1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut?

 1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan.KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214 215 Uji Kompetensi Bab 6 energi dalam sistem kehidupan semester 1. seperti halnya di artikel kakak sebelumnya  kakak juga menyarankan adek-adek sekalian untuk selalu teliti dalam hal ini kakak berharap adek-adek yang menulis kunci jawaban yang kakak buat ini harus melihat terlebih dahulu jawabannya.

 jika dika dika melihat ada kunci jawaban yang menurut adek-adek kurang tepat kakak harap adik-adik bisa melaporkan kepada kami agar  dapat memperbaiki kunci jawaban dari soal yang salah.

  1. KUNCI JAWABAN Bahasa Inggris kelas 7
  2. KUNCI JAWABAN Pendidikan agama islam kelas 7
  3. KUNCI JAWABAN IPA kelas 7
  4. KUNCI JAWABAN Matematika kelas 7
  5. KUNCI JAWABAN Penjas kelas 7
  6. KUNCI JAWABAN PKN kelas 7
  7. KUNCI JAWABAN IPS kelas 7
  8. KUNCI JAWABAN prakarya kelas 7
  9. KUNCI JAWABAN Seni Budaya kelas 7

 demikianlah pembahasan artikel  ya membahas tentang dunia pendidikan mengenai kunci jawaban… sini kami akrab dengan adanya pembahasan ini dapat setidaknya membantu  adik-adik dalam menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. dan adik mempunyai pertanyaan atau perempuan mempunyai buku yang ingin kamu jawab silahkan tulis di kolom komentar nantinya kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menjawabnya.

 halo guys pada kesempatan  aku akan membahas  artikel mengenai kunci selamat  jawaban. tetapi kini memang aku ambil karena aku melihat banyaknya guru-guru memberikan tugas kepada  kalian. aku ingin membantu kalian  dalam menyelesaikan tugas tersebut. kunci jawaban merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan kalian dalamnya menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru kami menyadari bahwasannya kunci jawaban yang tepat dan benar memang sangat dibutuhkan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7

 tak perlu khawatir kalian dengan kunci jawaban yang kami buat ini kami meyakini jika kalian menggunakan kunci jawaban yang kami buat sms saya  jamin kalian akan mendapatkan nilai yang besar-besar. hal ini dikarenakan dalam proses pembuatan artikel ini kami telah membaca soalnya terlebih dahulu barulah kami menjawab soal-soal tersebut sesuai dengan materi yang dijelaskan.

  1. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan Bab 1
  2. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 26 Ayo Kita Latihan Bab 1
  3. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 29 Uji Kompetensi 1 Bab 1
  4. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 79 Ayo Kita Latihan Bab 2
  5. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 89, 90 Uji Kompetensi  bab 2
  6. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
  7. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 122 Ayo Latihan bab 3
  8. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 129 ,130,131 Uji Kompetensi bab 3
  9. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 137 Ayo Kita Latihan Bab 4
  10. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 143 Ayo Kita Latihan Bab 4
  11. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
  12. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Latihan bab 5
  13. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 183 Ayo Kita Latihan bab 5
  14. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
  15. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
  16. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
  17. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 202 Ayo Kita Latihan Bab 6
  18. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214,215 Uji Kompetensi Bab 6

 walaupun kami telah membuat kunci jawaban ini kami juga menyarankan membagi kalian untuk selalu teliti dalam hal ini kami menyarankan kalian untuk menjawab soal tersebut terlebih dahulu

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 6

 hal ini bertujuan supaya kalian dapat melatih sikap disiplin berkerja keras dan bertanggung jawab, diharapkan kedepannya kalian dapat menyelesaikan masalah dengan sendiri baik itu masalah yang ada di sekolah ataupun yang ada di luar sekolah.

