KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai

KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai semester 1 pendidikan agama islam kelas 2 sma smk mak evaluasi halaman 14 15 bab 1 alquran sebagai pedoman hidup. Walaupun demikian kami jual membuat sebuah pembahasan seperti halnya di artikel kami sebelumnya kami tetap menyarankan adik-adik untuk selalu mengerjakan tugas terlebih dahulu karena pada dasarnya tugas merupakan hal yang harus di wajib dikerjakan sendiri. 
KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
Hal ini dikarenakan tugas merupakan salah satu cara seorang guru melihat kemampuan siswanya sejauh mana ya memahami materi yang telah dipaparkan atau yang telah dijelaskan oleh guru tinggal nantinya guru dapat mengetahui sejauh mana dan guru mengetahui apa tindakan selanjutnya untuk siswa yang memang kurang memahami materi yang telah dijelaskan. 
  1. Kunci jawaban PAI kelas 11
  2. Kunci jawaban Bahasa inggris kelas 11
  3. Kunci jawaban MTK kelas 11
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 11
  5. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11
  6. Kunci jawaban PKN kelas 11
  7. Kunci jawaban Prakarya kelas 11
  8. Kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11
  9. Kunci jawaban Senibudaya kelas 11
Dan perlu teman-teman betawi bahwasannya nilai tugas atau sering disebut di sekolah itu pr full janur rumah ini merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh guru ataupun sekolah untuk menentukan kenaikan kelas adik-adik sekalian. 
Jika adik-adik sekalian mengerjakan tugas dengan memindahkannya atau tidak berpikiran tidak penting tegar tersebut maka bisa dipastikan adik-adik memiliki prosentase kenaikan kelas yang sangat kecil karena pada dasarnya sekitar 60% dari nilai tugas itu akan dimasukkan ke dalam nilai rapot. 

Kunci Jawaban PAI Kelas 11

Biasanya seorang guru akan melakukan akumulasi terlebih dahulu seluruh nilai yang diperoleh dari nilai tugas kemudian akan dibagikan sesuai dengan jumlah dari nilai tersebut barulah kemudian akan diambil beberapa bersandar ini tersebut untuk digabung dengan nilai ulangan yang diperoleh. 
  1. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 14 15 evaluasi bab 1 pilihan ganda dan esai
  2. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 30 31 evaluasi bab 2 pilihan ganda dan esai
  3. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
  4. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 64 65 evaluasi bab 4 pilihan ganda dan esai
  5. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 79 80 evaluasi bab 5 pilihan ganda dan esai
  6. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 103 104 105 evaluasi bab 6 pilihan ganda dan esai
  7. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 120 121 evaluasi bab 7 pilihan ganda dan esai
  8. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 137 138 evaluasi bab 8 pilihan ganda dan esai
  9. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 160 161 evaluasi bab 9 pilihan ganda dan esai
  10. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 180 181 evaluasi bab 10 pilihan ganda dan esai
  11. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 197 198 evaluasi bab 11 pilihan ganda dan esai
Di situlah nantinya dengan teman ada adik-adikku sekalian akan dilihat apakah adik adik sekalian pantas untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi atau naik kelas apakah di dadaku sekalian harus menghalangi telah pembelajaran tersebut. 

Kunci Jawaban PAI Kelas 11

Untuk itulah di sini kami ingin mengajak adik-adikku sekalian untuk mengerjakan tugas dengan bersungguh-sungguh dan harus memiliki patokan nilai sempurna menurut kami dan itu merupakan hal yang sangat perlu ditanam dan di sugesti kan kepada adik-adik usia yang supaya nantinya kedepannya tadinya digo sekalian selalu memperoleh nilai yang sangat tinggi. 

