1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup?

1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup?. Kunci jawaban IPA kelas 7 Semester 1 bab 2 halaman 91, uji kompetensi. Kami menyediakan kunci jawaban yang kami dapat dari jawaban yang kami percaya akan tepat jawabannya, dari sumber yang kami percaya, denga adanya kunci jawaban ini semoga teman-teman mahasiswa lebih semangat lagi dalam mengerjakan tugas sekolah.

1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup?
1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai

Demi mendapatkan nilai yang memuaskan, karena tanpa kerena tanpa kerja keras teman-teman tidak akan pernah membuahkan hasil dari kerja keras teman-teman.

  1. KUNCI JAWABAN Bahasa Inggris kelas 7
  2. KUNCI JAWABAN Pendidikan agama islam kelas 7
  3. KUNCI JAWABAN IPA kelas 7
  4. KUNCI JAWABAN Matematika kelas 7
  5. KUNCI JAWABAN Penjas kelas 7
  6. KUNCI JAWABAN PKN kelas 7
  7. KUNCI JAWABAN IPS kelas 7
  8. KUNCI JAWABAN prakarya kelas 7
  9. KUNCI JAWABAN Seni Budaya kelas 7

Berikut adalah kunci jawaban kelas 7 semester 1 halaman 91 bab 2, uji kompetensi. Kami menyediakan kunci jawaban ini suapaya tean-teman lebih mudah lagi meahami pelajaran IPA  kelas 7 semster 1, karena kami disini telah membaca buku panduan mahsiswa, dan juga pengalaman sekolah yang telah kami dapatkan.  Disini akan membahas lengkap tentang kunci-kunci jawaban IPA kelas 7.

Kami berharap kepada teman-teman lebih semangat lagi dalam belajar, karena kondisi pandemi sekarang kegiatan belajar di sekolah ditiadakan, kebanyakan dari siswa banyak yang mengeluh hal tersebut tugas yang tak pernah selsai yang di kasih oleh guru kelasnya, terkadang mebuat mahasiswa cepat stres, tapi semua itu bukan hal yang harus di takuti. Walaupun belajar di rumah mahsiwa harus semagat dalam menjalani tugas yang di kasih oleh guru kelasnya. Karena buah kerja keras tidak akan menyia-nyiakan hasilnya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7

kak kita melihat banyak sekali pembahasan kunci jawaban yang dibahas orang lain di situs-situs, namun hanya sedikit saja pembahasan mengenai kunci jawaban yang tepat dan benar di mana pembahasan tersebut memang khusus untuk membahas kunci jawaban yang tepat dan benar sehingga ke jalan tersebut dapat memberikan nilai yang sempurna bagi adik-adik sekalian.

  1. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan Bab 1
  2. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 26 Ayo Kita Latihan Bab 1
  3. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 29 Uji Kompetensi 1 Bab 1
  4. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 79 Ayo Kita Latihan Bab 2
  5. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 89, 90 Uji Kompetensi  bab 2
  6. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
  7. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 122 Ayo Latihan bab 3
  8. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 129 ,130,131 Uji Kompetensi bab 3
  9. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 137 Ayo Kita Latihan Bab 4
  10. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 143 Ayo Kita Latihan Bab 4
  11. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 154, 155 Uji Kompetensi bab 4
  12. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Latihan bab 5
  13. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 183 Ayo Kita Latihan bab 5
  14. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi bab 5
  15. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 196 197 Mengamati dan Menalar bab 6
  16. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan Bab 6
  17. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 202 Ayo Kita Latihan Bab 6
  18. KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 214,215 Uji Kompetensi Bab 6

 kita berharap dengan adanya pembahasan dari artikel yang telah buatin, adik-adik sekalian membagikan artikel yang kita buat ini dengan teman-teman yang lainnya yang mengerjakan tugas yang sama dengan adek adek semoga dengan begitu artikel yang ketahuan ini dapat bermanfaat bagi adek-adek w kalian.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi

sekolah merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat indonesia dimana dengan sekolah masyarakat indonesia ataupun seseorang dapat membantu dalam proses mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan jaman tersebut, sekolah juga tempat untuk bermain ataupun tempat untuk menuntut ilmu tempat untuk mencari teman-teman dan yang paling terpenting sekolah juga akan membentuk kepribadian ataupun karakte.r seseorang a melalui didikan seorang guru.

