KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21 bab 1

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 BAB 1 berpangkatan dan Bentuk Akar semester 1kurikulum 2013 edisi revisi 2018 buku mtk kelas 3 smp mts Hallo temen temen selamat datang di blog ilmu edukasi, blog ilmu edukasi berisikan kunci Jawaban buku pelajaran MI SD, SMP, MTS, SMA, SMK, MA, MAK Pasti dapat nilai 100

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21

🙌Aplikasi terasedukasi.com adalah salah satu ✍aplikasi unggulan, yang membahas secara khusu mengenai😍 kunci jawaban dari berbagai mata pelajaran dan juga tingkatan mendapatkan nilai 100. . Silahkan adik-adik baca juga kunci jawaban dari buku kelas 9 👏lainya:

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21 bab 1 berpangkatan dan Bentuk Akar semester 1

Jawaban Nomor 1
Kunci Jawaban :
a. 4⁶ x 4³
   = 4⁶⁺³
   = 4⁹
Jadi bentuk sederhana dari 4⁶ x 4³ adalah 4⁹
b. (-7)³ x (-7)²
   = (-7)³⁺²
   = (-7)⁵
Jadi bentuk sederhana dari (-7)³ x (-7)² adalah (-7)⁵
c. 4(-2,5)⁴ x (-2,5)³
   = 4(-2,5)⁴⁺³
   = 4(-2,5)⁷
Jadi bentuk sederhana dari 4(-2,5)⁴ x (-2,5)³ adalah 4(-2,5)⁷
d. (5²)³
   = 5²ˣ³
   = 5⁶
Jadi bentuk sederhana dari (5²)³ adalah 5⁶
e. 52x (2/5)3 x (2/5)5
   = 52 x (2/5)3 + 5
   = 52 x (2/5)8
Jadi bentuk sederhana dari 52x (2/5)3 x (2/5)5 adalah 52 x (2/5)8

 

Jawaban Nomor 2

w3 × w4 = w7
Bentuk w3 × w4 Tidak dapat disederhanakan
Alasannya :
Kedua perpangkatan tersebut memiliki basis yang berbeda.
Jawaban Nomor 3
Kunci Jawaban :
a. y³ × 2y⁷ × (3y)²
y³ × 2y⁷ × (3y)² = 2 × y³⁺⁷ × 3² × y²
                          = 2 × 9 × y¹⁰ × y²
                          = 18 × y¹⁰⁺²
                          = 18 y¹²
Jadi bentuk sederhana dari y³ × 2y⁷ × (3y)² adalah 18 y¹²
b. b × 2y⁷× b³× y²
b × 2y⁷ × b³ × y² = 2 × b¹ × b³ × y⁷ × y²
                            = 2 b¹⁺³ y⁷⁺²
                            = 2 b⁴ y⁹
Jadi bentuk sederhana dari b × 2y⁷× b³× y² adalah 2 b⁴ y⁹
c. 3m³ × (mn)⁴
3m³ × (mn)⁴ = 3 m³ × m⁴ × n⁴
                    = 3 m³⁺⁴ n⁴
                    = 3 m⁷ n⁴
Jadi bentuk sederhana dari 3m³ × (mn)⁴ adalah 3 m⁷ n⁴
d. (tn³)⁴ × 4t³
(tn³)⁴ × 4t³   = t⁴  × 4t³
                    = 4 n¹² t⁴⁺³
                    = 4 n¹² t⁷
Jadi bentuk sederhana dari (tn³)⁴ × 4t³ adalah 4 n¹² t⁷
e. (2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴
(2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 2 x³ × 3x ×2×3  ×y2x3 x 5 y⁴
                                   = 2 × 3 × 5 × x³ × x⁶ × y⁶ × y⁴
                                   = 30 x³⁺⁶ y⁶⁺⁴
                                   = 30 x⁹ y¹⁰
Jadi bentuk sederhana dari (2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴adalah 30 x⁹ y¹⁰
Jawaban Nomor 4
Kunci Jawaban :
a. 2 x 3³ x 3⁷
    2 x 33 + 7
    2 x 310
Jadi bentuk sederhana dari 2 x 3³ x 3⁷ adalah 2 x 310
b. (22 × 16 ) + 50
    (4 x 1) + 50
    4 + 50
    54
Jadi bentuk sederhana dari (22 × 16 ) + 50 adalah 54
c. (1/2)³ x (-1/2)¹²
    (1/2)3 + 12
    (1/2)¹⁵
Jadi bentuk sederhana dari (1/2)³ x (-1/2)¹² adalah  (1/2)¹⁵
d. 2⁴ x 2² x 2³
    24 + 2 + 3
    2⁹
Jadi bentuk sederhana dari 2⁴ x 2² x 2³ adalah 2⁹
 
Jawaban Nomor 5
Kunci Jawaban :
 a. 4³ × 2⁶
    = (2²)³ × 2⁶
    = 2⁶ × 2⁶
    = 2⁶⁺⁶
    = 2¹²
Jadi bentuk sederhana dari 4³ × 2⁶ adalah 2¹²
b. (3²)⁵ × 3⁵
    = 3¹⁰ × 3⁵
    = 3¹⁰⁺⁵
    = 3¹⁵
Jadi bentuk sederhana dari (3²)⁵ × 3⁵ adalah 3¹⁵
c. 4 × 3⁴ + 5 × 3⁴
    = (4 + 5) × 3⁴
    = 9 × 3⁴
    = 3² × 3⁴
    = 3²⁺⁴
    = 3⁶
Jadi bentuk sederhana dari 4 × 3⁴ + 5 × 3⁴ adalah 3⁶
d. (–125) × (–5)⁶
    = (–5)³ × (–5)⁶
    = (–5)³⁺⁶
    = (–5)⁹
    = –5⁹
Jadi bentuk sederhana dari (–125) × (–5)⁶ adalah –5⁹
 
Jawaban Nomor 6
Kunci Jawaban :
a. 64
    64 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 26
b. 20
    20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
c. 100
    100 = 2 x 2 x 5 x 5 = 22 x 52
d. 128/3
    128/3 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 / 3 = 27 /3
 