Bagian A. Piihan Ganda

Pada kesempatan ini saya akan berbagi jawaban Evaluasi Bab 3 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI kurikulum 2013. Bab yang berjudul “Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah” ini menjelaskan tentang Perawatan Jenazah, Memandikan, Mengafani, Menyalati, Mengubur Jenazah serta penjelasanan tentang Ta’zbiyah (Melayat) dan Ziarah Kubur. Pada akhir bab 3 ini terdapat evaluasi bab 3 pada halaman 48 sampai 50 yang terdiri dari pilihan ganda dan essay. Berikut jawaban dari evaluasi bab 3.
Jawaban Evaluasi Pendidikan Agama Islam Bab 3 halaman 48-50 
A. Pilihan Ganda 
1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
   1) Jenazah laki-laki sebaiknya dibungkus dengan 3 helai kain kafan, dan wanita dengan 5 helai.
   2) Jika jenazahnya laki-laki hendaknya orang yang mengafaninya juga lakilaki.
   3) Tiap helai kain kafan dihamparkan di atas tikar dan diberi harum-haruman.
   4) Jenazah diletakkan di atas kain kafan dengan posisi tangan diangkat seperti sedang takbir ihram.
   5) Seluruh tubuh jenazah dibalut dengan kain kafan kecuali muka dibiarkan terbuka.
Dari pernyataan tersebut, pernyataan yang termasuk ketentuan syariat dalam mengafani jenazah ialah.…
a. 1, 2, dan 4 
b. 2, 3, dan 5 
c. 1, 2, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 3 
e. 3, 4, dan 5

Kunci Jawaban: d. 1, 2, dan 3   

2. Perhatikan pernyataan berikut.
   1) Yang ṡalat jenazah harus orang Islam.
   2) Merendahkan suara bacaan ketika ṡalat.
   3) Salat jenazah dilakukan setelah jenazah dimandikan.
   4) Membaca surah setelah al-Fatihāh.
   5) Letak jenazah di sebelah kiblat dari yang menyalatkan.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut, pernyataan yang termasuk syarat-syarat sah ṡalat jenazah adalah.…
a. 1, 2, dan 3 
b. 1, 3, dan 5 
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 4 
e. 2, 3, dan 4

Kunci Jawaban: b. 1, 3, dan 5  

3. Salah satu ucapan doa dalam ṡalat jenazah berbunyi:Artinya ….
a. gantikanlah rumahnya, dengan yang lebih baik dari rumahnya ketika di dunia 
b. gantikanlah kaum keluarganya dari kaum keluarganya dahulu 
c. ampunilah segala dosanya yang telah lalu 
d. Ya Allah, ampunilah ia, kasihanilah ia, sejahterakanlah ia, maafkanlah kesalahannya
e. peliharalah dia dari siksa kubur dan azab neraka

Kunci Jawaban: d. Ya Allah, ampunilah ia, kasihanilah ia, sejahterakanlah ia, maafkanlah kesalahannya  

4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 
   1) Seorang muslimah tidak boleh menyalatkan jenazah laki-laki muslim.
   2) Bila jenazahnya laki-laki, letak imam ṡalat jenazah sejajar dengan kepala jenazah.
   3) Laki-laki muslim tidak boleh menyalatkan jenazah wanita muslimah.
   4) Bila jenazahnya wanita, letak imam ṡalat jenazah sejajar dengan bagian tengah badan jenazah.
   5) Ṡalat jenazah gaib harus menghadap di mana jenazah itu dimakamkan.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut, pernyataan yang termasuk ke dalam ketentuan syariat tentang ṡalat jenazah adalah …
a. 1 dan 2 
b. 2 dan 3 
c. 3 dan 4
d. 2 dan 4 
e. 1, 3, dan 5

Kunci Jawaban: d. 2 dan 4 

5. Berikut ini termasuk perbuatan-perbuatan sunah pada waktu pemakaman, kecuali …
a. meninggikan kubur sekadarnya 
b. menandai kubur dengan batu atau kayu 
c. menaruh kerikil di atas kubur 
d. menyiram kubur dengan air 
e. penguburan jenazah sebaiknya jangan disegerakan

Kunci Jawaban: e. penguburan jenazah sebaiknya jangan disegerakan  

 Bagian B. Essay 

1. Mengapa Rasulullah saw. menyebutkan bahwa, “Mukmin yang paling banyak mengingat mati dan yang paling baik persediaannya untuk hidup setelah mati adalah mukmin yang paling cerdik.” Jelaskan!

Kunci Jawaban: Karena kita harus menyadari bahwa manusia hidup didunia ini tidak kekal dan orang mukmin yang sadar akan kematian, maka ia akan mencari bekal (pahala) untuk di Akhirat   

2. Sebutkan hal-hal yang sebaiknya segera dilakukan terhadap jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum jenazahnya dimandikan!
Kunci Jawaban:
  • Memejamkan kedua kelopak matanya dan medo’akannya.
  • Hendaklah melepaskan pakaian yg semula dikenakan kemudian menutup dengan kain yang dapat membungkus seluruh bagian tubuhnya.
  • Hendaklah menyegerakan pengurusan segala sesuatunya.
  • Alangkah baiknya dalam menghibur shohibul musibah, dengan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an atau kalimah-kalimah thaiyibah, sekaligus sebagai bentuk istighfar dan do’a.  
3. Apa yang dimaksud dengan ta’ziyyah? Kemukakan pula hukumnya, alasan hukumnya, dan adab-adabnya!

