1. Jelaskan pengertian suhu

1. Jelaskan pengertian suhu 2. Bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair? KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Uji Kompetensi bab 4 suhu dan perubahannya semester 1,Berikut ini kami menyediakan kunci jawaban IPA kelas 7 semester 1 bab 4, halaman 154,155. Dengan menyediakan kunci jawaban seperti ini kami harap teman-teman lebih giat lagi dalam mengerjakan latihan soal IPA, dengan kondisi kegiatan sekolah sekarang, 
1. Jelaskan pengertian suhu
1. Jelaskan pengertian suhu 
banyak sekali dari teman-teman yang mencari dan membutuhkan kunci-kunci jawaban soal IPA, yang tentunya tidak bisa di dapatkan dari buku belajar siswa. Banyak dari soal IPA yang jawabannya tidak ada pada buku belajar siswa. 
  1. KUNCI JAWABAN Bahasa Inggris kelas 7
  2. KUNCI JAWABAN Pendidikan agama islam kelas 7
  3. KUNCI JAWABAN IPA kelas 7
  4. KUNCI JAWABAN Matematika kelas 7
  5. KUNCI JAWABAN Penjas kelas 7
  6. KUNCI JAWABAN PKN kelas 7
  7. KUNCI JAWABAN IPS kelas 7
  8. KUNCI JAWABAN prakarya kelas 7
  9. KUNCI JAWABAN Seni Budaya kelas 7
Dengan menyediakan kunci jawaban sperti ini kami harap teman-teman bisa menggunakan kunci jawaban ini dengan bijak dan benar.Alangkah baiknya sebelum menyalin setiap kunci jawaban yang kami sediakan ini teman-teman terlebih dahulu untuk mengecek ulang lagi kunci jawaban apakah sudah benar dengan buku belajar siswa.

Daftar Isi

 Kepada siswa pelajar SMP 7 sekarang, agar lebih giata lagi dalam memahami materi belajar, tujuan untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Untuk itu bagi teman-teman yang hanya berpatokan dengan alternatif internet sekarang. Kami harap kedepannya agar lebih sering lagi membuka buku belajar siswa. 

Kunci Jawaban IPA Kelas 7

Pelajaran IPA SMP, banyak hal perlu di ketahui oleh setiap siswa-siswi terutama, dalam memahami pelajaran. Kami harap pelajar lebih giat lagi membuka buku belajar dan membagi waktunya untuk belajar giat lagi. Kondisi seperti saat ini kebanyakan dari siswa malas-malasan dalam membuka buku pelajaran. 
  1. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan Bab 1
  2. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 26 Ayo Kita Latihan Bab 1
  3. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 29 Uji Kompetensi 1 Bab 1
  4. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 79 Ayo Kita Latihan Bab 2
  5. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 89, 90 Uji Kompetensi  bab 2
  6. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
  7. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 122 Ayo Latihan bab 3
  8. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 129 ,130,131 Uji Kompetensi bab 3
  9. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 137 Ayo Kita Latihan Bab 4
  10. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 143 Ayo Kita Latihan Bab 4
  11. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
  12. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Latihan bab 5
  13. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 183 Ayo Kita Latihan bab 5
  14. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
  15. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
  16. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
  17. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 202 Ayo Kita Latihan Bab 6
  18. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214,215 Uji Kompetensi Bab 6
Setiap ada tugas dari guru, kebanyakan dari mahasiswa lebih memilih alternatif internet untuk mencari jawabannya. Hal seperti itu senbarnya kalau di terapkan berkelanjutan bisa membuat anak pelajar malas dalam memahami materi buku belajar karena pada dasarnya sudah terbiasa mencari jawaban di alternatif internet.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 4

Hal seperti itu kami takutkan ketika waktu ujian nasional ataupun ujian semester anak-anak terus bergantung dengan alternatif internet ketimbang membuka buku. Hal itu kurang baik untuk generasi kedepan. Karena pada dasarnya gunakanlah handphone sewajarnya. Untuk proses belajar, bukan bergantung sepenuhnya terhadap handphone. Karena nilai yang di peroleh dari jawaban yang telah di sediakan oleh alternatif internet. Beda halnya dengan mencari sepuhnya di buku. Kami disini untuk teman-teman dalam menjawab latihan soal. Jadi kami harap gunakanlah sebijak dan sewajarnnya saja. Terima kasih.

