1. Jelaskan pengertian kalor

1. Jelaskan pengertian kalor.2. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5 kalor dan perpindahanya semester 1 Jadi kami di sini akan menyiapkan kunci jawaban IPA kelas 7 semester 1 pada bab 5 halaman 185 itu tentang uji kompetensi untuk itu kami di sini ingin membantu teman-teman dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal yang tidak bisa teman-teman jawab dari guru. 
Teman-teman bisa berlangganan di blog ini kedepannya kami di sini akan memfokuskan untuk tingkatan SMP dari semua pelajaran. kami disini akan menyiapkan kunci-kunci jawaban pada kelas 7,8 dan 9 kami harap teman-teman lebih giat lagi  dalam belajar dan memahami dan memecahkan soal-soal yang dihadapi setiap hari..
  1. KUNCI JAWABAN Bahasa Inggris kelas 7
  2. KUNCI JAWABAN Pendidikan agama islam kelas 7
  3. KUNCI JAWABAN IPA kelas 7
  4. KUNCI JAWABAN Matematika kelas 7
  5. KUNCI JAWABAN Penjas kelas 7
  6. KUNCI JAWABAN PKN kelas 7
  7. KUNCI JAWABAN IPS kelas 7
  8. KUNCI JAWABAN prakarya kelas 7
  9. KUNCI JAWABAN Seni Budaya kelas 7
Karena pada bab 5 ini teman-teman harus lebih giat lagi dalam membuka buku dan memahami dan menghafal rumus untuk mencari dan memecahkan soal-soal tentang mencari suhu Jadi kami di sini ingin berbagi kunci jawaban IPA kelas 7 semester 1 kepada teman-teman yang sedang mengerjakan tugas-tugas yang telah dikasih oleh guru supaya teman-teman lebih memudahkan lagi memecahkan soal-soal yang tidak ada jawaban pada buku pelajaran tersebut.

Daftar Isi

 Mudah-mudahan kedepannya kami disini akan membahas lengkap semua pelajaran untuk tingkatan SMP dari kelas 7 sampai akhir untuk mempermudahkan tingkatan jenjang SMP dalam mengerjakan latihan latihan soal yang tidak ada jawabannya pada buku pelajaran mudah-mudahan kedepannya kami disini akan membahas lengkap semua pelajaran untuk tingkatan SMP dari kelas 7 sampai akhir untuk mempermudahkan tingkatan jenjang SMP dalam mengerjakan latihan-latihan soal yang tidak ada jawabannya pada buku pelajaran.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7

Berikut ini adalah kunci jawaban IPA kelas 7 semester 1 pada bab 5 halaman 185 uji kompetensi. Kami disini ingin berbagi tentang kunci jawaban soal IPA pada halaman 185. Karena kami mengetahui sekali kondisi sekarang kebanyakan dari mahasiswa lebih memilih untuk mencari kunci jawaban di internet
  1. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan Bab 1
  2. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 26 Ayo Kita Latihan Bab 1
  3. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 29 Uji Kompetensi 1 Bab 1
  4. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 79 Ayo Kita Latihan Bab 2
  5. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 89, 90 Uji Kompetensi  bab 2
  6. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
  7. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 122 Ayo Latihan bab 3
  8. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 129 ,130,131 Uji Kompetensi bab 3
  9. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 137 Ayo Kita Latihan Bab 4
  10. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 143 Ayo Kita Latihan Bab 4
  11. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
  12. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Latihan bab 5
  13. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 183 Ayo Kita Latihan bab 5
  14. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
  15. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
  16. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
  17. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 202 Ayo Kita Latihan Bab 6
  18. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214,215 Uji Kompetensi Bab 6
 ketimbang memilih mencari di buku pelajaran hal tersebut memang umum untuk saat ini dikarenakan kondisi belajar mandiri dirumah membuat siswa siswa Banyak stres akan banyaknya tugas yang akan dikerjakan untuk itu sebagian besar dari mahasiswa lebih memilih untuk mencari jawaban alternatif internet ketimbang sendiri di buku pelajaran kami disini ingin membantu teman-teman untuk menyelesaikan tugas dan mengumpulkan secara tepat waktu.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 5

Kunci jawaban ini kami sediakan dari sumber-sumber pilihan kami pengetahuan kami semasa sekolah mempelajari buku IPA kelas 7 semester 1 ini kami dapat menyimpulkan bahwa teman-teman harus lebih giat lagi dalam mengulangi setiap pelajaran yang telah selesai teman-teman pelajari untuk itu kedepannya teman-teman bisa lagi waktu teman-teman untuk mengulangi lagi pelajaran yang telah teman-teman pelajari sebelumnya

Uji Kompetensi

*Review

1. Jelaskan pengertian kalor.

Kunci Jawaban : 
Kalor adalah suatu bentuk energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang memiliki suhu lebih rendah.

2. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.

Kunci Jawaban : 
Benda yang menerima kalor pada pemanasan tersebut adalah Panci, dan Air. Yang menerima kalor pertama kali adalah Panci Alumunium yang kemudian terjadi perpindahan kalor dari panci ke air.

3. Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

Kunci Jawaban : 
Maksudnya adalah apabila mencairkan atau meleburkan es sebanyak 1 gram diperlukan energi kalor sebesar 80 kalori.

4. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi.

Kunci Jawaban : 
Persamaan : cara perpindahannya panas melalui perantara
Perbedaan : Perpindahan panas  pada cara konduksi melalui perantara tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat perantara tersebut. Sedangkan pada cara konveksi melalui perantara yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat perantaranya.

5. Mengapa seekor anjing setelah berlarian akan menjulurkan lidahnya? Jelaskan.

Kunci Jawaban : 
 Karena anjing merupakan mamalia bersuhu tetapi sehingga akan mempertahankan suhu tubuh yang tetap. Ketika anjing berlari suhu tubuh akan meningkat sehingga anjing perlu menjulurkan lidahnya untuk mempercepat pelepasan kalor ditubuhnya agar suhu tubuhnya kembali normal.

*Penerapan

1. Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 2 kg air, sehingga suhunya naik 50oC. Kalor jenis air 4200 J/(kg K).

Kunci Jawaban : 
Q = m x c x ΔT
= 2 x 4.200 x 50
= 420.000 J
= 420 KJ
Jadi, besar kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu air tersebut adalah 420 KJ.

2. Gambarkan arus konveksi pada gambar di bawah ini.

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 

3. Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. 

Kunci Jawaban : 
Pilihan yang tepat adalah yang C, Hal ini dikarenakan titik didih air dan alkohol berbeda. Titik didih alkohol lebih rendah dibandingkan titik didih air, sehingga menyebabkan alkohol lebih banyak menguap daripada air.

4. Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas. Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa paling panas? Coba jelaskan.

Kunci Jawaban : 
 Sendok yang terasa paling panas adalah sendok logam karena logam adalah konduktor yang baik untuk menghantarkan panas. Sedangkan sendok plastik dan sendok keramik merupakan isolator.

 supaya teman-teman ketika akan menghadapi ujian akhir teman-teman tidak perlu lagi untuk membuka dan mengulangi pelajaran yang telah lalu teman-teman pelajari dikarenakan pada pelajaran IPA Ini kebanyakan dari latihan-latihan soal-soal akhir ujian semester biasanya akan menyangkut tentang latihan-latihan pemantulan dalam mengerjakan soal dan juga teman-teman harus ketahui teman-teman juga harus menghafal rumus-rumus untuk mencari suhu.

Rangkuman ipa kelas 7 bab 5

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas apakah benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). 

