1. Apa yang dimaksud dengan energi?

1. Apa yang dimaksud dengan energi? 2.Seberapa penting energi bagi kehidupan? Jelaskan. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6 energi dalam sistem kehidupan semester 1.Seperti yang telah kami bahas pada blog sebelumnya untuk saat ini teman-teman tengah mengerjakan tugas pada kegiatan pembelajaran pada buku IPA  kelas 7 semester 1. 

1. Apa yang dimaksud dengan energi?
1. Apa yang dimaksud dengan energi? 

Kami telah menyediakan alternatif jawaban untuk tugas kali ini yang teman-teman lihat bawah kami mengulas soal-soal saja. kami tidak menyertahkan materinya karena kami rasa teman-teman bisa melihat pada buku pembelajaran.

  1. KUNCI JAWABAN Bahasa Inggris kelas 7
  2. KUNCI JAWABAN Pendidikan agama islam kelas 7
  3. KUNCI JAWABAN IPA kelas 7
  4. KUNCI JAWABAN Matematika kelas 7
  5. KUNCI JAWABAN Penjas kelas 7
  6. KUNCI JAWABAN PKN kelas 7
  7. KUNCI JAWABAN IPS kelas 7
  8. KUNCI JAWABAN prakarya kelas 7
  9. KUNCI JAWABAN Seni Budaya kelas 7

Bagaimanapun tugas dari sekolah harus teman-teman kerjakan dan kumpulkan kepada guru kelas kami tahu kalau sekarang ini alternatif jawaban memang berperan penting bagi setiap teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah.

Jika teman-teman lihat ke soal pada buku pembelajaran IPA kelas 7 semester 1 memang semua soalnya merupakan soal isian dan tidak sedikit soal tersebut harus dijawab dengan pendapat sendiri bahkan ada sebagian soal yang jawabannya tidak ada pada buku pembelajaran siswa maka tak heran sebagian besar dari Siswa lebih memilih untuk menemukan jawabannya di internet ketimbang harus mencari di buku pembelajaran dengan harapan dengan harapan jawaban ini nantinya dapat membantu dan menyelesaikan berbagai tugas sekolah yang diberikan oleh guru kelas. 

Kunci Jawaban IPA Kelas 7

Maka dari itu kami di sini telah menyiapkan kunci jawaban yang terbaik untuk teman-teman dengan harapan jawaban ini dapat membantu dan menyelesaikan berbagai tugas yang telah diberikan oleh guru. Kami menyarankan kepada teman-teman untuk mengecek kembali setiap pembelajaran setiap yang inggin di salin..

  1. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan Bab 1
  2. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 26 Ayo Kita Latihan Bab 1
  3. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 29 Uji Kompetensi 1 Bab 1
  4. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 79 Ayo Kita Latihan Bab 2
  5. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 89, 90 Uji Kompetensi  bab 2
  6. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
  7. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 122 Ayo Latihan bab 3
  8. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 129 ,130,131 Uji Kompetensi bab 3
  9. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 137 Ayo Kita Latihan Bab 4
  10. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 143 Ayo Kita Latihan Bab 4
  11. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
  12. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Latihan bab 5
  13. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 183 Ayo Kita Latihan bab 5
  14. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
  15. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
  16. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
  17. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 202 Ayo Kita Latihan Bab 6
  18. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214,215 Uji Kompetensi Bab 6
tanya itu tugas juga dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan nilai rapot dalam hal ini sebelumnya nilai seluruh tugas yang diperoleh peserta didik akan di akumulasi terlebih dahulu barulah kemudian akan dimasukkan kedalam nilai rapot itupun hanya beberapa persen nya saja.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 6

 untuk itu kami menyadari bahwasanya tugas merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru untuk itu kami hadir dalam membantu peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. guru dengan tepat waktu dan kami harap dengan adanya pembahasan ini peserta didik dapat memperoleh nilai yang memuaskan

