1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt.

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt.

jika terdapat kesalahan dalam menjawab kunci jawaban soal yang ke kabupaten enggak mohon maaf sebesar-besarnya, dan jika  siswa-siswi sekalian mempunyai soal dan buku-buku yang ingin kakak jawab silahkan tulis di kol kolom komentar nantinya kakak akan berusaha semaksimal yang kakak bisa dalam menjawab soal tersebut.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8
Berikut ini merupakan daftar isi yang kakak buat agar adik adik dapat langsung ke pembahasan mengenai kunci jawaban

Tak lama lagi akan diadakerikut ini merupakan daftar isi yang kakak buat agar adik adik dapat langsung ke pembahasan mengenai kunci jawaban

an ujian akhir semester gimana ini sangat menentu bagi kenaikan kelas peserta didik sekalian dikarenakan pada ulangan hal ini akan memberikan bobot yang sangat besar bagi nilai rapot.

Kunci jawaban PAI kelas 8 bab 1 halaman 21 essay

hal ini dikarenakan ujian kali ini merupakan ujian akhir dari pembelajaran pada semester ini dimana ujian tersebut mengukur kemampuan siswa secara seluruh dimana mengukur kemampuan dalam mengetahui bahwasanya apakah saya apakah sih telah memahami materi yang disampaikan guru atau belum.

Kunci jawaban pai kelas 8

Hallo temen temen pada kali ini kami akan memberikan sebauh pembahasan mengenai kunci jawaban dari pelajaran pendidikan agama islam , yang mana pembahasan ini kami buat agar temen temen dapat menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru dengan tepat waktu dan kami harap dengan adanya pembahasan yang kami buat ini temen temen dapat memperoleh nilai yang memuaskan

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

Kami yakin jika temen temen menggunakan pembahasana yang kami buat ini kami yakin temen temen akan dapat memperoleh nilai yang besar hal ini dikarenakan kami dalam membuat pembahasan ini, kami sebelumnya telah membaca dan memahami apa yang di ingikan soal sehingga kami berusa menjawab semaksimal yang kami bisa

untuk itu kagak mengajak peserta didik sekalian dan siswa siswi sekar yang tercinta yang kakak banggakan untuk selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian yang akan datang hal dampak dilakukan peserta dinding dan siswa siswi sekalian adalah mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tersebut hal yang dapat dilakukan adalah satu caranya adalah membaca dan memahami materi yang kakak buat ini menjadi salah satu bagian dari mempersiapkan diri hantu menghadapi ujian yang akan datang.

Kunci jawaban pai kelas 8 bab 1 essay

1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt.
Kunci jawaban
Iman kepada kitab Allah Swt. berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Kitab-kitab itu merupakan pedoman hidup bagi manusia agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

2. Mengapa manusia memerlukan kitab Allah Swt.
Kunci jawaban
Karena Kitab suci Allah sebagai pedoman hidup manusia, yang di mana di kitab suci tersebut berisikan aturan aturan yang dapat memberikan pentujuk kepada manusia bagai mana mestinya yang harus di lakukan

 3. Sebutkan  kitab yang diturunkan Allah Swt.
Kunci jawaban
Zabur, Taurat, Injil, al-Qurān

 4. Bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum al-Qur’ān?
Kunci jawaban
Orang yang beriman kepada kitab Allah Swt. akan senantiasa meyakini bahwa ajaran Allah itu adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.

 5. Sebutkan dua contoh perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah Swt.
Kunci jawaban
Menumbuhkan sikap optimis dalam menjani kehidupan sehari-hari, sabar dalam menghadapi cobaan serta selaku bersyukur kepada Allah 

Ranguman pai kelas 8 bab 1

hanya mengfokuskan  hidup pada ibadah semata. Kelompok ketiga ialah kelompok yang kebingungan. Mereka  memperhatikan kelompok pertama, tetapi juga mencermati kelompok kedua. Akhirnya  mereka mengikuti kelompok yang menjanjikan harta dan kekayaan dunia pada mereka. Tindakan Bani Israil ini membuat Allah Swt murka. Allah Swt kemudian memerintahkan  Nabi Daud a.s untuk melarang orang-orang melaut pada hari Sabtu.  