Uji Kompetensi

 1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan.
Kunci Jawaban :
Kelebihan karbohidrat menyebabkan diabetes melitus, obesitas, dan metabolisme tubuh tidak lancar. Kelebihan lemak obesitas, penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner dan stroke. Kelebihan protein menyebabkan gangguan kerja hati, ginjal dan peningkatan kadar asam dalam tubuh.
Kekurangan karbohidrat dan protein akan menyebabkan gizi buruk dan kwasiorkor. Jika kekurangan lemak dapat mengganggu memori/ingatan dan konsentrasi.
2. Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah).
Kunci Jawaban :
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214 215 Uji Kompetensi Bab 6
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214 215
3. Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan.
Kunci Jawaban :
  1. Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga membuat bilah bergerak
  2. Bilah kincir angin yang terhubung dengan poros dihubungkan ke gearbox 
  3. Kecepatan poros dari gearbox yang terhubung ke generator ditingkatkan dengan mengatur perbandingan roda gerigi
  4. Generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik
4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan.
Kunci Jawaban :
  • Energi fosil adalah energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil, yaitu bahan bakar yang terbentuk dari proses dekomposisi anaerobik dari sisa-sisa organisme purba selama ratusan juta tahun
  • Karena penggunan berlebihan dapat menyebabkan polusi udara, selain itu dapat menyebabkan bahan bakar fosil habis karena energi fosil merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui.
5. Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.
Kunci Jawaban :
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214 215 Uji Kompetensi Bab 6
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214 215
a. Apakah hal di bawah ini terjadi ketika otot dilatih/ bekerja = ya
Otot menerima peningkatan suplai darah = ya
Lemak terbentuk di otot = tidak
b. Karena ketika sedang berolahraga tubuh kita membutuhkan energi yang banyak sehingga tubuh memerlukan oksigen yang banyak agar dapat melakukan proses metabolisme.
c. Karena tubuh sesorang yang belum mengonsumsi makanan tidak memiliki cadangan energi yang cukup. Sehingga orang tersebut akan merasa keletihan karena kekurangan enegi.
6. Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi.
Kunci Jawaban :
a. Minyak Bumi
b. Batu Bara
c. Bijih Besi

  jika kalian menemukan jawaban yang salah dari artikel yang kami buat ini saya harap kalian ma melaporkan kepada kami agar kami dapat memperbaiki kunci jawaban dari soal yang salah tersebut sekian dari artikel yang saya buat ini jika ada kesalahan kabar apa sayang mohon maaf

Rangkuman ipa kelas 7 bab 6

 di sekolah ada beberapa hal yang diwajibkan bagi siswanya untuk mengerjakan hal tersebut salah satu hal wajib dikerjakan oleh siswa adalah tugas yang diberikan oleh guru. dimana tugas ini bersifat mutlak harus diselesaikan oleh seorang siswa di mana tugas ini biasanya digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi yang disampaikan oleh guru.

1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut?
 1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi.