Uji Kompetensi

1. Jelaskan pengertian suhu!

Kunci Jawaban : 
Suhu merupakan ukuran panas dinginnya benda. Benda panas berarti suhunya tinggi, sebaliknya benda yang dingin berarti suhunya rendah.

2. Bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair?

Kunci Jawaban : 
 Termometer tersebut memanfaatkan adanya perubahan sifat fisika benda (volume, panjang benda, dan warna benda) yang berubah karena kenaikan suhu.

3. Buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama. Mengapa hal itu dilakukan?

Kunci Jawaban : 
Untuk mendapatkan panas matahari, suhu tubuhnya naik, sehingga bisa beraktivitas karena buaya adalah hewan berdarah dingin.

4. Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!

Kunci Jawaban : 
333Bimetal berfungsi seperti saklar. Saat suhu setrika tinggi, lengkungan pada bimetal membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka (terputus). Saat setrika mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal, sehingga rangkaian listrik tertutup dan setrika menjadi panas kembali.

5. Konversikan:
a. 77 °F = ……. °C = …… °R = ……. K
b. 333 K = ……. °C = …… °R = …….. F

Kunci Jawaban : 
a) 25°C = 20°R = 298 K
b) 60°C = 48°R = 140°F

6. Sebatang tembaga (koefisien muai panjangnya ada pada Tabel 7.1) pada suhu 28°C panjangnya 80 m. Berapakah pertambahan panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya 78°C?

Kunci Jawaban : 
ΔL= Lo x α x (Tt-To)
= 80 x 0,000017 x (78-28)
= 80 x 0,000017 x 50
= 0,068 cm
Jadi, pertambahan panjang tembaga tersebut adalah 0,068 cm.

7. Berikut ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya

7.	Berikut ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155

Kunci Jawaban : 
a) α = 0,18 = 0,00002/°c
b) Berdasarkan hasil perhitungan, kemungkinan besar jenis logam tersebut adalah kuningan.

8. Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.

8.	Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155

Kunci Jawaban : 
a) Rumusan masalah : Apakah jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan?
b) Berdasarkan data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zat dinaikkan juga berbeda-beda. Kesimpulannya: jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan.

Terimakasih telah berkunjung di blog kami ini semogga artikel kami kali ini dapat membantu temen temen dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru, dan kami berharap temen temen memperoelh nilai yang memuaskan

Rangkuman ipa kelas 7 bab 4

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas apakah benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). 

