi CO₂
– Emisi Metana
– Deforestation dan pembakaran lahan hutan
– Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs)
– Penggunaan pupuk kimia dalam pertanian

3. Perhatikan pernyataan berikut.
a. Penggundulan hutan.
b. Penghematan listrik.
c. Peternakan.
d. Pembakaran hutan.
e. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut, klasifikasikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.

Kunci jawaban

Yang termasuk kedalam penyebab pemanasan global adalah a. Penggundulan hutan, dan d. Pembakaran hutan.

4. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Kunci jawaban

AC dan Lemari es merupakan perangkat elektronik yang penggunaannya menggunakan gas CFC untuk menghasilkan dingin. Gas CFC ini berbahaya karena dapat merusak lapisan ozon di Bumi dan menimbulkan pemanasan global.

5. Jelaskan sistem kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi.

Kunci jawaban

Sebagian energi matahari yang dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah tertahan oleh gas rumah kaca sehingga panas matahari kembali ke permukaan bumi. Hal ini berdampak pada suhu di bumi yang tetap stabil dan hangat, akan tetapi apabila gas rumah kaca terlalu banyak akan berdampak buruk dan menyebabkan bumi semakin panas.

6. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer Bumi.

Kunci jawaban

Dampak yang terjadi adalah bumi akan menjadi sangat dingin dan tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup, hal ini disebabkan energi matahari yang diterima oleh bumi langsung keluar begitu saja, sehingga tidak ada panas yang terperangkap di bumi atmosfer bumi.

7. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer Bumi semakin meningkat.

Kunci jawaban

– Es dikutub mencari dan menyebabkan ketinggian air laut meningkat
– Pemanasan global
– Kekeringan yang berkepanjangan

8. Atmosfer Bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. 

Kunci jawaban

Sistem Atmosfer Bumi berfungsi untuk melindungi bumi dengan cara memantulkan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Sedangkan rumah kaca adalah kejadian dimana energi panas matahari yang akan dipantulkan keluar Bumi dipantulkan kembali ke Bumi menyebabkan suhu di Bumi meningkat.

9. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan.

Kunci jawaban

Meningkatnya suhu bumi akan banyak menyebabkan banyak bencana alam yang akan merusak habitat hewan hal ini tentu saja akan berdampak pada kepunahan beberapa jenis spesies hewan. Selain itu kepunahan juga terjadi akibat telur-telur gagal menetas karena suhu yang terlalu hangat.

10. Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global? Jelaskan.

Kunci jawaban

Didalam pupuk kimia mengandung senyawa Nitrogen Oksida (NO), yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Penggunaan pupuk kimia secara terus – menerus akan meningkatkan produksi gas rumah kaca yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global.

Rangkuman materi

temperatur inilah yang disebut dengan pemanasan  global. Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan  peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara bertahap, serta  sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim Bumi.  C. Penyebab Pemanasan Global Segala bentuk aktivitas manusia selalu berdampak bagi lingkungan, baik itu  membawa dampak positif ataupun dampak negatif. 

KUNCI JAWABAN IPA kelas 7 bab 5 halaman 81 82 uji kompetensi 4 semester 2

Begitu pula dengan kondisi  atmosfer Bumi saat ini yang mengalami perubahan akibat aktivitas manusia.  Pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan hutan dapat meningkatkan  kadar CO2 di atmosfer. Dikarenakan CO2  adalah salah satu gas rumah kaca, maka  meningkatnya kadar CO2 di atmosfer akan berkontribusi terjadinya pemanasan  global. Oleh karena itu, setiap tahun kadar CO2 di atmosfer terus menerus  meningkat.   Sumber: https://segitiga8.files. wordpress.com 

Gambar 4.3 Ilustrasi pemanasan  global   76  Sumber: Gambar 4.4 Penyebab terjadinya pemanasan global Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global di anta- ranya, adalah sebagai berikut 1) Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit  tenaga listrik.  2) Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat  transportasi.  3) Emisi metana dari hewan, lahan pertanian, dan dari dasar laut Arktik.  4) Deforestation (penebangan liar) yang disertai dengan pembakaran lahan  hutan. 5) Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigator (pendingin). 6) Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.  

