1. Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru?

✅✔️Hallo temen temen pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel yang membahas mengenai kunci jawaban IPA kelas 11, yang mana pembahasan ini kami ambil karena kami melihat banyak sekali temen yang sedang mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru temen temen.

Untuk itulah kami hadir untuk membantu adik adik dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru dengan kami membuat sebuah pembahasan mengenai kunci jawaban dari tugas yang sedang adik adik kerjakan

  1. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 14 15 evaluasi bab 1 pilihan ganda dan esai
  2. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 30 31 evaluasi bab 2 pilihan ganda dan esai
  3. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 48 49 50 evaluasi bab 3 pilihan ganda dan esai
  4. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 64 65 evaluasi bab 4 pilihan ganda dan esai
  5. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 79 80 evaluasi bab 5 pilihan ganda dan esai
  6. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 103 104 105 evaluasi bab 6 pilihan ganda dan esai
  7. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 120 121 evaluasi bab 7 pilihan ganda dan esai
  8. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 137 138 evaluasi bab 8 pilihan ganda dan esai
  9. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 160 161 evaluasi bab 9 pilihan ganda dan esai
  10. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 180 181 evaluasi bab 10 pilihan ganda dan esai
  11. KUNCI JAWABAN pai kelas 11 halaman 197 198 evaluasi bab 11 pilihan ganda dan esai

Kami yakin dengan pembahasan yang kami buat ini akan dapat membaut adik adik memperoleh nilai yang memuaskan hal ini di karenakan kami dalam membuat artikel ini kami bersungguh kami terlebih dahulu membaca dan memahami apa yang di ingginkan oleh soal.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 11
  2. Kunci jawaban Bahasa inggris kelas 11
  3. Kunci jawaban MTK kelas 11
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 11
  5. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11
  6. Kunci jawaban PKN kelas 11
  7. Kunci jawaban Prakarya kelas 11
  8. Kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11
  9. Kunci jawaban Senibudaya kelas 11

Tak jarang juga kami berusaha untuk mecari pembahasan dari sumber lain hal ini kami lakukan supaya kami dapat membandingkan jawaban yang kami buat dengan jawaban orang lain, agar kami dapat menyimpulkan mana jawaban yang paling tepat dan benar

Kunci Jawaban PAI Halaman  138 Kelas 11 Bab 8 Essay

1. Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru?

Kunci Jawaban: 

Karena mereka adalah orang yang selalu mengajarkan dan membimbing kita hingga kita bias dan kebaikan yang mereka berikan tak terhingga, serta rida orangtua adalah rida Allah. 

2. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang bapak/ayah! Berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa!

Kunci Jawaban: 

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548) 

3. Jelaskan pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak!

Kunci Jawaban: 

Masa depan hancur 
Shalatnya tidak diterima 
Masuk neraka 

4. Jelaskan kedudukan profesi guru dalam Islam!

Kunci Jawaban: 

Guru adalah pewaris para nabi, karena guru wahyu atau ilmu para nabi diteruskan kepada umat manusia. Imam Al Ghazali mengkhususkan guru dengan sifat- sifat kesucian, kehormatan dan penempatan guru langsung sesudah kedudukan para nabi.

5. Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru? Jelaskan!

Kunci Jawaban: 

Cara menghormati Orang tua: Berbakti dengan melaksanakan nasihat dan perintah yang baik dari keduany, Merawat dengan penuh keikhlasan dan kesabaran apalagi jika keduanya sudah tua dan pikun, Merendahkan diri, kasih sayang, berkata halus dan sopan, serta mendoakan keduanya, Rela berkorban untuk orang tuanya.

Cara menghormati Guru: Menghormati dan memuliakannya, mengikuti nasihatnya, Mengamalkan ilmunya dan membaginya kepada orang lain, Tidak melawan, menipu, dan membuka rahasia guru, Memuliakan keluarga dan sahabat karib guru.

Rangkuman Materi

 orang.  Untuk hari-hari selanjutnya, biarlah hamba yang fakir ini tidak diketahui orang lagi.” Beberapa tahun kemudian, Uwais Al-Qarni meninggal. Anehnya, pada saat akan  dimandikan, tiba-tiba sudah banyak orang yang berebut untuk memandikan. Saat mau  dikafani, di sana pun sudah ada orang-orang yang menunggu untuk mengafaninya. Saat  mau dikubur, sudah banyak orang yang siap menggali kuburannya. Ketika usungan  dibawa menuju ke pekuburan, luar biasa banyaknya orang yang berebutan untuk  mengusungnya. Penduduk Kota Yaman tercengang. Mereka saling bertanya-tanya, “Siapakah  sebenarnya engkau, wahai Uwais Al-Qarni? Bukankah Uwais yang kita kenal hanyalah  seorang fakir, yang tak memiliki apa-apa, yang kerjanya sehari-hari hanyalah sebagai    130     Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK  