1. Jelaskan pengertian kalor
1. Jelaskan pengertian kalor

berwarna terang atau putih. Mengapa? Peristiwa radiasi juga dimanfaatkan oleh hewan seperti contoh berikut. Sumber: www.zonaikan.com Gambar 4.32 Untuk menghangatkan tubuhnya, hewan berdarah dingin seperti buaya ini memanfaatkan radiasi panas matahari. Kalor dari matahari diserap oleh buaya (dengan cara membuka mulutnya), sehingga suhu tubuhnya naik dan buaya dapat beraktivitas dengan mudah. Bagaimana termos dapat mencegah perpindahan kalor baik secara konduksi, konveksi, maupun radiasi? Ilmu Pengetahuan Alam 183 Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 4.33 Termos 1. Jelaskan 3 cara perpindahan kalor. 2. Apakah konduktor itu? Beri 5 contoh konduktor. 3. Apakah isolator itu? Beri 5 contoh isolator. 4. Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kalor yang diterima sebuah benda dari lingkungan sekitarnya? 5. Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kalor yang dilepas sebuah benda terhadap lingkungan sekitarnya? Ayo Kita Latihan • Penerapan Jelaskan pemanfaatan peristiwa konduksi, konveksi, atau radiasi pada berbagai peralatan. Cari peralatan yang berbeda dengan yang dijelaskan di buku yang sedang kamu pelajari ini. Sumbat, dibuat dari plastik atau gabus. Bahan ini isolator yang baik. Wadah luar Celah antara gelas dengan wadah luar dibuat hampa udara. Jadi, tidak ada penghantar panas secara konduksi dan konveksi. Dua lapis gelas, gelas merupakan isolator panas yang baik Gelas dilapisi perak yang mengkilat. Mengapa harus mengkilat? 184 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Di musim dingin, daerah sekitar kutub bumi menjadi daratan es. Laut pun menjadi daratan es. Tetapi, rusa kutub dan beruang kutub tetap dapat beraktivitas. Domba memiliki bulu yang tebal, sehingga dapat mempertahankan suhu tubuh pada musim dingin. Banyak burungburung bermigrasi dari daerah dingin ke daerah yang lebih hangat pada saat musim dingin. Begitulah kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memberi kehidupan pada makhluk-Nya. Jadi, kita sebagai salah satu ciptaan-Nya wajib berterima kasih pada-Nya. Ayo Kita Latihan 1. Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah jika kedua benda saling bersentuhan. 2. Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 g zat sebesar 1°C. 3. Zat dapat berubah wujud apabila: • perubahan wujud zat yang memerlukan kalor yang mencair, menguap, dan menyublim; • perubahan wujud zat yang melepas kalor yang membeku, mengembun, dan menghablur. 4. Azas Black berbunyi banyaknya kalor yang dilepaskan benda bersuhu lebih tinggi sama dengan banyaknya kalor yang diterima benda yang bersuhu lebih rendah. • Kalor dapat berpindah dengan cara konduksi, konveksi, dan radiasi. • Konduksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan partikel zat. • Konveksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat yang disertai perpindahan partikel zat tersebut. • Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa melalui zat perantara. RANGKUMAN Ilmu Pengetahuan Alam 185 Tahukah kamu jauh sebelum istilah kalori diperkenalkan ada penelitian yang mendasari, sehingga energi dihitung dengan satuan kalori. Siapakah peneliti yang mendasari hingga dikemukakan istilah kalori tersebut? • Ibnu Sina (980-1037) mengemukakan hasil penelitiannya terkait energi, yakni masalah ruangan hampa, cahaya, dan panas (kalor). • James Prescott Joule (1818-1889) ialah seorang ilmuwan yang membuktikan bahwa panas (kalor) tak lain adalah suatu bentuk energi. • James Watt (1736-1819) dari Skotlandia, Britania Raya. Pada awalnya Watt tertarik dengan mesin uap karena memerhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien. Kemudian ia terus melakukan beberapa percobaan dan penelitian. Watt berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya, yaitu Watt digunakan sebagai nama satuan daya. • Antonnie Laurent Lavoisier (1743 – 1794) memperkenalkan kata kalori. suhu freezer di     bawah -4oC  c. Bergantung letak geografis sekolah (lingkungan peserta didik).  Untuk di daerah pantai, sekitar 35oC.  Ayo Latihan 1. Suhu adalah tingkat panas dinginnya benda. 