KUNCI JAWABAN PAI Kelas 11 Bab 9 Halaman 160 161 Pilihan Ganda dan Essay

✔️Hallo temen temen pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang membahas mengenai kunci jawaban IPA kelas 11, yang mana pembahasan ini kami ambil karena kami melihat banyak sekali temen yang sedang mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru temen temen.

KUNCI JAWABAN PAI Kelas 11 Bab 9 Halaman 160 161 Pilihan Ganda dan Essay Pembaruan Islam

Untuk kami disini hadir untuk membantu adik adik dalam menyelsaikan tugas yang di berikan oleh guru, kami yakin jika adik adik menggunakan pembahasan yang kami berikan ini kami yakin adik adik akan mendpatkan nilai yang begitu memuaskan.

  1. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 14 15 evaluasi bab 1 pilihan ganda dan esai
  2. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 30 31 evaluasi bab 2 pilihan ganda dan esai
  3. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
  4. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 64 65 evaluasi bab 4 pilihan ganda dan esai
  5. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 79 80 evaluasi bab 5 pilihan ganda dan esai
  6. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 103 104 105 evaluasi bab 6 pilihan ganda dan esai
  7. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 120 121 evaluasi bab 7 pilihan ganda dan esai
  8. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 137 138 evaluasi bab 8 pilihan ganda dan esai
  9. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 160 161 evaluasi bab 9 pilihan ganda dan esai
  10. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 180 181 evaluasi bab 10 pilihan ganda dan esai
  11. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 197 198 evaluasi bab 11 pilihan ganda dan esai

Kami juga membahas mengenai kunci jawaban dari pelajaran yang lainya yang mungkin di butuhkan temen temen, yang pembahasan yang kami buat ini masih berkaitan dengan pelajaran kelas 11 ini, jadi jika temen temen ingin menyelesaikan tugas yang lainya silahkan klik tulisan dibawah

  1. Kunci jawaban PAI kelas 11
  2. Kunci jawaban Bahasa inggris kelas 11
  3. Kunci jawaban MTK kelas 11
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 11
  5. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11
  6. Kunci jawaban PKN kelas 11
  7. Kunci jawaban Prakarya kelas 11
  8. Kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11
  9. Kunci jawaban Senibudaya kelas 11

Berikut ini merupakan daftar isi yang kami buat, jika di klik daftar isi ini akan langsung menuju pembahasan, jadi temen temen tidak perlu lagi secrol ke bawah, langsug aja klik tulisan di bawah

Karena kami dalam menjawab pembahasan dari setiap tuagas yang ada kami terlebih dahulu berusaha menjawab semaksimal yang kami bisa, tak jarang kami mencari pembahasan dari situs situs lain, hal ini kami lakukan supaya kami dapat membadiangkan mana jawaban yang paling tepat dan benar

Kunci Jawaban PAI Halaman 160 161 Kelas 11 Bab 9 Pilihan Ganda

Seandainya kerugian itu diakibatkan karena kecurangan atau kelalaian si pengelola, pengelola harus bertanggung jawab atas kerugian tersebut.Kontrak bagi hasil disepakati di depan sehingga bila terjadi keuntungan, pembagiannya akan mengikuti kontrak bagi hasil tersebut.

1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

  1. Setiap transaksi pada dasarnya mengikat orang (pihak) yang melakukan transaksi itu.
  2. Ketentuan-ketentuan dalam transaksi, boleh menyimpang dari aturan syariat.
  3. Setiap transaksi harus dilakukan secara sukarela, tanpa ada unsur paksaan dari pihak mana pun.
  4. Setiap transaksi hendaknya dilandasi dengan niat baik dan ikhlas karena Allah Swt. semata.
  5. Transaksi ekonomi antara umat Islam dan umat bukan Islam dibolehkan walaupun menyimpang dari syariat. 