 
Jawaban Nomor 7
Kunci Jawaban :
a. (3x)x = 81
    3×2= 34
    x2 = 4
    x2 = 22
    x = 2
    x1 = 2 dan x2 = –2
Jadi nilai x1 dan x2 dari persamaan (3x)x = 81 berturut-turut  adalah 2 dan -2
b) 1/64 × 4x × 2x = 64
    4x × 2x = 64 × 64
    22x × 2x = 26 × 26
    23x = 212
    3x = 12
    x = 12/3
    x = 4
Jadi nilai x dari persamaan 1/64 × 4x × 2x = 64 adalah 4
 
 
Jawaban Nomor 8
Kunci Jawaban :
4³ × 5⁶ = (2²)³ × 5⁶
            = 2⁶ × 5⁶
            = (2 × 5)⁶
            = 10⁶
            = 1.000.000,-
Jadi hasil kali perpangkatan 4³ × 5⁶ adalah 1.000.000,-
Jawaban Nomor 9
Kunci Jawaban :
Diketahui :
g = 9,8 m/s²
t = 10 s
Ditanya :
Tinggi gedung (h) ?
Penyelesaian :
h = ½ g.t²
h = ½ (9,8 m/s²) . (10 s)²
h = (4,9 m/s²) . (100 s²)
h = 490 m
Jadi tinggi gedung tersebut adalah 490 m
Jawaban Nomor 10
Kunci Jawaban :
Diketahui :
3¹⁵⁰⁰ + 9⁷⁵⁰ + 27⁵⁰⁰ = 3ᵇ
Ditanya :
Berapakah nilai b?
Penyelesaian :
3¹⁵⁰⁰ + 9⁷⁵⁰ + 27⁵⁰⁰ = 3ᵇ
3¹⁵⁰⁰ + (3²)⁷⁵⁰ + (3³)⁵⁰⁰ = 3ᵇ
3¹⁵⁰⁰ + 3¹⁵⁰⁰ + 3¹⁵⁰⁰ = 3ᵇ
3(3¹⁵⁰⁰) = 3ᵇ
3¹⁺¹⁵⁰⁰ = 3ᵇ
3¹⁵⁰¹ = 3ᵇ
b = 1.501
Jadi nilai b adalah 1.501.
Jawaban Nomor 11
Kunci Jawaban :
a. 36 x 34 = (3 x 3)6 + 4 = 910
Seharusnya :
Perkalian perpangkatan yang sama, cukup menulis satu basis kemudian menjumlahkan pangkatnya saja, sehingga hasil yang benar adalah 36 x 34 = 36 + 4 = 310
b. (t-3 )6 = (t-3 + 6 = t-3
Seharusnya :
Jika terdapat lebih dari satu pangkat dalam satu basis, maka kalikan seluruh pangkat, sehingga hasil yang benar adalah (t-3)6 = t-3 x 6 =t-18
 
Jawaban Nomor 12
Kunci Jawaban :
Lama perdagangan dalam satu minggu (menit) = 96 x 60 = 5.760 menit
Banyak perputaran uang = 81.000.000 × 5.760 = Rp. 466.560.000.000
Jika banyak perputaran uang Rp. 466.560.000.000,00 dinyatakan dalam bentuk perpangkatan maka hasilnya adalah 4,6656 × 1011 rupiah
 
Jawaban Nomor 13
Kunci Jawaban :
Diketahui :
π = 3,14
Lama perendaman (detik): 3 × 60 × 60 = 10.800 detik
Ditanya :
Volume setelah proses perendaman?
Penyelesaian :
Pertambahan diameter bola karet :
10.800 × 0,002 = 21,6 mm = 2,16 cm
Diameter bola karet setelah perendaman :
7 + 2,16 = 9,16 cm
Volume bola setelah proses perendaman
v = 4/3 π r3
v = 4/3 × 3,14 × (9,16)3
v = 3.217,768 cm
Jadi volume bola setelah proses perendaman adalah 3.217,768 cm

🙌Baca Juga:

Rangkuman  Matematika kelas 9

statement resmi Gita Ya itu sudah dirilis Monggo dilihat Instagram dan Twitter itu kalau dari aku iya iya terima kasih dia seekor poinnya tepat sekali

dia Jadi sebenarnya teman-teman juga memberikan dukungan dan sebenarnya juga mempertanyakan GTA Kenapa kemudian Respon yang didapatkan d

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21

ari pihak rektorat tapi terjadi pemanggilan gitu harusnya apa yang salah harusnya bangga ya punya mahasiswa yang masih mau bersuara keras gitu ya punya stending dan punya critical thinking juga terhadap kondisi negara kita saat ini bye tekan

 langsung kembar Spin Bachsin Bagaimana sebenarnya Bachsin juga menilai atau menerapi terkait dengan kasus dari BEM UI ini gitu ya dan lebih juga kepada respon rektorat ya gitu Jadi tidak hanya Bagaimana kemudian ini membuat gaduh dari partai pendukung Jokowi yang kemudian membela GTA dengan berlandaskan Bahwa ini tidak ada landasan intelektualnya gitu ya bahkan sampai ada kem

udian meskipun hanya sekedar Twitter cuitan duit di Twitter tapi itu kan juga sebenarnya cuitan dari seorang dosen yang harusnya juga statementnya juga bisa dipertanggungjawabkan Tetapi bagaimana sebenarnya respon dari pihak rektorat gitu jadi nih lagi-lagi kita bicara Bagaimana ruang-ruang

demokrasi kualitas ruang-ruang demokrasi yang saat ini ada di Indonesia bagaimana Bachsin menilai hal itu silakan bc-in ya terima kasih buat bias tadi udah udah komplit sekali ya Menurut saya responnya rektorat itu enggak mencerminkan institusi akademis Hai tidak akademis sama sekali tidak

 intelektual sama sekali akademisi itu kan percaya dengan rasionalitas Jadi kalau ada kata dilawan dengan kata kalimat dilawan dengan kalimat kalau rektorat UI menganggapku tidak benar bikin konten aja kenapa bikin surat yang isinya se

