1. Hukum melaksanakan śalat sunnah rawatib qabliyah Subuh adalah

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfokus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

1. Hukum melaksanakan śalat sunnah rawatib qabliyah Subuh adalah

sekolah merupakan hal yang sangat penting di masa sekarang sekarang sekolah merupakan bagian dari tempat untuk menuntut ilmu di mana sekarang perkembangan zaman sangatlah begitu pesat untuk mengikuti perkembangan zaman dibutuhkan ilmu pengetahuan di mana ilmu pengetahuan dapat diperoleh dari sekolah dari guru guru yang mengajar kepada muridnya.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

tulis juga digunakan sebagai untuk menentukan nilai rapot yang artinya tugas digunakan sebagai salah satu bagian dari penentuan kenaikan kelas dimana hal ini bah arti tugas merupakan bagian terpenting dari pembelajaran.

Daftar Isi

aku menyadari bahwasanya dengan kondisi saat ini banyak sekali pada siswa yang merasa mengeluh dengan kondisi saat ini dimana saat ini pembelajaran dilakukan dari rumah hal ini akan menambahkan para siswa akan mengurangi  kemampuan untuk memahami materi yang diberikan oleh guru karena media yang digunakan adalah media sosial seperti whatsapp classroom dan sebagainya hal ini membuat kami berpikir bagaimana cara membantu para siswa tekun kalian untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu dan dapat memperoleh nilai yang sempurna.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 

 jika terdapat kunci jawaban dari soal yang salah di pembahasan aku kali ini aku  aku berharap kalian menulis kunci jawaban yang tepat di kolom komentar agar aku dapat mengetahui kunci jawaban yang tepat dan dapat haku memperbaiki kunci jawabannya salah dari soal tersebut.

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

Kunci jawaban pai kelas 8 bab 4 halaman 76 77 

 tak lama lagi akan diadakan ujian akhir semester dimana hal ini akan sangat menyentuh kalian untuk kenaikan kelas gimana ujian akhir semester ini digunakan untuk mengevaluasi seluruh materi yang disampaikan oleh guru untuk itu untuk mempersiapkan ujian akhir semester ini aku mengajar kalian untuk menggunakan artikel yang telah kubuat ini sebagai salah satu media  untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian yang akan dilakukan.

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
1. Hukum melaksanakan śalat sunnah rawatib qabliyah Subuh adalah…. 
a. sunnah grairu mu’akad 
b. sunnah mu’akad 
c. fardu kifayah 
d. fardu ‘ain
Kunci jawaban: b. sunnah mu’akad 

2. alat sunnah rawatib yang dilaksanakan sebelum śalat Isya dinamakan…. 
a. qabliyah Magrib 
b. qabliyah Isya 
c. ba’diyah Isya
 d. ba’diyah Subuh
Kunci jawaban: b. qabliyah Isya 

3. alat tahiyatul masjid dilaksanakan secara ….
a. berjemaah lebih utama 
b. munfard lebih utama 
c. munfard atau sendiri 
d. berjemaah atau munfard
Kunci jawaban: c. munfard atau sendiri 

4. alat witir dilaksanakan setelah śalat Isya. umlah bilangan rakaatnya paling banyak adalah … rakaat a. tiga  
b. lima 
c. sembilan 
d. sebelas 
Kunci jawaban: d. sebelas 

5. Perhatikan śalat sunnah berikut ini 
 1) alat idain
 2) Tarawih
 3) Witir 
 4) Tasbih
 5) Tahiyatul masjid
 shalat sunnah yang dapat dilaksanakan secara munfard atau berjema’ah adalah…
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4 
c. 3, 4 dan 5
d. 1, 3 dan 4
Kunci jawaban: b. 2, 3 dan 4 

6. Memahami dan menghargai perbedaan jumlah bilangan rakaat dalam pelaksanaan śalat tarawih, merupakan salah satu wujud akhlak mulia umat Islam yang dinamakan ….
 a. tawadu 
b. qanaah 
c. tawakal 
d. tasamuh 
Kunci jawaban: d. tasamuh

7. alat sunnah yang tujuannya untuk meminta hujan akibat kemarau panjang adalah śalat…. 
a. kusūf 
b. khusūf 
c. istisqā 
d. tahajjud
Kunci jawaban: c. istisqā 

8. alat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari tanggal ….
 a. 10 Zulhijjah
 b. 11 Zulhijjah
 c. 12 Zulhijjah
 d. 13 Zulhijjah
Kunci jawaban: c. 12 Zulhijjah

