KUNCI JAWABAN matematika kelas 7 halaman 102-108 uji kompetensi 1 bab 1

NILAI⏩⭐⏩100⭐kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 102-108 uji kompetensi 1 pilihan ganda uraian bab 1 bilangan semester 1   😊Hallo Adik-adik selamat datang di blog terasdukasi.com.  ✨😘blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

Jawaban buku pelajaran kelas 7 smp dan mts

😊Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas kelas 7 semester 1 dan semester 2, kunci jawaban merupakan hal yang sangat penting bagi 💖adik-adik sekalian, nah kali ini kami TERASEDUKASI akan membahas mengenai kunci jawaban berbagai mata pelajaran kelas 7.

Baca juga:
JAWABAN BUKU KELAS 7
Jawaban PAI
Jawaban Bahasa inggris
Jawaban IPA semester 1
Jawaban IPA semester 2
Jawaban MTK semester 1
Jawaban MTK semester 2
Jawaban IPS
Jawaban PENJAS
Jawaban Bahasa Indonesia
Jawaban PKN
Jawaban pelajaran lainya
Download aplikasi terasedukasi

😍Silahkan di lihat kunci jawaban dari pelajaran yang lain, kami berharap dgn adanya kunci jawaban yang kami buat ini dapat mebantu 🤞adik-adik dalam menyelesaiakn tugas yang di berikan oleh guru, dan jangan 🙌lupa untuk download aplikasi teras edukasi iya

KUNCI JAWABAN matematika kelas 7 halaman 102-108 uji kompetensi 1 pilihan ganda dan urian bab 1 bilangan
KUNCI JAWABAN matematika kelas 7 halaman 102-108 uji kompetensi 1

Kunci jawaban MTK kelas 7  halaman 102-108 uji kompetensi 1 bab 1 bilangan semester 1

Kunci Jawaban Pilihan Ganda Matematika Kelas 7 Halaman 102 – 106

Kunci Jawaban
1. E. 0,125
2. D. 124
3. B. b. 2 dan 5/2
4. D. 17/25
5. C. 6
6. A. 5
7. D. 0,332 ; 0,32 ; 0,3 ; 0,233
8. A. 11
9. C. 3 − n
10. C. 4,8 cm
11. A. 370 × 1.000
12. B. 2/5
13. B. X < Y
14. C. 70 × 90 = 6.300
15. C. 30 m
16. B. 0,013 gram
17. A. 10/12
18. B. 57
19. B. 52, 25, 43, 34
20. A. k2
PEMABAHAN PILIHAN GANDA
Pembahasan Soal Nomor 1
Manakah di antara bilangan berikut yang merupakan bilangan terkecil?

Penyelesaian:

Urutan bilangan dari terkecil sampai terbesar: 0,125 ; 0,25 ; 0,375 ; 0,5 ; 0,62
Jadi bilangan terkecil adalah e. 0,125
Pembahasan Soal Nomor 2
Tentukan hasil dari  
Penyelesaian :

Pembahasan Soal Nomor 3
Salah satu pasangan bilangan berikut, bilangan yang pertama kurang dari 2,25, sedangkan bilangan kedua lebih dari bilangan 2,25. Pasangan bilangan tersebut adalah …
Penyelesaian:
5/2 = 2,5
11/4 = 2,75
2 < 2,25
5/2 = 2,5 > 2,25
Jawaban yang tepat adalah b. 2 dan 5/2
Pembahasan Soal Nomor 4
 
Penyelesaian:

Pembahasan Soal Nomor 5
Rohim dan Wachid masing-masing memiliki 45 buku. Jika 4/5  buku milik Rohim dan 2/3 buku milik Wachid adalah Novel, maka banyak buku novel yang dimiliki oleh Rohim … lebih banyak daripada yang dimiliki oleh Wachid?
Penyelesaian:
Banyak buku novel Rohim =   

