1.Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Manakah yang dapat habis dan manakah yang tidak dapat habis?

1.Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Manakah yang dapat habis dan manakah yang tidak dapat habis?Coba jelaskan.KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6 energi dalam sistem kehidupan semester 1. Memang sudah seharusnya mengerjakan tugas sekolah dengan dibantu alternatif jawaban seperti yang kami sediakan saat ini 
1.Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Manakah yang dapat habis dan manakah yang tidak dapat habis?
1.Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air.
Tentunya teman-teman jangan khawatir lagi jika teman-teman akan lalai dalam belajar. Maka dari itu kami selalu menyarankan kepada teman-teman agar sebelum teman-teman bisa berusaha sendiri mencari jawaban di buku pembelajaran siswa. 
  1. KUNCI JAWABAN Bahasa Inggris kelas 7
  2. KUNCI JAWABAN Pendidikan agama islam kelas 7
  3. KUNCI JAWABAN IPA kelas 7
  4. KUNCI JAWABAN Matematika kelas 7
  5. KUNCI JAWABAN Penjas kelas 7
  6. KUNCI JAWABAN PKN kelas 7
  7. KUNCI JAWABAN IPS kelas 7
  8. KUNCI JAWABAN prakarya kelas 7
  9. KUNCI JAWABAN Seni Budaya kelas 7
Dengan itu teman-teman juga bisa sekalian belajar dari buku pembelajaran siswa tersebut dengan itu teman-teman juga bisa sekalian belajar dari buku pembelajaran siswa tersebut.

Daftar Isi

Pastinya setiap teman-teman ingin mendapatkan nilai yang bagus dari setiap tugas yang dikasih oleh guru titik makanya kami disini selalu menyarankan kepada teman-teman, agar dapat memanfaatkan jawaban yang kami sediakan ini dengan benar dan bijak akan tetapi mengerjakan harus teliti periksa kembali setiap jawaban sebelum menuliskannya pada buku tugas. Jika dirasa sudah sesuai antara soal sama jawaban maka barulah teman-teman saling pada buku tugas.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7

Cara untuk meningkatkan nilai raport teman-teman adalah peraih nilai terbaik dari tugas harian, ulangan harian tugas praktek, tugas diskusi maupun Ulangan Akhir Semester Titik maka dari itu teman-teman harus berusaha semaksimal mungkin. jangan pernah untuk bermalasan dan memanfaatkan juga alternatif seperti internet 
  1. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan Bab 1
  2. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 26 Ayo Kita Latihan Bab 1
  3. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 29 Uji Kompetensi 1 Bab 1
  4. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 79 Ayo Kita Latihan Bab 2
  5. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 89, 90 Uji Kompetensi  bab 2
  6. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
  7. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 122 Ayo Latihan bab 3
  8. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 129 ,130,131 Uji Kompetensi bab 3
  9. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 137 Ayo Kita Latihan Bab 4
  10. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 143 Ayo Kita Latihan Bab 4
  11. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
  12. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Latihan bab 5
  13. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 183 Ayo Kita Latihan bab 5
  14. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
  15. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
  16. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
  17. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 202 Ayo Kita Latihan Bab 6
  18. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214,215 Uji Kompetensi Bab 6
Contohnya seperti yang kami sediakan untuk saat ini sebagai bahan belajar di rumah maupun referensi untuk latihan soal yang sulit untuk dikerjakan bagi teman-temanUntuk teman-teman untuk lebih rajin lagi dalam belajar untuk syarat nilai yang cukup sesuai dengan KKM tentunya teman-teman harus lebih giat lagi dalam mempelajari setiap pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru untuk mengulangi lagi di setiap kegiatan di rumah. 

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 6

Untuk mendapatkan nilai yang maksimal tentunya teman-teman harus lebih lagi dalam belajar mengulangi setiap pembelajaran yang telah diselesaikan tentunya akan membuat mudah teman-teman untuk mengerjakan ujian di akhir itu bertujuan untuk mendapatkan nilai yang maksimal dan tentunya sesuai dengan yang diinginkan. 