Dari pernyataan-pernyataan tersebut, pernyataan yang termasuk ke dalam asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam ialah ….
a. 1, 2, dan 3
b. 3, 4, dan 5
c. 2, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 1, 3, dan 4

Kunci Jawaban : e. 1, 3, dan 4

2. Perhatikan ungkapan-ungkapan berikut:
1. Berakal 
2. Berilmu 
3. Ballig
4. Berhak menggunakan hartanya
5. Dapat melihat
Dengan melihat ungkapan tersebut yang, termasuk syarat-syarat bagi penjual dan pembeli ialah ….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 1, 3, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 5

Kunci Jawaban : b. 1, 3, dan 4

3. Contoh jual-beli yang batil ialah …
a. penjual dan pembeli tidak berada dalam satu tempat.
b. penjual dan pembeli tidak mengucapkan ijab kabul.
c. nilai tukar barang yang dijual menggunakan kartu kredit.
d. nilai tukar bukan berupa uang, tetapi berupa barang.
e. jual-beli minuman keras (khamr).

Kunci Jawaban : e. jual-beli minuman keras (khamr).

4. Hal yang tidak termasuk rukun mudarabah ialah …
a. sahibul mal dan mudarrib syaratnya ballig, berakal sehat, dan jujur
b. jenis usaha dan tempatnya sebaiknya disepakati bersama.
c. besarnya keuntungan bagi  sahibul mal dan mudarrib hendaknya sesuai dengan kesepakatan bersama pada waktu akad.
d. kerugian dalam waktu berusaha ditanggung oleh mudarrib.
e. mudarrib hendaknya bersikap jujur tidak boleh menggunakan modal untuk kepentingan sendiri dan orang lain tanpa seizin  sahibul mal.

Kunci Jawaban : e. mudarrib hendaknya bersikap jujur tidak boleh menggunakan modal untuk kepentingan sendiri dan orang lain tanpa seizin  sahibul mal.

5. Ulama fiqh sepakat bahwa asuransi dibolehkan asal cara kerjanya Islami, kecuali …
a. ditegakkannya prinsip keadilan
b. dihilangkannya unsur untung-untungan/maisir
c. tidak ada perampasan hak dan kezaliman
d. bersih dari unsur riba
e. para karyawan perusahaan asuransi harus orang Islam

Kunci Jawaban : e. para karyawan perusahaan asuransi harus orang Islam

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 9 Halaman 161 Essay 

Pertama, menanggungnya sendiri. Kedua, mengalihkan risiko ke pihak lain. Ketiga, mengelolanya bersama-sama. Dalam ajaran Islam, musibah bukanlah permasalahan individual, melainkan masalah kelompok walaupun musibah ini hanya menimpa individu tertentu. Apalagi jika musibah itu mengenai masyarakat luas seperti gempa bumi atau banjir. Berdasarkan ajaran inilah, tujuan asuransi sangat sesuai dengan semangat ajaran tersebut. Allah Swt. menegaskan hal ini dalam beberapa ayat, di antaranya berikut ini:

KUNCI JAWABAN PAI Kelas 11 Bab 9 Halaman 160 161 Pilihan Ganda dan Essay Pembaruan Islam

B. Jawablah soal-soal berikut dengan benar dan tepat!

1. Sebutkan lima macam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan cara yang tidak halal merugikan orang lain!

Kunci Jawaban : 

5 macam perjuangan yang bertujuan memenuhi kebutuhan dengan cara yang ialah tidak halal dan merugikan orang lain sebagai berikut:

  1. Merampok
  2. Menipu
  3. Riba
  4. Korupsi
  5. Menjual narkoba

2. Kemukakan usaha-usaha yang harus dilakukan agar setiap kegiatan transaksi ekonomi itu bernilai ibadah!

Kunci Jawaban : 

  • Usaha-usaha yang harus dilakukan agar setiap kegiatan transaksi ekonomi itu bernilai ibadah adalah 
  • Transaksi ekonomi itu haruslah transaksi yang halal atau diperbolehkan dalam agama
  • Dimulai dengan basmalah
  • Diakhiri dengan hamdalah
  • Transaksi tersebut haruslah dengan niat atau tujuan yang baik
  • Jujur
  • Adil
  • Harus di sertai dengan syariat agama
  • Tidak ada kecurangan dalam segala acara usaha
  • Tidak membohongi konsumen
  • Selalu berikhtiar
  • Mencoba untuk ikhlas

3. Sebutkan tiga contoh jual-beli yang dianggap batil!

Kunci Jawaban : 