1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt.

Hari-hari berlalu, dikisahkan Amdan merupakan pemuda yang malas beribadah.  Amdan sangat gemas melihat ikan-ikan malah bergerombol di tepi pantai pada hari sabtu,  hari di mana mereka tidak diperbolehkan menangkap ikan. Amdan kemudian berpikir  keras hingga terbesit ide licik di kepalanya. Ia membuat jaring yang amat besar yang dapat menutupi hampir seluruh  bibir pantai.  Karena ia dilarang melaut pada hari Sabtu, ia memasang jaring itu pada malam Sabtu lalu  mengambil jaring pada hari Ahad pagi. Pada pagi ahad yang telah ia nanti, Amdan memanggil semua nelayan agar ikut  bersamanya ke laut. Luar biasa͊ Mereka mendapatkan hasil yang amat melimpah. Eelayan  yang lain sampai terheran-heran dengan hasil tangkapan yang didapatkan. Nelayan lain  akhirnya mengikuti apa yang telah dilakukan Amdan. 

Eamun, wilayah pemasangan jaring  di tepi pantai sebagian besar sudah dikuasai oleh Amdan. Mereka sadar bahwa Amdan  telah berlaku curang dengan memonopoli wilayah penangkapan ikan. Nelayan-nelayan  itu marah dan emosional. Kekacauan dan pertengkaran terjadi di mana-mana. Mereka  mengikuti hawa nafsunya untuk berebut harta benda.  Hingga pada suatu malam yang sangat mencekam, langit nampak begitu menakutkan  dan laut seakan mengamuk. Tidak ada seorang pun yang berani keluar rumah. Setelah  pagi menjelang, angin bertiup lembut dan laut tampak tenang. 

Orang-orang keluar untuk  mencari naŅah, tetapi ada yang aneh di perkampungan orang-orang yang ingkar itu jalan- jalan tampak sepi dan semua rumah tertutup rapat. Mereka yang ingkar itu berubah  wujud menjadi kera yang hina. Penderitaan ini mereka alami selama tiga hari, tanpa  makan dan tanpa minum. Inilah balasan bagi mereka yang durhaka dan sombong. Sumber: www.islamnyamuslim.com   10 Kelas VIII SMP/MTs  c. Kitab Injil ;diturunkan pada abad ke-1 MͿ Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s pada permulaan abad 1 M.  Kitab Injil diwahyukan di daerah zerusalem. Kitab ini ditulis pada awalnya  dengan menggunakan bahasa Suryani. Kitab ini menjadi pedoman bagi  kaum Nabi Isa a.s., yakni kaum Nasrani.  Firman Allah Swt.͗  Artinya : Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah. Dia  memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (Q.S.  Maryam/19 : 30) 

Kitab Injil berisi ajaran pokok yang sama dengan kitab-kitab  sebelumnya. Eamun, ada yang menghapus sebagian ajaran Kitab Taurat  yang sudah tidak sesuai dengan  zaman itu. Secara umum Kitab Injil  berisi tentang : 1. Perintah untuk kembali mengesakan  Allah Swt.  2. Membenarkan keberadaan Kitab  Taurat. 3. Menghapus beberapa hukum dalam  Kitab Taurat yang tidak lagi sesuai  dengan perkembangan zaman. 4. Menjelaskan bahwa kelak akan  datang kembali rasul setelah Nabi Isa  a.s., yaitu Eabi Muhammad saw. ;di  samping ada di Kitab Injil, penjelasan  ini juga terdapat dalam Kitab TauratͿ Kitab Injil menjadi pedoman bagi  para pengikut agama Easrani agar melaksanakan hukum-hukum Allah Swt.  yang dibawa oleh Nabi Isa a.s. Nabi Isa a.s mengajarkan agar kaumnya taat  kepada hukum-hukum Allah dan tidak terlena dengan gemerlap harta dan  dunia.