9. Salat rawatib yang hukumnya sunnah muakkad adalah….
 a. dua rakaat sebelum śalat uhur 
b. dua rakaat sebelum śalat Asar 
c. empat rakaat sebelum śalat uhur 
d. empat rakaat sebelum śalat Asar
Kunci jawaban: b. dua rakaat sebelum śalat Asar

10. Pada waktu melaksanakan śalat tasbih, jumlah seluruh bacaan tasbih adalah….
 a. 200 
 b. 300
 c. 400
 d. 500
Kunci jawaban: a. 200 


Rangkuman pai kelas 8 bab 4

Lebih Dekat Kepada Allah  BAB dengan Mengamalkan Śalat Sunnah  4   56 Kelas VIII SMP/MTs  A Mari Renungkan     Marilah kita bercermin  pada diri kita sendiri, sudahkah  kita melaksanakan śalat wajib  dengan benar dan sempurna?  Apakah kita juga sudah  mendirikan śalat far«u dan  tidak pernah meninggalkannya͍  

1. Hukum melaksanakan śalat sunnah rawatib qabliyah Subuh adalah

menunaikan kewajiban membayar zakat  Įtrah. Mereka menyerahkan zakat Įtrah kepada panitia zakat Įtrah di masjid dekat rumah  mereka. Amri berkata, ͞Salim, besok pagi kita berangkat śalat Idul Fitri bersama-sama, ya.͟ Salim  menjawab, ͞za, insya Allah. Kita pakai sepeda atau jalan kaki͍͟ “Jalan kaki saja, kata pak guru disunnahkan untuk jalan kaki. Jangan lupa, mandi dan  makan sebelum berangkat juga sunnah͟ ͞Baiklah, sampai ketemu besok ya, assalamu’alaikum..͟ “Wa ‘alaikum salam warahmatullah wabarakatuh.͟ 

Pagi itu, tanggal 1 Syawal matahari terbit menghangatkan seluruh isi bumi. Takbir  berkumandang di mana-mana. Sungguh suasananya sangat membahagiakan. Amri dan  Salim berangkat bersama untuk menunaikan śalat Idul Fitri. ͞tah, bajumu bagus sekali, Amri.͟ Kata Salim. ͞Iya, terima kasih. Tapi ini baju lebaran  tahun yang lalu.

 Sengaja jarang aku pakai karena tahun lalu masih kebesaran.͟ Amri  menjelaskan.  Setelah sampai di masjid, mereka berdua melaksanakan śalat sunnah tahiyatul masjid  sebanyak dua rakaat. Lalu mereka mengumandangkan takbir bersama jamaah yang lain. Saat waktunya telah tiba, imam memberikan isyarat dimulainya śalat Id, bilal lalu  mengumandangkan seruan untuk śalat : “As-Salātu :āmi’ah, mari kita laksanakan śalat berjema͛ah͟ Amri berbisik, ͞Tahun yang lalu, aku śalat Id di tempat lain tidak ada seruan seperti ini.͟  :awab Salim, ͞za betul, seruan seperti yang tadi memang bukan merupakan keharusan, ayo  kita berdiri͟ Sumber: 

Penulis  Selanjutnya mereka mengikuti śalat Idul Fitri dengan khusyu bersama  dengan para jemaah, dengan tata cara sebagai berikut : 1) Imam memimpin pelaksanaan śalat Idul Fitri diawali dengan niat yang  ikhlas di dalam hati. :ika diucapkan maka bunyi niatnya adalah ͗   Artinya : “Saya berniat śalat sunnah Idul &itri dua rakaat karena Allah  ta’ala.” 2) Pada rakaat pertama sesudah membaca do’a iŌitah bertakbir sambil  mengangkat tangan sebanyak tujuh kali. Di sela-sela takbir satu dan    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 61  lainnya disunnahkan membaca:  Artinya : “Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tida Tuhan  melainkan Allah, Allah Mahabesar.” 3Ϳ Setelah takbir tujuh kali dan membaca tasbih tersebut dilanjutkan  membaca  surah al-&ātihāh dan membaca salah satu surah dalam al- Qurǭān. Eamun, diutamakan surah Qāf atau surah al-A’lā. 4) Pada rakaat kedua, setelah takbir berdiri kemudian membaca takbir  lima kali sambil mengangkat tangan dan di antara setiap takbir  disunnahkan membaca tasbih. Setelah itu membaca surah al-&ātihāh  dan surah-surah pilihan. 