Tiga contoh jual-beli yang dianggap batil adalah :

  1. jual beli sesuatu yang tidak ada. contohnya memperjualbelikan buah-buahan yang putiknya pun belum muncul di pohonnya atau anak sapi yang masih di perut ibunya.
  2. Jual beli yang mengandung unsur penipuan, contohnya memperjualbelikan kurma yang ditumpuk di atasnya bagus-bagus dan manis, tetapi ternyata di dalam tumpukan itu banyak terdapat yang busuk.
  3. Jual beli benda-benda yang najis. contohnya babi, khamr, bangkai dll

4. Kemukakan alasan (dalil) naqli dan aqli-nya bahwa jual-beli yang mengandung unsur kecurangan itu hukumnya haram!

Kunci Jawaban : 

Hal tersebut dijelaskan di Al-Quran dalam Surah Al-Mutaffifin Ayat 1-3. Yang dimana menjelaskan wacana bahaya bagi orang yang curang dalam menakar/menimbang(dalam jual-beli) mengatakan keharaman perbuatan ini.

(1). وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ
Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang,
(2). الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ
(yaitu) orang-orang yang apabila mendapatkan dosis dari orang lain mereka minta dipenuhi,
(3). وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ
dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.

5. Kemukakan perbedaan antara perbankan konvensional dan perbankan syari’ah!

Kunci Jawaban : 

Perbedaan bank syariah dan bank konvensional ialah :

Perbedaan aturan : bank syariah memakai syariah Islam yang berdasar atas Al-Quran serta Hadist yang mana sudah difatwakan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia), sedangkan bank konvensional memakai aturan positif yang telah berlaku dan diakui di Indonesia.

Perbedaan investasi : bank syariah hanya mendapatkan pengajuan pemberian hanya dari jenis perjuangan yang halal, sedangkan bank konvensional mendapatkan pengajuan pemberian dari segala jenis usaha.

Perbedaan orientasi : bank syariah berorientasi untuk memperoleh laba serta mendapatkan kebahagiaan dan kemakmuran baik di dunia maupun di akhirat, sedangkan bank konvensional hanya berorientasi untuk memperoleh laba semata.

Perbedaan laba : laba yang diperoleh bank syariah melalui sistem bagi hasil, sedangkan laba yang diperoleh bank konvensional berasal dari bunga.

Perbedaan nasabah dan bank : relasi antara nasabah dan bank syariah ialah sebagai mitra, sedangkan relasi antara nasabah dan bank konvensional ialah sebagai kreditur dan debitur.

Perbedaan kebersamaan dewan pengawas : setiap transaksi yang dilakukan oleh bank syariah akan diawasi oleh dewan pengawas, yaitu jago ekonomi atau ulama yang telah memahami mengenai fiqih muamalah, sedangkan transaksi yang dilakukan oleh bank konvensial tidak diawasi oleh dewan pengawas, kecuali aturan positif.

Rangkuman pai kelas 11 bab 9

 Mengkritisi Sekitar Kita  Aktivitas Siswa: 1. Sebutkan jenis aktivitas yang saling menguntungkan yang bisa kita lakukan! 2. Kamu diminta mengkritisi peristiwa di atas dari beberapa sudut pandang (contoh  dari sisi agama, sosial, budaya, dan sebagainya)!  Memperkaya Khazanah A. Pengertian Mu’āmalahMu’āmalah dalam kamus Bahasa Indonesia artinya hal-hal yang termasuk urusan kemasyarakatan  (pergaulan, perdata, dsb). Sementara  dalam fiqh Islam berarti tukar-menukar barang atau sesuatu yang memberi manfaat dengan cara yang ditempuhnya, seperti jual-beli, sewa-menyewa, upah-mengupah, pinjam-meminjam, urusan bercocok tanam, berserika

t, dan usaha lainnya. Dalam melakukan transaksi  ekonomi, seperti jual-beli, sewa-menyewa, utang-piutang, dan pinjam-meminjam,  Islam melarang beberapa hal di antaranya seperti berikut.  1. Tidak boleh mempergunakan cara-cara yang batil.  2. Tidak boleh melakukan kegiatan riba.  3. Tidak boleh dengan cara-cara ẓāl³m (aniaya).  4. Tidak boleh mempermainkan takaran, timbangan, kualitas, dan kehalalan.  5. Tidak boleh dengan cara-cara spekulasi/berjudi.  6. Tidak boleh melakukan transa