Menghormati orang tua sangat ditekankan dalam Islam. Banyak ayat di  dalam al-Qur’ān yang menyatakan bahwa segenap mukmin harus berbuat baik  dan menghormati orang tua. Selain menyeru untuk beribadah kepada Allah Swt.  semata dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, al-Qur’ān juga menegaskan  kepada umat Islam untuk menghormati kedua orang tuanya. Sebagai muslim yang baik, tentunya kita memiliki kewajiban untuk berbakti  kepada orang tua kita baik ibu maupun ayah. Agama Islam mengajarkan dan  mewajibkan kita sebagai anak untuk berbakti dan taat kepada ibu-bapak. Taat dan  berbakti kepada kedua orang tua adalah sikap dan perbuatan yang terpuji. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Allah Swt. memerintahkan kepada umat  manusia untuk menghormati orang tua. 

Dalil-dalil tentang perintah Allah Swt.  tersebut antara lain:  Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah  selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah  seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut  dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan  kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak  keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan   penggembala domba dan unta? Tapi, ketika hari wafatmu, engkau menggemparkan  penduduk Yaman dengan hadirnya manusia-manusia asing yang tidak pernah kami  kenal. Mereka datang dalam jumlah sedemikian banyaknya. Agaknya mereka  adalah para malaikat yang diturunkan ke bumi, hanya untuk mengurus jenazah dan  pemakamanmu.” Berita meninggalnya

 Uwais Al-Qarni dan keanehan-keanehan yang terjadi  ketika wafatnya telah tersebar ke mana-mana. Baru saat itulah penduduk Yaman  mengetahuinya, siapa sebenarnya Uwais Al-Qarni. Selama ini tidak ada orang yang  mengetahui siapa sebenarnya Uwais Al-Qarni disebabkan permintaan Uwais Al-Qarni  sendiri kepada Khalifah Umar ra. dan Ali ra. agar merahasiakan tentang dia. Barulah di  hari wafatnya mereka mendengar sebagaimana yang telah disabdakan oleh Nabi saw.,  bahwa Uwais Al-Qarni adalah penghuni langit.  (HR. Muslim dari Ishak bin Ibrahim, dari Muaz bin Hisyam, dari ayahnya, dari qatadah, dari zurarah,  dari Usair bin Jabir)    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 131   rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang  dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana  mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (Q.S. al-Isrā’/17:  23-24) 

 Pentingnya seorang anak untuk meminta doa restu dari kedua orang tuanya  pada setiap keinginan dan kegiatannya karena restu Allah Swt. disebabkan restu  orang tua. Orang yang berbakti kepada orang tua doanya akan lebih mudah  dikabulkan oleh Allah Swt.  Apalagi seorang anak mau melakukan atau menginginkan sesuatu. Seperti,  mencari ilmu, mendapatkan pekerjaan, dan lain sebagainya, yang paling penting  adalah meminta restu kedua orang tuanya. Dalam sebuah hadis disebutkan:   Artinya: “Riḍa Allah terletak pada riḍa orang tua, dan murka Allah terletak pada  kemurkaan orang tua.” (HR. Baihaqi)   Artinya: “Aku bertanya kepada Nabi saw., “Amalan apakah yang paling dicintai  oleh Allah Swt.?” 

Beliau menjawab, “Ṡalat pada waktunya.” Aku  berkata, “Kemudian apa?” Beliau  menjawab, “Berbakti kepada orang  tua.” Aku berkata, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Kemudian  jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari)  Aktivitas Siswa: 1. Jelaskan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. al-Isrā’/17: 23-24 di atas! 2. Jelaskan hubungan antara pesan ayat tersebut dan kondisi objektif di keluarga kita!   132     Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK  Perlu ditegaskan kembali, bahwa birrul wālidain (berbakti kepada kedua orang  tua), tidak hanya sekadar berbuat ihsan (baik) saja. Akan tetapi, birrul wālidain  memiliki ‘bakti’. Bakti itu pun bukanlah balasan yang setara jika dibandingkan  dengan kebaikan yang telah diberikan orang tua. Namun setidaknya, berbakti  sudah dapat menggolongkan pelakunya sebagai orang yang bersyukur.  Imam Adz-Dzahabi menjelaskan, bahwa birrul wālidain atau bakti kepada  orang tua, hanya dapat direalisasikan dengan memenuhi tiga bentuk kewajiban:

 Pertama : Menaati segala perintah orang tua, kecuali dalam maksiat. Kedua : Menjaga amanah harta yang dititipkan orang tua, atau diberikan   oleh orang tua. Ketiga : Membantu atau menolong orang tua bila mereka membutuhkan. Tentu saja, kewajiban kita untuk berbakti kepada kedua orang tua dan guru  bukan tanpa alasan. Penjelasan di atas merupakan alasan betapa pentingnya kita  berbakti kepada kedua orang tua dan guru.  Adapun hikmah yang bisa diambil dari berbakti kepada kedua orang tua dan  guru, antara lain seperti berikut.