Surah yang dibaca diutamakan surah al-Qamar  atau surah al-‘āsyiyah. 5) _alat Idul Fitri ditutup dengan salam. Setelah itu khatib  mengumandangkan khutbah dua kali. Khutbah yang pertama dibuka  dengan takbir sembilan kali dan khutbah yang kedua dibuka dengan  takbir tujuh kali. Ada pula yang melaksanakan khutbah hanya satu kali. Setelah śalat Idul Fitri para jema͛ah dianjurkan untuk bersalam- salaman untuk saling memaaŅan lahir dan batin. Setelah selesai śalat, kita  pulang ke rumah dengan menempuh jalan yang berbeda dengan pada saat  berangkat. Di sepanjang jalan, kita disunnahkan untuk saling bersilaturrahmi dan  bersedekah, saling memberikan maaf kepada sesama keluarga, famili,  tetangga, dan saudara sesama muslim.

 Khusus hari raya Idul Fitri kita  diSunnahkan mengucapkan selamat kepada sesama saudara sesama  muslim ketika bertemu. b͘ Śalat /duů  dha  _alat Idul Adha, adalah śalat yang dilaksanakan pada hari raya Qurban  atau hari raya Idul Adha. _alat ini dilaksanakan pada pagi hari tanggal 10  ulhijjah bertepatan dengan pelaksanaan rangkaian ibadah haji di tanah  suci. Dengan demikian orang,  yang sedang melaksanakan ibadah haji tidak  disunnahkan melaksanakan śalat Idul Adha. Bagi orang yang tidak sedang  melaksanakan ibadah haji, hukum melaksanakan śalat Idul Adha adalah  sunnah muakkad (sangat dianjurkan). 

Hampir semua ketentuan dan tata cara śalat Idul Adha sama dengan  śalat Idul Fitri. Baik menyangkut waktu pelaksanaannya, hukumnya, dan  tata caranya. Adapun perbedaannya hanya pada niatnya. Eiat śalat harus    62 Kelas VIII SMP/MTs  dilakukan dengan ikhlas di dalam hati. :ika diucapkan maka bunyi niatnya  adalah :  Artinya : “Saya berniat śalat sunnah idul adha dua rakaat karena Allah  ta’ala.” Đ͘ Śalat <uƐƻĨ ;’erhana  MatahariͿ  _alat Sunnah kusūf (kusūfus  syamsi) adalah śalat sunnah  yang dilaksanakan ketika  terjadi gerhana matahari.  

Hukum melaksanakan śalat ini  adalah sunnah muakkad.  taktu pelaksanaan śalat kusūf adalah, mulai terjadinya gerhana  matahari sampai matahari kembali tampak utuh seperti semula. Ke ka  gerhana sudah mulai terjadi, jemaah berkumpul di masjid. Salah satu dari  jemaah tersebut menjadi muazin untuk menyerukan panggilan Ƒalat. _alat  gerhana ini dilaksanakan dengan berjemaah dan dipimpin oleh seorang  imam. H

al yang membedakan Ƒalat kusƻf dibanding śalat pada umumnya  adalah dalam śalat kusūf se ap rakaat terdapat dua kali membaca surah al- Fa hah dan dua kali rukuk. Sehingga dalam dua rakaat _alat kusūf terdapat  empat kali membaca surah al-Fa hah, empat kali rukuk, dan empat kali  sujud. Adapun tata cara pelaksanaan Ƒalat gerhana matahari secara rinci  sebagai berikut : 1. Berniat untuk śalat kusūf (śalat gerhana matahari). niat śalat harus  dilakukan dengan ikhlas di dalam hati. :ika diucapkan bacaan niatnya  ta’ala:    Artinya͗ “saya berniat śalatgerhana matahari dua rakaat karena Allah  ta’ala” 2. Setelah takbiratul ihram, lalu membaca doa iŌitah, kemudian membaca  surah al-&atihah dilanjutkan dengan membaca surah-surah yang  panjang. 3. Rukuk yang lama dan panjang dengan membaca tasbih sebanyak- banyaknya.  

Gambar͗ Bukit Sinai tempat  diturunkannya kitab Taurat.  Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 4.5 : Gerhana Matahari   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 63  4. Iktidal dengan mengucapkan ͟Sami’allāhu liman hamidah͟ tangan  kembali bersedekap di dada. 5. Membaca surah al-&ātihah dilanjutkan dengan membaca surah al- Qur’ān yang lain. π. Kembali melakukan rukuk yang panjang dengan membaca tasbih yang  sebanyak-banyaknya. 7. Iktidal dengan mengucapkan ͟Sami’allāhu liman hamidah͟ ς. Sujud seperti biasa tetapi sujudnya agak dipanjangkan dibanding  dengan śalat pada umumnya. σ. Duduk di antara dua sujud seperti biasa. 10. Sujud yang kedua agak dipanjangkan. 11. Bangkit menuju rakaat yang kedua, kemudian melaksanakan rakaat  

Sumber: buku pai kelas 8 bab 4

You May Also Like