ksi jual-beli barang haram.   Aktivitas Siswa:  1. Carilah dalil-dalil (ayat atau hadis) yang menjelaskan larangan-larangan tersebut di  atas! 2. Jelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam ayat dan hadis yang kamu temukan  tersebut, dan hubungkan dengan keadaan sekarang!  B. Macam-Macam Mu’āmalah Sebagaimana telah dijelaskan di atas tentang macam-macam mu’āmalah, di  sini akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut. 1. Jual-Beli  Jual-beli menurut syariat agama ialah kesepakatan tukar-menukar benda untuk  memiliki benda tersebut selamanya. Melakukan jual-beli dibenarkan, sesuai  dengan firman Allah Swt. berikut ini:   Artinya:”… dan Allah telah menghalalkan jual beli da

n mengharamkan riba…”  (Q.S. al-Baqarah/2: 275). Apabila jual-beli itu menyangkut suatu barang yang sangat besar nilainya,  dan agar tidak terjadi kekurangan di belakang hari, al-Qur’ãn menyarankan agar  dicatat, dan ada saksi, lihatlah penjelasan ini pada Q.S. al-Baqarah/2: 282. a. Syarat-Syarat Jual-Beli Syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam Islam tentang jual-beli adalah  sebagai berikut. 1) Penjual dan pembelinya haruslah:  a) ballig,  b) berakal sehat, c) atas kehendak sendiri.  2) Uang dan barangnya haruslah:  a) halal dan suci. Haram menjual arak dan bangkai, begitu juga babi dan  berhala, termasuk lemak bangkai tersebut; b) bermanfaat. Membeli barang-barang yang tidak bermanfaat sama  dengan menyia-nyiakan harta atau pemboros. Artinya: “Sesungguhnya pemboros-pemboros

 itu adalah saudara-saudara  syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”  (Q.S. al-Isrā’/17: 27) c) Keadaan barang dapat diserahterimakan. Tidak sah menjual barang  yang tidak dapat diserahterimakan. Contohnya, menjual ikan dalam  laut atau barang yang sedang dijadikan jaminan sebab semua itu  mengandung tipu daya.   d) Keadaan barang diketahui oleh penjual dan pembeli.  e) Milik sendiri, sabda Rasulullah saw., “Tak sah jual-beli melainkan  atas barang yang dimiliki.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).  3) Ijab Qobul   Seperti pernyataan penjual, “Saya jual barang ini dengan harga sekian.”  Pembeli menjawab, “Baiklah saya beli.” Dengan demikian, berarti jual-beli  itu berlangsung s

uka sama suka. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya  jual-beli itu hanya sah jika suka sama suka.” (HR. Ibnu Hibban)   b. Khiyār  1) Pengertian Khiyār   Khiyār adalah bebas memutuskan antara meneruskan jual-beli atau  membatalkannya. Islam memperbolehkan melakukan khiyār karena  jual-beli haruslah berdasarkan suka sama suka, tanpa ada unsur paksaan  sedikit pun. Penjual berhak mempertahankan harga barang dagangannya,  sebaliknya pembeli berhak menawar atas dasar kualitas barang yang  diyakininya. Rasulullah saw. bersabda, “Penjual dan pembeli tetap dalam  khiyar selama keduanya belum berpisah. Apabila keduanya berlaku benar  dan suka menerangkan keadaan (barang)nya, maka jual-belinya akan  memberkahi keduanya. Apabila keduanya menyembunyikan keadaan  sesungguhnya serta berlaku dusta, maka dihapus 