Mengamati dan Menalar

1. Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Manakah yang dapat habis dan manakah yang tidak dapat habis? Coba jelaskan.
Kunci Jawaban :
Spiritus akan habis jika kita menggunakannya secara terus-menerus, sedangkan panas matahari tidak akan habis karena itu adalah sumber energi panas bagi bumi, yang tidak bisa diambil energinya oleh manusia.
2. Amati perbedaan antara angin yang memutar kincir dari kertas dan batu baterai yang menggerakkan kipas angin. Manakah sumber energi yang dapat habis?
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197
Kunci Jawaban :
Energi yang dapat habis yaitu energi yang berasal baterai karena kipas angin berputar hanya karena energi dari baterai tersebut. Sedangkan kincir angin terbuat dari kertas yang di tiup oleh angin itu kan berputar terus-menerus sampai kincir angin tersebut rusak kecepata perputaran kincir tersebut tergantung kecepatan angin tersebut.
3. Spiritus dan batu baterai adalah sumber energi yang tak terbarukan, sedangkan
matahari dan angin adalah energi yang terbarukan. Apa arti kedua jenis energi tersebut?

Kunci Jawaban :
Energi yang tak terbarukan adalah energi yang tidak selalu tersedia di alam.  Jenis energi ini biasanya terbatas, Contohnya ya seperti batu baterai dan Spritus
Energi yang terbarukan adalah energi yang banyak tersedia di alam sehingga mudah didapatkan. Misalnya angin dan matahri yang selalu mengeluarkn energi.

4. Tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu. Kemudian, diskusikan
dengan temanmu di kelas.
Kunci Jawaban :
Jika kita simpulkan, bahwa energi yang tidak akan habis ialah energi yang berasal dari alam, sedangkan energi yang di hasilkan oleh manusia, seiring berjalannya waktu akan habis dan musnah. 

Semester ganjil ini merupakan semester penentu bagi teman-teman untuk melanjutkan semester kedua maka teman-teman harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Nilai yang terbaik yang teman-teman dapatkan dari tugas sekolah juga akan sangat berpengaruh dalam menentukan Nilai raport semester. 

Rangkuman ipa kelas 7 bab 6

semua nilai akan dihitung dan dimasukkan ke dalam buku tugas guru namun untuk syarat kenaikan kelas untuk nya nilai dari tugas sekolah juga tak akan cukup jadi teman-teman juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya seperti ulangan harian tugas praktek dan ulangan akhir semester. 

1.Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Manakah yang dapat habis dan manakah yang tidak dapat habis?
1.Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air.

