1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.

✅Hallo temen temen pada  hari ini kami akan memberikan sebuah pembahasan mengenai artikel tentang dunia pendidikan yang nama artikel ini berhubungan dengan tugas yang di berikan oleh guru adik adik. 

Kunci jawaban sangatlah penting di bahas hal ini dikarenakan dengan adanya pemabahasan mengenai kunci jawaban ini dapat membatu adik adik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.

Kami harap dengan adanya pembahasan yang kami buat ini dapat membantu adik adik dalam penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru, fan kami harap dengan adnya pempabahsan kami ini dapat memberikan nilai yang memuaskan kepada adik adik.

  1. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 1 semester 2
  2. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 2 semester 2
  3. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 3 semester 2
  4. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 4 semester 2
  5. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 5 semester 2
  6. Kunci jawaban ipa kelas 7 bab 6 semester 2
Kami memberikan bimbingan kepada adik adik untuk selau semangat bealajar dan selalu menunutk ilmu dengan sunguh sunguh, dan jangan lupa untuk selalu bersukur atas apa yang dimilki saat ini,
  1. Kunci jawaban IPA kelas 7
  2. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 7
  3. Kunci jawaban IPA kelas 7
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 7
  5. Kunci jawaban PKN kelas 7
  6. Kunci jawaban Prakarya kelas 7
  7. Kunci jawaban MTK kelas 7
  8. Kunci jawaban Seni budaya kelas 7

Sikap tersebut merupakan sikap dasar yang sangat bermanfaat bagi temen temen  untuk menghadapi masa depan, yang mana sikap tersebut akan mebimbing temen temen untuk selalu berusha dan tanpa mengenai ostilah menyerah.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 81, 82 Uji Kompetensi 4

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.

Kunci jawaban

Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas.

2. Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global.

Kunci jawaban

– Gas Emisi CO₂
– Emisi Metana
– Deforestation dan pembakaran lahan hutan
– Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs)
– Penggunaan pupuk kimia dalam pertanian

3. Perhatikan pernyataan berikut.
a. Penggundulan hutan.
b. Penghematan listrik.
c. Peternakan.
d. Pembakaran hutan.
e. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut, klasifikasikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.

Kunci jawaban

Yang termasuk kedalam penyebab pemanasan global adalah a. Penggundulan hutan, dan d. Pembakaran hutan.

4. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Kunci jawaban

AC dan Lemari es merupakan perangkat elektronik yang penggunaannya menggunakan gas CFC untuk menghasilkan dingin. Gas CFC ini berbahaya karena dapat merusak lapisan ozon di Bumi dan menimbulkan pemanasan global.

5. Jelaskan sistem kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi.

Kunci jawaban

Sebagian energi matahari yang dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah tertahan oleh gas rumah kaca sehingga panas matahari kembali ke permukaan bumi. Hal ini berdampak pada suhu di bumi yang tetap stabil dan hangat, akan tetapi apabila gas rumah kaca terlalu banyak akan berdampak buruk dan menyebabkan bumi semakin panas.

6. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer Bumi.

Kunci jawaban

Dampak yang terjadi adalah bumi akan menjadi sangat dingin dan tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup, hal ini disebabkan energi matahari yang diterima oleh bumi langsung keluar begitu saja, sehingga tidak ada panas yang terperangkap di bumi atmosfer bumi.

7. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer Bumi semakin meningkat.

Kunci jawaban

– Es dikutub mencari dan menyebabkan ketinggian air laut meningkat
– Pemanasan global
– Kekeringan yang berkepanjangan

8. Atmosfer Bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. 

Kunci jawaban

Sistem Atmosfer Bumi berfungsi untuk melindungi bumi dengan cara memantulkan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Sedangkan rumah kaca adalah kejadian dimana energi panas matahari yang akan dipantulkan keluar Bumi dipantulkan kembali ke Bumi menyebabkan suhu di Bumi meningkat.

9. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan.

Kunci jawaban

Meningkatnya suhu bumi akan banyak menyebabkan banyak bencana alam yang akan merusak habitat hewan hal ini tentu saja akan berdampak pada kepunahan beberapa jenis spesies hewan. Selain itu kepunahan juga terjadi akibat telur-telur gagal menetas karena suhu yang terlalu hangat.

10. Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global? Jelaskan.

Kunci jawaban

Didalam pupuk kimia mengandung senyawa Nitrogen Oksida (NO), yang merupakan salah satu gas rumah kaca. Penggunaan pupuk kimia secara terus – menerus akan meningkatkan produksi gas rumah kaca yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global.

Rangkuman materi

Global  Bab 4  Istilah-istilah Penting Efek Rumah Kaca, Perubahan Iklim,  Pemanasan Global, Atmosfer  Sumber:   Ilmu Pengetahuan Alam 69  P  ernahkah kamu mengamati perubahan musim yang terjadi akhir-akhir ini?  Dalam pelajaran IPS, kamu ketahui bahwa bulan Mei hingga September  di Indonesia berlangsung musim kemarau dan bulan Oktober hingga  April berlangsung musim penghujan. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir ini,  perubahan musim di negara kita tidak dapat diprediksi lagi, terkadang bulan  Mei di Indonesia masih turun hujan dan di bulan November di Indonesia masih  berlangsung musim kemarau. Adapun yang lebih menakjubkan lagi peristiwa  tersebut tidak dapat diprediksikannya musim ini tidak hanya terjadi di Indonesia  saja, akan tetapi terjadi juga di negara-negara lain di dunia

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.

. Pernahkah kalian  mendengar berita turunnya salju di Arab? Berita munculnya Matahari, ketika  musim salju di Tiongkok? Mengapa hal ini dapat terjadi? Apakah yang akan terjadi  pada Bumi kita? Ternyata, peristiwa tersebut berkaitan erat dengan perubahan iklim di  dunia. Perubahan iklim tersebut terjadi karena adanya perubahan lingkungan.  Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perubahan lingkungan terjadi sebagai akibat  dari aktivitas manusia. Maha Besar Tuhan yang telah menciptakan alam dengan  keseimbangannya. 

Oleh karena itu, marilah belajar dengan sungguh-sungguh  serta berusaha untuk melestarikan alam sebagai wujud ketakwaan kepada Tuhan  Yang Maha Esa agar kelak menjadi manusia yang cerdas dan peduli terhadap  semua ciptaan Tuhan.  Mengamati Perhatikan Gambar 4.1 yang terdapat di halaman 70. Menanya  Adakah perbedaan suhu dari kedua Gambar 4.1 pada halaman 70 tersebut? Menalar Apa yang dapat kamu simpulkan dari gambar tersebut? 

Untuk lebih jelas, mari lakukan kegiatan berikut. Untuk memahami hal tersebut di atas, buatlah pemodelan tentang efek  rumah kaca.  Ayo Amati   70 Kelas VII SMP/MTs Semester 2  Pemodelan Efek Rumah Kaca 1. Buatlah kelompok kerja bersama temanmu sebanyak 4 orang siswa. 2. Siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut. Alat dan Bahan Jumlah Stoples kaca 2 buah Termometer 2 buah Handuk yang direndam dengan air hangat selama 3 menit 2 buah Stopwatch 1 buah Plastik secukupnya Karet gelang secukupnya  Peringatan Hati-hati ketika memegang termometer.  Apabila termometer patah atau pecah, jangan menyentuhnya.  Mintalah gurumu untuk menanganinya.  3. Lakukan langkah-langkah berikut.  

a. Siapkan alat dan bahan  yang diperlukan. b. Berikan label pada ma- sing-masing stoples, ya- itu A dan B. c. Masukkan handuk yang  telah direndam dengan  air hangat selama 3  menit ke stoples A dan  stoples B. d. Masukkan termometer ke dalam kedua stoples tersebut. (Pastikan  temperatur awal pada termometer adalah sama). e. Tutuplah stoples A dengan plastik, kemudian ikat dengan karet  gelang hingga rapat. f. Letakkan stoples A dan stoples B di bawah sinar Matahari atau  lampu.  Sumber: Buku Mari Belajar IPA  Gambar 4.1. Pemodelan efek rumah kaca   Ilmu Pengetahuan Alam 71  g.