keberkahan jual-belinya.”  (HR. Bukhari dan Muslim)  2) Macam-Macam Khiyār a) Khiyār Majelis, adalah selama penjual dan pembeli masih berada di  tempat berlangsungnya transaksi/tawar-menawar, keduanya berhak  memutuskan meneruskan atau membatalkan jual-beli. Rasulullah  saw. bersabda, “Dua orang yang berjual-beli, boleh memilih akan  meneruskan atau tidak selama keduanya belum berpisah.” (HR.  Bukhari dan Muslim).  b) Khiyār Syarat, adalah khiyar yang dijadikan syarat dalam jual-beli.  Misalnya penjual mengatakan, “Saya jual barang ini dengan harga  sekian dengan syarat khiyar tiga hari.” Maksudnya penjual memberi  batas waktu kepada pembeli untuk memutuskan jadi tidaknya  pembelian tersebut dalam waktu tiga hari. Apabila pembeli mengiya- kan, status barang tersebut sementara waktu (dalam masa khiyār) tidak  ada pemiliknya. Artinya, si penjual tidak berhak menawarkan kepada  orang lain lagi. Namun, jika akhirnya pembeli memutuskan tidak  jadi, barang tersebut menjadi hak penjual kembali. Rasulullah 

saw.  bersabda kepada seorang lelaki, “Engkau boleh khiyār pada segala  barang yang engkau beli selama tiga hari tiga malam.” (HR. Baihaqi  dan Ibnu Majah)  c) Khiyār Aibi (cacat), adalah pembeli boleh mengembalikan barang  yang dibelinya jika terdapat cacat yang dapat mengurangi kualitas atau  nilai barang tersebut, namun hendaknya dilakukan sesegera mungkin.   c. Ribā  1) Pengertian Ribā Ribā adalah bunga uang atau nilai lebih atas penukaran barang. Hal ini sering  terjadi dalam pertukaran bahan makanan, perak, emas, dan pinjam-meminjam.  Ribā, apa pun bentuknya, dalam syariat Islam hukumnya haram. Sanksi  hukumnya juga sangat berat. Diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan bahwa,  “Rasulullah mengutuk orang yang mengambil ribā, orang yang mewakilkan,  orang yang mencatat, dan orang yang menyaksikannya.” (HR. Muslim). Dengan  demikian, semua orang yang terlibat dalam riba sekalipun hanya sebagai saksi,  terkena dosanya juga.  Guna menghindar

i riba, apabila mengadakan jual-beli barang sejenis seperti  emas dengan emas atau perak dengan perak ditetapkan syarat:  a) sama timbangan ukurannya; atau  b) dilakukan serah terima saat itu juga, c) secara tunai. Apabila tidak sama jenisnya, seperti emas dan perak boleh berbeda takarannya,  namun tetap harus secara tunai dan diserahterimakan saat itu juga. Kecuali barang  yang berlainan jenis dengan perbedaan seperti perak dan beras, dapat berlaku  ketentuan jual-beli sebagaimana barang-barang yang lain.   Penjual Susu yang Jujur Dikisahkan pada zaman Khalifah Umar bin Khattab, ada seorang ibu dan putrinya yang  pekerjaan sehari-harinya adalah menjual susu. Pada suatu malam sang Ibu berkata  kepada putrinya, “Campurkan susu murni ini dengan air agar jumlahnya lebih banyak.  Kita akan untung banyak juga.” Dengan wajah kaget sang Putri berkata, “Jangan, Bu, Khalifah Umar melarang itu.”  Sang Ibu berkata, “Khalifah Umar tidak akan melihat kita.” Mendengar jawaban ibunya  sang Putri spontan berkata,”Memang Khalifah tidak melihat kita, tetapi Allah melihat  perbuatan kita.” Tanpa sepengetahuan mereka, Khalifah Umar yang sedang berkeliling  m

engontrol rakyatnya mendengar perbincangan itu. Dalam hati Khalifah bergetar, dan  memuji kejujuran perilaku gadis itu, “Subhanallah, sunguh mulia akhlak gadis itu.”  2) Macam-Macam Ribā  a) Ribā Faḍli, adalah pertukaran barang sejenis yang tidak sama timbangannya. Misalnya, cincin emas 22 karat seberat 10 gram ditukar dengan emas 22 karat namun seberat 11 gram. Kelebihannya itulah yang termasuk riba.  b) Ribā Qorḍi, adalah pinjam-meminjam dengan syarat harus memberi kelebihan saat mengembalikannya. Misal si  A bersedia meminjami si B uang sebesar Rp100.000,00 asal si B bersedia  mengembalikannya sebesar Rp115.000,00. Bunga pinjaman itulah yang  disebut riba.  c) Ribā Yādi, adalah akad jual-beli barang sejenis dan sama timbangannya,  namun penjual dan pembeli berpisah sebelum melakukan serah terima. Seperti  penjualan kacang, ketela yang masih di dalam tanah.  d) Ribā Nas³’ah, adalah akad jual-beli dengan penyerahan bara

