KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5 kalor dan perpindahanya semester 1, soal ilmu pengetahuan alam kelas 1 smp bab 5😊Hallo Adik-adik selamat datang di blog terasdukasi.com.  ✨😘blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

Jawaban buku pelajaran kelas 7 smp dan mts

😊Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas kelas 7 semester 1 dan semester 2, kunci jawaban merupakan hal yang sangat penting bagi 💖adik-adik sekalian, nah kali ini kami TERASEDUKASI akan membahas mengenai kunci jawaban berbagai mata pelajaran kelas 7.

Baca juga:
JAWABAN BUKU KELAS 7
Jawaban PAI
Jawaban Bahasa inggris
Jawaban IPA semester 1
Jawaban IPA semester 2
Jawaban MTK semester 1
Jawaban MTK semester 2
Jawaban IPS
Jawaban PENJAS
Jawaban Bahasa Indonesia
Jawaban PKN
Jawaban pelajaran lainya
Download aplikasi terasedukasi

😍Silahkan di lihat kunci jawaban dari pelajaran yang lain, kami berharap dgn adanya kunci jawaban yang kami buat ini dapat mebantu 🤞adik-adik dalam menyelesaiakn tugas yang di berikan oleh guru, dan jangan 🙌lupa untuk download aplikasi teras edukasi iya

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 5

Uji Kompetensi

*Review

1. Jelaskan pengertian kalor.

Kunci Jawaban : 
Kalor adalah suatu bentuk energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang memiliki suhu lebih rendah.

2. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.

Kunci Jawaban : 
Benda yang menerima kalor pada pemanasan tersebut adalah Panci, dan Air. Yang menerima kalor pertama kali adalah Panci Alumunium yang kemudian terjadi perpindahan kalor dari panci ke air.

3. Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

Kunci Jawaban : 
Maksudnya adalah apabila mencairkan atau meleburkan es sebanyak 1 gram diperlukan energi kalor sebesar 80 kalori.

4. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi.

Kunci Jawaban : 
Persamaan : cara perpindahannya panas melalui perantara
Perbedaan : Perpindahan panas  pada cara konduksi melalui perantara tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat perantara tersebut. Sedangkan pada cara konveksi melalui perantara yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat perantaranya.

5. Mengapa seekor anjing setelah berlarian akan menjulurkan lidahnya? Jelaskan.

Kunci Jawaban : 
Karena anjing merupakan mamalia bersuhu tetapi sehingga akan mempertahankan suhu tubuh yang tetap. Ketika anjing berlari suhu tubuh akan meningkat sehingga anjing perlu menjulurkan lidahnya untuk mempercepat pelepasan kalor ditubuhnya agar suhu tubuhnya kembali normal.

*Penerapan

1. Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 2 kg air, sehingga suhunya naik 50oC. Kalor jenis air 4200 J/(kg K).

Kunci Jawaban : 
Q = m x c x ΔT
= 2 x 4.200 x 50
= 420.000 J
= 420 KJ
Jadi, besar kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu air tersebut adalah 420 KJ.

2. Gambarkan arus konveksi pada gambar di bawah ini.

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186

3. Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah.

Kunci Jawaban : 
Pilihan yang tepat adalah yang C, Hal ini dikarenakan titik didih air dan alkohol berbeda. Titik didih alkohol lebih rendah dibandingkan titik didih air, sehingga menyebabkan alkohol lebih banyak menguap daripada air.

4. Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas. Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa paling panas? Coba jelaskan.

Kunci Jawaban : 
Sendok yang terasa paling panas adalah sendok logam karena logam adalah konduktor yang baik untuk menghantarkan panas. Sedangkan sendok plastik dan sendok keramik merupakan isolator.

Rangkuman ipa kelas 7 bab 5

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas apakah benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O).

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186

Contohnya adalah sebagai berikut. Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 4.21 Konveksi pada oven Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 4.22 Konveksi pada pengering rambut Elemen pemanas oven, pemanggang roti, magic jar, dan lain-lain biasanya terletak di bagian bawah. Saat difungsikan, udara bagian bawah akan menjadi lebih panas dan bergerak naik, sedangkan udara bagian atas yang lebih dingin akan bergerak turun. Pada peralatan tertentu seperti pengering rambut (hair dryer), aliran konveksi dibantu (atau dipaksa) dengan menggunakan kipas. 3. Radiasi Bayangkan saat kamu berjalan di tengah hari yang cerah. Kamu merasakan panasnya matahari pada mukamu. Bagaimana kalor dari matahari dapat sampai ke wa

You May Also Like