1. Jelaskan pengertian suhu
1. Jelaskan pengertian suhu 

pemanas spiritus, dan tripod (kaki tiga) 4. Statif dan klem 5. Termometer Petunjuk Keselamatan Kerja Hati-hati saat kamu menjepitkan pipa kapiler dengan statif, agar tidak pecah. Hati-hati dengan api. Lakukan langkah-langkah berikut. 1. Masukkan air ke dalam labu didih hingga hampir penuh. 2. Pasang pipa kapiler pada lubang sumbat karet. 3. Pasang sumbat karet pada labu didih sedemikian rupa sehingga air dari labu didih masuk ke dalam pipa kapiler. Tandai permukaan air dalam pipa kapiler. 4. Pasang labu didih pada statif dan panaskan seperti Gambar 4.17. Menalar, Mencoba, dan Mengomunikasikan Apa yang terjadi pada air di dalam pipa kapiler setelah labu didih dipanaskan? Menurutmu, mengapa hal itu bisa terjadi? Percobaan lanjutan: lakukan percobaan untuk menemukan apakah jenis zat cair berpengaruh terhadap perubahan volume karena pemuaian zat itu! Diskusikan hasilnya dengan teman-temanmu. Gambar 4.17 Pemuaian pada zat cair Sebagaimana zat padat, zat cair juga memuai jika dipanaskan. Bahkan, pemuaian zat cair relatif lebih mudah atau lebih cepat teramati dibandingkan dengan pemuaian zat padat. Gas juga memuai jika dipanaskan. Sifat pemuaian gas harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika memompa ban sepeda jangan terlalu keras, seharusnya sesuai ukuran. Carilah contoh gejala dan pemanfaatan pemuaian zat cair dan gas dalam kehidupan sehari-hari! 152 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Perlu Diketahui Botol kemasan sirop, kecap, saos, minyak goreng, tidak pernah diisi penuh agar tidak tumpah jika memuai. Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar4.18 Mengapa sirop tidak diisikan penuh dalam botol kemasan ini? Penerapan 1. Mengapa kabel listrik bertegangan tinggi dipasang agak kendur? 2. Pada suhu 0oC, panjang sebatang besi adalah 200 cm. Jika suhu besi dinaikkan menjadi 100oC, ternyata panjang besi itu menjadi 200,24 cm. Tentukan koefisien muai panjang besi. 3. Panjang sebatang baja pada 20oC adalah 40 cm. Jika koefisien muai panjang baja 0,00002/oC, berapa panjangnya pada suhu 70oC? Berbagai macam zat yang ada di alam ini dapat diolah menjadi berbagai macam alat yang memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, Tuhan menciptakan berbagai jenis logam yang dapat diolah menjadi alat-alat rumah tangga. Pemanfaatan alatalat rumah tangga tersebut harus mempertimbangkan suhu karena pada suhu yang berbeda membutuhkan alat yang berbeda. Betapa lengkapnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu wujud syukur pada Tuhan dengan selalu menjaga alam ini dan menggunakan apa yang ada di sekitar kita sesuai dengan kebutuhan. Renungan dan Refleksi Ilmu Pengetahuan Alam 153 Suhu adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan saat menggunakan berbagai benda di sekitar. Misalnya, ketika memasak, digunakan alat dari kayu atau alat dari aluminium yang dilapisi bahan tahan panas pada bagian pegangannya. Penambahan suhu menyebabkan pemuaian, baik padat, cair, maupun gas. Oleh karena itu, pada pemanfaatan benda juga harus mempertimbangkan adanya pemuaian. Sebagai contoh dalam pemasangan jendela, rel kereta api, rangka baja pada jembatan, dan penyimpanan makanan dalam bentuk cair. Apa yang akan terjadi seandainya menggunakan benda-benda di sekitar tanpa memperhatikan pengaruh suhu dan pemuaian yang akan terjadi akibat perubahan suhu tersebut? • Anaksimenes (526-586) mengungkapkan bahwa udara atau angin merupakan dasar dari wujud alam semesta. Panas dan dingin merupakan penyebab udara menciptakan suatu bentuk. Menurutnya bumi, matahari dan bintang adalah cakram atau piringan di atas udara. • Ibnu Sina (980-1037), seorang dokter dan filsuf. Di dunia barat beliau dikenal dengan sebutan Avicenna dan memiliki gelar “Bapak Kedokteran Modern”. Ibnu Sina juga penemu termometer. • William Thomson Kalvin(1824-1907) adalah seorang matematikawan Inggris yang mendedikasikan hidupnya untuk penelitian termodinamika. Salah satu hasil penelitiannya yang terkenal adalah penemuan titik nol mutlak yaitu pada suhu -273 C atau yang beliau sebut sebagai 273K. Penemuan inilah yang dianggap oleh Royal Science Society sebagai penemuan yang cukup fenomenal di zamannya sehingga beliau berhak untuk dianugerahi gelar kebangsawanan yakni, gelar Lord Kalvin. INFO ILMUWAN ° 154 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 1. Suhu menyatakan tingkat panas dinginnya suatu benda; diukur dengan termometer 2. Berbagai macam termometer: • Termometer zat cair • Termometer kristal cair • Termometer bimetal 3. Berbagai skala termometer: Celcius, Kelvin, Fahrenheit, dan Reamur 4. Perubahan suhu menyebabkan pemuaian pada benda. Pemuaian menjadi  kecil-kecil dan membakar 1 kertas. 