ng beberapa  waktu kemudian. Misalnya, membeli buah-buahan yang masih kecil-kecil di  pohonnya, kemudian diserahkan setelah besar-besar atau setelah layak dipetik.  Atau, membeli padi di musim kemarau, tetapi diserahkan setelah panen.    2. Utang-piutang a. Pengertian Utang-piutang  Utang-piutang adalah menyerahkan harta dan benda kepada seseorang  dengan catatan akan dikembalikan pada waktu kemudian. Tentu saja dengan  tidak mengubah keadaannya. Misalnya utang Rp100.000,00 di kemudian hari  harus melunasinya Rp100.000,00. Memberi utang kepada seseorang berarti  menolongnya dan sangat dianjurkan oleh agama. b. Rukun Utang-piutang  Rukun utang-piutang ada tiga, yaitu:  1) yang berpiutang dan yang berutang  2) ada harta atau barang  Aktivitas Siswa: 1. Banyak kegiatan di tengah-tengah masyarakat yang bisa dikategorikan ribā. Coba  carilah keg

iatan-kegiatan tersebut! 2. Jelaskan bagaimana tanggapanmu tentang kegiatan tersebut! 3) Lafadz kesepakatan. Misal: “Saya utangkan ini kepadamu.” Yang berutang  menjawab, “Ya, saya utang dulu, beberapa hari lagi (sebutkan dengan  jelas) atau jika sudah punya akan saya lunasi.” Untuk menghindari keributan di belakang hari, Allah Swt. menyarankan agar  kita mencatat dengan baik utang-piutang yang kita lakukan.  Jika orang yang berutang tidak dapat melunasi tepat pada waktunya karena  kesulitan, Allah Swt. menganjurkan memberinya kelonggaran.   Artinya: “Dan jika (orang berutang itu) dalam kesulitan, maka berilah  tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan. Dan jika kamu  menyedekahkan, itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui..” (Q.S.  al-Baqarah/2: 280) Apabila orang membayar utangnya dengan memberikan kelebihan atas  kemauannya sendiri tanpa perjanjian sebelu

mnya, kelebihan tersebut halal bagi  yang berpiutang, dan merupakan suatu kebaikan bagi yang berutang. Rasulullah  saw. bersabda: “Sesungguhnya sebaik-baik kamu, ialah yang sebaik-baiknya  ketika membayar utang.” (sepakat ahli hadis). Abu Hurairah ra. berkata,  ”Rasulullah saw. telah berutang hewan, kemudian beliau bayar dengan hewan  yang lebih besar dari hewan yang beliau utang itu, dan Rasulullah saw. bersabda,  ”Orang yang paling baik di antara kamu ialah orang yang dapat membayar  utangnya dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).  Bila orang yang berpiutang meminta tambahan pengembalian dari orang yang  melunasi utang dan telah disepakati bersama sebelumnya, hukumnya tidak boleh.  Tambahan pelunasan tersebut tidak halal sebab termasuk riba. Rasulullah saw.  berkata “Tiap-tiap piutang yang mengambil manfaat maka ia semacam dari  beberapa macam ribā.” (HR. Baihaqi) 3. Sewa-menyewa a. Pengertian Sewa-menyewa  Sewa-menyewa dalam fiqh Islam disebut ijārah, artinya imbalan yang harus  diterima oleh seseorang atas jasa yang diberik

annya. Jasa di sini berupa penyediaan  tenaga dan pikiran, tempat tinggal, atau hewan.  Dasar hukum ijārah dalam firman Allah Swt.:  Artinya: “…dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak  ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut  yang patut..” (Q.S. al-Baqarah/2: 233)  Artinya: “…kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak) mu maka  berikanlah imbalannya kepada mereka…”(Q.S. aṭ-Ṭalāq/65: 6) b. Syarat dan Rukun Sewa-menyewa  1) Yang menyewakan dan yang menyewa haruslah telah ballig dan berakal sehat. 2) Sewa-meny