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21

dikit sekali dan memanggil pada hari Minggu itu ya ini sebetulnya sudah dipertontonkan rektorat UI itu kan bentuk relasi Kuasa karena ini mahasiswa k

alau mau lulus tergantung kepada kami terus dipanggil nah Celakanya kita kemudian tahu dipinang rektorat yaitu Rektor itu punya konflik kepentingan pernah jadi Satgas omnibus slow yang adalah mengakselerasi ke pidato Presiden diperhatikannya juga dia wakil komisaris ya gitu jadi sudah sangat tendensius dan yang paling penting sebetulnya apa yang diungkapkan teman-teman BMI itu k

enyataan hai gitu Jadi saya sebetulnya tuh ingin menantang atau mau menantang rektorat kalau itu tidak benar Coba buktikan bisa gak Mereka membuktikan itu tidak benar pasti nggak bisa karena data-data misalnya necessary ambil beberapa saja ya impor beras Pak Jokowi itu Juli 2014 pernah bilang ketika lagi mencalonkan diri tidak akan impor beras ternyata dia mengimpor beras dia bahkan pernah bilang tiga tahun nggak pernah impor beras itu pernyataan setelah jadi presiden ya ternyata data d

ari BPS 2018 ada impor beras dua juta lebih dan yang lebih celaka lagi omnibus pencipta kerja itu menghapus tindak pidana bagi orang yang mengimpor pangan ketika pangan dalam negeri masih cukup dan kita semua tahu bahwa letak belum lupa ingatan gitu bahwa yang mendorong yang mau

nya ada omnibus kecepat kerja ya Pak Jokowi jadi dari satu fakta ini saja itu pernyataan dia itu ya lips itu sudah halus ya Hai begitu baik dan lebih baik Makasih Mbak Fin Jadi sebenarnya King of lip service itu sebenarnya sudah bahasa yang sebena

KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21
KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Latihan 1.2 Halaman 20 21

rnya cukup halus gitu ya kalau kemudian kita melihat sebenarnya begitu banyak kondisi-kondisi ketidakadilan GTA dan ketidakberpihakan dan apa yang kemudian dijanjikan gitu ternyata tidak sesuai dengan kenyataan khususnya pada saat kemudian k

ita melihat begitu banyak norma hukum norma kebijakan regulasi-regulasi yang sangat mencederai keadilan kita sendiri dan juga keadilan terhadap rakyat Bang Rocky Saya sedikit banyak ingin ju

ga meminta tanggapan Bang Rocky itu efek lagi-lagi kita bicara Tadi Mbak Fin sempat menyinggung bahwa di sini sudah jelas konflik kepentingannya itu bagaimana kemudian rektorat UI gitu ya memanggil beberapa mahasiswa dari pengurus BEM ini yang seharusnya itu harusnya mereka tidak menggunakan relasi kuasa itu Ditekan nah ini adalah kebebasan berpendapat esnya mereka bangga gitu masih mempunyai mahasiswa yang peduli gitu ya dengan kondisi Negeri ini dan berani m

engambil sebuah standing Shining position untuk mengkritik gitu Apa yang sebenarnya salah gitu ya dan di sini tadi Mbak Astin juga sudah sempat mengatakan ada konflik kepentingan juga gitu nah kayak saya sedikit banyak mau tanya pandangan Bang Rocky kita sering sekali sebenarnya dari beberapa dari begitu banyak diskusi bicara tentang bagaimana pemerintahan Jokowi saat ini menghasilkan begitu banyak regulasi normal hukum menurut pijakan yang sebenarnya sangat tidak berpihak kepada rakyat dan menguntungkan kepentingan oligarki tadikan Apakah sebenarnya pengaruh oligarki in

i sudah sejauh itu masuk kemudian tidak hanya kepada di level pemerintahan saja tidak hanya di level apa wakil rakyat saja gitu tapi memang sudah masuk pengaruhnya GTA sampai kemudian memberikan tekanan atau presser yang cukup besar gitu ke kampus-kampus

 untuk untuk sedikit banyak membatasi suara dari mahasiswa yang sebenarnya sudah sangat vokal terhadap kondisi negara kita Silakan Bang Roni Halo Bang Rocky mohon maaf masih duit diambil ya tapi bibir saya terima Jalan geraknya tapi nggak kedengeran banget onli

ne silakan Ya maksudnya baca gerak bibir saya karena itu libvirt juga tuh jadi saya anjurkan dulu supaya bem.ui memanggil Rektor pada hari Minsekarang ya dan itu sebetulnya tidak banyak dibicarakan orang itu ada indikator bahwa presiden kita anti demokrasi karena tidak mau istana didekati saja itu enggak pop orang ngelihat istananya jadi enggak mau

 takut sangat tahu akut atau nggak mau gitu Apa alasannya dan kekerasan Sudahlah semua orang yang ditangkap itu masih ditangkap itu ia dipukuli habis-habisan dan pengacara enggak boleh mendampingi nggak boleh masuk kalau mencoba ngotot dibeberapa tempat teman-teman LBH itu dipukul juga dapat kekerasan juga gitu ya Terakhir ya

ng di awal wadah Itu juga dijadikan apa juga ditangkap semua pendamping pendamping ini ke dan Syekh gini Enggak heran ya kalau mahasiswa itu marah atau publik marah karena mereka mengalami kekerasan itu mereka mengalami pengusiran itu mengalami penghalang halangan aksi jadi mubazir ngomong apa juga itu bukan kenyataan dan itu tidak bisa menghentikan kemarahan publik yang mengalami kekerasan kekerasan itu Oh ya makamenggunakan info antar dan akan bilang oh ini mencatatkan gitu ya jadi ini ini sepertinya memang bukan salah kita gitu loh bukan salah kita padahal tadi Mas Dani sudah bilang bahwa ini ada meningitis Ester dirinya ad

a tata ruang juga sebenarnya salah ada pola pembangunan ekstraktif yang digenjot habis-habisan GTA yang lagi-lagi dia meninggalkan dampak kerusakan yang besar dia punya emisi karbon yang tahun besar lagi jadi semuanya itu sebenarnya sangat berkaitan Bachsin Aku pengen tanya lagi nih benar bahwa memang kemudian kalau kita bicara secara implementasi Hai itu memang sulit sekali kemudian masyarakat punya ruang untuk berpartisipasi paling enggak untuk menyuarakan A