Banyak buku novel Wachid =  

Jadi banyak buku novel yang dimiliki oleh Rohim 6 lebih banyak daripada yang dimiliki oleh Wachid
Pembahasan Soal Nom
Pada gambar berikut, 3 persegi sudah diarsir. Berapa persegi lagi yang perlu diarsir untuk menyatakan bahwa 4/5 persegi telah terarsir?
Penyelesaian:
Seluruhnya ada 10 persegi yang jika seluruhnya diarsir maka totalnya adalah 10/10.
Pecahan 4/5 = 8/10. Sehingga perlu menambahkan 5 persegi lagi yang diarsir sehingga menjadi 4/5 persegi.
Pembahasan Soal Nomor 7
Pada susunan bilangan berikut yang berurutan dari terbesar ke terkecil adalah …
Penyelesaian : d. 0,332 ; 0,32 ; 0,3 ; 0,233
Pembahasan Soal Nomor 8
Berapakah hasil dari 1 − 5 × (−2)
Penyelesaian : 1- 5 x (-2) = 1 – (-10) = 11
Pembahasan Soal Nomor 9
Jika n adalah suatu bilangan bulat negatif, manakah hasil yang menunjukkan bilangan terbesar?
Penyelesaian:
Misalkan n = -4 maka:
a. 3 + n = 3 + -4 = -1
b. 3 × n = 3 x -4 = -12
c. 3 − n = 3 – (-4) = 7
d. 3 ÷ n = 3 : -4 = -3/4
Misalkan n = -2 maka:
a. 3 + n = 3 + -2 = 1
b. 3 × n = 3 x -2 = -6
c. 3 − n = 3 – (-2) = 5
d. 3 ÷ n = 3 : -2 = -3/2
Dari dua permisalan di atas maka jawaban yang tepat adalah c. 3 – n
Pembahasan Soal Nomor 10
Selembar kertas mempunyai ketebalan 0,012 cm. Berapakah tebal 400 lembar kertas tersebut?
Penyelesaian:
400 x 0,012 = 400 x 12/1000 = 4800/1000 = 4,8 cm
Pembahasan Soal Nomor 11
Hasil dari 370 × 998 + 370 × 2 bernilai sama dengan …
Penyelesaian: 370 × 998 + 370 × 2 = 369.260 + 740 = 370.000 = 370 x 1.000
Cara lain dengan trik: 370 × 998 + 370 × 2 = 370 x (1.000 – 2) + 370 x 2 = 370 x 1.000 – 370 x 2 + 370 x 2 = 370 x 1.000
Pembahasan Soal Nomor 12
Tentukan hasil dari 
Penyelesaian :

Pembahasan Soal Nomor 13
13. Jika   dan Y = 2,34/0,6 maka hubungan yang tepat antara X dan Y adalah …
Penyelesaian:

Jadi jawaban yang tepat adalah b. X < Y
Pembahasan Soal Nomor 14
Terdapat 68 baris pada suatu tempat parkir mobil. Setiap baris terdiri dari 92 mobil. Berapakah taksiran banyak mobil di tempat parkir tersebut?
Penyelesaian:
Karena angka satuan dari 68 lebih besar dari 5 maka taksiran dari 68 adalah 70. Sedangkan karena angka satuan dari 92 kurang dari 5 maka taksiran dari 92 adalah 90.
Banyak mobil di tempat parkir adalah 68 x 92 dengan nilai taksiran 70 x 90 = 6.300
Pembahasan Soal Nomor 15
Suatu elevator bergerak dari lantai 1 menuju lantai 5, kemudian ke lantai 2. Dari lantai 2, elevator bergerak menuju lantai 4, kemudian berhenti di lantai 3. Jika jarak antar lantai adalah 3 meter, berapa jauh elevator tersebut telah bergerak?
Penyelesaian:
Apa itu elevator? Buat kamu yang belum tahu apa itu elevator bisa perhatikan gambar di bawah.
Elevator/Img:iberdrola.com
Yup elevator itu lift ya sebuah alat angkutan/transportasi untuk mengangkut orang atau barang pada gedung-gedung bertingkat.
Dari lantai 1 ke lantai 5 lalu ke lantai 2 maka lift telah bergerak sebesar (5-1) + (5-2) = 7 kali. Kemudian dari lantai 2 ke lantai 4 lalu ke lantai 3 maka lift telah bergerak sebesar (4-2) + (4-3) = 3 kali. Sehingga total seluruhnya 10 kali.
Jarak yang telah ditempuh elevator  = 10 x 3 meter = 30 meter
Pembahasan Soal Nomor 16
Berat 500 butir kristal gula adalah 6,5 gram. Berapakah berat rata-rata tiap butir kristal gula tersebut?
Penyelesaian:
Perhatikan rumus mencari rata-rata berikut: Rata-rata = jumlah data/banyak data. Sehingga diperoleh,
Jumlah berat kristal gula = 6,5 gram
Banyak kristal gula = 500 butir
Sehingga: Rata-rata tiap butir = jumlah data/banyak data = 6,5/500 = (65/10) : 500 = 65/5000 = 13/1000 = 0,013 gram
Pembahasan Soal Nomor 17
Jika p = 4 dan q = 3 serta r = (pq) / (p+2q) tentukan hasil dari (p – q) / r !
Penyelesaian:

Pembahasan Soal Nomor 18
Bilangan 78.125 dapat diubah menjadi bilangan berpangkat …
Penyelesaian: 78.125 = 125 x 625 = 53 x 54 = 53+4 = 57
Pembahasan Soal Nomor 19
Urutkan bilangan 34, 43, 25, 52 dari yang terkecil ke yang terbesar.
Penyelesaian:
34 = 3 x 3 x 3 x 3 = 81
43 = 4 x 4 x 4 x 4 = 64
25 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 32
52 = 5 x 5 = 25
Jadi urutan dari terkecil ke terbesar adalah c. 52, 25, 34, 43
Pembahasan Soal Nomor 20
Jika k mewakili suatu bilangan negatif, manakah di antara bentuk berikut yang hasilnya adalah bilangan positif?
Penyelesaian:
k ⇒ bilangan negatif
k2 = k x k ⇒ bilangan negatif x bilangan negatif ⇒ bilangan positif (jika pangkat merupakan bilangan genap maka hasilnya bilangan negatif)
2k = 2 x k ⇒ bilangan negatif
k3 = k x k x k bilangan negatif x bilangan negatif x bilangan negatif ⇒ bilangan negatif (jika pangkat merupakan bilangan ganjil maka hasilnya bilangan negatif)
k/2 ⇒ bilangan negatif
Dari penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah k2

Kunci Jawaban Uraian Matematika Kelas 7 Halaman 107, 108

1. Suatu elevator bergerak dari lantai 1 menuju lantai 6, kemudian kelantai 4.
Kunci Jawaban
Dari lantai 1 ke 6 = 5 lantai
Dari lantai 6 ke 4 = 2 lantai
Dari lantai 4 ke 2 = 2 lantai
Dari lantai 2 ke 5 = 3 lantai
Total = 5 + 2 + 2 + 3 = 12 lantai
Jarak = total lantai x jarak per lantai
= 12 x 3
= 36 meter
Jadi, elevator tersebut telah bergerak sejauh 36 meter.
2. Jika p = 5 dan q = 2 serta r = (p x q) / (p + 2q), tentukan hasil dari (p – q) / r
Kunci Jawaban
r = (p x q) / (p + 2q)
= (5 x 2) / (5 + 2(2))
= 10/9
(p – q) / r = (5 – 2) / (10/9)
= 3 x 9 / 10
= 27/10
= 2,7
Jadi, hasil dari p – q / r = 2,7.
3. Tentukan hasil dari (18 : (-2) + 15 x 5) / (6 : 3 x (5,5))

 

Kunci Jawaban 6

4. 5 1/3 – (1/10 + 2/15) : 1/25 =

 

Kunci Jawaban -1/2

5. Dimas dan Dani masing-masing memiliki 24 buku. Jika 1/3 buku milik Sugi dan 2/8 buku milik Dimas adalah Novel, maka selisih jumlah buku novel yang dimiliki oleh Dimas dan Wachid adalah
Kunci Jawaban
Novel Dimas = 24 x 2/8 = 6
Novel Wachid = 24 x 1/3 = 8
Selisih Dimas dan Wachid = 8 – 6 = 2
Jadi, selisih jumlah buku novel yang dimiliki oleh dimas dan wachid adalah 2 buku.
6. Ubahlah bilangan 18.000.000.000.000 menjadi bilangan berpangkat

 

Kunci Jawaban 18 x 1012

7. Tentukan nilai x, serta jelaskan alasanmu.
Kunci Jawaban
x = 24 didapat dari menjumlahkan 2 kotak pada baris dibawahnya.
8. Pada papan sasaran olahraga panahan, terdapat sepuluh lingkaran yang terdiri dari 5 warna (kuning, merah, biru, hitam, putih).
Kunci Jawaban
1 kuning dalam = 10
2 kuning luar = 9 x 2 = 18
4 biru dalam = 4 x 6 = 24
3 biru luar = 3 x 5 = 15
Lemparan sementara = 1 + 2 + 4 + 3 = 10
Lemparan lainnya = seluruh lemparan – lemparan sementara = 12 – 10 = 2
Skor sementara = 10 + 18 + 24 + 15 = 67
Skor lainnya = seluruh skor – skor sementara = 75 – 67 = 8
Karena Erik lupa dengan 2 lemparan lainnya, maka ada kemungkinan-kemungkinannya yaitu :
1) Merah luar dan Putih luar
2) Biru dalam dan Putih dalam
3) Biru luar dan hitam luar
4) Hitam dalam dan hitam dalam
9. Suatu gelas mampu menampung 1/6 liter air. Banyak gelas sejenis yang dibutuhkan untuk menampung 12 liter air adalah
Kunci Jawaban
1 gelas = 1/6 liter air
1 liter air = 6 gelas
12 liter air = 12 x 6 gelas = 72 gelas
Jadi, banyak gelas sejenis yang dibutuhkan untuk menampung 12 liter air adalah 72 gelas.
10. Suatu klub matematika memiliki 40 anggota. 60% dari anggota tersebut adalah perempuan.
Kunci Jawaban
Jumlah anggota = 40 anggota
Anggota perempuan = 40 x 60% = 24
Anggota laki-laki = 40 – 24 = 16
Jumlah anggota terbaru = 40 + 10 = 50
Persentase perempuan = anggota perempuan / jumlah anggota x 100%
= 24 / 50 x 100%
= 48%
Jadi, persentase banyak anggota perempuan saat ini adalah 48%.
Baca Juga:

Rangkuman MTK kelas 7 BAB 1  Bilangan

operasi datang waktu salat Apa yang harus dilakukan berhenti dulu maafin dong terus karena selesaikan kalau memang kondisi seperti itu dan itu menjadi udzur syar’i untuk menunda shalat diawal waktu Hai ada unsur-unsur tertentu yang dibolehkan menunda shalat dari awal waktunya seperti obat ketika akan salat dalam kondisi kita lapar makanan sudah tersaji makan dulu walaupun dengan resiko shalat berjamaahnya ketinggalan makan dulu baru setelah itu shalat lebih baik ingat salat ketika makan daripada Ingat makan ketika salat lebih baik tidak husu makam karena ingat salat daripada tidak khusus shalat karena Ingat makan jadi the menjadi unsur Shark asal ada soalnya jangan dibiasakan diatur direkayasa sedemikian rupa setiap mau Adzan Dzuhur selalu mahal disiapkan setiap Azan zuhur siap sholat dhuhur Akhirnya telah terus itu enggak boleh gini hanya kasuistis demikian juga dengan operasi kalau jadwal operasi bisa diatur tanpa melabrak waktu sholat dhuha operasi 08.00 jam 09.00 atau browsingnya diperkirakan dua jam selesai yuk bada sholat dhuhur makna makan kita operasi jadi sebelum asal sudah selesai atau pas bada sholat tasyri operasi sebelum maghrib sudah selesai kalau itu bisa di HTI Arkan lakukan halus begitu kalau bisa ya Tapi kan ada kalanya operasi dadakan Gan sifatnya darurat nah yang darurat seperti ini ya Oh ada pasien gawat harus operasi sekarang jam empat Manya eh 12 kurang seperempat ya apa boleh buat daripada harta ohara barunya pada nyawa orang melayang atau tambah parah maka silakan Umbai 11.40 siapkan masih pas mau operasi ngomong azan jangan sekali-kali dokter Maaf saya selesaikan hak Allah dulu kita tunaya 15 menit untuk semangat beres sholat ini sudah mati gak boleh tangani dulu itu udzur syar’i sama dengan begini umpak kita sudah adzan maghrib kita sudah pakai koplak udah pakai sarung sudah wudhu pergi ke mesjid untuk sholat Maghrib berjamaah di awal waktu pas baru aja keluar ada anak pakai sepeda jeruk jatuh kemudian kepalanya menimpa batu apa-apa yang keras akhirnya berlumuran darah dan jangan begini saya maaf saya mau salat magrib nanti selesai salat Maghrib saya bawa ke dokter ke rumah sakit mati itu anak Pendarahan yang banyak tunda dulu salat magrib bahwa anaknya itu ukuran aksi angket tentang apa saja anak kita ah bahwa dulu tangani dulu kalau temannya kitanya mengerti tangani dulu kalau nggak ngerti bawa ke UGD yang terdekat kangen awal pun berakibat salatnya Terlewatkan sholat maghribnya apa-apa dijamak dengan adanya Nisya Jakarta pada waktu Isya magrib dulu nanti Isya magrib dulu sesuai tuh Sholat Ba’da maghrib dua roka’at makhluk Komatsu Indonesia kalau itu di waktu magrib sudah terlewat walaupun kita bukan dokter tapi lihat anak kecelakaan atau orang kecelakaan berlumuran Nah pas mau salat sudah komet jangan salat dulu maka kita angkut orang itu bawa ke UGD terdekat ke dokter terdekat parsana Ombai sudah selesai dan apa namanya waktu shalat subuh maghrib sudah habis sudah habis facial Papa nggak masalah salat magrib pada waktu isya.com loh karena ada udzur apalagi dokter kalau memang tidak bisa dijadwalkan sekehendak kita passompe mau sholat pas Harus operasi yang apabila ditunda bisa mengancam nyawa si pasien silakan itu ada udzur dan tidak dosa bahkan berpahala karena menyelamatkan nyawa orang tanpa mengabaikan hak Allah halnya kesempatan tertunaikan walaupun tidak di awal waktu ya dari kalau kondisinya begitu lanjutkan sampai selesai tapi lebih baik Kalau itu bisa dijadwalkan waktunya sekehendak kita jadwalkan waktu operasi yang tidak harus menunda waktu sholat Allahu akbar silakan lebih mungkin kalau kayaknya yang mepet itu di Ashar Bagaimana Dewi saja Mi enam kalau operasi misalkan jenis congor gitu ya perlu waktu yang cukup lama 6-8 jam sedangkan mulainya Dhuhur nah ini waktu asharnya nih kemungkinan akan habis gitu Apakah sedangkan kita tahu kan enggak bisa diterjemahkan Tarra Ashar dengan magrib ini kasus yang seperti ini bagaimana newshat menyambung yang tadi kalau kalau secara Thoybah Sulis bye barakallahu fiik yang tadi saya jelaskan bukan jamak tapi kalau mana kau itu melakukan shalat di luar waktu nya karena ada udzur karena kondisi yang darurat bukannya Mak termasuk Ashar Apakah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah menunda waktu Ashar atau mengakhirkan Ashar sampai Menjelang Maghrib ia ini pernah dialami oleh Ibnu Abbas radhiallahu cuma setelah salat Jumat beres Jumat beliau memberikan tausiyah pengajian sampe Ashar terus ngomong sampai Menjelang magrib orang-orang berteriak solar salah salah salah salat salat salat imras terus sampai Menjelang magrib baru Dia menyuruh untuk komat kalau salat diprotes oleh banyak orang karena bass atau Aldi mau nanya nih sunnah Apa kalian mau mengajari aku tentang sunnah Aku lebih senang sunnah nabi daripada kalian lalu Beliau menceritakan dahulu pernah Nabi Shallallahu salam melakukan itu belum berikan tausiah pada Jumat pengajian sampai lewat pasar sampai orang-orang teriak shalat sunat sampai Menjelang magrib Baru melakukan salat ashar dari sini para ulama justim Bob mengambil Faidah dari hadits ini bahwa dibolehkan menunda shalat demi kepentingan ilmu syar’i sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi dan kemudian diikuti lima Abbas rodhiyallahu anhuma padahal mempelajari ilmu syar’i tidak mengandung resiko kematian apalagi mengandung resiko kematian seperti apa seperti mengoperasi pasien tumor 4-6 jam sampai delapan jam dari bakda dzuhur sampai maghrib belum sesuai asalnya gimana nanti Tunas selesai kalau Mbah salat dulu Maaf saya mau salat Woi salat berjamaah dibiarkan doser lima menit teh papa Sherly menit beres salat mati dia kita yang bertanggung jawab bisa dituntut secara pidana yang mungkin bisa dituntut secara pribadi dana bereskan dulu walaupun

