KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santun halo temen temen semuanya selamat datang di blog teras edukasi, blog yang berfokus di pembahasan kunci jawaban dari pelajaran SD SMP MTS SMA SMK MA MAK kami yakin jika temen temen menggunakan jawaban yang kami buat ini temen temen akan mendapatkan nilai 100 

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan. Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 9 👏lainya:

KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106
KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106

 

1. Perhatikan dua model teks pujian dan kritik. Apa kesamaan dan perbedaannya?
Kunci Jawaban : 
Kesamaannya 
Teks pujian maupun teks kritikan sama-sama merupakan teks pendapat atau menyatakan pendapat seseorang dan penilaian pada suatu karya.
Perbedaannya 
Teks pujian berisi penilaian yang menyatakan keunggulan atau persetujuan pada suatu karya sedangkan Teks kritik berisi pernyataan ke tidak setujuan, dan menyatakan kekurangan pada bagian-bagian yang masih perlu perbaikan sehingga identik dengan kalimat-kalimat saran di dalamnya.

1. Perhatikan dua model teks pujian dan kritik. Apa kesamaan dan perbedaannya?

Kunci Jawaban : 
Kesamaannya 
Teks pujian maupun teks kritikan sama-sama merupakan teks pendapat atau menyatakan pendapat seseorang dan penilaian pada suatu karya.
Perbedaannya 
Teks pujian berisi penilaian yang menyatakan keunggulan atau persetujuan pada suatu karya sedangkan Teks kritik berisi pernyataan ke tidak setujuan, dan menyatakan kekurangan pada bagian-bagian yang masih perlu perbaikan sehingga identik dengan kalimat-kalimat saran di dalamnya.

2. Pelajari bagaimana penulis mendeskripsikan dengan cukup rinci sebelum memberi penilaian. Mana tulisan yang lebih baik dalam mendeskripsikan?

Kunci Jawaban : 
Cara penulis mendeskripsikannya adalah dengan : 
Mendeskripsikan dengan memberikan makna yang baik, bermakna positif, menggunakan kalimat bahasa yang jelas dan juga tidak adanya unsur mengejek atau menyindir.

Mana tulisan yang lebih baik dalam mendeskripsikan?

Jika mengacu pada ulasan lukisan Kebun Cengkeh dan novel Student Hidjo, maka saya akan memilih tulisan novel Student Hidjo yang lebih baik
Alasannya : 
Karena tulisan novel Student Hidjo mendeskripsikan dengan memerinci objek dengan melibatkan indra, sehingga pembaca dapat merasakan, seolah-olah melihat, dan seolah-olah mendengarkan.

3. Menurutmu apakah manfaat yang didapat oleh pembaca umum terhadap kedua tulisan tanggapan di atas? Apa manfaatnya bagi pembaca yang juga pencipta karya yang bersangkutan?

Kunci Jawaban : 
Manfaat bagi pembaca antara lain: 
  • Mendapatkan informasi dari kedua karya tersebut
  • Mengetahui karya mana yang harus dipuji dan mana yang harus dikritik
  • Mengetahui gaya melukis karya Affandi dan informasi penting dari novel Student Hidjo.
Manfaat bagi pencipta :
Pencipta akan mendapatkan ilmu serta akan mengetahui kekurangan-kekurangan yang terdapat pada karyanya, sehingga nantinya akan dapat simpulkan oleh pencipta apakah karyanya sudah pantas untuk dipamerkan atau atau masih perlu perbaikan.

4. Apa kritik penulis tentang novel Student Hidjo terbitan baru?

Kunci Jawaban : 
Kritik yang paling di sorot oleh penulis tentang novel Student Hidjo terbitan baru adalah mengenai penyesuaian ejaan maupun  bahasa yang mengurangi cita rasa klasik roman Student Hidjo.

5. Kamu setuju atau tidak setuju dengan penulis teks tanggapan kritik tentang perubahan bahasa di novel Student Hidjo terbitan terbaru? Jelaskan mengapa?

Kunci Jawaban : 
Setuju
Alasannya: karena sebuah karya akan yang baik membutuhkan banyak tanggapan berupa kritikan-kritikan yang membangun sehingga dapat membantu penulis untuk menyempurnakan karyanya tersebut.

6. Cari pedomana Ejaan Bahasa Indonesia (2015) dan EYD (1972). Kemudian badingkan dengan pedoman ejaan sebelumnya, ejaan lama: Ejaan van Ophuijesen (1901), Ejaan Soewandi atau Ejaan Republik (1946).

Kunci Jawaban : 
Bahasa Indonesia terus mengalami perkembangan seiring berjalannya dari waktu ke watu. Salah satu perbedaan antara PUEBI dan EYD yaitu penulisan huruf kapital EYD digunakan pada penulisan nama orang dan tidak termasuk julukan, sedangkan pada PUEBI penulisan huruf kapital digunakan sebagai unsur huruf pertama nama orang serta termasuk julukannya.