D. Dampak Pemanasan Global Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya bahwa aktivitas manusia telah  mengubah kealamian dari gas rumah kaca di atmosfer. Konsekuensi dari  perubahan gas  rumah kaca di atmosfer sulit diprediksi, tetapi beberapa dampak  yang telah nampak, yaitu sebagai berikut.  Minyak  dan Bensin  Gas rumah  kaca dan  bahan bakar  fosil  Penggundulan  hutan  Terserap oleh  atmosfer dan  Bumi  Tepi atmosfer  Radiasi diserap  oleh gas rumah  kaca  Kelas VII SMP/MTs Semester 2   Ilmu Pengetahuan Alam 77  1) Temperatur Bumi menjadi semakin tinggi, di beberapa wilayah mungkin  temperaturnya menjadi lebih tinggi dan di wilayah lainnya mungkin tidak. 2) Tingginya temperatur Bumi dapat menye- babkan lebih banyak penguapan dan curah  hujan secara keseluruhan, tetapi masing- masing wilayah akan bervariasi, beberapa  menjadi basah dan bagian lainnya kering.

 3) Mencairnya glasier yang menyebabkan kadar  air laut meningkat. Begitu pula dengan darat- an pantai yang landai, lama-kelamaan akan  mengalami peningkatan akibat penggenang- an air.  4) Hilangnya terumbu karang. Sebuah laporan  tentang terumbu karang yang dinyatakan  bahwa dalam kondisi terburuk, populasi ka- rang akan hilang pada tahun 2100 karena  meningkatnya suhu dan pengasaman laut.  Sebagaimana diketahui bahwa banyak spesies  lain yang hidupnya bergantung pada terumbu  karang. 5) Kepunahan spesies yang semakin meluas.  

Menurut penelitian yang dipublikasikan  dalam majalah Nature, peningkatan suhu  dapat menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta spesies. Sampai saat ini  hilangnya spesies semakin meluas dan daftar spesies yang terancam punah  terus berkembang dan bertambah. 6) Kegagalan panen besar-besaran. Menurut penelitian terbaru, terdapat 90%  kemungkinan bahwa 3 miliar orang di seluruh dunia harus memilih antara  pergi bersama keluarganya ke tempat yang beriklim baik atau kelaparan  akibat perubahan iklim dalam kurun waktu 100 tahun.  7) Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon adalah salah satu lapisan atmosfer yang  berada di dalam lapisan stratosfer, yaitu sekitar 17-25 km di atas permukaan  Bumi.

 Lapisan inilah yang melindungi Bumi dari bahaya radiasi sinar ultra  violet (UV). Berdasarkan pengamatan satelit, diketahui bahwa lapisan ozon  secara berangsur-angsur mengalami penipisan sejak pertengahan tahun  1970.  Sumber: http://environment. nationalgeographic.com/ Gambar 4.5 Melelehnya es akibat  pemanasan global  Sumber: http://planetsave.com  Gambar 4.6 Kepunahan spesies yang  semakin meluas    78 Kelas VII SMP/MTs Semester 2

  E. Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan  Global Penyebab terbesar pemanasan global adalah karbon dioksida (CO2) yang  dilepaskan ketika bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara yang dibakar  untuk menghasilkan energi. Besarnya penggunaan bahan bakar fosil untuk  aktivitas manusia akan menyumbangkan peningkatan CO2 di udara.   Kerusakan lapisan ozon adalah salah satu contoh dampak dari aktivitas  manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem dan biosfer. Kondisi  tingginya gas polutan di udara menyebabkan terjadinya pemanasan global.  Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan  global, di antaranya sebagai berikut. 1) Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara,  gasoline, kayu, dan bahan bakar organik lainnya. 

2) Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. 3) Mengurangi . 4) Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung   (CFCs) dengan menggunakan produk-produk yang ramah  lingkungan. 5) Mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan. Penelitian dari menemukan bahwa setiap pepohonan  hijau dapat menangkap karbon yang cukup untuk mengimbangi emisi yang  dihasilkan dari gas buang pengendara mobil selama setahun. Untuk lebih mudah  memahami pengaruh tanaman terhadap suhu Bumi, lakukanlah kegiatan berikut.  Perhatikan gambar di samping.  Adakah perbedaan suhu dari kedua Gam- bar 4.7 tersebut? Apa yang dapat kamu simpulkan dari  Gambar 4.7 tersebut?.