Ayo Kita Latihan

1. Apa yang dimaksud dengan energi?
Kunci Jawaban :
Energi adalah kemampuan yang bertujuan untuk melakukan usaha kerja atau kemampuan untuk melakukan sebuah perubahan. Energi merupakan besaran dengan satuan Joule atau setara dengan kg m²/s².
2. Seberapa penting energi bagi kehidupan? Jelaskan.
Kunci Jawaban :
sangat penting karena energi merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Manusia dapat bergerak dan beraktivitas karena adanya energi. Energi itu sendiri merupakan kemampuan untuk melakukan usaha dari setiap aktivitas.
berdasarkan peranannya, energi mempunyai manfaat masing masing dalam peran kehidupan manusia,yaitu:
a. Energi Panas atau Kalor
energi panas bersumber dari matahari. contohnya api, sehingga kita dapat menggunakan kompor dan membantu memasak makanan.
b. Energi Kimia
 Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh senyawa kimia yang stabil  akibat interaksi elektron antar atom atau antar molekul.
c. Energi Cahaya
Energi cahaya merupakan energi yang mengahasilkan sumber cahaya. Seperti
halnya kita ketahui, matahari adalah sumber energi yang paling besar1
. Contoh dari energi cahaya yaitu lampu, lilin, senter, dan lain-lain
d. Energi listrik
Energi listrik atau tenaga listrik adalah salah satu jenis energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik atau energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan ampere (A) dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W) untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan atau menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain. Energi listrik menjalankan peralatan rumah tangga, peralatan perkantoran, mesin industri, kereta api listrik, lampu umum, alat pemanasan, memasak, dan lain-lain.
e. Energi air
Energi air adalah energi yang telah dimanfaatkan secara luas di Indonesia yang dalam skala besar telah digunakan sebagai pembangkit listrik. Beberapa perusahaan di bidang pertanian bahkan juga memiliki pembangkit listrik sendiri yang bersumber dari energi air. Di masa mendatang untuk pembangunan pedesaan termasuk industri kecil yang jauh dari jaringan listrik nasional, energi yang dibangkitkan melalui sistem mikrohidro diperkirakan akan tumbuh secara pesat.
3. Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa? Jelaskan.
Kunci Jawaban :
Energi biomassa adalah energi yang diperoleh dari sumber berupa hewan dan tumbuhan yang hidup dan sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang telah mati. Ketika hidup, tumbuhan menghasilkan energi dari proses fotosintesis, selanjutnya tumbuhan dimakan oleh hewan sehingga energi tersebut tersimpan dalam tubuh hewan. Setelah mati, sisa-sisa hewan dan tumbuhan masih menyimpan energi dalam bentuk senyawa organik yang dapat dimanfaatkan kembali, misal sebagai bahan bakar.
4. Carilah literatur sebanyak-banyaknya mengenai cara untuk menghemat energi.
Kunci Jawaban :
Contoh perilaku hemat energi:
a) mengurangi penggunaan kendaraan bermotor  
b) menggunakan transportasi umum mematikan televisi bila tidak ditonton  
c) mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan  
d) mematikan lampu saat siang hari
e) mematikan kompor bila tidak digunakan
Pembahasan:
Penghematan energi, seperti energi listrik dan bahan bakar minyak (BBM), sangat penting dalam kehidupan kita dan dapat memberi manfaat. Sebaliknya pemborosan listrik akan mengakibatkan banyak persoalan, antara lain menghabiskan uang, dan meningkatkan polusi.
Contoh perilaku hemat energi antara lain adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggunakan transportasi umum. Kendaraan pribadi menggunakan sangat banyak energi dalam bentuk bahan bakar minyak. Bila banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, maka banyak pula BBM yang dihabiskan.
Sementara kendaran umum akan menghemat energi karena dengan penggunaan bahan bakar minyak yang sama, kendaraan ini bisa dimanfaatkan banyak orang.
Mengurangi penggunaan alat elektronik juga merupakan perilaku hemat energi. Alat elektronik menggunakan energi listrik, yang pada gilirannya energi listrik ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang mengkonsumsi bahan bakar seperti batu bara dan gas bumi.  
Karena itu, mengurangi penggunaan alat listrik yang tidak perlu akan mengurangi penggunaan energi. Misalnya, kita dapat mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan dan mematikan lampu saat siang hari.

 peserta didik kb harap mendukung kami dengan cara membagikan artikel yang kami buat ini dengan teman-teman yang sedang mengerjakan tugas yang sama kami harap dengan begitu peserta didik yang lainnya dapat memperoleh manfaat dari artikel yang kami buat ini terima kasih telah berkunjung di blog.

