1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.

1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y. kunci jawaban mtk kelas 8 halaman 64 ayo kita berlatih 2.3 yang pertama dampak yang pertama menurut pakai yaitu adalah siswa kurang memahami apa yang telah disampaikan oleh guru yang mana tersebut akan berdampak pada tugas-tugas yang diberikan oleh guru yang melakukan tersebut banyak sekali yang tidak dikerjakan atas nilainya dibawah rata-rata biasanya.

1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, 

 hal tersebut terjadi karena memang media yang diterapkan sekarang yaitu media online yang mana para siswanya belajar secara online belajar dari untung google ataupun lain sebagainya yang mana tersebut memang menurut kakak kurang efisien karena memang terkadang parade saya tidak belajar.

  1. Kunci jawaban PAI kelas 8
  2. Kunci jawaban MTK kelas 8
  3. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  4. Kunci jawaban IPA kelas 8
  5. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  6. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

karena memang pembelajaran nyaman dari online dari hp maka aku banyak suaranya lama ini saja jadi tidak mengindahkan adanya pelajaran dan tidak juga memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru hal tersebut akan berpengaruh pada tugas yang dikerjakan.

 no untuk itu kakak hadir untuk membantu adik-adikku sekalian dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru yang mana mama tugas tersebut perlu digunakan karena tubuh tersebut merupakan bagian dari pembelajaran di sekolah.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8

 karena mengandung gas merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh guru dan sekolah untuk mengukur kemampuan siswanya yang mana hal ini seorang guru dapat juga mengetahui mahasiswa yang potensial untuk mengikuti lomba lomba yang biasanya diadakan.

  1. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.1
  2. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.2
  3. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.3
  4. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.4
  5. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 1.5
  6. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 1
  7. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.1
  8. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.2
  9. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 2.3
  10. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 2
  11. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.1
  12. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.2
  13. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.3
  14. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 3.4
  15. KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 uji kompetensi 3

 ini adalah sebuah berpengaruh sangat besar bagi kenaikan kelas adik-adikku sekalian yang menandai tugas merupakan indikator dalam  pengambilan nilai rapot yang mana biasanya nilai tugas seluruhnya akan di akumulasi terlebih dahulu barulah kemudian akan di jumlah beberapa hari senin diambil beberapa persen saya jadi nilai tersebut sekitaran  60% dari nilai tersebut akan diambil untuk jadikan sebagai nilai rapot.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8 ayo kita berlatih 2.3

 untuk itu memang pakai ingin menyarankan adik-adik untuk selalu bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru karena memang hal tersebut sangatlah menentukan kenaikan kelas adik-adikku sekalian. tugas memang gak perlu dikerjakan dan jawaban dan diperoleh nilai yang sempurna nah ada beberapa tips yang dari kakak bagaimana sih cara memperoleh nilai yang sempurna.

Ayo Kita Berlatih 2.2 Semester 1

1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
Kunci Jawaban :
1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3
2. Gambarlah garis m yang tegak lurus pada sumbu-Y, berada di bawah dan berjarak 4 satuan dari sumbu-X.
Kunci Jawaban :
2. Gambarlah garis m yang tegak lurus pada sumbu-Y, berada di bawah dan berjarak 4 satuan dari sumbu-X.
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3 
3. Jika ada garis a melalui titik B(4, 5) dan titik C(4, –5), bagaimanakah kedudukan garis tersebut terhadap sumbu-X dan sumbu-Y?
Kunci Jawaban :Garis tersebut tegak lurus dengan sumbu-Y dan sejajar dengan sumbu-X
4. Gambarlah garis k yang melalui titik P(–3, –5) yang tidak sejajar sumbu-X dan sumbu-Y.
Kunci Jawaban :
4. Gambarlah garis k yang melalui titik P(–3, –5) yang tidak sejajar sumbu-X dan sumbu-Y.
kunci jawaban mtk kelas 8 ayo kita berlatih 2.3
5. Apabila dua garis l dan m memotong sumbu-X dan sumbu-Y tidak tegak lurus, bagaimanakah posisi garis l terhadap garis m? Jelaskan kemungkinannya dan tunjukkan dengan gambar.
Kunci Jawaban :

a) Kedua garis saling berpotongan karena garis l dan garis m berpotongan di titik (0,2).

b) Kedua garis saling sejajar karena apabila garis l dan garis m diperpanjangan tidak akan berpotongan karena memiliki arah yang sama.

6. Perhatikan gambar berikut ini: Diketahui garis l1 melalui titik A(1, 0), garis l2 melalui titik B(3, 0), garis l3 melalui titik C(6, 0), dan garis l4 melalui titik D(10, 0). Tentukan koordinat titik J pada garis l10.