Kunci Jawaban: Ta`ziyyah adalah mendatangi rumah yang meninggal dunia dengan tujuan menghormati dan turut berduka cita bagi keluarga yang ditinggalkanya dan hukum dari ta`ziyyah adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang hampir mendekati wajib,  

4. Jika orang yang meninggal dunia meninggalkan utang, bagaimana hukum melunasinya dan harta siapa yang digunakan untuk melunasi utangnya?

Kunci Jawaban:Sebelum dikubur, ahli waris/keluarga hendaknya bersedia menjadi penjamin/menyelesaikan hutang hutang si mayat jika ada, baik dari harta yang ditinggalkannya maupun dari sumbangan keluarga  

5. Memandikan, mengafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah seorang muslim hukumnya adalah farḍu kifāyah. Jelaskan maksudnya!

Kunci Jawaban:: Yaitu jika satu orng atau lebih telah melaksanakannya maka semua orang telah terbebas dari hukum fardhu nya. dan jika tidak ada satu orang pun yang melaksanakannya maka semua orang akan mendapatkan dosa

Kunci jawaban pai kelas 11 Tugas Kelompok

Kami menyadari balasannya kira tugas terkadang ada yang mudah dan ada yang sulit ada yang ada di buku jawabannya ada juga juga harus memiliki pendapat dan juga kita harus mengarah nah disinilah teman-teman perlu ketahui bahwasannya di sini adik adik akan di tes cara guru sehingga nantinya guru dapat menilai kemampuan adik adek dalam menyelesaikan soal tersebut. 
    1. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 1 Tugas Kelompok
    2. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 2 Tugas Kelompok
    3. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 3 Tugas Kelompok
    4. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 4 Tugas Kelompok
    5. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 5 Tugas Kelompok
    6. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 6 Tugas Kelompok
    7. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 7 Tugas Kelompok
    8. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 8 Tugas Kelompok
    9. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 9 Tugas Kelompok
    10. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 10Tugas Kelompok
    11. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 Bab 11Tugas Kelompok
    Terkadang memang soal-soal tersebut sangatlah sulit di kerja namun di sini kami akan membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas tersebut ataupun soal tersebut sehingga nantinya adek adek boleh menggunakan jawaban yang menurunkan minus telah benar.   . 

    Rangkuman PIA kelas 11

    Beritu ini merupakan rangkuman yang kami ambil dari buku pendidikan agama islam dan budi perkerti kelas 3 smp kurikulum 2013, kami berharap dengan adanya rangkuman dari pai ini dapat memudahkan temen temen dalam memahami materi yang sedang dibahas.

    KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
    KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai

    sejumlah macam jujur dilihat berasal perilakunya, yaitu; jujur bagian dalam  berbicara, jujur bagian dalam perkataan, jujur bagian dalam pikiran, jujur bagian dalam mengontrak janji. 4. Kejujuran racun melemah karena melemahnya tekad, kredibilitas juga racun  melemah imbalan pergaulan. 5. Jujur racun dilakukan di mana saja: di rumah, di sekolah, maupun di  buana masyarakat.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 31   3. Ikhlas bagian dalam mengamalkan bagasi, tanpa dicampuri oleh maslahat- maslahat daerah. Jenis jujur serupa ini terhitung kategori …. a. jujur bagian dalam berbicara b. jujur bagian dalam berkomentar c. jujur bagian dalam pikiran d. jujur bagian dalam mengontrak janji e. jujur bagian dalam bertekad  4. Perhatikan luapan bersama ini: “Jikalau Allah Swt. merelakan kepadaku  harta, beta akan berporoh-poroh satu sisi di corong Allah Swt.” Jenis jujur  serupa ini terhitung kategori …. a. jujur bagian dalam berbicara b. jujur bagian dalam berkomentar c. jujur bagian dalam pikiran d. jujur bagian dalam mengontrak janji e. jujur bagian dalam bertekad  5. Orang yang tidak jujur atau kebohongan disebut anak munafik. Salah esa tanda anak  munafik adalah…. a. jika hidup butuh kedapatan tunggal pun butir yang disembunyikan Nabi Muhammad saw. dan tidak disampaikan untuk umatnya. Dalam setangkup asal mula diceritakan bahwa Ali polong Abi Talib ditanya perihal ideologi yang tidak siap bagian dalam al-Qur’ān, Ali pun membenarkan bahwa Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 7.5 Orang sedang menganalogikan salat berjamaah 114 Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK “Demi Zat yang membagi kredit dan membiarkan napas, tiada yang disembunyikan kecuali pengetahuan seseorang terhadap al-Qur’ān.” Penjelasan ini terkait tambah Q.S. al-Māidah/5: 67 bersama ini. Artinya:“Wahai utusan Tuhan! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak sampeyan lakukan (apa yang diperintahkan itu) berisi sampeyan tidak membaca amanat-Nya. dan Allah merawat sampeyan berpunca (gangguan) jiwa. Sungguh, Allah tidak mengimbuhkan petunjuk untuk kategori-kategori kafir.” (Q.S. al-Māidah/5: 67) Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 7.6 Ka’kayau tambah perhimpunan yang sedang tawaf Kecerdasan Rasulullah saw. Al-maka, sehabis peserta Quraisy berguna Ka’kayau berikut Rasulullah saw., berjerih payah bertikai dan membalah sirat-sirat tunggal keluarga dan keluarga lainnya urusan siapa yang berjaya kepada membuang Hajar Aswad di tempatnya semula. Masing-masing merasa lebih berjaya daripada yang lain dan tidak kedapatan yang arti mengalah. Kemudian, berjerih payah bersetuju kepada mengejar juru rawat penengah. Mereka bermufakat siapa saja yang perdana kali jadi di syarat besar, dialah juru rawat penengahnya. Tiba-turun berjerih payah menyelidiki kedapatan seorang yang jadi di syarat besar. Ternyata beliau adalah Rasulullah saw. “Telah hidup wahai kategori terpercaya al-Am³n,” omongan berjerih payah. Kemudian, berjerih payah menggambarkan apa yang lahir skandal berjerih payah selagi ini. Maka, Rasulullah saw. membuang Hajar Aswad di ujung hamparan dan menantang getah perca penguasa berjerih payah kepada memagang selesai-selesai hamparan itu dan diangkat berikut-sama, nanti Rasulullah menjadikan dan membuang Hajar Aswad ke wadah semula. Sungguh syarat keluar dan penyelesaian yang sangat cerdas yang diperlihatkan Rasulullah saw. di hadapan institut yang membalah. (Riwayat Imam Ahmad dan Abu Ishaq) (Diambil berpunca Cermin Bening Kisah-maka Teladan Jilid-1, Fathurrahman al-Munawwar) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dan ngeri apabila mengamalkan etiket yang dilarang oleh  Allah dan utusan Tuhan-Nya. 3. Menaati dan Lancar Lancar  Cukup  Lancar  Kurang  Lancar  Tidak  Lancar   106     Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK  Kemampuan mempersembahkan  Q.S. at-Taubah/9:105  Sangat  Lancar Lancar  Cukup  Lancar  Kurang  Lancar  Tidak  Lancar  mengekang. Salinlah suara atau perkataan yang kedapatan ambang Q.S. an-Nisā/4: 59, Q.S. al-Māidah/5:  48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105, kelak sebutkan cara bacaannya dan  uraikan alasannya! Kalimah Hukum Bacaan Alasan  3. Tulislah reaksi setuju atau tidak ambang risalah yang berhenti sedia di bawah  pakai jujur!  