Uji Kompetensi  

1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kau terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup.

Kunci Jawaban:
 Sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup sebab untuk sanggup disebut sebagai makhluk hidup itu harus memenuhi semua ciri makhluk hidup contohnya bernapas, sedangkan sepeda motor dan kendaraan beroda empat tidak melaksanakan pernapasan.

2.
a. Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang.
b. Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan elang.

KUNCI JAWABAN IPA Kelas 7 Halaman 91 Uji Kompetensi  bab 2
1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai

Kunci Jawaban
(2a) 
Persamaan bentuk teladan masakan antara ayam dan burung elang yaitu sama sama makan dengan paruh, kemudan masuk ke kerongkongan, tembolok, lambung, usus halus, usus besar dan keluar sisa masakan lewat anus.
Perbedaan teladan masakan antara ayam dan burung elang yaitu pada jenis makanannya, ayam memakan biji bijian sedangkan elang memakan daging.
(2b)
Hewan-hewan lain yang mempunyai ciri-ciri yang sama dengan ayam yaitu bebek, angsa, dan hewan-hewan lain yang mempunyai ciri-ciri yang sama dengan elang yaitu burung pemakan bangkai.

3. Jika kau perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari insiden ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya.

Kunci Jawaban
 Rumah rayap tersebut disebut tidak hidup. Bertambah besarnya rumah rayap ini akhir dari acara rayap yang hidup di dalamnya yang selalu menumpuk material pembangun rumah rayap sehingga rumah rayap tersebut semakin besar.

4. Pada suatu hari, kau menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak sanggup bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari benda yang kau temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya.

Kunci Jawaban
 Benda yang ditemukan, termasuk benda tak hidup. Alasannya yaitu tidak sanggup melaksanakan reproduksi, padahal ciri makhluk hidup salah satunya yakni sanggup melaksanakan reproduksi.

Rangkuman ipa kelas 7 bab 2

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas apakah benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). 

1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup?
1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai

dan bahan yang digunakan. 2. Cara pembuatannya. 3. Besarnya modal awal yang diperlukan. 4. Proses pemasaran tempe. 5. Besarnya keuntungan atau kerugiannya. 6. Hambatan-hambatan yang pernah ditemui oleh produsen tempe selama ini. Buatlah laporannya secara lengkap dan sistematis, bila perlu dengan gambar atau foto. Jika di daerahmu tidak ada pembuat tempe, maka carilah ke tempat yang memproduksi makanan dengan memanfaatkan jamur, misalnya pembuatan tapai, pembuatan kecap, pembuatan oncom, dan lainnya. Cobalah cari informasi melalui orangtuamu. Tugas Proj ek 5. Kelompok Tumbuh-tumbuhan Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, makhluk hidup dibagi ke dalam kelompok Animalia (hewan), Plantae (Tumbuhan), Fungi (Jamur), Protista, dan Monera. Kelima kingdom diklasifikasi berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap organismeorganisme yang menyusunnya. Kingdom Plantae (tumbuhan) dibagi ke dalam beberapa divisio, yakni Lumut (Bryophyta), Paku-pakuan (Pteridophyta), serta tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh, tumbuhan dapat dibedakan lagi atas dua jenis kelompok besar, yaitu sebagai berikut. 1) Tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi lumut (Bryophyta). Ayo Kita Pelajari • Tumbuhan lumut, dan tumbuhan paku • Tumbuhan berbiji Mengapa Penting? • Untuk mengelompokkan tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji 68 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 2) Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta), meliputi paku-pakuan (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Perhatikan Gambar 2.30. Kerajaan Tumbuhan Bryophyta (Lumut) 1. Lumut hati 2. Lumut daun 3. Lumut tanduk Pteridophyta (Paku-pakuan) 1. Psilophytinae (paku purba) 2. Lycopodiinae (paku kawat) 3. Equisetinae (paku ekor kuda) 4. Filicinae (paku sejati) Spermatophyta (Tumbuhan berbiji) 1. Gymnospermae 2. Angiospermae Contoh: Lumut daun Contoh: Paku tiang (paku sejati) Contoh: Pohon cemara (Gymnospermae) dan pohon mangga (Angiospermae) Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar. 2.30 Skema pengelompokan tumbuhan a. Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku Tumbuhan lumut dan tumbuhan paku adalah tumbuhan yang memiliki spora serta berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Tumbuhan tersebut memiliki klorofil dan berfotosintesis. Habitatnya berupa tempat yang lembap. Ilmu Pengetahuan Alam 69 Perbedaan tumbuhan lumut, paku, dan mangga Mengamati Pernahkah kamu mengamati secara cermat dan teliti tumbuhan lumut, paku, dan mangga? Apa yang dapat kamu laporkan dari hasil pengamatan tersebut? Menanya Dari hasil pengamatanmu, tuliskan satu pertanyaan. Apa yang perlu disiapkan? 1. Tumbuhan lumut 2. 1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyai ciri sanggup bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup?Tumbuhan paku (misalnya suplir atau yang lain) 3. Tumbuhan mangga 4. Lup (kaca pembesar) Lakukan langkah-langkah berikut. 1. Carilah lumut yang melekat di tembok berbentuk seperti beludru hijau. Ambillah dengan tanahnya, kemudian letakkan pada piring plastik. Tetesilah dengan air agar basah. Siapkan juga tumbuhan paku lengkap dengan bagian-bagiannya. Ayo Kita Lakukan 70 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Sumber : emocezi.livejournal.com, www.lumut.fobi.web.id Gambar 2.31 Tumbuhan (a) paku, (b) lumut, dan (c) mangga. 2. Amatilah dengan kaca pembesar (bila diperlukan) tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan mangga. Amati bagian-bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya, serta habitatnya. Catatlah pada tabel di bawah ini pada buku tugasmu. Tabel 2.6 Perbedaan tumbuhan lumut, paku, dan mangga Pengamatan Lumut Paku Mangga Akar Batang Daun Bunga Buah Biji Habitat Diskusikan hasil pengamatanmu dengan kelompokmu. Kesimpulan apa yang didapatkan dari kegiatan ini? Mengomunikasikan Buatlah laporan kegiatan ini, kemudian presentasikan di depan kelas. Ilmu Pengetahuan Alam 71 Ingatlah Berdasarkan kegiatan tersebut, kamu sudah mengetahui bahwa tumbuh-tumbuhan dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan yang tidak memiliki berkas pengangkut. Kelompok tumbuhan ini belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Contoh tumbuhan yang termasuk kelompok tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan lumut. Memiliki struktur yang menyerupai akar disebut rizoid, berspora, dan berklorofil. Sporogonium Sporofit Gametofit Tangkai Daun Batang Rizoid Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 2.32 Lumut beserta bagian-bagiannya Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang memiliki berkas pengangkut dan sudah dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Tumbuhan berpembuluh disebut tumbuhan berkormus. Tumbuhan berkormus terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji mempunyai bunga dan biji. Kormofita berspora tidak mempunyai bunga, misalnya tumbuhan paku (Pteridophyta). Tumbuhan paku memiliki ciri yaitu memiliki akar, batang, dan daun sejati; tidak berbunga; dan tidak berbiji. Ciri lain dari tumbuhan paku adalah daun muda yang menggulung. Daun tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut sporofil dan ada pula daun yang tidak menghasilkan spora disebut tropofil. 72 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Keterangan: 1. Daun 2. Daun muda menggulung 3. Sporangium 4. Batang 5. Akar Sumber : blog.uad.ac.id Gambar 2.33 Bagian-bagian tubuh pada tumbuhan paku b. Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dikelompokkan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Lakukan kegiatan berikutnya untuk memperluas pemahamanmu tentang tumbuhan berbiji. Mari lanjutkan kegiatan ini, yaitu mempelajari cir1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyaii-ciri tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Ayo Kita Lakukan 1 2 3 4 5 Ilmu Pengetahuan Alam 73 Mengamati Pernahkah kamu melihat tumbuhan melinjo dan tumbuhan jeruk? Lihatlah Gambar 2.34. Tulis hasil pengamatanmu. Menanya Dari pengamatanmu, tuliskan satu pertanyaan. Untuk melakukan pengamatan terhadap tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup, kamu memerlukan alat dan bahan sebagai berikut. 1. Silet atau pisau kecil 4. Jeruk 7. Pandan 2. Melinjo 5. Terung 8. Lengkeng 3. Pakis haji 6. Tebu 9. Tumbuhan lainnya Jika di sekitar rumahmu tidak terdapat tanaman-tanaman tersebut, maka bawalah tanaman-tanaman yang terdapat di lingkungan daerah sekitarmu. Lakukan langkah-langkah berikut ini. 1. Amatilah tumbuhan yang kamu bawa, yaitu bagian akar (jika memungkinkan), batang, daun, bunga, buah, dan biji. Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 2.34 Tumbuhan (a) melinjo, (b) pakis haji, (c) jeruk, (d) terung1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyaie) tebu, (f) pandan, (g) lengkeng. (a) (e) (c) (g) (b) (f ) (d) 74 Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Lakukan pengamatan terhadap bagian-bagian tumbuhan seperti yang tertera pada tabel berikut. Tabel 2.7 Ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka dan berbiji tertutup No Nama Tumbuhan Akar Batang Daun Bunga Biji Kelompok Tumbuhan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 2. Bandingkan antara tumbuhan satu dengan lainnya. Menalar Catatlah hasil pengamatanmu dalam Tabel 2.7 di atas pada buku tugasmu dan diskusikan dalam kelompokmu. a. Kelompok tumbuhan apa yang mempunyai ciri-ciri yang sama? b. Ada berapa kelompok tumbuhan yang kamu dapatkan yang mempunyai ciri-ciri yang sama? c. Kelompok tumbuhan apa saja yang termasuk tumbuhan berbiji terbuka dan berbiji tertutup? Mengomunikasikan Buatlah laporan hasil kegiatan dan presentasikan di kelas secara bergantian dengan kelompok lain. Ilmu Pengetahuan Alam 75 Ingatlah Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. 1. Berbiji telanjang karena bijinya tidak dibungkus oleh daun buah. 2. Alat reproduksi berupa bangun seperti kerucut yang disebut strobilus. Ada dua strobilus, yaitu strobilus jantan dan betina. 3. Batang besar dan berkambium. 4. Berakar tunggang dan serabut. 5. Daun selalu hijau, sempit, tebal, dan kaku. Contoh tumbuhan berbiji terbuka adalah juniper, cemara, damar, pinus, melinjo, dan pakis haji. (a) (b) (c) (d) Sumber: www.mt.nrcs.usda.gov, deslihutan.b1. Mengapa sepeda motor dan kendaraan beroda empat mempunyailogspot.com, dwikaryanto.blogspot.com, www.chykoemoo.com Gambar 2.36 Tumbuhan (a) juniper, (b) cemara, (c) damar , dan (d) pinus Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) memiliki bakal biji atau bijinya terlindungi oleh daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan yang disebut bunga. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga, jambu, avokad, anggur, dan nangka. Sumber: the science of biology1, strobilus jantan. id.wikipedia.org Gambar 2.35 Strobilus 76 Kelas yang  mengandung N) di hati. Proses pelepasan gugus amin ini dikenal  dengan deaminasi protein. Cermatilah skema berikut, untuk dapat  memahami proses metabolisme protein dalam tubuh. Protein tidak dapat disimpan di dalam tubuh sehingga bila  kelebihan akan segera dibuang atau diubah menjadi zat lain. Zat sisa  hasil penguraian protein yang mengandung nitrogen akan dibuang  bersama air seni dan yang tidak mengandung nitrogen akan diubah  menjadi karbohidrat dan lemak. Oksidasi 1 gram protein dapat  menghasilkan energi 4 kalori. Kelebihan protein dalam tubuh dapat  mengakibatkan pembengkakan hati dan ginjal karena beban kerja  organ-organ tersebut lebih berat dalam menguraikan protein dan  mengeluarkannya melalui air seni. Akibat kekurangan protein pun tidak baik bagi tubuh. Gangguan  kekurangan protein biasanya terjadi bersamaan dengan kekurangan  karbohidrat. Gangguan tersebut dinamakan busung lapar atau  Hunger Oedema (HO). Ada dua bentuk busung, yaitu kwashiorkor  dan marasmus. Perhatikan gangguan pertumbuhan yang terjadi  pada penderita kwashiorkor dan marasmus pada Gambar 6.8  berikut.   136 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   3) Pencernaan Lemak dalam Tubuh Di dalam tubuh, lemak mengalami metabolisme. Lemak akan  dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan  enzim lipase. Proses ini berlangsung dalam saluran pencernaan.  Sebelum diserap usus, asam lemak akan bereaksi dengan garam- garam empedu membentuk senyawa seperti sabun, selanjutnya  senyawa seperti sabun akan diserap jonjot usus, dan akan terurai  menjadi asam lemak dan garam empedu. Asam lemak tersebut akan  bereaksi dengan gliserol membentuk lemak, kemudian diangkut  oleh pembuluh getah bening usus menuju pembuluh getah bening  dada kiri. Selanjutnya ke pembuluh balik bawah selangka kiri.  Lemak dikirim dari tempat penimbunannya ke hati dalam  bentuk lesitin untuk dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol.  Selanjutnya, gliserol akan diubah menjadi gula otot atau glikogen  dan asam lemak akan diubah menjadi asetil koenzim. Gangguan  metabolisme berupa tertimbunnya senyawa aseton dapat  menyebabkan gangguan pernapasan. Kesulitan bernapas terjadi  karena meningkatnya tingkat keasaman dan jumlah CO2 yang  tertimbun. Kelainan ini dinamakan asidosis.  Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 6.8 Kwashiorkor dan marasmus   Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 137  b. Kegiatan Pembelajaran No Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik tunjukkanlah  gambar penderita kwashiorkor dan marasmus. Kemudian tanyakan kepada  peserta didik pendapat mereka tentang gambar tersebut terkait dengan  konsep perombakan zat makanan. Inti Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan bermain “Pengamatan  Respirasi Serangga”. Diskusikan hasilnya (terus tekankan observasi – inferensi  – komunikasi). Doronglah peserta didik untuk tidak takut salah. Lanjutkan  dengan kegiatan diskusi eksplorasi berdasarkan lembar tugas sebagai wujud  penerapan konsep. Menjelaskan konsep pengolahan dan perubahan makanan  dan guru mendemonstrasikan uji bahan makanan yang mengandung lemak,  karbohidrat, amilum, dan protein. Penutup Lakukan refleksi serta penugasan mandiri.  5. Pertemuan V : Fotosintesis (3 JP) a. Materi untuk Guru Peristiwa fotosintesis juga mampu melakukan presentasi hasil  pengamatan yang telah dikerjakan. Hal yang harus diperhatikan oleh  guru untuk topik ini adalah fotosintesis berasal dari kata foto yang  berarti cahaya dan sintesis yang berarti penyusunan. Jadi, fotosintesis  adalah proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi  senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya. Fotosintesis  hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu  pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari  (Kimball, 2002).   138 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan,  alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai  (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. Hampir semua makhluk  hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis.  