lemak dan gliserol. Selanjutnya, gliserol akan diubah menjadi gula otot atau glikogen. Asam lemak akan diubah menjadi asetil koenzim. Gangguan metabolisme berupa tertimbunnya senyawa aseton yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Kesulitan bernapas terjadi karena meningkatnya tingkat keasaman dan jumlah CO2 yang tertimbun. Kelainan ini dinamakan asidosis. Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan. Berpikir Kritis Bayangkan, jika Tuhan Yang Maha Esa tidak menciptakan matahari, udara yang mengandung oksigen, dan karbon dioksida. Tidak akan terjadi peristiwa metabolisme, baik katabolisme maupun anabolisme pada organisme, sehingga kehidupan tidak berjalan dengan baik. Tuhan Yang Maha Esa telah mengatur kestabilan energi yang ada di alam dengan cara perubahan wujud/transformasi energi untuk menjaga keseimbangan alam. Renungan Ilmu Pengetahuan Alam 213 Ketika kita mempelajari sistem kehidupan, ada ilmuwan yang mendasari perkembangannya hingga menjadi sebuah ilmu yang terus berkembang seperti sekarang, siapa saja mereka? • Al-Nafis (1213-1288), seorang dokter yang menjelaskan mengenai konsep energi dan metabolisme. • James Prescott Joule (1818-1889) ialah seorang ilmuwan yang merumuskan Hukum Kekekalan Energi, yaitu “energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Energi hanya berubah bentuk.” Joule adalah seorang ilmuwan Inggris yang hobi fisika, yang percobaannya berhasil membuktikan bahwa panas (kalor) tak lain adalah suatu bentuk energi. INFO ILMUWAN 1. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. 2. Energi memiliki berbagai bentuk seperti energi potensial, energi kinetik, dan energi mekanik. 3. Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu materi karena lokasi atau strukturnya. 4. Energi kinetik adalah bentuk energi ketika suatu materi berpindah atau bergerak. 5. Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi yang diklasifikasikan menjadi sumber energi yang terbarukan dan sumber energi tidak terbarukan. 6. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Untuk berolahraga, belajar, dan aktivitas lain manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. 7. Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang banyak tersusun oleh unsur-unsur karbon. Unsur yang terdapat dalam karbohidrat adalah C, H, dan O. Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya beras, jagung, kentang, gandum, umbi-umbian, dan buahbuahan yang rasanya manis. RANGKUMAN 214 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 8. Protein merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, O, N (kadang juga mengandung unsur P dan S). Bahan makanan yang mengandung banyak protein antara lain • protein hewani, misalnya daging, ikan, telur, susu, dan keju; • protein nabati, misalnya kacang-kacangan, tahu, tempe, dan gandum. 9. Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, dan O. Peran lemak adalah menyediakan energi, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Bahan makanan yang mengandung banyak lemak antara lain • lemak hewani: keju, daging, susu, dan ikan basah; • lemak nabati: kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan buah avokad. Transformasi energi dalam sel terjadi dalam bentuk: • transformasi energi oleh klorofil; • transformasi energi oleh mitokondria. 10. Metabolisme adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup/sel. Metabolisme terdiri atas reaksi pembentukan/ sintesis/anabolisme seperti fotosintesis dan reaksi penguraian/ disintesis/katabolisme seperti respirasi. suatu miniatur industri kimiawi, dimana ribuan  reaksi terjadi di dalam suatu ruangan mikroskopik. Metabolisme  adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk  hidup/sel. Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis, karena  metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim  dan berlangsung melalui respirasi (katabolisme) dan sintesis  (anabolisme). Enzim mengarahkan aliran materi melalui jalur- jalur metabolisme dengan cara mempercepat tahapan reaksi  secara selektif. Sebagai analogi, perhatikan lampu pengatur lalu  lintas kendaraan di jalan, lampu tersebut akan berwarna merah,  kuning, dan hijau yang mengontrol aliran lalu lintas kendaraan dan  mencegah kemacetan.  •  Reaksi Katabolisme Reaksi katabolisme adalah reaksi yang sifatnya memecah ikatan  kimia yang kompleks menjadi ikatan kimia yang lebih sederhana.  Pada waktu ikatan putus dan molekul terpecah terjadi pembebasan  energi (reaksi eksergonik). Contoh reaksi katabolisme adalah proses  respirasi (termasuk aerob dan anaerob).  energi  Elektron  Molekul kompleks  Senyawa sederhana  Endergonik  Eksergonik  e  e  e  e  e  Kalabolisme  Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 6.5 Proses metabolisme, anabolisme, dan katabolisme   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 131  •  Reaksi Anabolisme Reaksi anabolisme adalah reaksi pembentukan, yaitu  pembentukan molekul sederhana menjadi molekul kompleks. Reaksi  anabolisme merupakan reaksi sintesis karena adanya transformasi  energi yang disimpan dalam bentuk ikatan kimia. Oleh sebab itu,  reaksi anabolisme disebut juga reaksi yang membutuhkan energi  (endergonik). Contoh reaksi anabolisme adalah sintesis (termasuk  fotosintesis dan kemosintesis).  b. Kegiatan Pembelajaran  No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik mintalah  mereka mematikan dan menyalahkan lampu di ruang kelas. Ajak peserta  didik untuk melihat dan memikirkan kejadian tersebut, kemudian mintalah  mereka menyampaikan idenya tentang “Apa yang dilihat?” Inti Guru menjabarkan materi tentang “transformasi energi” dan “metabolisme  sel”, peserta didik melakukan kegiatan “Diskusi dengan teman sebaya“,  dan menuliskan hasil diskusinya (sesuai kreasi peserta didik), serta  mempresentasikan hasilnya (terus tekankan observasi – inferensi –  komunikasi). Doronglah peserta didik untuk tidak takut salah. Penutup Lakukan refleksi serta penugasan mandiri.  3. Pertemuan III : Respirasi (3 JP) a. Materi untuk Guru Respirasi merupakan proses penghasil energi di dalam tubuh  makhluk hidup. Selain dihasilkan energi, dihasilkan juga karbon  dioksida yang harus dikeluarkan dari tubuh. Proses respirasi meliputi  4 bagian yaitu sebagai berikut.   132 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   1) Keluar masuknya udara antara dua organ pernapasan (alveole paru- paru) yang disebut ventilasi pulmoneum. 2) Difusi O2 dan CO2 antara udara dan alveole di dalam darah. 3) Transpor O2 dan CO2 dalam darah/cairan tubuh ke dan dari sel. 4) Pengaturan ventilasi dan segi-segi respirasi lainnya.  Dari keempat proses di atas, respirasi dibedakan menjadi dua, yaitu  sebagai berikut. 1) Respirasi eksternal, meliputi pertukaran O2 dan CO2 yang terjadi di  paru-paru antara alveole dan kapiler darah. 2) Respirasi internal, meliputi pertukaran gas (O2 dan CO2) yang terjadi  di tenunan, semua proses pertukaran gas antara sel dengan cairan  sel di sekelilingnya.  Pada manusia, bila bernapas mengeluarkan karbon dioksida secara  maksimal, maka di dalam paru-paru masih ada udara. Sisa udara  ini disebut udara residu. Bila napas dikeluarkan secara biasa, maka  paru-paru masih mengandung udara yang disebut udara cadangan.  Bila menghirup dan mengeluarkan napas secara biasa, maka hal ini  disebut udara pernapasan. Jika kita tarik napas dalam-dalam, selain  udara pernapasan juga masih dapat dimasukkan udara lagi dan hal ini  disebut udara komplementer. Pada serangga, sistem trakea merupakan alat untuk mengambil  oksigen dari luar, mendistribusikannya ke seluruh tubuh, dan  mengeluarkan karbon dioksida. Udara masuk ke trakea dengan cara  difusi melalui spirakel atau dibantu oleh ventilasi udara. Sistem  trakea pada belalang cukup khas seperti yang terdapat pada serangga- serangga pada umumnya. Trakea bermula pada lubang-lubang kecil  pada eksoskeleton (kerangka luar) yang disebut spirakel. Pada serangga  yang lebih kecil atau kurang aktif masuknya O2 melalui sistem trakea  dengan fungsi yang sederhana. Sebaliknya serangga yang berukuran  besar dan aktif seperti belalang dengan giat melakukan pertukaran  udara dengan trakeanya.