Apa yang diperlukan tubuhmu agar dapat melakukan kegiatanmu sehari-hari? Coba Perhatikan. Mengapa motor dan mobil dapat berjalan. Jika motor atau mobil tersebut kehabisan bahan bakar, apakah motor atau mobil tersebut dapat berjalan? Pernahkah kamu bersekolah naik sepeda? Perhatikan gerak roda sepeda yang sedang berputar. Pada saat berjalan, roda sepeda mengalami gerakan, yaitu menggelinding. Sepeda tentu tidak akan berjalan jika pedalnya tidak dikayuh. Kamu dapat bergerak sesuai dengan keinginanmu seperti, berdiri, dan duduk. Hal itu dapat dilakukan karena tubuhmu memiliki energi. Untuk memahami hal ini, lakukan percobaan berikut. 1. Di pagi hari pada saat libur sekolah, minumlah segelas susu dan makanlah sarapanmu. 2. Ambillah sepasang kaos kakimu yang kotor, sepasang baju seragam kotor, dan cucilah tanpa menggunakan mesin cuci. 3. Jemurlah cucianmu di bawah terik matahari. 4. Apakah yang kamu rasakan setelah sarapan? Apa yang kamu rasakan setelah mencuci baju? Apa yang kamu amati pada baju yang dijemur? Catatlah semua yang kamu rasakan untuk setiap kegiatan tersebut. 5. Energi apa saja yang dapat kamu ketahui dari peristiwa mulai sarapan, sampai cucianmu kering? Bandingkan dan Simpulkan Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan temanmu. Apakah terdapat perbedaan? Mengapa demikian? Coba diskusikan. Ayo Kita Lakukan Sumber: http://118.98.166.62/ content/berita/media/rencana-pema. html Gambar 5.1 Anak sekolah bersepeda 190 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 A. Pengertian Energi Mobil-mobilan elektrik tidak dapat berjalan tanpa adanya baterai. Baterai adalah sumber energi. Kendaraan bermotor tidak akan berjalan tanpa ada bahan bakar. Bahan bakar adalah sumber energi. Jika sakelar di rumah dimatikan, alat-alat listrik yang terhubung dengan sakelar tersebut tidak akan menyala. Hal itu terjadi karena tidak ada aliran energi yang menghidupkan alat-alat tersebut. Manusia membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak, bernapas, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Energi menyebabkan mobil dan motor dapat berjalan. Pesawat terbang dapat terbang karena adanya energi. Begitu juga kereta api dapat berjalan cepat karena adanya energi. Energi menyalakan peralatan listrik di rumah. Energi ada di mana-mana, bahkan, tumbuhan dan hewan membutuhkan energi untuk tumbuh dan berkembang. Dengan demikian, untuk melakukan usaha, diperlukan energi. Energi terdapat dalam berbagai bentuk. Kerja kehidupan bergantung pada kemampuan organisme mengubah energi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi ada beberapa bentuk, yaitu sebagai berikut. • Energi potensial • Energi kinetik • Energi kimia • Energi listrik • Dan lain-lain Bentuk-bentuk energi di atas akan kamu pelajari dengan melakukan kegiatan berikut ini. Ayo Kita Pelajari • Energi • Energi Potensial Mengapa Penting? • Dengan mempelajari energi kamu dapat menjelaskan pentingnya energi dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Pengetahuan Alam 191 Apa yang Menentukan Besarnya Energi Potensial? Tujuan: menentukan faktor-faktor yang memengaruhi besarnya energi potensial. Apa yang perlu disiapkan? 1. Penggaris panjang 3. Batu 2. Katapel 4. Meja Lakukan langkah-langkah berikut. 1. Ambil sebuah katapel, kemudian letakkan batu pada tempatnya. 2. Tarik karet katapel sejauh 10 cm dari keadaan semula. Lepaskan pegangan pada batu, sehingga batu terlempar ke depan (perhatikan di depan kamu agar tidak membahayakan orang lain). 3. Berapa jauh batu terlempar dari awalnya? Coba ukur. Isikan dalam tabel yang telah dibuat. 4. Ulangi langkah nomor 2 beberapa kali dengan jarak tarikan karet katapel yang berbeda-beda. Isikan pada tabel. 5. Tulis dan simpulkan hasil percobaanmu. Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.2 Anak menarik karet katapel Ayo Kita Lakukan Akibat kedudukan batu terhadap keadaan setimbang, maka batu mampu melakukan kerja atau memiliki energi. Energi yang diperoleh karena lokasi atau kedudukannya tersebut dinamakan energi potensial. Contoh lain, air dalam bendungan menyimpan energi potensial karena ketinggiannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan tentang energi potensial sebagai berikut. 192 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu materi karena lokasi atau tempatnya. Benda yang diletakkan di atas meja memiliki energi potensial gravitasi. Karena energi potensial gravitasi inilah, benda dapat bergerak dari meja ke tanah. Batu di katapel mendapat energi saat karet katapel diregangkan. Energi potensial itulah yang mendorong batu terlempar dari katapel. Aktivitas Kelompok Adakah hubungan antara energi kimia dan energi listrik? Apa yang harus disiapkan? 