2. Indra tidak dapat membedakan suhu dengan tepat, suhu suatu benda  dapat dianggap tinggi oleh satu indra, namun dapat dianggap panas  oleh indra yang lain. Selain itu indra tidak aman digunakan untuk  mengukur suhu yang terlalu rendah atau tinggi. 3. Contoh: Termometer zat cair; memanfaatkan volume zat cair yang  berubah akibat perubahan suhu; zat cair diletakan di dalam reservoir  kaca yang dihubungkan pipa kapiler; jika suhu naik, permukaan zat  cair di dalam pipa akan naik, dan sebaliknya. 4.  Sama-sama menggunakan es melebur sebagai titik tetap bawah dan  menggunakan air mendidih untuk menentukan titik tetap atas.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 103  5.  a.  36oR = 113oF = 318 K  b. 45oC = 113oF = 318 K  c. -10oC = -8oR = 263 K  d. – 48oC = 38,4oR = -54,4oF 6.  Termometer D. Sesuai dengan rentang suhu tubuh, rentang skala tidak  terlalu besar sehingga teliti.  Ayo Latihan 1. Contoh akibat pemuaian benda: gelas retak ketika diberi air panas  (pemuaian tidak seragam), kabel listrik dibuat agak kendor (jika  menyusut agar tidak terlalu tegang), dan lain-lain. 2. Artinya setiap ada kenaikan suhu 1 derajat celcius, benda yang  panjangnya 1 meter akan bertambah panjang 0,0000015 meter. 3. Kemungkinan sama tetap ada; namun secara umum koefisien muai  panjang zat berbeda-beda, bergantung jenis zatnya.  Penerapan 1. Agar tidak terlalu tegang saat memendek (menyusut) yang dapat  membuat kabel putus. 2.   3. Lt = 40 cm + 40 × 50 × 0, 00002 cm = 40,04 cm  Uji Kompetensi 1. Suhu merupakan ukuran panas dinginnya benda. Benda panas berarti  suhunya tinggi, sebaliknya benda yang dingin berarti suhunya rendah. 2. Termometer tersebut memanfaatkan adanya perubahan sifat fisika  benda (volume, panjang benda, dan warna benda) yang berubah  karena kenaikan suhu. 3.  Untuk mendapatkan panas matahari, suhu tubuhnya naik, sehingga  bisa beraktivitas (buaya berdarah dingin).  a =  0,24  = 0,000012/0c  200 x 100   104 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   Penerapan 4.  Bimetal berfungsi seperti saklar. Saat suhu setrika tinggi, lengkungan  pada bimetal membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka  (terputus). Saat setrika mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal,  sehingga rangkaian listrik tertutup dan setrika menjadi panas kembali. 5.  a. 25oC = 20oR = 298 K  b. 60oC = 48oR = 140oF 6. ΔL = 80 × 50 × 0,000017 cm = 0, 68 cm 7. Yang paling mendekati: kuningan.  8.  a. Alternatif rumusan masalah:  Apakah jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya  ketika dipanaskan?  b. Berdasarkan data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zat  dinaikkan juga berbeda-beda. Kesimpulannya: jenis zat  berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan  Berpikir Kritis: Tidak.  Tingkat  panas  benda  itu  sama.  Angka  penunjukan  suhunya  berbeda-beda, karena menggunakan skala termometer yang berbeda.  a =  0,18  = 0,00002/0c  100 x 90   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam  Bab 1  105  Ilmu Pengetahuan Alam 105  Bab 5  A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)   Kompetensi Inti Kompetensi Dasar 3. Memahami pengetahuan (faktual,  konseptual, dan prosedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.  3.4. Menganalisis konsep  suhu, pemuaian, kalor,  perpindahan kalor, dan  penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari  termasuk mekanisme  menjaga kestabilan suhu  tubuh pada manusia dan  hewan.  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung,  menggambar, dan mengarang) sesuai  dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut  pandang/teori.  4.4. Melakukan percobaan  untuk menyelidiki  pengaruh kalor terhadap  suhu dan wujud benda  serta perpindahan kalor.  Kalor dan  Perpindahannya   106 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   B. Indikator dan Tujuan Pembelajaran  Indikator Tujuan 3.4.1. Mengetahui pengertian  suhu dan termometer  serta jenis termometer.  