KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6 energi dalam sistem kehidupan ,soal ilmu pengetahuan alam kelas 1 smp bab 6😊Hallo Adik-adik selamat datang di blog terasdukasi.com.  ✨😘blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

Jawaban buku pelajaran kelas 7 smp dan mts

😊Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas kelas 7 semester 1 dan semester 2, kunci jawaban merupakan hal yang sangat penting bagi 💖adik-adik sekalian, nah kali ini kami TERASEDUKASI akan membahas mengenai kunci jawaban berbagai mata pelajaran kelas 7.

Baca juga:
JAWABAN BUKU KELAS 7
Jawaban PAI
Jawaban Bahasa inggris
Jawaban IPA semester 1
Jawaban IPA semester 2
Jawaban MTK semester 1
Jawaban MTK semester 2
Jawaban IPS
Jawaban PENJAS
Jawaban Bahasa Indonesia
Jawaban PKN
Jawaban pelajaran lainya
Download aplikasi terasedukasi

😍Silahkan di lihat kunci jawaban dari pelajaran yang lain, kami berharap dgn adanya kunci jawaban yang kami buat ini dapat mebantu 🤞adik-adik dalam menyelesaiakn tugas yang di berikan oleh guru, dan jangan 🙌lupa untuk download aplikasi teras edukasi iya

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 6

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6.Seperti yang teman-teman ketahui jika saat ini teman-teman tengah mengerjakan tugas sekolah pada buku pelajaran IPA kelas 7 semester 1 pada bab 6 Halaman 199 titik artinya tak lama lagi teman-teman akan menyelesaikan semua tugas pada buka ini dan juga sekaligus menyelesaikan kegiatan belajar semester ganjil.

Ayo Kita Latihan

1. Apa yang dimaksud dengan energi?
Kunci Jawaban :
Energi adalah kemampuan yang bertujuan untuk melakukan usaha kerja atau kemampuan untuk melakukan sebuah perubahan. Energi merupakan besaran dengan satuan Joule atau setara dengan kg m²/s².
2. Seberapa penting energi bagi kehidupan? Jelaskan.
Kunci Jawaban :
sangat penting karena energi merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Manusia dapat bergerak dan beraktivitas karena adanya energi. Energi itu sendiri merupakan kemampuan untuk melakukan usaha dari setiap aktivitas.
berdasarkan peranannya, energi mempunyai manfaat masing masing dalam peran kehidupan manusia,yaitu:
a. Energi Panas atau Kalor
energi panas bersumber dari matahari. contohnya api, sehingga kita dapat menggunakan kompor dan membantu memasak makanan.
b. Energi Kimia
 Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh senyawa kimia yang stabil  akibat interaksi elektron antar atom atau antar molekul.
c. Energi Cahaya
Energi cahaya merupakan energi yang mengahasilkan sumber cahaya. Seperti
halnya kita ketahui, matahari adalah sumber energi yang paling besar1
. Contoh dari energi cahaya yaitu lampu, lilin, senter, dan lain-lain
d. Energi listrik
Energi listrik atau tenaga listrik adalah salah satu jenis energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik atau energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan ampere (A) dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W) untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan atau menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain. Energi listrik menjalankan peralatan rumah tangga, peralatan perkantoran, mesin industri, kereta api listrik, lampu umum, alat pemanasan, memasak, dan lain-lain.
e. Energi air
Energi air adalah energi yang telah dimanfaatkan secara luas di Indonesia yang dalam skala besar telah digunakan sebagai pembangkit listrik. Beberapa perusahaan di bidang pertanian bahkan juga memiliki pembangkit listrik sendiri yang bersumber dari energi air. Di masa mendatang untuk pembangunan pedesaan termasuk industri kecil yang jauh dari jaringan listrik nasional, energi yang dibangkitkan melalui sistem mikrohidro diperkirakan akan tumbuh secara pesat.
3. Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa? Jelaskan.
Kunci Jawaban :
Energi biomassa adalah energi yang diperoleh dari sumber berupa hewan dan tumbuhan yang hidup dan sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang telah mati. Ketika hidup, tumbuhan menghasilkan energi dari proses fotosintesis, selanjutnya tumbuhan dimakan oleh hewan sehingga energi tersebut tersimpan dalam tubuh hewan. Setelah mati, sisa-sisa hewan dan tumbuhan masih menyimpan energi dalam bentuk senyawa organik yang dapat dimanfaatkan kembali, misal sebagai bahan bakar.
4. Carilah literatur sebanyak-banyaknya mengenai cara untuk menghemat energi.
Kunci Jawaban :
Contoh perilaku hemat energi:
a) mengurangi penggunaan kendaraan bermotor
b) menggunakan transportasi umum mematikan televisi bila tidak ditonton
c) mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan
d) mematikan lampu saat siang hari
e) mematikan kompor bila tidak digunakan
Pembahasan:
Penghematan energi, seperti energi listrik dan bahan bakar minyak (BBM), sangat penting dalam kehidupan kita dan dapat memberi manfaat. Sebaliknya pemborosan listrik akan mengakibatkan banyak persoalan, antara lain menghabiskan uang, dan meningkatkan polusi.
Contoh perilaku hemat energi antara lain adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggunakan transportasi umum. Kendaraan pribadi menggunakan sangat banyak energi dalam bentuk bahan bakar minyak. Bila banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, maka banyak pula BBM yang dihabiskan.
Sementara kendaran umum akan menghemat energi karena dengan penggunaan bahan bakar minyak yang sama, kendaraan ini bisa dimanfaatkan banyak orang.
Mengurangi penggunaan alat elektronik juga merupakan perilaku hemat energi. Alat elektronik menggunakan energi listrik, yang pada gilirannya energi listrik ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang mengkonsumsi bahan bakar seperti batu bara dan gas bumi.
Karena itu, mengurangi penggunaan alat listrik yang tidak perlu akan mengurangi penggunaan energi. Misalnya, kita dapat mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan dan mematikan lampu saat siang hari.

Rangkuman ipa kelas 7 bab 6

semua nilai akan dihitung dan dimasukkan ke dalam buku tugas guru namun untuk syarat kenaikan kelas untuk nya nilai dari tugas sekolah juga tak akan cukup jadi teman-teman juga harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan lainnya seperti ulangan harian tugas praktek dan ulangan akhir semester.
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199

percobaan tersebut? Gambar 5.3 Gelas kimia dengan kabel yang dihubungkan ke lampu LED Ayo Kita Lakukan Ilmu Pengetahuan Alam 193 Kegiatan tersebut menjelaskan tiga bentuk energi, yaitu energi potensial, energi kimia dan energi listrik. Asam cuka menyimpan energi kimia. Energi kimia tersebut dapat berubah menjadi energi listrik yang mampu menyalakan lampu. Energi listrik kemudian berubah menjadi energi cahaya. Dengan demikian, energi akan mengalami perubahan bentuk, tetapi energinya sendiri tidak hilang. Ada berbagai macam energi potensial, antara lain energi potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi bumi, yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas permukaan bumi.

You May Also Like