2 Guru meminta Peserta Didik untuk mengamati demonstrasi dari guru  dan Peserta Didik diminta  membuat pertanyaan tentang apa yang telah  diamati. 3 Secara berkelompok Peserta Didik melakukan beberapa percobaan  tentang perubahan fisika dan perubahan kimia sesuai dengan buku  siswa. 4 Guru juga mengingatkan kepada Peserta Didik untuk cermat, jujur dan  bekerja sama dalam kelompok untuk ketercapaian KI-2. 5 Guru meminta Peserta Didik membandingkan zat yang ada sebelum  dan sesudah terjadi perubahan yang dilakukan. 6 Peserta Didik bersama kelompok mendiskusikan hasil percobaan  perubahan fisika dan perubahnan kimia. 7 Peserta Didik mengomunikasikan hasil percobaan perubahan fisika dan  perubahan kimia. Penutup Guru bersama Peserta Didik menyimpulkan tentang hasil percobaan serta  membedakan tentang perubahan fisika dan kimia beserta contoh-contoh  dalam kehidupan sehari-hari.   7. Pertemuan VII : Tes (2 JP)   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 81  F. Evaluasi 1. Jenis /teknik penilaian adalah tes tertulis, pengamatan sikap, dan unjuk  kerja 2. Bentuk instrumen dan instrumennya adalah lembar tes tertulis  berbentuk esai yang tertera pada buku siswa dan lembar pengamatan  untuk sikap dan keterampilan seperti tertera pada buku guru bagian  penilaian.  KD Indikator Essensial Teknik Penilaian 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah  (memiliki rasa ingin tahu, objektif,  jujur, teliti, cermat, tekun, hati- hati, bertanggung jawab, terbuka,  kritis, kreatif, inovatif, dan peduli  lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari.  Pengamatan sikap  2.2 Menghargai kerja individu dan  kelompok dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi  melaksanakan percobaan dan  melaporkan hasil percobaan.  Pengamatan sikap  3.3 3.3.1 Mengolongkan unsur, senyawa,  dan campuran  Tes tertulis 3.3.2 Mengidentifikasi sifat larutan. Tes tertulis 3.3.3 Mengidentifkasi jenis campuran. Tes tertulis 3.3.4 Menjelaskan proses berbagai  pemisahan campuran.  Tes tertulis  3.3.5 Mengidentifikasi metode  pemisahan campuran pada  bahan.  Tes tertulis  3.3.6 Menjelaskan aplikasi metode  pemisahan campuran dalam  kehidupan sehari-hari.  Tes tertulis  3.3.7 Menjelaskan sifat kimia dan sifat  fisika.  Tes tertulis   82 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs  3.3.8 Mengidentifikasi metode  pemisahan campuran pada  larutan.  Tes tertulis  3.3.9 Menjelaskan perbedaan  perubahan fisika dan perubahan  kimia.  Tes tertulis  3.3.10  Mengelompokkan perubahan  fisika dan perubahan kimia.  Tes tertulis  4.3 4.3.1 Menyelidiki bahan-bahan alam  yang dapat dijadikan sebagai  indikator alami.  Tes unjuk kerja  4.3.2 Membuat laporan mengenai hasil  percobaan tentang pemisahan  campuran.  Tes unjuk kerja  G. Pengayaan  Berdasarkan hasil analisis tes Peserta Didik yang sudah memenuhi KKM  diberi program pengayaan. Pelaksanaan program pengayaan dapat dilihat  pada Bagian Umum buku guru. Manfaat perubahan Materi Perubahan fisika berperan penting dalam industri obat-obatan atau  farmasi, yaitu dalam proses ekstraksi zat-zat aktif yang terkandung dalam  bahan alami. Zat-zat aktif ini berguna untuk bahan baku obat. Senyawa yang  terkandung dalam dedaunan atau akar-akaran dikeluarkan menggunakan  pelarut tertentu dalam alat khusus. Menyeduh kopi dengan air panas  merupakan ekstraksi kafein dan kopi agar larut dalam air. Kafein bersifat  larut dalam air panas. Beberapa contoh penggunaan perubahan fisika, antara  lain sebagai berikut. 1. Industri es batu, yaitu air yang berwujud cair berubah menjadi es yang  berwujud padat. 2. Industri susu dalam kaleng, yaitu wujud susu yang cair diubah menjadi  susu yang berupa serbuk.