KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1

Kunci Jawaban PpKn Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5 bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila semester kelas2 smp mts kurikulum2013-Hallo temen temen selamat datang di blog ilmu edukasi, blog ilmu edukasi berisikan kunci Jawaban buku pelajaran MI SD, SMP, MTS, SMA, SMK, MA, MAK Pasti dapat nilai 100

KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1
KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1

Download Aplikasi terasedukasi.com Pasti dapat ⭐nilai 100⭐

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan. Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 8 👏lainya:

Kunci Jawaban PKn Kelas 8 Aktivitas 1.1 Halaman 5

Kunci jawaban nomor 1
Secara umum, fungsi dan peranan Pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara. Hal ini mengandung maksud bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara, yang meliputi bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.
fungsi dan peranan Pancasila sebelumnya telah kita kenal sebagai berikut.
1) Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia.
2) Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.
3) Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.
4) Pancasila sebagai perjanjian luhur.
5) Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
6) Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
7) Pancasila sebagai moral pembangunan.

 2. Jawablah pertanyaan berikut ini:
a. Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?
b. Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia?
c. Siapakah the Founding Fathers yang merumuskan Pancasila?
d. Seperti apakah fungsi Pancasila bagi kehidupan bernegara?

Kunci jawaban nomor 2
Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia? b. Apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia?
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
d. 
1. Fungsi pancasila Bagi kehidupan negara, Pancasila berfungsi sebagai landasan bagi pemerintah dalam menjalankan administrasi pemerintahan, serta sebagai sumber hukum bagi hukum lainnya, dan hukum tertinggi.
2. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia
3. Pancasila sebagai sumber nilai
4. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
5. Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Baca Juga:

Rangkuman PPKN kelas 8

ri Kami merasa Kalau kami memang kurang sopan karena bercanda berlebihan sehingga mungkin mengganggu kenyamanan penghuni daerah situ Hai Ibu warung tersebut kemudian menawarkan kepada kami untuk menginap di rumahnya tanpa pikir panjang kami pun setuju ternyata didalam rumah c

ukup ramai ada beberapa rombongan yang akan mendaki keesokan harinya Hai karena ba  lelah kami pun tertidur pulas singkat ceritanya kami bangun sekitar jam 08

KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1
KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1

.00 an apa rombongan pendaki sudah bersiap-siap untuk naik kami kemudian mencoba menghubungi Mas Andri untuk diantar ke Terminal Boyolali Namun ternyata disana sangat sulit sinyal setelah mencari-cari jaringan sekitar 1

0 menit kemudian gue bertemu Mas Andri beliau baru beres mengantar rombongan pendaki katanya gua pun meminta untuk diantar ke Terminal Namun ternyata bis menuju Bandung ada sekitar pukul lima karena masih lama kami diajak Mas Andri untuk ikut ke rumahnya kami pun mengiyakan Hai setelah pamit ke ibu warung   lapor ke pihak basecamp bahwa kami sudah turun kami langsung naik mobil   menuju rumah Mas Andri Mas Andri pun bertanya kenapa kami terlambat turun   seb

enarnya beliau sudah standby kemarin sore untuk menjemput kami namun di tunggu sampai magrib ternyata nggak kunjung datang Gue pun bercerita Kalau kami mengalami gangguan   lain sebagainya jawaban Mas Andri Sama persis dengan apa yang dikatakan Ibu warung tadi malam Beliau mengatak

an kalau Kami memang lagi apes setelah sampai di rumahnya kami pun beristirahat kembali   ngobrol-ngobrol dengan Mas Andri Hai singkat cerita kamipun akhirnya diantar menuju Terminal selama diperjalanan Gua merasa pusing   demam Mungkin kecapean gue putuskan untuk tidur tak lama berselang Kami sa

mpai di terminal kami langsung mengambil barang bawaan di bagasi lalu kemudian pamit ke masa andrey namun ada hal yang aneh Mas Andri menitipkan pesan kalau terjadi hal yang ganjil lagi gue mesti Mandi Kembang   minta dinetralisir Hai Gue pun mengiyakan kami langsung beli tiket bus   menunggu bis datang kami menyempatkan untuk makan soto di depan loket bis tak lama set