 Pastikan bahwa kedua stoples tersebut menerima energi panas  yang sama.  h. Catatlah suhu pada kedua stoples setiap 3 menit sekali, selama  15 menit.  i. Buatlah tabel seperti Tabel 4.1. Masukkan hasil pengamatanmu.  Kerjakan di buku tugasmu. j. Setelah 15 menit, jauhkan kedua stoples tersebut dari energi  panas dan amati apa yang terjadi. Tabel 4.1 Hasil pengamatan pemodelan efek rumah kaca  No. Waktu (menit)  Temperatur (oC) Stoples A Stoples B  1. 3 2. 6 3. 9 4. 12 5. 15  4. Dari data yang diperoleh buatlah grafik hubungan waktu dan suhu  pada stoples A dan stoples B. Suhu (oC)  Waktu (menit) 5. Gunakanlah pensil warna yang berbeda untuk menggambar diagram  garis pada kedua hasil pengamatan (stoples A dan stoples B).   72 Kelas VII SMP/MTs Semester 2  Diskusikan 

1. Termometer pada stoples manakah yang menunjukkan suhu lebih  tinggi selama percobaan berlangsung? Mengapa demikian? Jelaskan. 2. Apakah yang terjadi ketika kedua stoples tersebut dijauhkan dari  sumber energi panas? Jelaskan. 3. Coba kaitkan percobaan yang telah kalian lakukan dengan prinsip  kerja gas-gas rumah kaca. Simpulkan Kesimpulan apakah yang dapat dibuat apabila ruang di dalam stoples  tersebut dianalogikan sebagai Bumi?  A. Efek Rumah Kaca Hasil percobaan yang telah  kamu lakukan menunjukkan  adanya perbedaan suhu anta- ra stoples yang dibiarkan ter- buka dengan stoples yang  ditutup dengan plastik diikat  dengan karet gelang.

 Ruang  dalam stoples dianalogikan  sebagai Bumi dan tutup plastik  dianalogikan sebagai gas-gas  rumah kaca.  Di atmosfer Bumi terdapat  banyak gas-gas rumah kaca  alami. Siklus air, karbon diok- sida (CO2), dan metana adalah  beberapa bagian penting yang  ada di dalamnya. Tanpa adanya   Ayo Kita Pelajari • Efek rumah kaca • Pemanasan global • Penyebab pemanasan global • Usaha-usaha untuk menanggulangi  pemanasan global Mengapa Penting? • Untuk mengetahui pengertian efek  rumah kaca dan pemanasan global •

Untuk mengetahui dan menjelaskan  penyebab pemanasan global dan  usaha-usaha untuk menanggulangi  pemanasan global   Ilmu Pengetahuan Alam 73  gas-gas rumah kaca tersebut, kehidupan di Bumi tidak akan terjadi. Seperti halnya  planet Mars, Bumi juga akan menjadi sangat dingin apabila tidak terdapat gas- gas rumah kaca di atmosfernya. Sebaliknya, jika jumlah gas-gas rumah kaca terus  bertambah di atmosfer, maka suhu Bumi akan terus meningkat. Coba pikirkan,  manakah yang akan kamu pilih? Meskipun CO2, siklus air, dan gas-gas rumah kaca lainnya di atmosfer adalah  transparan untuk radiasi cahaya Matahari, namun gas-gas tersebut masih mampu  menangkap dan menyerap radiasi cahaya yang memancar ke Bumi dalam jumlah  banyak. 

Radiasi yang terserap sebagian juga akan direfleksikan kembali oleh  Bumi. Pada keadaan normal, jumlah radiasi panas yang diserap dengan yang  direfleksikan kembali sama.  Saat ini semakin tingginya polusi udara menyebabkan efek rumah kaca  berubah. Sering kita dengarkan istilah efek rumah kaca, sebenarnya apakah efek  rumah kaca tersebut? Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang  terjadi ketika gas-gas rumah kaca di atmosfer Bumi memerangkap radiasi panas  dari Bumi.  Prosesnya, yaitu ketika radiasi sinar Matahari  mengenai permukaan Bumi, maka akan me- nyebabkan Bumi menjadi panas. Radiasi panas  Bumi akan dipancarkan lagi ke atmosfer. 