pakah sebenarnya mereka begini aku nggak great gitu ya atau bahkan buru-buru kita bilang bosen S7 atau nggak di tetapi bahkan hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar jujur dan menyeluruh terhadap proyek itu saja terkadang sangat sulit jika ya kita berkali-kali misalkan kita bisa amdalnya di pengadilan berumur masyarakat tahu aja kadang nggak gitu kalau tahu pun dibilangnya proyek-proyek pabrik kecap kita juga Gita KDI dibohongin Nah itu bahkan akses terhadap informasi itu saja kadang tidak ada Fitriana tapi Jangan berkecil hati karena sebenarnya banyak sekali kita juga mampu kita

juga bertemu gitu ya dengan pejuang-pejuang lingkungan dengan masyarakat yang memang murni berdiri di Garda depan di garis depan dan kalau ingin mempertahankan ruang hidup mereka ingin mempertahankan supaya anaknya istrinya tetap bisa hidup di sana tetap kita tinggal di sana dan bersekolah di sana murni mempertahankan ini adalah satu-satunya penghidupan saya dan yang saya punya gitu kalau saya digusur apa jadinya ya tetapi untuk kemudian mereka-mereka yang memutuskan untuk tidak diam terhadap situasi gitu ya Apa yang sebenarnya terjadi kita ada gimana vc

ini distek ini tuh sebenarnya bangsa Indonesia ada gimana sih gitu ya dengan pola-pola atau dengan sistem yang saat ini justru adanya Indonesia jadi kalau nama-nama yang ada di buku di buku pelajaran yang yang disebut sebagai pahlawan begitu ya oleh negara itu dibuka denger cerita dibuang ditangkap ditahan oleh Belanda gitu ya cerita itu juga dialami tapi ditangkap oleh Polisi Republik Indonesia dituntut oleh Kejaksaan republik Indonesia dan dihukum oleh pengadilan Republik Indonesia gitu Kakak jadi banyak sekali dari mereka itu dikriminalisasi kalau kita data-data kami lagi-lagi datan

g itu sangat sedikit karena hanya ada di 17 provinsi dan yang ditangani bukan yang kami data ada hampir 200 orang kepada sebagai hari itu masyarakat adat petani buruh nelayan yang bikin realisasi kemudian juga ada penangkapan Jadi sebetulnya salah satu yang mengemuka tahun 2019-2020 adalah penangkapan sewenang-wenang ada setidaknya 1144 orang ditahan secara sewenang-wenang ini lagi-lagi yang cuma di 17 provinsi dan yang ditangani kami enggak catet tuh yang ditangkap di dia Halmahera ketika aksi omnibus lho padahal ada 90.8 aksi Omni penolakan terhadap Omni Go

eslow yang dicatat oleh fraksi rakyat Indonesia atau 2020 ada 3539 orang ditangkap secara sewenang-wenang bahkan Polda Metro Jaya kan pernah ngomong kan dalam satu kali aksi mereka menangkap 1500 orang dibebaskan lebih lebih banyak yang dibebaskan daripada yang adidog pengadilan itu artinya dalam hukum Oh ditangkap untuk apa kalau bukan dukun tuk diadili itu artinya untuk menggembosi nax ikan gitu dan action episode penting dalam persoalan iklim bencana iklim dan persoalan tadi yang kita bicarakan di film ini karena onibus lo akan mempermudah izin di pesisir itu dan akan me

mporak-porandakan pesisir Indonesia Oh ya makasih mbak Sin sudah sedikit banyak tadi di singgung terkait dengan omnibus lo Yaomi buku ini baru saja dikeluarkan disaat memang kita semua sibuk dengan pandemi nah tiba-tiba disahkan gitu saja di rasanya kayak Aduh patah hati oke makasih bas nanti kita kembali lagi ke masjid dengan bahasan yang lebih menyeluruh lagi gitu ya kalau teman-teman Monggo kalau Adek mau bertanya silahkan langsung saja akut comment enggak di channel You

Tube begitu saja ya yang mereka tidak menyaksikan diskusinya kalau mau bertanya tentang angle dari norma kebijakan atau norma hukum yang saat ini memang ada dan kudet untuk konteks dipelajari konteks krisis dari konteks bencana tapi kemudian kita berhadapan dengan sistem yang seperti ini kita dan kalau mau sedikit banyak nanya juga terkait dengan filmnya gitu tunggu disini juga dapat Dendi baik sekarang bang Rocky Bang Rocky ah Saya punya banyak pertanyaan ini sebenarnya untuk Bang Rocky nyang pertama akan saya buka dengan pertama kali Bang Rocky menonto

n film dilihat tenggelam dalam diam What’s up Apa yang apa yang banget ditangkap pertama kali audiophile was-was Widen Saya nonton filmnya dua kali pertama dari depan kedua dari belakang itu supaya ketemu dari Jakarta lalu dari Surabaya dan ketemu persis di dalam suasana antara marah dan senang itu marah karena Anda hal yang disembunyikan oleh regulasi senang karena yang disembunyikan itu dibuka oleh watch dan itu dibuka dengan cara yang sebetulnya liris juga di film ini kalau beli sebetulnya kalau saya bandingkan misalnya dengan ah ah lagunya Michael Jackson Earth Song itu yang betul-betul menggemparkan Itu bajunya ad song tah

un 90-an itu anemia itu What about sunrise abng-undang 8 asasnya hp-nya sudah tidak ada lagi ada 13 asasnya itu yang paling pertama adalah asasnya starnya karena selama ini kita melihat bahwa jemaah haji kita sebagian besar hampir tidak menguning syariahnya maka itu kita mengutamakan syariahnya dalam di luar masa pandemic diluar masa pendidikan nah tujuan Penyelenggaraan Haji ada tiga saya tuntutan tadi pembinaan pelayanan dan perlindungan ketika dalam suasana normal maka pembinaan syariahnya yang kita kedepankan tetapi hari ini karena kondisinya yang sangat-sangat mengancam kita semua maka yang dikedepankan adalah Hai yang ketiganya perhitung

an yaitu and Hai ayang selanjutnya sudah ada kuota tahun 2021 bank maka kita sudah bisa menghitung kebutuhan kebutuhan susah kita sudah bisa bisa itu berapa knalpot aslinya Berapa harga pesawatnya Berapa akomodasinya Berapa konsumsi sudah bisa gitu karena kuotanya sudah kita dapatkan tapi alakuliha