Akibatnya, fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di  bumi. Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen  yang terdapat di atmosfer bumi. Organisme yang menghasilkan energi  melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof.  Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena  dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi  gula sebagai molekul penyimpan energi. Cara lain yang ditempuh  organisme untuk mengasimilasi karbon melalui kemosintesis, yang  dilakukan oleh sejumlah bakteri belerang. Fotosintesis dikenal sebagai suatu proses sintesis makanan  yang dimiliki oleh tumbuhan hijau dan beberapa mikroorganisme  fotosintetik. Organisme yang mampu mensintesis makanannya  sendiri disebut organisme autrotof. Autotrof dalam rantai makanan  menduduki sebagai produsen. Pada prinsipnya komponen yang  dibutuhkan dalam reaksi fotosintesis adalah CO2 yang berasal dari  udara dan H2O yang diserap dari dalam tanah. Selain itu sesuai dengan  namanya, foto “cahaya” reaksi ini membutuhkan cahaya matahari  sebagai energi dalam pembuatan atau sintesis produk (senyawa gula  dan oksigen). Menurut Stone (2004), reaksi fotosintesis dapat diartikan bahwa  enam molekul karbondioksida dan enam molekul air bereaksi dengan  bantuan energi cahaya matahari untuk diubah menjadi satu molekul  glukosa dan enam molekul oksigen. Glukosa adalah molekul yang  dibentuk sebagai hasil dari proses fotosintesis yang di dalamnya  tersimpan hasil konversi energi cahaya matahari dalam bentuk ikatan- ikatan kimia penyusun molekul tersebut. Glukosa merupakan senyawa  karbon yang nantinya digunakan bersama elemen-elemen lain di  dalam sel untuk membentuk senyawa kimia lain yang sangat penting    Buku Guru Kelas VII SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam 139  bagi organisme tersebut, seperti DNA, protein, gula, dan lemak. Selain  itu, organisme dapat memanfaatkan energi kimia yang tersimpan  dalam ikatan kimia di antara atom-atom penyusun glukosa sebagai  sumber energi dalam proses-proses di dalam tubuh. Seperti organisme lainnya, tanaman tersusun atas sel-sel sebagai  unit dasar penyusun kehidupan tanaman. Sel-sel tanaman mengandung  struktur yang disebut kloroplas (Chloroplast) yang merupakan tempat  terjadinya fotosintesis. Kloroplas adalah organel khusus yang dimiliki  oleh tanaman, berbentuk oval dan mengandung klorofil (chlorophyll)  yang dikenal dengan zat hijau daun. Seluruh bagian tumbuhan yang  merupakan struktur berwarna hijau, termasuk batang dan buah  memiliki kloroplas dalam setiap sel penyusunnya. Namun, secara  umum aktivitas fotosintesis terjadi di dalam daun. Fotosintesis memiliki dua macam reaksi, yaitu reaksi terang dan  reaksi gelap. Selama reaksi terang, klorofil bersama pigmen-pigmen  lain di dalam kloroplas menyerap energi cahaya matahari dan  mengonversinya menjadi energi kimia yang disimpan dalam ikatan  kimia penyusun glukosa. Energi yang diserap merupakan energi kaya  elektron yang nantinya akan terlibat dalam serangkaian rantai reaksi  yang disebut transpor elektron. Menurut Stone (2004), air melalui  reaksi terang akan dipecah (fotolisis) menjadi proton, elektron, dan  O2. Proton dan elektron yang dihasilkan dari pemecahan ini bergabung  dengan senyawa aseptor elektron NADP+ (nikotinamide adenosine  dinucleotide phosphate) membentuk NADPH. Beberapa proton  bergerak melalui membran kloroplas dan energi yang dibentuk berupa  ATP (Adenosine triphospat). NADPH dan ATP adalah komponen yang  masuk ke dalam reaksi gelap (siklus Calvin), yang mengubah molekul  CO2 menjadi molekul gula berantai karbon tiga. Energi kimia hasil  konversi dari energi cahaya matahari tersimpan dalam senyawa karbon  tersebut. Karbohidrat merupakan senyawa karbon yang terdapat di  alam sebagai molekul yang kompleks dan besar. Karbohidrat sangat    140 Buku Guru Kelas VII SMP/MTs   beraneka ragam contohnya seperti sukrosa, monosakarida, dan  polisakarida. Monosakarida adalah karbohidrat yang paling sederhana.  Monosakarida dapat diikat secara bersama-sama untuk membentuk  dimer, trimer, dan lain-lain. Dimer merupakan gabungan antara dua  monosakarida dan trimer terdiri atas tiga monosakarida (Kimball,  2002).  

Sumber: buku ipa kelas 7

You May Also Like