Panas  yang kembali dipantulkan oleh Bumi terhalang  oleh polutan udara sehingga terperangkap dan  dipantulkan kembali ke Bumi. Proses ini akan  menahan beberapa panas yang terperangkap  kemudian menyebabkan suhu Bumi meningkat.  Akibatnya, Bumi tetap menjadi hangat dan  suhunya semakin meningkat. Gas rumah kaca tersebut membiarkan cahaya Matahari masuk ke dalam Bumi,  akan tetapi gas tersebut memantulkannya kembali ke permukaan Bumi. Dengan  demikian, kondisi di Bumi tetap hangat. Seperti halnya rumah yang dinding- dindingnya terbuat dari kaca. Sebagai gambarannya, lihatlah Gambar 4.2 berikut  ini.  Efek rumah kaca  adalah proses  pemanasan alami  yang terjadi ketika  gas-gas tertentu  di atmosfer Bumi  memerangkap  panas.   74 Kelas VII SMP/MTs Semester 2  Sumber: https://truthmove.org Gambar 4.2  The Greenhouse effect (Efek dari rumah kaca) 

 Radiasi Matahari  melewati atmosfer yang  jelas  Kebanyakan radiasi yang diserap  oleh permukaan Bumi dan  menghangatkan Radiasi inframerah  dipancarkan dari  permukaan Bumi  Beberapa radiasi inframerah melewati  atmosfer, dan beberapa diserap dan  dipancarkan kembali ke semua arah  oleh molekul gas rumah kaca. Efek  dari ini adalah untuk menghangatkan  permukaan Bumi dan atmosfer yang  lebih rendah.  Beberapa radiasi Matahari  tercermin dari Bumi dan atmosfer  Para ilmuwan telah mempelajari efek rumah kaca sejak tahun 1824. Joseph  Fourier menyatakan bahwa Bumi akan jauh lebih dingin jika tidak memiliki  atmosfer. Adanya gas-gas rumah kaca inilah yang membuat iklim Bumi layak huni.  

Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan Bumi akan berubah sekitar 60oF atau  15,6 0C lebih dingin.  B. Pengertian Pemanasan Global Aktivitas manusia selalu  menghasilkan berbagai zat  sisa buangan yang salah  satunya berupa gas. Sebagian  besar orang berpikir bahwa  atmosfer dapat menyerap  gas-gas buangan tersebut  secara tidak terbatas dan   Pemanasan global adalah istilah yang  digunakan untuk menggambarkan  peningkatan suhu rata-rata atmosfer  Bumi dan lautan secara bertahap, serta  sebuah perubahan yang diyakini secara  permanen mengubah iklim Bumi   Ilmu Pengetahuan Alam 75  tidak menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan.

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 81, 82 Bab 4 Pemanasan Global Uji Kompetensi 4 Hal 81, 82 Nomor 1 – 10 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 2 halaman 81, 82. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 4 ipa kelas 7, adik-adik kelas 7 dapat menyelesaikan tugas Pemanasan Global kelas 7 Halaman 81, 82 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 2.

 Akan tetapi, saat ini diketahui  bahwa banyaknya gas-gas buangan tersebut dapat menyebabkan perubahan  mendasar di atmosfer dan juga kondisi kehidupan di Bumi. Berbagai aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil, penebang- an dan pembakaran hutan untuk pengalihfungsian menjadi lahan pertanian,  pemukiman dan industri akan menyumbangkan CO2 ke atmosfer dalam jumlah  yang banyak. Lebih dari beberapa periode, CO2 di atmosfer meningkat sekitar  20%. Meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca seperi CO2 akan memengaruhi  kadar panas di Bumi. Banyak dari radiasi Matahari yang menyinari permukaan  Bumi, kemudian direfleksikan kembali ke angkasa.  

Meningkatnya kadar CO2 di atmosfer selama  150 tahun terakhir membuat para ilmuwan  prihatin karena hal tersebut berkaitan erat dengan  meningkatnya suhu global. Lebih dari satu abad,  ilmuwan telah mempelajari bagaimana gas-gas  rumah kaca menghangatkan Bumi dan bagaimana  pembakaran bahan bakar fosil berkontribusi  terhadap pemanasan suhu Bumi. Sebagian besar  ilmuwan meyakini bahwa pemanasan global telah  dimulai dan akan meningkat cepat di abad ini. Lebih dari 100 tahun yang lalu, temperatur  rata-rata suhu di permukaan Bumi meningkat  sekitar 0,6oC. Peningkatan 

Sumber:buku ipa kelas 7

You May Also Like