Rangkuman ipa kelas 7 bab 6

semua nilai akan dihitung dan dimasukkan ke dalam buku tugas guru namun untuk syarat kenaikan kelas untuk nya nilai dari tugas sekolah juga tak akan cukup jadi teman-teman juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya seperti ulangan harian tugas praktek dan ulangan akhir semester. 

1. Apa yang dimaksud dengan energi?
1. Apa yang dimaksud dengan energi? 

baterai adalah sumber energi yang tak terbarukan, sedangkan matahari dan angin adalah energi yang terbarukan. Apa arti kedua jenis energi tersebut? 4. Tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu. Kemudian, diskusikan dengan temanmu di kelas. Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.10 Kincir dari kertas yang berputar dan kipas angin a. Energi Hasil Tambang Bumi Minyak bumi, gas, dan batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berasal dari tumbuhan dan hewan-hewan yang terkubur jutaan tahun di dalam bumi. Untuk mendapatkan minyak bumi, dilakukan penambangan atau eksploitasi ke dalam perut bumi. b. Energi Nuklir Energi nuklir adalah energi potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom. Partikel nuklir, seperti proton dan neutron, tidak terpecah di dalam proses reaksi fisi dan fusi. Akan tetapi, kumpulan tersebut memiliki massa yang lebih rendah daripada ketika berada dalam posisi terpisah. Adanya perbedaan massa ini maka dibebaskan dalam bentuk energi panas melalui radiasi nuklir. Sumber: www.nationalgeographic.com Gambar 5.11 Beberapa contoh penambangan hasil bumi Sumber: Conserve-energy-future.com Gambar 5.12 Reaktor nuklir 198 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 2. Sumber Energi Terbarukan Ancaman bahwa sumber energi suatu saat akan habis menyebabkan banyak ilmuwan berusaha menemukan energi alternatif yang terbarukan atau tidak akan habis dipakai. Sumber energi terbarukan yang saat ini mulai dikembangkan adalah biogas dari kotoran ternak, air mengalir, angin, dan panas matahari. Salah satu sumber energi terbarukan yang saat ini mulai dipelajari agar dapat dikembangkan di Indonesia adalah biogas yang berasal dari sampah biologis. a. Energi Matahari Energi surya atau energi matahari adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain. Matahari merupakan sumber utama energi. Energi matahari dapat digunakan secara langsung maupun diubah ke bentuk energi lain. b. Pembangkit Listrik Tenaga Air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan ini disebut hidroelektrik. Komponen pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh energi kinetik dari air. Namun, secara luas pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak. Sumber: www.newscenter.lbl. Gambar 5.13 Energi matahari ditangkap pada panel–panel solar sel untuk diubah menjadi energi listrik menuju ke air panas yang mengalir di bawah panel Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.14 Bendungan dimanfaatkan untuk menampung air Ilmu Pengetahuan Alam 199 c. Energi Angin Energi angin memanfaatkan tenaga angin dengan menggunakan kincir angin untuk diubah menjadi energi listrik atau bentuk energi lainnya. Umumnya, digunakan dalam ladang angin dalam skala besar untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolir. d. Energi Tidal Energi tidal merupakan energi yang memanfaatkan pasang surutnya air yang sering disebut juga sebagai energi pasang surut. Jika dibandingkan dengan energi angin dan energi matahari, energi tidal memiliki sejumlah keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain memiliki aliran energi yang lebih pasti/mudah diprediksi, lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit.. Klorofil berfungsi dalam fotosintesis. Energi radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil berfungsi melancarkan proses fotosintesis. Proses tersebut digunakan untuk mereaksikan CO2 dan H2O menjadi glukosa. Selain menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa, hasil reaksinya menghasilkan oksigen yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas, seperti tumbuh, berkembang, dan bernapas. Jadi, energi radiasi matahari yang berbentuk energi cahaya diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya. Energi ini dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk beraktivitas (tumbuh dan berkembang) dan juga dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain yang mengonsumsi tumbuhan tersebut. Akibatnya Ayo Kita Pelajari • Transformasi energi oleh klorofil • Transformasi energi oleh mitokondria Mengapa Penting? • Untuk menjelaskan transformasi energi oleh klorofil dan mitokondria 204 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 energi yang terdapat pada tumbuhan berpindah ke dalam tubuh makhluk hidup lainnya dan menjadi energi potensial. Di dalam tubuh makhluk hidup ini, energi akan ditransformasi kembali. 