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 133  Kontraksi pada otot belalang memipihkan organ-organ kendur,  pernapasan ini dikenal dengan pernapasan vital paru-paru dan pada  titik ekspirasi maksimum kira-kira (udara residu) tetap ada di paru- paru. Untuk mengerti respirasi hewan, kita tidak hanya memandang  sifat dari alat pernapasannya saja, tetapi mekanisme yang digunakan  untuk mengendalikan respirasi dan adaptasi terhadap lingkungan  berbeda-beda. Bersama dengan fungsi homoiostatik yang lain,  respirasi hewan harus diintegrasikan dan dikoordinasikan dengan  kegiatan pengendalian yang lain.  Untuk perhitungan menggunakan rumus berikut. Luas penampang lingkaran (A) = ω. r2 Volume O2 = luas penampang × jarak yang ditempuh. Volume O2 rata-rata = jumlah volume O2 yang diperlukan. Konsumsi O2 per menit = jumlah volume rata-rata (O2)/berat  serangga  b. Kegiatan Pembelajaran No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik guru meminta  mereka untuk menarik napas, menahannya, dan kemudian melepaskannya  secara perlahan. Kemudian peserta didik diminta untuk mengungkap  pendapatnya tentang hal ini. Inti Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan bermain “Pengamatan  Respirasi Serangga”. Diskusikan hasilnya (kemudian tekankan observasi –  inferensi – komunikasi). Doronglah peserta didik untuk tidak takut salah.  Lanjutkan dengan kegiatan diskusi eksplorasi berdasarkan lembar tugas  sebagai wujud penerapan konsep.   134 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   Penutup Lakukan refleksi serta penugasan mandiri.  4. Pertemuan IV : Pencernaan Makanan (2 JP) a. Materi untuk Guru Pengolahan sehingga berubah dari zat makanan yang menghasilkan  energi dalam bentuk ATP. 1) Pencernaan Karbohidrat dalam Tubuh Karbohidrat setelah dicerna di usus akan diserap oleh dinding  usus halus dalam bentuk monosakarida. Monosakarida dibawa  oleh aliran darah sebagian besar menuju hati, dan sebagian lainnya  dibawa ke sel jaringan tertentu, dan mengalami proses metabolisme  lebih lanjut. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses  sintesis menghasilkan glikogen, dioksidasi menjadi CO2 dan H2O,  atau dilepaskan untuk dibawa oleh aliran darah ke bagian tubuh  yang memerlukan. Hati dapat mengatur kadar glukosa dalam  darah atas bantuan hormon insulin yang dikeluarkan oleh kelenjar  pankreas. Kenaikan proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat  menyebabkan glukosa dalam darah meningkat, sehingga sintesis  glikogen dari glukosa oleh hati akan naik. Sebaliknya, jika banyak  kegiatan, maka banyak energi untuk kontraksi otot sehingga kadar  glukosa dalam darah menurun. Dalam hal ini, glikogen akan diuraikan menjadi glukosa yang  selanjutnya mengalami katabolisme menghasilkan energi (dalam  bentuk energi kimia yaitu ATP). Hormon yang mengatur kadar gula dalam darah terbagi menjadi  dua macam, yaitu sebagai berikut. a) Hormon insulin, dihasilkan oleh pankreas, yang berfungsi  menurunkan kadar glukosa dalam darah. b) Hormon adrenalin dihasilkan oleh korteks adrenal, berfungsi  menaikkan kadar glukosa dalam darah.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 135  2) Pencernaan Protein dalam Tubuh Di dalam tubuh, protein diubah menjadi asam amino oleh  beberapa reaksi hidrolisis serta enzim-enzim yang bersangkutan.  Enzim-enzim yang bekerja pada proses hidrolisis protein antara lain  pepsin, tripsin, kemotripsin, karboksipeptidase, dan aminopeptidase. Protein yang telah dipecah menjadi asam amino kemudian  diabsorpsi oleh dinding usus halus dan sampai ke pembuluh darah.  Setelah diabsorpsi dan masuk dalam pembuluh darah, asam amino  tersebut sebagian besar langsung digunakan oleh jaringan dan  sebagian lain mengalami proses pelepasan gugus amin (gugus 

Sumber: buku ipa kelas 7


You May Also Like

x