elah selesai makan bis datang   kami langsung naik ke Hai desain kami tumpangi pulang berbanding terbalik dengan pada saat kami berangkat bisnya nampak tua   tidak terurus Padahal kami membeli tiket dengan pubis   harga yang sama Hai namun tak jadi masalah yang penting bisa untuk tidur tak lama kamipun tidur satu persatu singkat cerita Gue pun terbangun   ternyata bu sudah masuk ke daerah Jawa Barat gue putusin untuk tidur lagi karena ba  udah sangat lemas ketika tidur gue ber

mimpi bertemu nenek-nenek itu lagi dengan ciri-ciri yang sama OK Google mimpi dia hanya tertawa sambil melotot gua pun bertanya kenapa apa yang salah dengan kami Mengapa hanya gua yang diteror semalaman kemudian ia berhenti tertawa lalu mengg

KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1
KUNCI JAWABAN pkn Kelas 8 Halaman 5 Aktivitas 1.1 bab 1

eleng-gelengkan kepalanya perlahan ia mulai menjawab nenek itu mengatakan Kalau kami sudah tidak sopan kami mengganggu penunggu yang ada di sana katanya kami melakukan kesalahan fatal dengan mengotori areanya hai lalu

Kenapa cuman gua dia menjawab karena penunggu di sana suka dengan Aura yang gua punya Hai nenek tersebut kemudian menghilang   gue terbangun dari tidur keringat dingin bercucuran lalu gua minum gua matiin musik di headset tak lama ada bisikan kau sudah kuperingatkan suara tersebut sangat jelas terdengar dalam hati gue berdoa sebisanya cinta Hai Gue pun akhirnya nggak bisa tidur gue terus-teru

san merenung   meminta maaf kalau emang ada kesalahan yang kami perbuat diatas sana namun akhirnya gue pun tertidur singkat cerita Kami sampai di Bandung sekitar 03.00 gue pesan grab car karena rumah kita masing-masing satu arah Aris akhirnya turun duluan disusul area kemudian Rohman Rama  gua satu kosan   kami sampai paling terakhir setelah sampai gua pun langsung masuk kamar ramma ke kamar mandi untuk bebersih kondisi kosan saat itu sepi tumben biasanya rame 24jam k

etika gua baru melangkah untuk masuk kamar Gue pun tiba-tiba terjatuh tanpa sebab ba  gua langsung kaku   dingin gue coba teriak tapi nggak keluar suara gue berharap ramma ngelihat gua jatuh Hai Gue pun seperti tertidur gelap enggak bisa melihat apapun tiba-tiba gua melihat cahaya di depan gue gue coba untuk menggapai cahaya itu semakin jauh gua terus lari   lari hingga akhirnya gue berhasil gapai cahaya tersebut gue seketika bangun   di samping gua ada Rahma yang lagi main HP hai ketika gua bangun dia pun menggerutu kesal katanya ngapain lo tidur di depan pintu menurut pengakuan ramma ketika gue diseret masuk kekamar ba  gua enteng banget katanya gue juga