2. Transformasi Energi oleh Mitokondria Mitokondria adalah organel yang terdapat di dalam sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam mitokondria, energi kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak.pengertian kalor.  Tes tertulis, penugasan  Peserta Didik dapat  menentukan kalor untuk  perubahan wujud. Peserta Didik dapat  membedakan konduksi dan  konveksi. Peserta Didik menjelaskan  contoh. Peristiwa konduksi dalam  kehidupan sehari-hari. Peserta Didik menjelaskan  contoh cara pemanfaatan  konduksi, konveksi, dan radiasi  dalam kehidupan sehari-hari.   116 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   Peserta Didik memahami  kegunaan satuan baku dalam  pengukuran. Peserta Didik mengkonversi  satuan dalam SI. Peserta Didik menjelaskan  pengertian besaran pokok. Peserta Didik menyebutkan  macam-macam besaran pokok  beserta satuannya. 4 KD pada KI 4 Peserta Didik dapat menyelidiki  karakteristik suhu benda  pada saat benda mengalami  perubahan wujud.  Penilaian Produk  Peserta Didik dapat menyelidiki  pengaruh jenis bahan terhadap  kemampuan menghantarkan  kalor pada peristiwa konduksi.  Penilaian Unjuk Kerja  Peserta Didik dapat menyajikan  hasil perancangan pemanfaatan  radiasi kalor.  Penilaian Unjuk Kerja  Lembar penilaian produk. Penilaian Unjuk Kerja  G. Pengayaan  1. Air, kalor jenis air paling besar di antara zat-zat yang lain. 2. Saat keringat menguap, keringat menyerap panas (kalor) dari  lingkungan sekitar (termasuk dari tubuh), sehingga tubuh (yang panas  oleh gerak) menjadi dingin. 3. Tiga cara perpindahan kalor, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan partikel  medium. Konveksi adalah perpindahan kalor bersamaan dengan gerak  partikel medium. Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa memerlukan  medium.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 117  4. Konduktor adalah zat-zat yang mudah menghantarkan kalor secara  konduksi. Contohnya besi, baja, tembaga, aluminium, emas, dan perak. 5. Isolator adalah zat-zat yang sulit menghantarkan kalor secara konduksi.  Contohnya kayu, plastik, spon, udara, kaca, dan lain-lain.  H. Remedial  Bagi Peserta Didik yang belum mencapai KKM diberi remedial yaitu  mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.  Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, diantaranya analisis hasil  diagnosis, menemukan penyebab kesulitan belajar dan topik-topik yang  belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada  rencana kegiatan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan remedial dilakukan  dengan berbagai cara, seperti memberikan tambahan penjelasan atau  contoh terutama berkaitan dengan topik-topik yang belum dikuasai serta  menggunakan berbagai media dan strategi, misalnya banyak melakukan  praktik atau demonstrasi, tutor sebaya, dan diskusi kelompok. Bimbingan  dari guru ke siswa secara personal juga diperlukan untuk mendukung  semangat belajar. Pelaksanaan remedial bersamaan dengan pengayaan pada  waktu TM kelima dan keenam.   I. Interaksi dengan Orang Tua  Komunikasi dengan orang tua dapat menggunakan buku penghubung  yang memfasilitasi komunikasi yang baik antara sekolah/guru dengan orang  tua Peserta Didik. Buku penghubung ini juga bermanfaat membangun  kerjasama pihak sekolah dengan orang tua dalam membantu keberhasilan  Peserta Didik. Buku penghubung ini memuat hari/tanggal, mata pelajaran,  materi/topik, bentuk tugas, dan tanda tangan orang tua.   118 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   Contoh Lembar Monitoring Orang Tua  Hari/  Tanggal  Mata  Pelajaran  Materi/  Topik  Bentuk  Tugas  Tanda  Tangan  Guru  Komentar  Orang Tua  Tanda  Tangan  Orang  Tua  Bentuk lain interaksi dengan orang tua yaitu membangun keterlibatan  orang tua dalam tugas-tugas sekolah para Peserta Didik. Guru dianjurkan  menyusun tugas untuk Peserta Didik yang dapat melibatkan orang tua dalam  kegiatan-kegiatan bersama Peserta Didik.    Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam  Bab 1  119  Ilmu Pengetahuan Alam 119  Bab 6  A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)   Kompetensi Inti Kompetensi Dasar 3. Memahami pengetahuan (faktual,  konseptual, dan prosedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.  3.5. Menganalisis konsep  energi, berbagai sumber  energi, dan perubahan  bentuk energi dalam  kehidupan sehari-hari  termasuk fotosintesis.  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung,  menggambar, dan mengarang) sesuai  dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut  pandang/teori.  4.5. Menyajikan  hasil   percobaan  tentang  perubahan  bentuk  energi,   termasuk fotosintesis.  Energi Dalam  Sistem Kehidupan   120 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   B. Indikator dan Tujuan Pembelajaran  Indikator Tujuan 3.5.1. Menjelaskan 3 konsep  energi dan sumber- sumber energi.  3.5.1.1. Peserta didik dapat menjelaskan  konsep energi. 3.5.1.2. Peserta didik dapat menjelaskan  sumber-sumber energi.  3.5.2. Menjelaskan  perubahan energi yang  terjadi di alam dan  dalam tubuh.  3.5.2.1. Peserta didik dapat menjelaskan  perubahan-perubahan energi yang  terjadi di alam dan sekitar rumah. 3.5.2.2.  Peserta didik dapat membedakan  metabolisme karbohidrat, protein, dan  lemak. 3.5.2.3. Peserta didik dapat melakukan  pengamatan terhadap fenomena  transformasi energi dan metabolisme  sel.  3.5.3. Menjelaskan konsep  fotosintesis.  3.5.3.1. Peserta didik dapat menjelaskan  konsep fotosintesis.  4.1.1. Menyajikan hasil  pengamatan,  inferensi, dan  mengomunikasikan  hasil.  4.1.1.1.  Peserta didik memiliki keterampilan  berbicara di muka kelas melalui  kegiatan presentasi hasil praktikum  fotosintesis.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 121  C. Peta Konsep  D. Materi Essensial  Pembelajaran dan penilaian topik Objek IPA dan Pengamatannya  memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi  6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yakni masing-masing 3  dan 2 JP. Pengorganisasian 6 TM tersebut adalah sebagai berikut:  kemampuan  melakukann terdiri atas  terdiri atas  dirumuskan  dalam  contoh  contoh  contoh contoh contoh  benda yang  bergerak  menjadi lebih  mudah dengan  contoh  perubahannya  Energi  Mekanik  Energi  Katrol  Sekrup Baji  Tuas  Usaha  Pesawat  Sederhana   Bidang miring  Energi listrik  menjadi  energi gerak  Energi listrik  menjadi  energi panas  Energi listrik  menjadi  energi kimia  Hukum  kekekalan  energi  Kipas angin Setrika listrik Fotosintesis  Energi  Kinetik  Energi  Potensial  Energi panas, energi listrik,  energi cahaya, energi kimia,  dan energi gerak.   122 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   TM  Ke- Materi JP 1 Konsep Energi dan Sumber Energi 3 2 Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel 3 3 Respirasi 2 4 Pencernaan Makanan 3 5 Fotosintesis 3 6 Presentasi Tugas 2  E. Proses Pembelajaran  1. Pertemuan I : Konsep Energi dan Sumber Energi (3 JP) a. Materi untuk Guru  Manusia membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak, bernapas,  dan mengerjakan banyak hal lainnya. Energi menyebabkan mobil,  motor, pesawat, dan kereta api dapat berjalan. Energi menyalakan  peralatan listrik di rumah kita. Energi ada di mana-mana. Bahkan  tumbuhan dan hewan membutuhkan energi untuk tumbuh dan  berkembang. Dengan demikian, untuk melakukan usaha diperlukan  energi.  Dengan kata lain, energi adalah kemampuan untuk mengatur  ulang suatu kumpulan materi. Misalnya, Anda menggunakan energi  untuk membalik halaman buku ini. Energi terdapat dalam berbagai  bentuk dan kerja kehidupan tergantung pada kemampuan organisme  mengubah energi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha  (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi memiliki  berbagai bentuk.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 123  1) Energi Potensial Suatu benda dapat menyimpan energi karena kedudukan atau  posisi benda tersebut. Contohnya, suatu beban yang diangkat  setinggi h akan memiliki energi potensial, sementara busur panah  yang berada pada posisi normal (saat busur itu tidak diregangkan)  tidak memiliki energi potensial. Dengan demikian, energi 

Sumber: buku ipa kelas 7


You May Also Like