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 83  3. Industri gula pasir, yaitu gula yang berwujud cair (dalam batang tebu)  diubah menjadi gula yang berwujud padat. Selain perubahan fisika, perubahan kimiapun banyak manfaatnya dalam  kehidupan sehari-hari. Hampir semua industri memproduksi bahan baku  menggunakan prinsip-prinsip perubahan kimia atau reaksi kimia. Dalam  industri plastik, zat-zat organik yang bersumber dari gas alam dan minyak  bumi diubah melalui reaksi dan proses kimia menjadi plastik. Misalnya  polietilen (PE), polypropilen (PP) dan poliviniklorida (PVC). Beberapa  contoh pemanfaatan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah  sebagai berikut. 1. Industri minyak bumi, yaitu pada penyulingan minyak bumi yang  menghasilkan minyak, gas, bensin, solar, lilin, aspal, dan sebagainya.  Minyak gas yang dibakar dapat digunakan untuk memasak. 2. Industri sabun, yaitu minyak kelapa ditambah dengan larutan soda api  berubah menjadi sabun yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. 3. Industri cat, yaitu hasil perubahn kimia suatu zat yang mempunyai warna  tertentu.  H. Remedial  Berdasarkan hasil analisis tes Peserta Didik yang belum memenuhi KKM,  diberi program remedial. Pelaksanaan program remedial dapat dilihat pada  Bagian Umum buku guru .  I. Interaksi dengan Orang Tua  Komunikasi dengan orang tua dapat menggunakan buku penghubung  yang memfasilitasi komunikasi yang baik antara sekolah/guru dengan orang  tua Peserta Didik. Buku penghubung ini juga bermanfaat membangun kerja  sama pihak sekolah dengan orang tua dalam membantu keberhasilan Peserta  Didik. Buku penghubung ini memuat hari/tanggal, mata pelajaran, materi/   84 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs  topik, bentuk tugas, tanda tangan orang tua.Bentuk lain interaksi dengan  orang tua yaitu membangun keterlibatan orang tua dalam tugas-tugas  sekolah para Peserta Didik. Guru dianjurkan menyusun tugas untuk  Peserta Didik yang dapat melibatkan orang tua dalam kegiatan-kegiatan  bersama Peserta Didik. Sesuai dengan tugas yang diberikan guru.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs 85  Ilmu Pengetahuan Alam 85  Bab 4  A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)   Kompetensi Inti Kompetensi Dasar 3. Memahami pengetahuan (faktual,  konseptual, dan prosedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.  3.4. Menganalisis konsep  suhu, pemuaian, kalor,  perpindahan kalor, dan  penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari  termasuk mekanisme  menjaga kestabilan suhu  tubuh pada manusia dan  hewan.  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung,  menggambar, dan mengarang) sesuai  dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut  pandang/teori.  4.4. Melakukan percobaan  untuk menyelidiki  pengaruh kalor terhadap  suhu dan wujud benda  serta perpindahan kalor.  Suhu dan  Perubahannya   86 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   B. Indikator dan Tujuan Pembelajaran  Indikator Tujuan 3.4.1. Menjelaskan definisi suhu. 3.4.1.1. Siswa dapat menjelaskan definisi  suhu. 3.4.2. Menjelaskan berbagai  jenis termometer.  3.4.2.1. Siswa dapat menjelaskan berbagai  jenis thermometer dan fungsinya.  3.4.3. Menentukan skala suhu  dengan melakukan  pengukuran suhu  dengan menggunakan  thermometer.  3.4.3.1. Siswa dapat menentukan skala suhu  dengan melakukan pengukuran  suhu dengan menggunakan  thermometer.  3.4.4. Menentukan skala  thermometer tak berskala  dengan membandingkan  dengan temometer  berskala.  3.4.4.1. Siswa dapat menentukan skala  thermometer tak berskala  dengan membandingkan dengan  temometer berskala.  3.4.5. Menjelaskan definisi  pemuaian.  3.4.5.1.  Siswa dapat menjelaskan definisi  pemuaian.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 87  C. Peta Konsep  diukur dengan  berhubungan dengan  macam perpindahan  dengan skala  Termometer  Reamur  Celcius  Fahrenheit  Suhu dan Kalori  Kelvin  Kalor  Perubahan Suhu Benda  Perubahan Wujud Benda  Konduksi  Konveksi  Radiasi  Suhu  terbagi atas   88 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   D. Materi Esensial  Pembelajaran dan penilaian Subtopik Suhu dan Perubahannya  memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau  6 TM (dengan asumsi 5 JP/ minggu  diorganisasikan menjadi dua kali TM, yakni 3 JP dan 2 JP). Pengorganisasian  6 TM tersebut adalah sebagai berikut: TM  Ke- Materi JP 1. Pengertian Suhu dan Termometer. 3 2. Skala Suhu I (membuat skala suhu). 2 3. Skala Suhu II (skala suhu dan mengamati pemuaian). 3 4. Pemuaian Panjang, Luas, dan Volume. 2 5. Pemuaian pada Zat Cair. 3 6. 

Sumber: buku ipa kelas 7


You May Also Like