 enggau pengen pulang pengen pulang karena hal tmencemari laut   membunuh semua kehidupan di laut Ariel sangat ingin tahu tentang kehidupan di darat khususnya manusia kisah yang diceritakan kakak-kakaknya tidaklah cukup neneknya selalu memperingatkan dia tentang bahayanya manusia tapi dia hanya bisa keluar dari gerbang laut Setelah dia dimahkotai   tumbuh sebesar kakak-kakaknya Hai Ariel meman gi kakak-kakaknya ketika mereka berenang menjauh dia berencana untuk keluar dari gerbang laut dalam dia mengajak temannya lumba-lumba   pergi menemui hem ROM sang paus karena Imron bisa keluar dari gerbang laut dalam kapanpun dia mau Ariel menceritakan rencananya kepada him ROM hydro mawali tidak setuju karena dia terlalu takut kepada raja tapi dia merasa kasihan pada Ariel   memutuskan untuk menolong paus biru besar   lumba-lumba berhasil tiba di gerbang kerajaan melihat him ROM penjaga segera membuka gerbang itu paus raksasa   temannya lumba-lumba melewati gerbang dengan mudah setelah tidak terlihat lagi oleh penjaga him ROM membuka mulut raksasanya   membebaskan Putri dong Ariel si putri duyung berenang ke permukaan laut dengan bantuan him ROM Dia merasakan angin   melihat langit biru untuk pertama kalinya Hai menakjubkan [Musik] Hai kemudian Ariel mendengar suara musik saat mencoba mencari sumber suara itu dia melihat sebuah kapal tak jauh dari tempatnya itu pertama kalinya dia melihat kapal itu kapakan ayo kita pergi lumba-lumba temannya memperingatkan agar Jangan pergi tapi Ariel sudah pergi Ariel bergerak secepat mungkin ke arah kapal [Musik] Hai kapal itu milik raja-raja mengadakan pesta ulang tahun untuk putranya ini dia ingin putranya segera menikah Itulah kenapa semua Putri yang bisa menjadi calon istri pangeran diun g ke pesta itu dia seorang pangeran tapi dia manusia lumba-lumba mengingatkan [Musik] hai hai Hai Ariel dengan suara indahnya menyanyi sesuai melodi dari flute yang dimainkan pangeran-pangeran mendengar suara Ariel yang indah   mulai mencari keliling hati-hatilah Aryo mereka akan melihatmu lumba-lumba mengingatkan putri duyung melompat kembali ke air   menghilang hai hai Hai Sementara itu di kerajaan laut dalam penyihir laut melihat semua itu melalui bola kristalnya Hai akhirnya waktunya tiba juga putri dari raja laut   manusia biarlah badai mengamuk angin berhembus   petir menerjang semuanya dengan kutukan dari penyihir ombak raksasa tiba-tiba muncul   karena tak kuasa menahan nya kapal Pangeran mulai terseret ke arah batu karang Ariel sangat khawatir saat melihat kapal yang terseret badai itu kapalnya akan hancur   tenggelam Kita harus menolong mereka hai hai Hai percaya Ariel menyelam ke dalam air mengejar couple itu sambil berenang menembus reruntuhan kapal dia menemukan flute Pangeran lalu dia melihat Pangeran tak sadarkan diri   perlahan mulai tenggelam knalpot racing Hai Ariel segera menarik pangeran dari air   membawanya ke pantai bangunlah kumohon bangunlah Pangeran perlahan mulai sadarkan diri   membuka matanya kau mati hidup kata Ariel dengan senang karena mendengar gonggongan anjing Ariel sadar dimana dia berada   melompat kembali ke air meninggalkan pangeran salah seorang pengawal pangeran   calon pasangannya tiba di dekat Pangeran seorang gadis menyelamatkanku agar tak tenggelam suaranya seperti kukenal aku pernah mendengarnya itu suara yang paling indah Hai Ariel berenang kembali ke kerajaan laut dalam flute Pangeran masih di tangannya dia tak bisa berhenti memikirkan Pangeran kemudian Raja Laut datang   melihat flute yang ada di tangan Ariel Dia segera menyadari bahwa itu buatan manusia Ayo kita punya aturan   aku harap agar semua orang mematuhinya khususnya anak-anakku Apa benar bahwa kau yang menyelamatkan manusia agar tidak tenggelam aku harus jika tidak dia pasti mati jawab Ariel cukup manusia itu membawa kejahatan hubungan antara dunia laut   dunia manusia sangat dilarang dengan sangat murka raja laut melangkah keluar Hai tapi Ariel masih belum mau menyerah Ariel kemudian pergi kepada naga penyihir laut   meminta bantuan naga setuju untuk membantu Tetapi dia menginginkan balasannya sesuatu yang sangat berharga Hai akan kusiapkan ramuan yang akan mengubahmu menjadi manusia kau akan