KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Uji Kompetensi bab 4

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Uji Kompetensi bab 4 suhu dan perubahannya semester 1, pembahasan soal ilmu pengetahuan alam kelas 1 smp😊Hallo Adik-adik selamat datang di blog terasdukasi.com.  ✨😘blog ini akan fokus membahas kunci jawaban dari berbagai matapelajaran dan juga berbagai tingkatan SD/SMP/ MTS/SMA/SMK/MA/MAK

Jawaban buku pelajaran kelas 7 smp dan mts

😊Hallo adik-adik kali ini kita akan membahas kelas 7 semester 1 dan semester 2, kunci jawaban merupakan hal yang sangat penting bagi 💖adik-adik sekalian, nah kali ini kami TERASEDUKASI akan membahas mengenai kunci jawaban berbagai mata pelajaran kelas 7.

Baca juga:
JAWABAN BUKU KELAS 7
Jawaban PAI
Jawaban Bahasa inggris
Jawaban IPA semester 1
Jawaban IPA semester 2
Jawaban MTK semester 1
Jawaban MTK semester 2
Jawaban IPS
Jawaban PENJAS
Jawaban Bahasa Indonesia
Jawaban PKN
Jawaban pelajaran lainya
Download aplikasi terasedukasi

😍Silahkan di lihat kunci jawaban dari pelajaran yang lain, kami berharap dgn adanya kunci jawaban yang kami buat ini dapat mebantu 🤞adik-adik dalam menyelesaiakn tugas yang di berikan oleh guru, dan jangan 🙌lupa untuk download aplikasi teras edukasi iya

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman Ayo Kita Latihan Bab 4

Uji Kompetensi

1. Jelaskan pengertian suhu!

Kunci Jawaban : 
Suhu merupakan ukuran panas dinginnya benda. Benda panas berarti suhunya tinggi, sebaliknya benda yang dingin berarti suhunya rendah.

2. Bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair?

Kunci Jawaban : 
Termometer tersebut memanfaatkan adanya perubahan sifat fisika benda (volume, panjang benda, dan warna benda) yang berubah karena kenaikan suhu.

3. Buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama. Mengapa hal itu dilakukan?

Kunci Jawaban : 
Untuk mendapatkan panas matahari, suhu tubuhnya naik, sehingga bisa beraktivitas karena buaya adalah hewan berdarah dingin.

4. Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!

Kunci Jawaban : 
333Bimetal berfungsi seperti saklar. Saat suhu setrika tinggi, lengkungan pada bimetal membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka (terputus). Saat setrika mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal, sehingga rangkaian listrik tertutup dan setrika menjadi panas kembali.

5. Konversikan:
a. 77 °F = ……. °C = …… °R = ……. K
b. 333 K = ……. °C = …… °R = …….. F

Kunci Jawaban : 
a) 25°C = 20°R = 298 K
b) 60°C = 48°R = 140°F

6. Sebatang tembaga (koefisien muai panjangnya ada pada Tabel 7.1) pada suhu 28°C panjangnya 80 m. Berapakah pertambahan panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya 78°C?

Kunci Jawaban : 
ΔL= Lo x α x (Tt-To)
= 80 x 0,000017 x (78-28)
= 80 x 0,000017 x 50
= 0,068 cm
Jadi, pertambahan panjang tembaga tersebut adalah 0,068 cm.

7. Berikut ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya

7. Berikut ini adalah grafik panjang sebatang logam terhadap suhunya
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155

 

Kunci Jawaban : 
a) α = 0,18 = 0,00002/°c
b) Berdasarkan hasil perhitungan, kemungkinan besar jenis logam tersebut adalah kuningan.

8. Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.

8. Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155

 

Kunci Jawaban : 
a) Rumusan masalah : Apakah jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan?
b) Berdasarkan data pada tabel, perubahan volume ketika suhu zat dinaikkan juga berbeda-beda. Kesimpulannya: jenis zat berpengaruh terhadap perubahan volumenya ketika dipanaskan.

Rangkuman ipa kelas 7 bab 4

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas apakah benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O).

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155

karena perubahan suhu. Jembatan umumnya dibuat dari besi baja yang saling disambungkan satu dengan lainnya. Untuk itu, agar sambungan besi baja tidak melengkung karena memuai akibat Ilmu Pengetahuan Alam 147 terik panas matahari atau menyusut di malam hari, sambungan-sambungan besi baja tidak boleh dipasang saling rapat satu KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154 155 Uji Kompetensi bab 4engan lainnya. Harus ada rongga yang cukup di antara sambungan-sambungan itu. Bimetal dibuat berdasarkan sifat pemuaian zat padat. Bimetal antara lain dimanfaatkan pada termostat. Prinsip kerja termostat sebagai berikut. Jika udara di ruangan dingin, keping bimetal pada Gambar 7.15 akan menyusut, membengkok ke kiri, dan menyentuh logam biasa sehingga kedua ujungnya saling bersentuhan. Sentuhan antara kedua ujung logam itu menjadikan rangkaian tertutup dan menyalakan pemanas sehingga ruangan menjadi hangat. Jika untuk mengontrol ruangan berpendingin, cara kerjanya serupa. Saat ruangan mulai panas, termostat bengkok dan menghubungkan rangkaian listrik sehingga pendingin kembali bekerja. Sumber: Zitzewitz Gambar 4.14 Rel kereta api dapat melengkung akibat pemuaian Pada Malam Pada Siang Hari (panas) Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 4.13 Rel kereta api dibuat bercelah. Mengapa? Hasil percobaanmu menunjukkan jika panjang logam mula-mula sama, untuk logam yang berbeda ternyata pertambahan panjangnya benda karena pemuaiannya juga berbeda. Besaran yang menentukan pemuaian panjang zat padat adalah koefisien muai panjang. Koefisien muai panjang suatu zat padat adalah bilangan yang menunjukkan pertambahan panjang tiap satu satuan panjang zat itu jika suhunya di

You May Also Like