 tidak bisa memberangkatkan nah pertanyaannya hari ini kenapa kita tidak bisa menghitung enggak ada kuotanya Ayo kita mau ngitung dari mana mau ngitung dari 100 mau ngitung kayak 50 tetapi mitigasi kita sudah ada kalau kita Bukannya dikasih 10% sekian kebutuhannya dikasih 5% sekian kebutuhannya dikasih 1,8 persen sekian kebutuhannya tapi mitigasi itu kan tidak bisa kita Tunggul tangki Arab Saudi Kita kan harus mengambil kesimpulan kita tidak punya specific to kita memindahkan sekali lagi Bang Mengapa refly Bang Revi susah benerinnya ya bang ngefly kita memindahkan orang dari Indonesia ke Arab Saudi perjalanan saja itu makan waktu sembilan jam kalaulah kita tadi yan

g menyampaikan opis Ah mudah gampang Sekarang kan sudah sistem semua kalau bisa biasa kalau bisa hajikan paket dulu yang ada kita sudah pasti konsumsinya sudah pasti apa akomodasinya sudah pasti transportasinya baru dipaket sikap paket itu pasti maka baru muncul namanya visa yakin uang kalau kamu pisah-pisah biasa Iya masuk ini hari besok bisa keluar tetapi kita ketika kita bisa visa Haji Nah bisa di ada-ada ada sistem sendiri banget pengikisan yang selanjutnya Hai panjang Haji suda

h saya jawab tadi lokasi akomodasi menentukan Hai kalau akomodasinya dekat mahal Bang itu bisa 5500 Tetapi kalau gas akomodasi di Aziz Ya itu bisa 3000-4000 Betul apa katamu isotonik Tetapi kan kita ini bukan kayak Malaysia bukan kayak Singapore cukup satu tolong selesai kita ada 221000 jemaah 157 towel yang kita butuhkan nah ketika 157 Tower itulah kita tidak bisa mengambil semua disekitar Masjidil Haram tentu ada yang jauh ada yang dekat ketika ada yang jauh ada yang dekat itulah kita subsidi silang Supaya apa supaya agaknya bisa rata-rata tetapi pembayaran sesuai dengan harga hotel yang ada disana Kau itu Hai nama Kemenag menikmati transaksi layanan bank ah ah bangun Ussy saya ya boleh-boleh sedikit kecewa kalau dibilangin Kemenag menikmati layanan apa yang apa-apa nanti menikmati transaksi layanan bank akomodasi konsumsi itu kita tidak bisa ngapa-ngapain Bang setiap Sen yang kita keluarkan harus mendapat persetujuan komisi 8 harus disepakati Panja DPR dan p

emerintah nggak bisa ngapa-ngapain Bang Kalau mau kaya saya orang yang paling kaya mungkin karena di channel ini kalau mau Kecewa saya yang paling kecewa hari ini karena saya Dirjen Bagaimana mungkin seorang PLT tidak mampu ia mengaku lebih keinginan jemaah yang sekian ratus 100.000 itu tetapi apa hendak dikata kita melaksanakan Haji bukan di Indonesia Haji dilaksanakan dalam waktu dan tempat yang yang ditentukan Haji dilaksanakan dalam ruang dan waktu yang ditentukan Andaikata haji itu tidak dilaksanakan dengan uang dan waktu yang ditentukan Kenapa kita harus jauh-jauh akan Saudi di Pondok Gede ada kok Kakbah di Pondok Gede bisa kok tawar di Pondok Gede bisa volema pajak dan Pak jumbo tapi kan gak sah nah Ketika kita bicara Haji uang yang pasti di Masjidil Harom bahasa Hai tanggalnya pasti tanggal 9 itulah yang membuat manajemen Haji harus hati-hati kalau halaman mengatakan Allah enggak Pak Masa nggak bisa cukup tiga h

ari seminggu menyiapkannya saya pastikan tidak mungkin dalam suasana normal kita menyiapkan itu tidak kurang dari empat bulan Bang happy hari ini kita potong pelunasan sudah selesai pendaftaran sudah selesai maka ada kemungkinan kalau memang tanggal 28 kemarin masih ada pegunungan kita masih memungkinkan untuk mengangkat kan paling tidak lima persen Tapi sampai hari ini Belum ada bagaimana kita menyiapkannya pesawat kita sudah nego dengan kontrak akomodasi belum konsumsi belum transportasi di Arab Saudi belum bagaimana kita mau ke sana orang ditutup dua bulan yang lalu saya mengirim surat kepada duta besar untuk kami bisa mengirimkan tim Sekali lagi kami bisa mengirimkan tim ke sana untuk dapat layanan disitu Tapi sampai hari ini bisanya nggak keluar Hai saya ambil inspirasi sederhana aja hari ini saya diundang Bang Kavling kesini karena diundang saya bisa masuk Hai mungkin kasih kalau tidak masuk saja tidak Diundang lengkapi bisa kesini kan mustahil kalaupun saya bisa masuk ke sini pasti diusir Nah itulah h

ari ini yang terjadi Apakah Indonesia Saint tidak seluruh dunia seluruh dunia belum ada emoyu belum ada kalimatul Haq dengan pembelaan Saudi kira-kira itu yang perlu saya sampaikan Abang yanri sudah jelas bang Rizal Fadillah pembatalan sepihak Bang Rizal misalnya Edi Mulyadi oh Bang Rizal Edi Mulyadi ya pembatalan sepihak tidak menurut saya Kami sudah melakukan semua koordinasi dengan dpx hampir empat bulan dengan MUI dengan ormas Islam dengan asosiasi dengan kabihusi udah kita lakukan semalam sudah kita lakukan semua Alhamdulillah kalau mereka yang sudah memahami menyepakati ada yang Halo Mami tidak menyebabkan hal Wajar saja kok hal Wajar saja tidak perlu kita perdebatkan inilah masukan-masukan nggak ada Bunda tadi menjadi masukkan kami ke depan insyaallah insyaallah ini menjadi mitigasi kita karena undang-undang bukan harga mati und