Sumber: buku mtk kelas 7

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 102 – 108 Uji Kompetensi 1 Kunci Jawaban Pilihan Ganda Matematika Kelas 7 Halaman 102 – 106. … Kelas 7 Semester 1 Halaman 102 – 108 Bab 1 Bilangan Uji Kompetensi 1
Jawaban dan cara mtk uji kompetensi 1 Halaman 102 kelas 7
Jawaban Buku Matematika Kelas 7 Uji Kompetensi 1 Hal 102Jawaban Buku Matematika Kelas 7 Uji Kompetensi 1 Hal 102 – 108 Manakah di Antara … Uji Kompetensi 1 Semester 1. A. Soal Pilihan Ganda 1.Manakah di antara … Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 102 Semester 1Penelusuran terkait
kunci jawaban matematika kelas 7 semester 1 halaman 107
uji kompetensi 1 matematika kelas 7 semester 1
kunci jawaban uji kompetensi bab 1 kelas 7
kunci jawaban uji kompetensi semester 1 matematika kelas 7
uji kompetensi 1 matematika kelas 7 soal uraian
kunci jawaban uji kompetensi ips kelas 7 bab 1
uji kompetensi 1 matematika kelas 7 semester 2
uji kompetensi 1 bahasa indonesia kelas 7Kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 102 103 104 105 106 uji kompetensi 1 pilihan ganda bab 1
Kunci jawaban matematika kelas 7 halaman 107 108 uji kompetensi 1 uraian bab 1

You May Also Like