1. Asam cuka. 2. Kawat tembaga dan lembaran seng. 3. Lampu LED dan kabel listrik. 4. Gelas kimia. Lakukan langkah-langkah berikut. 1. Tuangkan asam cuka ke dalam gelas kimia. 2. Pasang salah satu ujung kabel listrik pada tembaga, ujung lain ke lampu, kawat lain dipasang ke seng, dan ujung lain ke lampu (lihat Gambar 5.3). 3. Celupkan tembaga dan seng bersama-sama ke dalam asam cuka. 4. Catat apa yang terjadi. Kesimpulan apa yang kamu dapatkan.label makanan pada  kegiatan pemotivasian. 3. Analisis Semakin lama waktunya, berarti energi panas yang dilepaskan ke  lingkungan makin besar. Untuk memanaskan air yang volumenya  banyak memerlukan energi panas yang lebih besar dibandingkan untuk  memanaskan air yang lebih sedikit. Penutup Bersama Peserta Didik, lakukan penyimpulan, refleksi, serta  penugasan.   110 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   2. Pertemuan II dan III : Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan  Suhu Benda dan Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Zat  Benda (2 dan 3 JP) a. Materi untuk Guru Untuk benda yang tidak berubah wujud, kalor untuk perubahan  suhu benda berbanding lurus dengan massa benda dan kenaikan suhu  benda, serta bergantung pula pada jenis bendanya. Jenis benda ini  secara kuantitas disebut kalor jenis, yakni kalor yang diperlukan untuk  menaikkan suhu 1 kg benda sehingga suhunya naik 1 K. Kalor jenis air  4200 J/(kg K).  Secara matematis dirumuskan  Grafik perubahan suhu terhadap kalor yang diberikan (atau waktu  pemanasan) adalah  Perubahan wujud beserta kalor yang diperlukan atau diserap benda  yang berubah wujud dapat dilihat dalam Buku Siswa.  Beda menguap  dan mendidih adalah sebagai berikut. 1) Menguap dapat terjadi pada sembarang suhu, perubahan dari fase  cair ke gas terjadi pada permukaan zat cair. 2) Mendidih terjadi pada suhu tertentu, yakni pada titik didihnya  (dipengaruhi tekanan udara pada zat cair itu), perubahan dari fase   Q = m x c + ∆T  Suhu  Kalor   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 111  cair ke gas terjadi pada seluruh bagian zat cair. Di permukaan laut,  air mendidih pada suhu 1000C, titik didih semakin mengecil seiring  ketinggian (tekanan udara semakin kecil). 3) Sebenarnya, suhu bukan faktor penentu peristiwa mendidih, namun  tekananlah faktor penentunya. Oleh karena itu saat suhu turun,  terjadi peristiwa mendidih. Perhatikan percobaan berikut ini. a) Masukkan air ke labu erlenmeyer, dan didihkan. b) Matikan api, sumbat rapat-rapat mulut labu, siram labu dengan  air es. Amati air di dalam labu. c) Miskonsepsi adalah banyak Peserta Didik menganggap bahwa  proses perubahan wujud dan kenaikan suhu berlangsung  simultan, artinya benda yang berubah wujudnya dapat saja  suhunya berubah.  b. Kegiatan Pembelajaran  No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik tunjukkanlah  gambar (buatlah powerpoint) pemanasan air dan minyak. “Mana yang lebih  cepat panas?” Mintalah Peserta Didik menyampaikan idenya. Inti 1. Secara berkelompok, Peserta Didik melakukan kegiatan “Selain kalor, apa  yang memengaruhi kenaikan suhu benda?”, Peserta Didik menuliskan  hasil  kerjanya (sesuai kreasi Peserta Didik), dan mendiskusikan hasilnya  (kemudian tekankan observasi – inferensi – komunikasi). Doronglah  Peserta Didik untuk tidak takut salah. 2. Elaborasi hasilnya sehingga menuju persamaan kalor untuk kenaikan  suhu dan penerapan/pemecahan masalah yang relevan. 3. Secara berkelompok, Peserta Didik melakukan kegiatan “Bagaimana  suhu benda saat terjadi perubahan wujud?” Diskusikan hasilnya (terus  tekankan observasi – inferensi – komunikasi). Doronglah Peserta Didik  untuk tidak takut salah.   112 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   4. Elaborasikan hasilnya dengan mengaitkan dengan kegiatan  pemotivasian dan persamaan kalor untuk perubahan wujud. 5. Konfirmasi untuk gejala-gejala perubahan wujud dalam kehidupan  sehari-hari.  6. Contoh hasil kegiatan Peserta Didik, yaitu hasil pengukuran suhu Peserta  Didik cenderung stabil selama 3 menit. Alternatif kegiatan adalah  kegiatan mengukur suhu saat air mendidih (hasilnya cenderung stabil/ tidak berubah). Penutup Bersama Peserta Didik, lakukan penyimpulan dan refleksi, dengan penugasan  mandiri.  