 1. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan amal yang paling utama. 2. Apabila orang tua kita riḍa atas apa yang kita perbuat, Allah Swt. pun riḍa. 3. Berbakti kepada kedua orang tua dapat menghilangkan kesulitan yang  sedang dialami, yaitu dengan cara bertawasul dengan amal saleh tersebut. 4. Berbakti kepada kedua orang tua akan diluaskan rezeki dan dipanjangkan  umur. 

5. Berbakti kepada kedua orang tua dapat menjadikan kita dimasukkan ke  jannah (surga) oleh Allah Swt.        Imam An-Nawaawi menjelaskan, “Arti birrul wālidain, yaitu berbuat baik  terhadap kedua orang tua, bersikap baik kepada keduanya, melakukan  berbagai hal yang dapat membuat mereka bergembira, serta berbuat baik  kepada teman-teman mereka.”  Dikisahkan, ada seorang laki-laki yang menghadap Nabi Muhammad saw.

  dan berkeinginan untuk berbai’at kepada Nabi serta ikut berjihad dengan  tujuan mencari pahala dari Allah Swt. Kedua orang tua laki-laki tersebut  masih hidup. Kemudian, Nabi menyuruh laki-laki tersebut untuk kembali  kepada kedua orang tuanya dan menyuruh berbuat baik, menemani dan  mengurus orang tuanya.” (Muttafaq ‘alaih)    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 133   B.  Hormat dan Patuh kepada Guru Guru adalah orang yang mengajarkan kita dengan berbagai ilmu pengetahuan  dan  mendidik kita sehingga menjadi orang yang mengerti dan dewasa. Walau  bagaimana tingginya pangkat atau kedudukan seseorang, dia adalah bekas seorang  pelajar yang tetap berhutang budi kepada gurunya yang pernah mendidik pada  masa dahulu. Guru adalah orang yang 

mengetahui ilmu (‘ālim/ulamā), dialah orang yang  takut kepada Allah Swt.   Artinya: “Dan demikian (pula) di antara manusia, makhluk bergerak yang  bernyawa dan hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam  warnanya (dan jenisnya). Di antara hamba-hamba Allah yang takut  kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Mahaperkasa,  Maha Pengampun.” (Q.S. Fāṭir/35: 28) Guru adalah pewaris para nabi. Karena melalui guru, wahyu atau ilmu para  nabi diteruskan kepada umat

 manusia. Imam Al-Gazali mengkhususkan guru  dengan sifat-sifat kesucian, kehormatan, dan penempatan guru langsung sesudah  kedudukan para nabi. Beliau juga menegaskan bahwa: “Seorang yang berilmu  dan kemudian bekerja dengan ilmunya itu, maka dialah yang dinamakan besar  di bawah kolong langit ini, ia adalah ibarat matahari yang menyinari orang lain  dan mencahayai dirinya sendiri, ibarat minyak kesturi yang baunya dinikmati  orang lain dan ia sendiri pun harum. Siapa yang berkerja di bidang pendidikan,  maka sesungguhnya ia telah memilih pekerjaan yang terhormat dan yang sangat  penting, maka hendaknya ia memelihara adab dan sopan satun dalam tugasnya  ini.”  Penyair Syauki telah mengakui pula nilainya seorang guru dengan kata-kata  sebagai berikut: “Berdiri dan hormatilah guru dan berilah penghargaan, seorang  guru itu hampir saja merupakan seorang rasul.” Guru adalah bapak rohani bagi seorang murid, ialah yang 

Rangkuman

1. Orang yang harus didahulukan untuk dihormati atau berbakti adalah ibumu, baru kemudian bapamu sesuai anjuran Rasulullah saw.

2. Cara untuk berbakti kepada orang tua, antara lain melaksanakan nasihatnya, memelihara dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, kasih sayang, berkata halus dan sopan, serta mendoakan keduanya, rela berkorban untuk orang tuanya, dan meminta kerelaannya.

3. Cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah merawat jenazah, melaksanakan wasiat dan menyelesaikan hak Adam yang ditinggalkannya, menyambung silaturahmi kepada kerabat dan teman-teman dekatnya, melanjutkan cita-cita luhur yang dirintisnya atau menepati

You May Also Like

x