 

🙌Baca Juga:

 

Rangkuman bahasa indonesia kelas 9

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunjauh sih cuma 3  jam dari sini ke  Oh ya udah  aku antre nggak usah]  sih  kerjanya uyur anu coba kamu dengerin  kata kakak pasti nggak akan kayak gini  kejadiannya harus memperbanyak ini badai  bra Bukan  [Musik]  Adiknya lagi begini masih aja  diceramahin  lazim  [Musik]  Assalamualaikum Ukhti  [Musik]  nyentuh  merasakan War aku ya  selulosa  akhirnya dan apakah Paulus pun bersolat  aku Ukhti  bila sudah sholat

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunUkhti cantik  sangat  begitu pun  akhirnya gantengnya  Maxim malu Ayo merapat lah kawan  saat itu bohong juga  gue tambah semangat kalau and awas  jangan salah kiblat  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunsalat ya  lebih bisa selama kita waktu  sangat  selama waktu  saat Ayo selanjutnya  semoga  [Musik]  huni cocok untuk  [Tepuk tangan]  minum untuk  Ya udah Bang berapa 2000  Makasih  [Musik]  Mbak ya  [Musik]  Hai apaan Ih

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santun[Musik]  masak sendiri kalau terus-terusan bangun  siang nggak inget salat dan gak mau  dengerin kata kakak kakak gak bakalan  masakin kamu lagi Ih apaan sih / ikutin  Hai Kiwil  [Musik]  up  move on  kau  tengok  [Musik]  woi  Aduh  Bray muka lu kenape pucet begitu skema  mengaduk tadi sana gara-gara kakak gue  nih  Napa tuh gimana kalo emang  enggak sih ya udah terus aku warnai  banget motor gua tuh

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunPadahal gue tuh mau  balapan Yaudah gue Terpaksa kan gue  pinjem motornya ijo kesel gua malah  kecelakaan motornya ijo rusak kalau gue  tuh  lagi ngerusak  ngomong opo Ngomong opo aelah a  Abah huh lihat sendiri tuh  Hai motor  Kyuhyun masih jauh dari jantung Naruto  sakit juga ih sakit nih Lebay lu  Pusing gua pusing kenapa lagi Indra  Banyak banget kayaknya Masa lalu akan  gua harus ganti kerusakan waktunya sinjo  masih tapi  duit dari mana coba  banget gua Raffi  Kenapa serapi  Raffi itu mau

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunsekolah di luar negeri di  Amerika  eh  jangan-jangan nih jangan-jangan  bener juga loh kalau nggak pake jimat  nggak mungkin biasa Oke ini goyangin aja  dia udah-udah juara kelas Terus sekarang  dapat beasiswa ke luar negeri dari  perusahaan minyak Nah nanti itu kalau  dia udah keluar dari kuliah yang di luar  negeri itu dia bisa langsung terjadi  personil gitu  oh jadi tuh nyak leiling ah ngapain  ngomong ama lu Noh

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunAssalamualaikum  Waalaikumsalam salah ini kunci saya  bengkok bisa dibeli oh bisa bisa bisa  bisa bisa ntar ya  [Musik]  tadi saya denger kalian ngobrol Kalau  boleh saya kasih saran ya jangan suudzon  nggak baik ya oke Farhat juga lagi  ngobrol-ngobrol biasa aja  udah-udah Oh makasih banyak  [Musik]  Rp100000  Waalaikumsalam Pak  cepet banget pakai apaan lu kerjain dia  itu kunci kalau bakal bisa dipakai  Sandra lupa hal enggak Eh gimana  konsumen mau percaya sama lu terjun  wajah salah-salah

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunyoyoyoyoyo Biarin aja  sih lagian tuh orang datang-datang pakai  peci pakai Koko Ya terserah orang  bertanya Ustadz kenal juga kagak  tau ah  Gom  makasih  [Musik]  Iya makasih  [Musik]  Iya makasih waalaikum waalaikum  Alhamdulillah Terima kasih  selamat datang Minta doanya ya  Saya mau  [Musik]  ketemu  [Musik]  emang ketemu gimana ya  isi yang keanehan sempet benerin  kultivar MB Oh Yi tapi kayaknya kuncinya  bermasalah deh karena pintu rumah saya  terbuka  Masa sih Masa sih bisa Iya  tapi kabab Alhamdulillah yang punya  kontrakan punya kunci serep jadi  Alhamdulillah  [Musik]  Halo  assalamualaikum warahmatullahi  wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah  wabarakatuh