ang-undang bisa diubah manakala kita sepakati tapi selama undang-undang itu ada I am the namun Nah itu Kalau kami tidak mendetect dengan undang-undang maka urusannya dengan hukum nauzubillahminzalik jadi PLT urusan dengan hukum tidak pantas juga akan nah yang selanjutnya bye bang Tata sudah Pernahkah dianggap dianggarkan Bang setiap tahun kita diskusikan Bang setiap tahun ketika kita sudah mendapat kuota maka kita membuat penting namanya panjang bpih Hai yang diikuti oleh Kementerian Agama dan DPR disitu dibahas detil berapa harganya berapa kebutuhannya berapa uang kita ada setelah itu selesai kita minta gede bpih bpkh uang itulah yang kita kelola lebih indah kami tidak bisa ngambil uang itu diluar kebutuhan Haji tak bisa hanya kebutuhan haji yang bisa kita ambil nah kebutuhan Haji itulah hari ini belum ada yang kita minta Hai orang belum ada rencana ya f-111 sen pun hari ini Bang Satu sen pun belum ada uang bpkh yang kita minta Bintang tuh dipegang Pak ah APBN APBN APBN APBN tidak bahaya kita siapkan termasuk mencetak buku manasik itu ke

mudian MOS hari ini kami sudah membuat Pitik ngasih uang buku manasik dalam masa pandemic sudah kita buat tapi enggak jadi sekali lagi siapa yang kecewa yang paling Kecewa saya Abang lihat mata saya sampai merah Bang stress Bang stress banget ya Allah bang saya sampai Nazar Bang Bagaimana Haji ini bisa berangkat tapi Allah menghendaki lain Inilah yang harus kita kita terima dengan lapang dada kita teman dengan rasa tawadhu’ kena haji adalah maklumat haji adalah panggilan maka itu saya tidak menampik apapun semua masukan-masukan Babi sekalian saya hormati saya terima kasih ini menjadi bahan lebih saya ini Bang jadi bahan evaluasi saya tetapi bagi y

ang sudah mendukung menyemprot saya terima kasih mudah-mudahan saya bisa melaksanakan ini sampai akhir jabatan saya dengan Khusnul Khotimah walau avikila kau tarik assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Hai banget dipanggil enggak berani tampil Makasih semuanya ya terima kasih banyak Pak Jen kami mengapresiasi Pak Dirjen sudah hadir ya Salam buat menteri agama dan pejabat-pejabat lainnya hahaha hahaha [Tepuk tangan] Hai jadi sobat daerah sekaliannya terlepas apa jabatan jawaban dari Dirjen tertentu Secangkir Kopi ini menghargai kehadiran beliau Ya karena harus memang agen-agen pemerintahan jurubicara menghadirkan menjelaskan kepada masyarakat ini bagian closing statement nya oke hahaha Khusnul nanti Mas Lutfi dan kemudian Bang ichsanuddin noorsy dan cosplay slogan Oke terima kasih pertama memang kita punya masalah komunikasi politik ya jadi simpang-siur itu tadi jangan kemudian rakyat mau protes kemudian dibilang nanti bikin bikin apa Guru ada atau bikin dan sebagainya tapi sebetulnya tuntutan kita tetap kepada yang kita titipi uangnya Hai dan kemudian ternyata t

adi juga Kemenag gitu ya terus kemudian yang paling atas yaitu presiden Kemenag dibawa presiden apa ini presiden komunikasi politik itu baik dari pemerintah kepada jamaah maupun komunikasi diplomasi antar negara jadi lobi itu sangat penting dan salah satu yang penting itu indikatornya kalau berhubungan dengan ksa.bps sebetulnya jangan sering-sering mengganti orang yang melakukan lobi

 bawah kita bolak-balik unta ganti itu biasanya enggak dipercaya sama Kaesang ini kalau kita lihat kemudian diplomasinya Bagaimana salah satu Saya pernah ini salah satu contoh pernah satu panel dengan Profesor Din Syamsuddin waktu pengalaman Pak Din waktu dia menjadi Dirjen apa ya di tenaga kerja loker yang kasus dan kita juga punya banyak kasus atki Apa yang dilakukan bahasa beliau itu diplomasi pisang raja jadi salah satu putra mahkota pangeran di sana itu suka pisang raja Jadi bagaimana waktu itu pak Din menyelesaikan masalah dia kirimin itu pisang raja ke putra mahkota itu kemudian dia datang dan dia menyampaikan nah hal-hal spesifik seperti itu juga harus lakukan Tong ini juga setiap tahun Jadi sebetulnya nggak ada alasan misalnya Oh ya Kemenag ini enggak bisa mempersiapkan blablabla karena setiap tahun ya saya pernah menjadi anggota KPU jadi ngertilah Bagaimana yang namanya operasional penyelenggaraan pemilu yang begitu detil begitu besar dan sebagainya Dan ini juga ini lebih-lebih lagi karena setiap tahun artinya Apa artinya perencanaan

 itu Jangan Menunggu pas mau tiga bulan sebelum Haji dan sebagainya sudah panjang selesai mulai lagi selesai lagi yang harus dilakukan memang seperti itu yang berikutnya lagi harus ada FW Tiar yang dilakukan oleh Kementerian yang kemudian itu transparan dan akuntabel kita tahu apa yang dilakukan dan sebagai anggap semuanya

out Rain ini tuh lagunya kan What the boat All the things that you said we were together Rich bagian itu yang sebetulnya bikin saya menganggap bahwa 25 tahun lalu Michael Jackson memulai satu kampanye untuk menyelamatkan lingkungan melalui musik dan itu Michael Jackson dapat pujian seluruh dunia tuh hari ini hal yang sama diucapkan melalui film walaupun dalam skala yang kecil tapi itu sebetulnya hanya menyambungkan yang pernah diberontak oleh Michael Jackson lalu diucapkan bicara yang liris oleh alam ini di belakangnya sebelumnya ada grade Tebet saya bertanya di dala

m upaya untuk memahami problem ini apakah kekuasaan tidak pernah nonton Michael Jackson apa kekuasaan tidak pernah membaca majalah Thai tidak kenal siapa itu gradakan betapa kekuasaan tidak ingin berdebat enggak mau berdebat ia bercakap-cakap dengan Watchdog itu jadi ini semua soal kita tuh dan saya menganggap bahwa Shalom semacam ini akan jadi se