ewa dilangsungkan atas kemauan masing-masing, bukan karena dipaksa. 3) Barang tersebut menjadi hak sepenuhnya orang yang menyewakan, atau walinya.  4) Ditentukan barangnya serta keadaan dan sifat-sifatnya.  5) Manfaat yang akan diambil dari  barang tersebut harus diketahui secara  jelas oleh kedua belah pihak. Misalnya, ada orang akan menyewa sebuah  rumah. Si penyewa harus menerangkan secara jelas kepada pihak yang  menyewakan, apakah rumah tersebut mau ditempati atau dijadikan gudang.  Dengan demikian, si pemilik rumah akan mempertimbangkan boleh  atau tidak disewa. Sebab risiko kerusakan rumah antara dipakai sebagai tempat tinggal berbeda  dengan risiko dipakai sebagai gudang. Demikian pula jika barang yang disewakan itu mobil, harus dijelaskan diperguna

kan untuk apa saja.  6) Berapa lama memanfaatkan barang  tersebut harus disebutkan dengan  jelas.  7) Harga sewa dan cara pem- bayarannya juga harus ditentukan  dengan jelas serta disepakati bersama.  Dalam hal sewa-menyewa atau kontrak tenaga kerja, haruslah diketahui secara  jelas dan disepakati bersama sebelumnya hal-hal berikut.  1) Jenis pekerjaan dan jam kerjanya.  2) Berapa lama masa kerja. 3) Berapa gaji dan bagaimana sistem pembayarannya: harian, bulanan,  mingguan ataukah borongan? 4) Tunjangan-tunjangan seperti transpor, kesehatan, dan lain-lain, kalau ada.  C. Syirkah Secara bahasa, kata syirkah (perseroan) berarti mencampurkan dua bagian atau  lebih sehingga tidak dapat lagi dibedakan antara bagian yang satu dengan bagian  yang lainnya. Menurut istilah, syirkah adalah suatu akad yang dilakukan oleh dua  pihak atau lebih yang bersepakat untuk melakukan suatu usaha dengan tujuan  memperoleh keuntungan. a. Rukun dan Syarat Syirkah Adapun rukun syirkah secara garis besar ada tiga, yaitu seperti berikut. 1) Dua belah pihak yang berakad (‘aqidani). Syarat orang yang melakukan akad  adalah harus memiliki kecakapan (ahliyah) melakukan t

aṡarruf (pengelolaan  harta).  2) Objek akad yang disebut juga ma’qud ‘alaihi mencakup pekerjaan atau modal.  Adapun syarat pekerjaan atau benda yang dikelola dalam syirkah harus halal  dan diperbolehkan dalam agama dan pengelolaannya dapat diwakilkan.  3) Akad atau yang disebut juga dengan istilah ṡigat. Adapun syarat sah akad harus  berupa taṡarruf, yaitu adanya aktivitas pengelolaan. b. Macam-Macam Syirkah Syirkah dibagi menjadi beberapa macam, yaitu syirkah `inān, syirkah ‘abdān,  syirkah wujūh, dan syirkah mufāwaḍah.   Aktivitas Siswa: 1. Carilah barang-barang yang sering disewakan di masyarakat! 2. Bagaimana pendapat kamu tentang sewa-menyewa barang tersebut?  Contoh syirkah ‘inān: A dan B sarjana teknik komputer. A dan B sepakat  menjalankan bisnis perakitan ko