 Untuk lebih jelas mari kita lakukan  kegiatan berikut ini.  Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 4.7 Percobaan pengaruh  tanaman terhadap suhu Bumi  Ayo Kita Lakukan   Ilmu Pengetahuan Alam 79  Kegiatan 4.1 Memahami Pengaruh Tanaman terhadap Suhu  Bumi 1. Buatlah kelompok kerja dengan temanmu untuk melakukan kegiatan  observasi di bawah ini. Setiap kelompok terdiri atas 4 orang siswa. 2. Siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut. Alat dan Bahan Jumlah Tabung plastik dengan diameter 20 cm 2 buah Termometer 2 buah 1 buah Tanaman kacang hijau 5 buah Peringatan Hati-hati ketika memegang termometer. Apabila termometer patah,  jangan menyentuhnya. Mintalah gurumu untuk menanganinya  dengan aman. 3. Lakukan langkah-langkah berikut. a. 

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. b. Berikan label pada masing-masing tabung, yaitu Tabung A dan  Tabung B. c. Masukkan termometer pada Tabung A. d. Masukkan kelima tanaman kacang hijau ke dalam Tabung B dan  kemudian masukkan termometer pada Tabung B. Pastikan suhu  awal dari kedua termometer tersebut adalah sama dan masing- masing ujung reservoirnya tidak menyentuh tanah. e. Letakkan kedua tabung plastik di bawah sinar Matahari. f. Catatlah suhu pada kedua tabung setiap 3 menit selama 15 menit. g. Masukkan hasil pengamatanmu pada Tabel 4.2, tetapi buat di  buku tugasmu. Tabel 4.2 Hasil pengamatan pengaruh tanaman terhadap suhu bumi  No. 

Waktu (menit)  Temperatur (oC) Tabung A Tabung B  1. 3 2. 6   80 Kelas VII SMP/MTs Semester 2  3. 9 4. 12 5. 15 a. Adakah perbedaan dari kedua tabung tersebut setelah dipanaskan  selama 15 menit? Jelaskan jawabanmu. b. Termometer pada tabung manakah yang menunjukkan suhu  lebih tinggi selama percobaan berlangsung? Mengapa demikian?  Jelaskan jawabanmu. Simpulkan Kesimpulan apa yang dapat dibuat, apabila ruang di dalam tabung  tersebut dianalogikan sebagai Bumi? Mengomunikasikan Presentasikan hasil percobaan yang telah kamu lakukan di depan kelas  secara bergantian.  Ilmuwan yang mendasari efek rumah kaca dan pemanasan global ada  banyak sekali. Untuk itu mari kita kenali beberapa di antara mereka. • Jean-Baptiste Joseph Fourier (1768-1830).

 Fourier menyatakan  bahwa Bumi akan jauh lebih dingin apabila tidak diselubungi oleh  atmosfer. Adanya gas-gas rumah kaca inilah yang membuat iklim  Bumi layak huni. Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan Bumi  akan berubah sekitar 60oF lebih dingin.  • John Tyndall (1820-1893), berhasil menemukan bahwa beberapa  gas dapat memblokir radiasi inframerah. Dia menyatakan bahwa  perubahan konsentrasi gas dapat menyebabkan perubahan iklim. • Svante Arrhenius (1859-1927) telah menerbitkan perhitungan  pertama terkait pemanasan global yang berasal dari CO2 yang  dihasilkan oleh manusia.   INFO ILMUWAN   Ilmu Pengetahuan Alam 81  1. Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika  gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas. 2. Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggam- barkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara  bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen  mengubah iklim Bumi. 

3. Faktor yang menyebabkan pemanasan global di antaranya emisi CO2,  emisi metana, dan pembakaran lahan hutan, penggunaan   (CFCs), dan meningkatnya penggunaan pupuk  kimia dalam pertanian. 4. Dampak pemanasan global yang telah nampak, di antaranya tem- peratur Bumi menjadi semakin tinggi, penguapan dan curah hujan  yang tidak menentu, mencairnya glasier yang menyebabkan volume  air laut meningkat, hilangnya terumbu karang, kepunahan spesies  yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran, dan penipisan  lapisan ozon. 5. Usaha-usaha untuk menanggulangi pemanasan global, di antaranya  menggunakan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi bahan bakar  kendaraan, mengurangi , mengurangi penggunaan   (CFCs), mendukung dan turut serta pada kegiatan  penghijauan.  RANGKUMAN  UJI KOMPETENSI 

Sumber:buku ipa kelas 7

You May Also Like