macam foodprint untuk mengingatkan bahwa pantai Indonesia itu udah 90.000 KM dua kali putaran bumi itu dan dirusak perlahan-lahan dari Surabaya ke Jakarta Jakarta ke Surabaya dan berpuncak di Jawa Tengah Jadi pertanyaan saya adalah kalau soal sesimpel ini yang sudah dikemas secara yang hidup sederhana tetapi dengan niat untuk menghasilkan kehidupan baru tidak juga dipahami oleh pemerintah maka saya anggap tadi bahwa ini bukan menit disaster sebetulnya tapi one one man macho itu ini seseo

rang yang sedang berkuasa dan ingin memamerkan gua dia bisa atasi segala sesuatu saya lihat tadi malam itu video dari Anies Baswedan yang kemudian dipuji kan ke seluruh rakyat puji-puji episode Anies Baswedan seorang politisi yang berupaya Untuk memanfaatkan isu dalam upaya untuk Kendati ada upaya untuk penyerahan lingkungan tapi kemping er tempe inner dia lalu ambil itu sebagai upaya untuk menaikkan elektabilitas tuh memang ada hubungannya tapi kita musik anggap

buat semua orang adalah kontainer untuk lingkungan jadi sekali lagi kita Persebaya persoalan lingkungan ini dipahami di dalam dasar kehidupan peradaban kita kalau terus-menerus misalnya pemerintah menganggap bahwa ya sosok lingkungan itu bisa diatasi dengan kebijakan teknokrat tidak bisa karena lingkungan itu menulis sendiri hukumnya dan kita hanya boleh mengapresiasi bukan untuk mengeksploitasi h

ukum alam itu hukum Manager itu kalau misalnya saya selalu menganggapmu pemerintahan melihat soal ini sebagai btcspinner soal PKN kalau ada pohon ditebang itu dianggap sebagai itu dibutuhkan untuk bikin Bible pohon ditebang untuk bikin Bible di sebuah pabrik di Solo gitu Padahal sebetulnya pohon itu adalah kumpulan dari sungai kecil kan kita seluruh anggap sungai itu bermuarany

a ke laut tidak sungai itu bermuaranya ke pohon sisa dari arus air itu-itu aja di sungai tapi Sungai pertama adalah pohon Hai yang menghisap air melalui kapiler-kapiler kecil itu dan diuapkan DVD evaporasi melalui daun-daunnya dan kemudian jadi-jadian awan jadi hujan lalu turun kembali untuk menyejukkan bumi itu jadi melihat pohon sebagai sungai itu enggak mampu kan pemerintah menganggap pohon itu fungsinya ekonomis itu jadi logika ekologi gagal dipahami oleh oleh presiden kita

 meskipun presiden karena harusnya gremer lingkungan Ini diucapkan secara fasih oleh presiden kita tanya Do you speak environmental Ethics Master presiden yang pernah bukan saya bertanya gretchen bet yang bertanya Sekjen PBB yang bertanya Greenpeace yang bertanya ada Woodstock gak ada satupun keterangan gua beliau untuk dastic environmental Ethics jadi sekali lagi supaya kita bisa ajukan ini sebagai program peradaban diperlukan bukan sekedar upaya untuk meminta belas kasihan

 pemerintah Feby 11 counterattack yang bisa dihasilkan dengan kemampuan art bisa dihasilkan dengan kemampuan demo bisa dihasilkan dengan kemampuan hebat akademis lebih prinsipnya sama itu jadikan environment sebagai grammar politik baru tuh jadi kalau share kasih contoh Anies Baswedan tadi Jangan jadikan informan itu sekedar sebagai upaya kampanye menjadikan itu gramma

r politik baru itu karena seringkali disalahtafsirkan seolah kalau kita bicara environment itu hanya menyangkut seseorang atau dua orang yang paham isi itu kita ingin agar supaya dunia ini atau bumi Indonesia ini berwarna hijau itu walaupun kita masih hati-hati sebab kalau kita lihat dari atas Drone itu jumlah penghijauan itu bertambahnya kau bilang bumi ini menjadi coklat nggak bumi justru

bertambah mungkin dalam satu tahun ini 50% bertambah hijau tapi kita meskipun meski jauh dari mana Bukan hijau diversity tapi sejauh lapangan golf hijau sawah itu lain dengan hijau hutan ini Pemerintah bisa klaim lihatlah dari atas Iya tapi hijaunya adalah sejauh hijau yang tidak mampu untuk menghasilkan menahan eh oksigen dan penghijauan yang benar adalah kalau ada reboisasi di mana hutan dikembalikan di dalam varieties nya Dilem diversity er jadi seringkali data itu dimaksudkan sekedar un

tuk membungkam Watchdog membungkam Greenpeace membungkam mereka yang ada di LBH dengan seolah ini datanya ia tapi data hijau itu ada data yang dibuat untuk kepentingan industri sih mbak Fin ndi aku mungkin ada yang m

au ditambahkan Dia mungkin khususnya terkait dengan pengalaman-pengalaman di lapangan dari teman-teman mahasiswa sendiri secara langsung silakan Oke kalau untuk pengalaman diri ya soal Apakah saya pernah direpresi saya pribadi enggak pernah tapi kalau misalnya ngomongin secukupnya soal gerakan rakyat itu gak kurang-kurang Mbak Gak kurang-kurang Bang itu represi yang terjadi yang terhadap masa aksi dan lain sebagainya tadi poin menarik disampaikan oleh backspin bahwasanya di zamannya Pak Jokowi sekarang demonstrasi ini jadi hal yang tidak lazim hal yang spesial padahal

ya itu tidak lain tidak bukan hanya Salah satu bentuk penyampaian pendapat di ruang publik itu paint menarik dan juga saya mau nyambung ya Tadi ada dari Bang Rocky bahwasanya ini Pak Jokowi sudah Kim tek Man ya di sekretaris sekretariat kabinet RI setkab Tadi bos nyawa Saya tidak tersinggung asalkan dan sebagainya akhirnya ada dua skenario ya pertama antara Ari Kuncoro ini rektorat UI yang kelewat inisiatif manggil mahasiswanya di hari Minggu karena ada yang ejek ejek ngejek-ngejek Pak Jokowi atau ya lagi-lagi Pak Joko ini lagi l visual aja ada dua kemungkinan terus juga mung