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunSebelumnya saya ucapkan terima kasih  Alhamdulillah pause tap bisa hadir di  sini  bapak-bapak ibu-ibu adik-adik semuanya  saya disini memohon doa dan restunya  untuk anak saya Raffi agar bisa  berangkat ke Amerika bulan depan tanpa  suatu halangan yang berarti  saya juga Mohon doanya agar lancar dan  sukses studinya Raffi disana dan bisa  kembali ke tanah air dengan selamat  berlibur  beri kita bermunajat kepada Allah  subhanahuwata’ala angkatkan kedua tangan  kita  Astaghfirullah alazim Astagfirullah  alazim Astagfirullah alazim  Alhamdulillahirobbil  asyhaduallailahaillallah nah usir  kubikin pakaian  asyhaduallailahaillallah Allahumma  sholli Alaihi Muhammad al-fatih maupun  walau hati mi5 sabab

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunlevel Hakim ilhaqul  hadilaksono tinggal masukin  hai  eh bulan Oom nyanyi bener-bener besar  kontribusinya hiburan maksudnya ini  memang jika rusak itu kamu masih bikin  ulang lagi ya aku deh pasti kamu yang  ngerjain Ustad Joni kan kamu bikin  bushido harus dipakai lagi  udah nggak boleh gitu dosa  eh kamu tuh harusnya bisa contoh Raffi  Hai Hafiz nah nih ngomongin tentang  Raffi nih kak ya  Hai guys Jadi curiga kayaknya Raffi itu  pakai jimat di habis hoki banget dia  Hai menghabisi dulu Stefan vitamin sama  Allah karena udah fitnah Raffi kayak  gitu eh nggak percaya sama adek eh  percaya DK gue yakin dia pasti pakai  jimat Buktinya dia oke dia mau ke luar  negeri sekarang kamu tuh juga bisa kaya

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santungitu Yang penting kamu tuh sholatnya  rajin sholat 5 waktu rajin ibadah rajin  puasa rajin sedekah rajin sholat sunnah  apalagi Sholat Dhuha itu bikin Rizky  kamu lancar hidup kamu jadi bahagia  semuanya jadi berkah hidupnya bahagia  Pokoknya besok gua enggak mau tahu gua  harus tanya sama Raffi gua eh ketika  tugasnya sama kamu  [Musik]  Ayo silakan masuknya Hendra  Kamu duduk dulu ya sebentar tante  panggilin Raffi  hai hai  hai hai  hai hai  OK Google  Indonesia  Waalaikumsalam banget  [Musik]  nggak weh nyuruh-nyuruh  kangen sama gue  gue  nih gue Langsung aja ya gua mau nanya  nih gue perhatiin hidup utuh lurus-lurus  lu hokibet ya Lu juara kelas lu dapet  beasiswanya sekarang keluar negeri lagi  terus nanti lu kelar kuliah langsung  bekerja oke banget lu Oke  jimat-jimat Indonesia itu  [Musik]  percaya deh gue percayanya Lu pasti  pakai Gimana kalau nggak nggak mungkin  hidup Solo gini  lho

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunkalau nggak gua atau mungkin mempan  gua kunci cuma 20 rajin belajar Hai atau  berdoa udah turun  Hai percaya gua Lu pasti pakai jimat kan  udah kasih tau gua aja Ini kan cuma buat  yang tau nih akan kasih tahu juga gue  beneran  lu kenal gua bilang Udah  biarin  gua masih percaya lu pasti pakai jimat  nih Terus tadi lu ngapain lama banget  gue tungguin tadi gue gua Byson  2012 Iya shalat dhuha jadi gitu dalam  Islam ada namanya sunnah shalat dhuha  Nah kalo ngelakuin setiap pagi dan rutin  menjalaninya Insya Allah rezeki murahin  pulsa nuli mudah in percaya sama gua  [Musik]  alaikum Sara  [Musik]  nyenengin

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Pertanyaan Telaah Halaman 106  perhatikan dua model teks pujian dan kritik bab 4 memberi tanggapan dengan santunkamu mau kemana stat mau  mushola  Oh ya udah santai aja barengan nggak  usah jalan kaki aja lewat apa searah ini  kan iya  [Musik]  Assalamualaikum  12 enggak tahu  istimewanya keutamaan shalat Dhuha itu  mempermudah atau memperlancar rezeki  jangan-jangan Raffi selalu berhasil  selama ini gara-gara Sholat Dhuha  Ayo merapat lah kau and site Fairly  satria hitam  [Musik]  Hero  awas jangan salah tiba-tiba  besok belum dipanggil datang  pagi  biar rejekinya dipatok  [Musik]  nih buat dagang dari pagi gue yakin  rezeki gue tokcer Ya udah tunggu aja  banyak duit gue tanya gue dong Oh iyalah  jelas bangun dari pagi ayam  Hai gila Joglo apain di sini eh salah  gue kesini ya kalau gua enggak bisa  dilupakan berduka Oh nyari gua Oh ya Ya

You May Also Like