No. Pernyataan Alternatif Ya Tidak reservoir. Saya percaya pakai selalu mempersembahkan al-Qur’ān, hati  kami akan lunak dan tenteram.  mengekang. Saya berniaga kepada mempersembahkan al-Qur’ān setiap se- lesai ṡalat magrib. 3. Saya berniaga mempersembahkan al-Qur’ān setiap malam  di rumah. 4. Saya selalu menetapi apabila kedapatan warga lain  mempersembahkan al-Qur’ān.  5. Saya kooperatif (wujud mengobservasi/menaati) tempo guru  memasrahkan tugas  kepada tadarus.     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 107   6. Saya sanggup mengomongkan perkara-perkara yang  bertalian pakai al-Qur’ān. 7. Saya gemar mengetahui lektur tajwid tempo  mempersembahkan al-Qur’ān. 8. Saya berniaga menyerukan rekan kepada mempersembahkan al- Qur’ān setiap hari. 9. Saya gemar mengejar dan menyusuri cerita-cerita  yang termasuk bagian dalam al-Qur’ān. 10. Saya berniaga mengobservasi persuasi kepada mempelajari  al-Qur’ān. D. Tugas Kelompok reservoir. dan. Rohulkudus dan Rasulullah saw. bertanya kepadanya: “Rohulkudus, jelaskan  apa hakku besok lusa di muka Allah?” perbahasan Rasululllah tambah tekad lemah.  “Pintu-gerbang gerbang angkasa sangkil jaga, karet malaikat sangkil mengharap ruhmu. Semua indraloka  jaga rentang mengharap kedatanganmu, ya, Rasul,” ujaran Rohulkudus. Tapi, itu terbukti tidak  menjalin Rasulullah saw. lega, matanya masih penuh kecemasan. “Engkau tidak  gemar mengetahui kisah ini?” perbahasan Rohulkudus lagi.  “Kabarkan kepadaku bagaimana suratan umatku kelak?”  “Jangan khawatir, wahai Rasul! Aku kawin mengetahui Allah bersuara kepadaku:  “Kuharamkan indraloka kira siapa saja, kecuali kelas Muhammad sangkil berdomisili di  dalamnya,” ujaran Rohulkudus. Detik-waktu lasat dekat, saatnya Izrail mengamalkan tugas. Perlahan ruh Rasulullah  saw. ditarik. Tampak serata badan Rasulullah saw. bergelimang peluh, jalur-jalur lehernya  menegang.   Menerapkan Perilaku Mulia    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 47   Rangkuman 1. Kewajiban terhadap layon renggangan lain: membilas, mengafani,  menyalati, dan menguburnya. 2. Yang otonom membilas layon adalah famili terdekat, bapak, ibu,  suami, bini dan anak.  3. Bagi cowok disunahkan tiga utas matras kafan, kira wanita lima  utas matras kafan. 4. Tata resam ṡalat layon heran tambah ṡalat biasa. Pada ṡalat layon,  tidak kedapatan ruku dan sujud, semata-mata empat lungkang elabo(bagimu) dan lebih abdi akibatnya.” (Q.S. an-Nisā/4: 59) Asbābu al-Nuzūl atau pertimbangan turunnya butir ini memeluk Ibn Abbas adalah  berasosiasi pakai Abdullah kedelai Huzaifah kedelai Qays as-Samhi momen Rasulullah  saw. mengangkatnya bekerja eksekutif bagian dalam sariyyah (perang yang tidak  diikuti oleh Rasulullah saw.). As-Sady berprinsip menduga bahwa butir ini turun  berasosiasi pakai Amr kedelai Yasir dan Khalid kedelai Walid momen keduanya diangkat  oleh Rasulullah saw. seperti eksekutif bagian dalam sariyah. Q.S. an-Nisā/4: 59 menentukan menjelang kita menjelang mengindahkan seruan Allah  Swt., seruan Rasulullah saw., dan ulil amri. Tentang pengetahuan ulil amri, di  sisi belakang ini tersua sejumlah adicita. No. Nama juara Pendapatnya reservoir Abu Jafar Muhammad   kedelai Jarir at-Thabari  Arti ulil amri adalah umāra, ahlul ‘ilmi wal  fiqh (berjerih payah yang memegang jurusan dan penge- tahuan akan fiqh). Sebagian juara yang lain  berprinsip menduga bahwa taulan-taulan Rasulullah  saw. itulah yang dimaksud pakai ulil amri.     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 91   mengharamkanmenepis Al-Mawardi  Ada empat adicita bagian dalam mengartikan  perkataan “ulil amri”, yaitu: (reservoir) umāra (para  eksekutif yang konotasinya adalah eksekutif  perkara keduniaan), (mengharamkanmenepis) juara dan fuqaha, (3)  taulan-taulan Rasulullah saw., (4) dua  taulan saja, yaitu Abu Bakar dan Umar.   3 Ahmad Mustafa   al-Maraghi  Bahwa ulil amri itu adalah umara, tangan hikmah,  juara, eksekutif prosesi dan seluruh tubuh pe- mimpin lainnya. Kita memang diperintah oleh Allah Swt. menjelang beribadat menjelang ulil amri (apa pun  adicita yang kita pilih mengenai moral ulil amri). Namun, terlazim diperhatikan bahwa  seruan beribadat menjelang ulil amri tidak digandengkan pakai ujaran “beribadat”; sebagaimana  ujaran “beribadat” yang digandengkan pakai Allah Swt. dan rasul-Nya. Quraish Shihab,  Mufassir 

    Sumber: buku mtk kelas 11

    You May Also Like

    x