 Perhatikan kisah yang menarik berikut ini͗  Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.7 : Berdoa   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 11  <iƐah Eabi /Ɛa a͘Ɛ denŐan demannLJa LJanŐ SeraŬah Dikisahkan pada suatu hari Nabi Isa a.s berjalan dengan seorang sahabatnya yang baru ia  kenal. Keduanya menelusuri tepi sungai dan membawa tiga potong roti. Roti itu dibagi untuk  Eabi Isa sepotong, untuk sahabat barunya sepotong, sehingga masih tersisa satu potong roti.  Setelah makan roti itu Eabi Isa pergi ke sungai untuk minum. Sekembalinya dari sungai,  Eabi Isa a.s mendapati sepotong roti tadi tidak ada. Ketika beliau bertanya kepada sahabatnya,  sang sahabat mengaku tidak tahu. Keduanya pun kembali melanjutkan perjalanan.  Sesampai di sebuah hutan, keduanya duduk untuk beristirahat

. Eabi Isa a.s mengambil  tanah dan kerikil, kemudian beliau berkata, ͞:adilah emas dengan izin Allah Swt.͟ Tiba-tiba  kerikil itu pun berubah menjadi emas. Kemudian Eabi Isa membagi emas tersebut menjadi  tiga bagian. ͞hntukku sepertiga, dan kamu sepertiga, sedang sepertiga ini akan kuberikan  untuk orang yang mengambil roti tadi.͟   Spontan sahabat itu menjawab, ͞Akulah yang mengambil roti itu.͟ Eabi Isa a.s kemudian  berkata, “O ya, kalau begitu ambillah dua bagian ini untukmu.” Setelah itu keduanya pun  berpisah.  Sahabat itu merasa sangat gembira.

 Namun dalam perjalanan, dia dihadang oleh dua  orang perampok yang ingin membunuhnya. Sahabat Nabi Isa menawarkan, untuk membagi  emas yang dibawanya menjadi tiga asalkan ia tidak dibunuh. Kedua orang perampok itupun  setuju.  Lalu salah seorang perampok menyuruh rekannya pergi ke pasar untuk berbelanja  makanan. Ketika sampai di pasar, orang yang berbelanja itu berĮkir untuk apa membagi  emas itu menjadi tiga. Ia pun menaburkan racun ke dalam makanan agar temannya dan  sahabat Eabi Isa a.s mati dan ia pun dapat memiliki seluruh emas tersebut.  Tinggallah sahabat Nabi Isa a.s bersama seorang perampok di hutan itu. Namun perampok  yang tinggal itu ternyata berpikiran sama seperti yang sedang pergi ke pasar. 

Ia bersekongkol  dengan sahabat Nabi Isa a.s tadi untuk membagi emas itu berdua saja dan membunuh  rekannya yang berbelanja makanan jika ia datang.  Ketika orang yang berbelanja itu datang, ia pun langsung dibunuh, hartanya akan dibagi  dua. Karena merasa lapar keduanya pun menyantap makanan yang telah diberi racun itu  hingga mereka berdua mati. Ketika Eabi Isa a.s berjalan melewati hutan tersebut, beliau menemukan emas di samping  tiga mayat yang terbujur kaku. Beliau kemudian berkata ͞Inilah contoh orang yang rakus  terhadap harta dan dunia, maka berhati-hatilah kamu kepadanya.͟  Sumber: www.republika.co.id d. Kitab al-Qur’ān ;diturunkan pada Abad ke-ρ M, kurun waktu tahun       611-632 M) Kitab al-Qur’ān merupakan kitab yang diturunkan Allah Swt kepada  Eabi dan Rasul yang terakhir, yaitu Eabi Muhammad saw. Kitab Suci al- Qur’ān diturunkan Allah Swt sebagai penyempurna dan membenarkan  kitab-kitab sebelumnya.   12 Kelas VIII SMP/MTs  Firman Allah Swt. ͗

  Artinya: “Dia menurunkan Kitab (al-Qur’ān) kepadamu (Muhammad)  yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya,  dan menurunkan Taurat dan Injil.” (Q.S. Ăli ‘Imrān/3 : 3) Perhatikan kisah Eabi Muhammad saw. Saat

Sumber: buku pai kelas 8

You May Also Like