kin nanti bisa ya Mbak fitnya atau Bang Rocky kita bahas soal Bagaimana sih secara struktural dan secara institusional rektorat ini di chapter oleh rezim karena kalau misalnya kita tinjau secara historis ya ya guys dulu deh yang UI kita rektorat UI itu tahun lalu kalau nggak salah ya pas ada diskusi Papua ngundang Veronica Comment itu hampir mirip seperti ini aku nggak tahu aku lupa Apa itu dipanggil ke rektorat juga atau tidak Tapi satu hal yang kuingat habis itu rektorat lepas tanggungjawab sampai bikin rilis resmi di websitenya bahwasanya itu bukan tanggung jawab Kami Wah gimana dan

 itu juga terjadi di UGM jika kawan-kawan saya di cls vaughan constitutional Law Society FH UGM itu bikin diskusi soal pemakzulan Presiden secara konstitusional akademis lalu yang terjadi adalah ada perundungan digital ada saya berturut-turut di-hack dipesenin go-food kalo dibayarin gak papa ini masalah dipesenin go-food bukan abad disuruh kita yang bayar dan yang rata enggak satu 10-1

5 imanu bayarnya dan apa yang dilakukan rektorat gak ngelakuin apa-apa nggak ngelakuin apa-apa Nah makanya di sini kami dari aliansi masuk UGM dan menolak omong kosong relasi bapakisme gitu antara kampus dan mahasiswa karena itu jelas-jelas eksploitatif status Bapak dari rektorat ini hanya Smartfren ketika kita melakukan besok melakukan kritik pada mereka wajah seperti itu dong Masa Bapak sendiri mengkritiknya sampai segitunya kita selesaikan saja secara kekeluargaa

n di UGM itu ada basket dan Bang Rocky istilah namanya UGM wes kalau melakukan Gerakannya jadi nggak perlulah kita marah-marah nggak perlu demonstrasi nggak perlu kritik-kritik tajam kita duduk aja bareng itu gweis dikampus saya ada istilah seperti itu dari tumor kosong telah si bapak itu hanya muncul di situ namun ketika pun yang pun kita kita pakai ini konsep bapakisme ketika anaknya mahasiswa ini dirundung direpresi di habis habisin lah di ruang publik karena konteksnya bu

mbu ya yang tadi itu apa melakukan kritik bapaknya enggak ada maka dari dia Bapak Ismail ngomong Kosong gitu dan juga yang ketiga adalah salah satu bentuk lip service ya Jokowi yaitu terbaru Februari kalau nggak salah Hai terbaru februari 2021 aku lupa tanggal Ya dalam satu berita Pak Jokowi bilang lagi rindu didemo Kok bisa rindu didemo oleh orang dari guru 19 sudah demo demo terus pak Jokowi di mana gitu itu Abang kebingungan kami itu sih kalau kalau dari aku ya mungkin bisa lanjut Bang Rocky Iya terima kasih Dia seakan Bang Rocky mungkin sedikit banyak kalau bisa ditanggapi jadi Teh ada relasi Bapak is no ini ini bahasa yang sebenarnya menarik sekali ya relasi bapakism

e aneh gitu ayam sebenarnya hanya hadir begitu ya untuk Bagaimana kemudian mereka menyenangkan penguasaan gitu ya dan kemudian Bagaimana supaya suara anak-anak ini eh diperebut gitu ya Jadi udah nggak usah demo gitu ya tetapi pada saat Memang mereka justru tidak hadir untuk melindungi gitu mahasiswanya sebenarnya justru bersuara vokal dan bersuara keras untuk mengkritik pemerintah gitu Monggo silakan Rocky mau menanggapi terkait dengan relasi bapakisme ini ta

di Bapak yang baik itu ngajarin anaknya untuk berani jujur terbuka Jika perlu takut banyak orang kayak dia itu pasti disuruh Bapak YouTubers Anna berkelahi tuh supaya tahu artinya hidup itu bukan bojpe tinggal di rumah itu kan masih marah lama ujug-ujug supaya jangan turun ke jalan-jalan itu aktivitas rutin masih situ biasa aja apalagi bapakisme ini kemudian tumbuh di dalam seluruh sel di dalam birokrasi anabaptisme apalagi karena di dalam upaya untuk mencari rasa aman sekaligus tadi sopan santun nah sialnya sampai ketingkat negara pun dianggap yang sama buat negara ini ada kepala

negara memang tapi bukan Bapak negara kepala negara itu adalah Hai lukis Cipta untuk menerangkan gua ada yang menjadi tuntunan dan dia bisa diganti bapak enggak bisa diganti nasional gitu lho presiden menganggap dia adalah pendukung Jokowi bilang iya kan itu ada Bapak kita enggak ada Bapak pisang sistem presidensil Bapak tuh adanya di luar menjadi presiden itu bapak yang baik sebagai kepala keluarga Tetapi dia menjadi bapak yang buruk sebagai kepala negara itu kan itu d

asarnya tuh jadi kita harus ridgid dalam soal jangan-jangan memang itu berlangsung uji itu namanya Bapak Ibu isu itu kalau besok jangan pakai itu adalah semangat TNI jadi terbantahkan ini juga berlangsung bahkan dosen-dosen mudah di di kampus itu itu tunduk dan taat pendidikan karena melihat dekan itu ada bapaknya karena ibunya di situ ya UD kan itu fungsi administrasi aja tuh Rektor bidang kedudukanya administrasi doang Ngapain menjadi rekor sebagai bapak enggak ada istilah

itu di dalam ilmu pengetahuan jadi sekali lagi ke kita mau keluar sebetulnya dari lip service macam ini dia ada politik of service ingin memberitahu bahwa ke kalian itu kami lindung itu Nun dengan cara itu Yusuf mengatakan kami lindungi kalian artinya kalian hormati kami Kenapa karena kami disuruh oleh Presiden untuk melindungi kalian butuhkan putar motornya di situ jadi

ggu depan itu hari Minggu besar Minggu Buat apa Buat minta dia Terangkan mengapa dia jadi komisaris BRI to the ini berarti dapat dua kali gaji itu artinya bem.ui berhak untuk menagih kualitas pendidikan kentrek Thor disuruh kalian negara untuk jadi pemimpin Universitas full-time supaya

You May Also Like

x