bisa berjalan   menari dengan dua kakimu   balasannya aku akan ambil suara indahmu suaraku tapi tanpa keluar aku karena tak punya pilihan lain Ariel setuju dengan persyaratan dari penyihir Karena dia sudah siap melakukan apapun demi melihat Pangeran lagi jangan lupa setelah tiga hari sebelum matahari terbit pada hari keempat pangeran sudah harus jatuh cinta pada about jika tidak kau akan kembali menjadi putri duyung   Lupakan Pangeran Pulau Banyak hahaha Hai dengan peringatan terakhir itu Ariel meminum ramuan Ariel berenang ke permukaan laut ketika berenang ekornya mulai menghilang   digantikan dengan dua kaki dengan bantuan lumba-lumba Ariel berhasil tiba di pantai Hai dari istananya Pangeran melihat kearah runtuhan kapal dia melihat gadis cantik berambut merah   berlari ke arahnya kau apa Kita pernah bertemu sebelumnya iya iya kita pernah bertemu Ariel tak bisa bicara Tetapi dia menyerahkan flute pangeran-pangeran kemudian memainkan melodi yang dia mainkan di kapal hai hai Hai Ariel menganggukan kepalanya memberitahu Pangeran bahwa dia mengenali melodi itu aku melihatmu saat aku memainkan melodi ini di kapal aku mendengar suaramu lalu lalu kau menyelamatkanku agar tak tenggelam Aku sudah lama mencarimu Pangeran yakin bahwa Ariel lah yang menyelamatkan dirinya tapi gadis yang dia tahu dulu adalah seorang putri duyung   bersuara Indah Ariel mencoba bicara tapi dia tidak punya suara Hai kupikir kau seorang putri duyung Pangeran mulai berpikir Gadis itu sebenarnya bukan yang menyelamatkannya tapi dia merasa kasihan   memutuskan untuk menolong Pangeran membawa Ariel ke istananya Raja memerintahkan persiapan upacara pernikahan bagi Pangeran dengan seorang putri yang hadir di kapal dulu sementara persiapannya berlangsung Ariel hanya bisa melihat tapi tak bisa melakukan apa-apa tidak mungkin dia bisa meyakinkan Pangeran tanpa suaranya dia ingat kata-kata peringatan penyihir jangan lupa setelah tiga hari sebelum matahari terbit pada hari keempat pangeran sudah harus jatuh cinta padamu Jika tidak kau akan kembali menjadi putri duyung   Lupakan Pangeran selamanya Hai dua hari pertama berjalan sangat cepat akhirnya tibalah hari ketiga pada hari ini raja   ratu akan menikahkan Putra mereka dengan putri dari kerajaan tangga Ariel yang malang dia tak bisa menjelaskan bahwa dialah putri duyung yang dicari pangeran   Pangeran mulai percaya bahwa semua yang pernah dilihatnya hanyalah mimpi harapan Ariel hanyalah cintanya yang besar pada Pangeran pada hari keempat matahari akan terbit Ariel menangis sedih tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak terduga kakak-kakaknya datang ke pantai diikuti oleh neneknya mereka hendak menolong Ariel cucuku sayang Kami datang untuk mematahkan kutukan naga Ariel sangat senang tapi tak mengerti bagaimana mereka bisa membantu dia   Terakhir ayahnya raja laut muncul dari air hatinya tak kuasa ersebut makanya Rahma nggak langsung tidur gue pun memutuskan untuk ganti baju   bersih Setelah itu akhirnya gue bisa tidur gua ke bangun sekitar jam sebelas   udah berasa enak   lumayan seger ramma ternyata pergi ke rumah kakaknya   rencana menginap disana ya udah singkat cerita karena gua tidur sendiri   kondisi kosan juga ramai sek

itar 10.02 in lampu   tv-nya Hai langsung gua tidur ketika gue hampir masuk kealam tidur tiba-tiba persis di samping telinga ada yang berbisik Hai jangan tidur Mas sontak gua kaget   langsung duduk gue langsung lari ngungsi ke kamar Temen dia cuman ketawa temen gua ngerti dia pun nanya masa takut sama yang biasa gue cerita kalau ini bukan yang biasa ada di kamar energinya parah gua benar-benar ketakutan beberapa hari kemudian gue terus-terusan diganggu akhirnya gue putusin untuk pulang kampung   ketemu Om gua yang ngerti dengan hal-hal seperti ini gua langsung dibawa ke guru spi

ritualnya yang Emang kenal gua juga sebut aja Kang Iwa Kang Iwa kemudian nanya-nanya Kenapa gua bisa seperti ini gue pun bercerita sedetail mungkin tentang apa yang gue alamin seperti apa yang dikatakan Mas Andri gua pun disuruh untuk mandi kembang setelah itu Gue disuruh untuk minum kopi item pahit setengah gelas hai lalu susah kopi tersebut ditaruh diatas nampan yang isinya

You May Also Like