mputer dengan membuka pusat service dan  penjualan komponen komputer. Masing-masing memberikan kontribusi  modal sebesar Rp10 juta dan keduanya sama-sama bekerja dalam syirkah  tersebut. Dalam syirkah jenis ini, modalnya disyaratkan harus berupa  uang. Sementara barang seperti rumah atau mobil yang menjadi fasilitas  tidak boleh dijadikan modal, kecuali jika barang tersebut dihitung nilainya  pada saat akad. Keuntungan didasarkan pada kesepakatan dan kerugian  ditanggung oleh masing-masing syārik (mitra usaha) berdasarkan porsi  modal. Jika masing-masing modalnya 50%, masing-masing menanggung  kerugian sebesar 50%.  2) Syirkah ‘Abdān  Contohnya: A dan B sama-sama nelayan dan bersepakat melaut bersama untuk mencari ikan. Mereka juga sepakat apabila memperoleh ikan akan dijual dan hasilnya akan dibagi dengan ketentuan: A mendapatkan sebesar 60% dan B sebesar 40%. Dalam syirkah ini  tidak disyaratkan kesamaan profesi atau keahlian, tetapi  boleh berbeda profesi. Jadi, boleh saja syirkah ‘abdān terdiri atas beberapa  tukang kayu dan tukang batu. Namun, disyaratkan bahwa pekerjaan yang  dilakukan merupakan pekerjaan halal dan tidak boleh berupa pekerjaan   Syirkah ‘inān adalah syirkah antara dua pihak atau lebih yang masing- masing  memberi kontribusi kerja (amal) dan modal (mal). Syirkah ini hukumnya boleh  berdasarkan dalil sunah dan ijma’ sahabat.  Syirkah ‘abdān adalah syirkah antara dua pihak atau lebih yang masing-masing  hanya memberikan kontribusi kerja (amal), tanpa kontribusi modal (amal).  Konstribusi kerja itu dapat berupa kerja pikiran (seperti penulis naskah) ataupun  kerja fisik (seperti tukang batu). Syirkah ini juga disebut syirkah ‘amal.  haram, misalnya berburu anjing. Keuntungan yang diperoleh dibagi  berdasarkan kesepakatan, porsinya boleh sama atau tidak sama di antara  syarik (mitra usaha).  3) Syi

rkah Wujūh  Contohnya: A dan B adalah tokoh yang dipercaya pedagang. Lalu A dan  B bersyirkah wujuh dengan cara membeli barang dari seorang pedagang  secara kredit. A dan B bersepakat bahwa masing-masing memiliki 50%  dari barang yang dibeli. Lalu, keduanya menjual barang tersebut dan  keuntungannya dibagi dua. Sementara harga pokoknya dikembalikan  kepada pedagang. Syirkah wujūh ini hakikatnya termasuk dalam syirkah  ‘abdān. 4) Syirkah Mufāwaḍah  Contohnya: A adalah pemodal, berkontribusi modal kepada B dan C.  Kemudian, B dan C juga sepakat untuk berkontribusi modal untuk membeli  barang secara kredit atas dasar kepercayaan pedagang kepada B dan C. Dalam  hal ini, pada awalnya yang terjadi adalah syirkah ‘abdān, yaitu ketika B dan C   Syirkah wujūh adalah kerja sama karena didasarkan pada kedudukan, ketokohan,  atau keahlian (wujuh) seseorang di tengah masyarakat. Syirkah wujūh adalah  syirkah antara dua pihak yang sama-sama memberikan kontribusi kerja (amal)  dengan pihak ketiga yang memberikan konstribusi modal (mal).  Syirkah mu

fāwaḍah adalah syirkah antara dua pihak atau lebih yang  menggabungkan semua jenis syirkah di atas. Syirkah mufāwaḍah dalam  pengertian ini boleh dipraktikkan. Sebab setiap jenis syirkah yang sah berarti  boleh digabungkan menjadi satu. Keuntungan yang diperoleh dibagi sesuai  dengan kesepakatan, sedangkan kerugian ditanggung sesuai dengan jenis  syirkahnya, yaitu ditanggung oleh para pemodal sesuai porsi modal jika berupa  syirkah ‘inān, atau ditanggung pemodal saja jika berupa mufāwaḍah, atau  ditanggung mitra-mitra usaha berdasarkan persentase barang dagangan yang  dimiliki jika berupa syirkah wujūh.  Aktivitas Siswa: 1. Carilah contoh syirkah ‘abdān yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat! 2. Bagaimana cara membagi keuntungan maupun kerugian yang dialami oleh pelaku  syirkah ‘abdān!   

Sumber:buku pai kelas 11 siswa

You May Also Like