3.4.1.1. Peserta Didik dapat menyajikan  hasil pengamatan, inferensi,  dan mengomunikasikan hasil  penyelidikannya tentang fungsi perasa  sebagai pengukur suhu. 3.4.1.2. Peserta Didik dapat menjelaskan 3  jenis termometer.  3.4.2. Menentukan skala suhu  dengan melakukan  pengukuran suhu  dengan termometer  skalanya, serta   membandingkannya  secara pengukuran  dengan termometer  skala suhu yang telah  dikenal.  3.4.2.1. Peserta Didik dapat membuat skala  suhu, melakukan pengukuran suhu  dengan termometer skalanya,  serta membandingkannya secara  pengukuran dengan termometer skala  suhu yang telah dikenali. 3.4.2.2. Peserta Didik dapat menjelaskan  pengertian titik tetap dalam  penentuan skala suhu.  3.4.3. Menjelaskan  pengertian kalor.  3.4.3.1. Peserta Didik mampu menjelaskan  kalor,  3.4.4. Mendeskripsikan  hubungan  kalor  dengan suhu dan  hubungan kalor  dengan perubahan  wujud.  3.4.4.1. Peserta Didik menyelidiki faktor-faktor  yang memengaruhi kenaikan suhu  benda akibat pemberian kalor. 3.4.4.2. Peserta Didik dapat menerapkan  persamaan kalor untuk kenaikan suhu  pada persoalan yang sesuai. 3.4.4.3. Peserta Didik dapat menyelidiki  karakteristik suhu benda pada saat  benda mengalami perubahan wujud. 3.4.4.4.  Peserta Didik dapat menentukan kalor  untuk perubahan wujud.  3.4.5. Menentukan macam- macam perpindahan  kalor.  3.4.5.1.  Peserta Didik mampu menjelaskan  dan membedakan  macam-macam  perpindahan kalor.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 107  C. Peta Konsep  diukur dengan  berhubungan dengan  macam perpindahan  dengan skala  Termometer  Reamur  Celcius  Fahrenheit  Suhu dan Kalori  Kelvin  Kalor  Perubahan Suhu Benda  Perubahan Wujud Benda  Konduksi  Konveksi  Radiasi  Suhu  terbagi atas   108 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   D. Materi Esensial  Pembelajaran dan penilaian topik Suhu dan Kalor memerlukan waktu  15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu  diorganisasikan menjadi dua kali TM, yakni masing-masing 3 JP dan 2 JP.  Pengorganisasian 6 TM tersebut adalah sebagai berikut: TM  Ke- Materi JP 1. Konsep Kalor 3 2. Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda 2 3. Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Zat Benda 3 4. Perpindahan Kalor Dengan Cara Konduksi dan Konveksi 2 5. Perpindahan Kalor Dengan Cara Radiasi 2 6. Tugas Projek 2  E. Proses Pembelajaran  1. Pertemuan I : Konsep Kalor (3 JP) a. Materi untuk Guru Kalor merupakan energi panas yang berpindah. Satuan kalor =  satuan energi, dalam SI bersatuan Joule. Satuan energi yang lain  adalah kalori. Satu kalori adalah kalor untuk menaikkan suhu 1 g air  hingga naik 10C. Ekivalennya adalah 1 kalori = 4,186 J. Ekivalensi ini  didapat dari percobaan Joule. Miskonsepsi tentang suhu dan kalor mencakup hal-hal berikut. 1) Mempertukarkan pemahaman tentang suhu dan kalor, anggapan  Peserta Didik (yang salah) bahwa segelas besar air 800C dituang ke  dalam 2 gelas kecil, banyak Peserta Didik berpikir, suhu di masing- masing gelas 40oC. Demikian juga sebaliknya.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 109  2) Dalam suatu ruang, suhu benda-benda dari kayu (isolator) lebih  tinggi daripada benda-benda logam (konduktor). Seharusnya, suhu  keduanya sama, namun ketika kita menyentuh logam, kalor dari  permukaan kulit kita dengan cepat berpindah ke logam sehingga  terasa dingin.  b. Kegiatan Pembelajaran No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan 1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik  tunjukkanlah berbagai label makanan kemasan. Fokuskan pada label yang menunjukkan kalori makanan. Mintalah Peserta Didik  menanggapi tulisan dalam label itu.  2. Bimbing Peserta Didik merumuskan. Inti 1. Secara berkelompok, Peserta Didik melakukan penyelidikan  “Membandingkan Energi Panas Benda” (Buku Siswa). Doronglah Peserta  Didik untuk menganalisis dan melakukan inferensi, serta mendiskusikan  hasilnya. Doronglah Peserta Didik untuk tidak takut salah, yang penting  prosedur dilakukan dengan benar dan aman. 2. Elaborasi lebih lanjut ke pengertian kalor, kalor sebagai bentuk energi,  dan energi makanan. Lakukan klarifikasi dengan 

Sumber: buku ipa kelas 7


You May Also Like