3. Pertemuan IV dan V : Perpindahan Kalor (2 dan 3 JP) a. Materi untuk Guru Secara umum, ada 3 jenis perpindahan kalor (konduksi, konveksi,  dan radiasi) di sekitar Peserta Didik berlangsung simultan (kecuali  radiasi dari matahari). Misalnya, pada oven panas konveksi, juga  terjadi perpindahan panas secara konduksi, konveksi, maupun radiasi  (adapun yang dominan radiasi). Laju perpindahan kalor secara konduksi bergantung pada jenis  bahan (konduktivitas bahan), luas penampang konduktor, dan panjang  konduktor. Gejala konveksi di alam terjadi karena adanya perubahan volume  benda karena perubahan suhu. Perubahan volume ini mengakibatkan  perubahan massa jenis dan benda yang massa jenisnya kecil akan  berada di atas benda yang bermassa jenis lebih besar. Radiasi merupakan perpindahan kalor tanpa memerlukan medium,  radiasi dapat menembus benda bening, dan radiasi kalor dalam  bentuk gelombang elektromagnetik. Benda yang lebih tinggi dari suhu  sekitarnya akan melepaskan kalor, sedangkan benda yang lebih dingin  dari lingkungannya akan menerima kalor.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 113  Kalor yang diterima atau dilepas pada peristiwa radiasi berbanding  lurus dengan emisivitas benda (bergantung warna benda, semakin  gelap semakin besar), luas permukaan benda, dan pangkat empat suhu  mutlak benda. Peristiwa radiasi dapat dimanfaatkan dalam berbagai  kehidupan.  b. Kegiatan Pembelajaran No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik  demonstrasikanlah peristiwa konduksi atau konveksi, kemudian mintalah  mereka untuk menyampaikan tanggapannya terhadap fenomena tersebut.  Inti 1. Secara berkelompok, Peserta Didik melakukan penyelidikan “Apakah  jenis bahan berpengaruh terhadap konduktivitas bahan?” Diskusikan  hasilnya (tekankan observasi – inferensi –komunikasi). Doronglah Peserta  Didik untuk tidak takut salah. Elaborasikan hasilnya dengan mengkaitkan  dengan kegiatan pemotivasian. 2. Konfirmasi untuk gejala-gejala konduksi di alam dan penerapan konduksi  dan konveksi dalam kehidupan sehari-hari. Secara berkelompok, Peserta  Didik melakukan penyelidikan “Mengamati arus konveksi”  3. Diskusikan hasilnya (terus tekankan observasi – inferensi –komunikasi).  Doronglah Peserta Didik untuk tidak takut salah. Konfirmasi untuk gejala- gejala konveksi di alam, dan penerapan konveksi dalam kehidupan  sehari-hari.   114 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   4. Secara berkelompok, Peserta Didik melakukan percobaan “Bagaimana  pengaruh warna benda terhadap kenaikan suhunya”: • Ambil 3 termometer, catat penunjukan suhunya (seharusnya = suhu  ruangan) • Bungkuslah tiap termometer dengan plastik yang sama jenisnya tetapi  berbeda warnanya (bening, kuning, hitam). • Letakkan ujung reservoir 3 termometer itu pada jarak yang sama dari  lampu pijar yang menyala (misalnya pada jarak 10 cm, memutar). • Amati penunjukan suhunya untuk setiap menit, hingga 10 menit. 5. Diskusikan hasilnya (terus tekankan observasi – inferensi –komunikasi).  Doronglah Peserta Didik untuk tidak takut salah. 6. Elaborasikan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kalor yang diterima/ dilepas pada radiasi kalor serta pemanfaatannya dalam kehidupan Penutup Lakukan refleksi serta penugasan “Ayo Kita Lakukan.”  4. Pertemuan VI :  Tugas Projek (2 JP) Kegiatan Pembelajaran No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan 1. Orientasikan Peserta Didik kepada masalah berikut. Tugas Projek (bagian  akhir Uji Kompetensi Bab IV Buku Siswa). Inti Secara berkelompok, Peserta Didik melakukan tugas projek. Jika  memungkinkan, doronglah sampai produk (tidak hanya rancangan). Sepakati  aturan dasar dengan Peserta Didik, misalnya kapan tugas selesai, bagaimana  bentuk umum laporannya. Berilah bimbingan seperlunya, beri “ruang” Peserta  Didik untuk berpikir dan mengendapkan pikirannya. Penutup Lakukan refleksi terhadap cara pemecahan masalah yang dilakukan Peserta  Didik.   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 115  F. Evaluasi 1. Jenis/teknik penilaian adalah tes tertulis, penugasan, pengamatan  sikap, penilaian diri, penilaian antarteman, unjuk kerja, dan produk. 2. Bentuk instrumen dan instrumennya adalah lembar tes tertulis  berbentuk esai yang tertera pada buku siswa dan lembar pengamatan  untuk sikap dan keterampilan seperti tertera buku guru bagian  penilaian.  No KD Indikator Esensial Teknik 1. KD pada KI 1 Observasi perilaku/ penilaian diri/penilaian antarteman 2. KD pada KI II Observasi perilaku/ penilaian diri/penilaian antarteman 3 KD pada  KI III  Peserta Didik dapat  menjelaskan 

Sumber: buku ipa kelas 7


You May Also Like