Kunci Jawaban :

Dengan melihat titik-titik pada setiap garis tersebut kita akan melihat pola koordinat.
Garis : 1, 2, 3, 4
Posisi x : 1, 3, 6, 10 (Mengikuti pola Sn)
Posisi y : 0, 0, 0, 0 (Akan Selalu 0)
Sn = n/2 x (2a + (n-1)b
S10 = 10/2 x (2(1) + (10 – 1)(1))
= 5 x (11)
= 55
Jadi, koordinat titik J pada garis l10 adalah (55,0).

 tips memperoleh nilai yang sempurna dari tugas yang diberikan oleh guru yang pertama yang dapat dilakukan adik-adikku sekalian yaitu tidak menunda nanda tugas yang diberikan oleh guru kalau bisa adik-adikku sekalian mengerjakan tugas pada hari itu saja pada hari ketiga atau jasa tersebut diberikan.

hal tersebut sangat lamban tua dingin-dingin ya jika ada ada soal yang tidak diketahui maka langsung bisa bertanya kepada guru apalagi pelajaran tersebut adalah pelajaran matematika yang mana biasanya kebanyakan dari diriku sekalian tidak menyukai hal tersebut dan biasanya ketika kita meneladani anda akan pekerjaan tersebut maka nantinya juga kita kurang memahami apa yang diinginkan soal pada akhirnya kita mencari jawaban di internet.1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y

Rangkuman MTK kelas 8 bab 2

 adik-adik tidak boleh untuk ber malas-malasan dalam belajar karena memang di sekolah saat ini menerapkan sistem protokol kesehatan yang mana sekolah mewajibkan seluruhnya siswanya harus memakai maskara dan juga terkadang sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran dari rumah.

yang kakak  takutkan bahwasanya adek-adek jika belajar di rumah adek adek tidak mengindahkan berbahan langsung alasan dengan hal tersebut hanya bermain handphone saja.ada beberapa hal dampak dari penerapan bersekolah dari rumah yang menurut kakak hal ini perlu ditindaklanjuti karena memang kurang efisien bagi siswanya.1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y

1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y.
1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, 

nampak kesinambungan antarmateri, khususnya  hierarkinya konsep matematika.  A. Pengantar   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 179  3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya  yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear  dua variabel.  K D   ompetensi     asar  D.   1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara  efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan  keberadaannya. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan  prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai  dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut  pandang/teori.  K I   ompetensi     nti  !  C.   • Variabel • Persamaan linear dua variabel • Selesaian • Sistem persamaan linear dua variabel  B. Kata Kunci   180 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Indikator pencapaian kompetensi untuk bab 5 Sistem persamaan linear dua  variabel ini dikembangkan dengan mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi  dasar. Pada kegiatan pembelajarannya di kelas nanti, guru dapat mengembangkan  sendiri indikator pencapaian kompetensi ini dengan menyesuaikan karakteristik  siswa masing-masing. Indikator pencapaian kompetensi pada bab 5 ini antara lain  siswa mampu: 0engidentifikasi persamaan linear dua Yariabel 2. Membuat persamaan linear dua variabel sebagai model matematika dari  situasi yang diberikan. 0engidentifikasi selesaian dari persamaan linear dua Yariabel 4. Membuat sistem persamaan linear dua variabel sebagai model matematika  dari situasi yang diberikan. 5. Membuat model matematika dan menentukan selesaian sistem persamaan  linear dua Yariabel dengan menggambar grafik dua persamaan serta  menaIsirkan grafik ang terbentuk 6. Membuat model matematika dan menentukan selesaian sistem persamaan  linear dua variabel dengan metode eliminasi dan substitusi.  0engidentifikasi sistem persamaan linear dua Yariabel khusus dan  selesaiannya.  Indikator Pencapaian Kompetensi  E.    181  Sistem  Persamaan Linear  Dua Variabel (Sistem persamaan  linear dua variabel)  Bentuk Umum  Sistem persamaan  linear dua variabel  Penyelesaian  Sistem persamaan  linear dua variabel  Penerapan Sistem  persamaan linear  dua variabel  *rafiN Metode  Subtitusi  Metode  Eliminasi  P K   eta  F. onsep   182  Diophantus ( 250 SM – 200 SM)  Diophantus dan Persamaan Linear Dua Variabel Persamaan linear dua variabel berkaitan erat dengan  persamaan diophantine. Persamaan ini pertama kali  dipelajari oleh seseorang bernama Diophantus yang  menghabiskan hidupnya di Alexandria. Diophantus  juga dikenal dengan julukan “bapak aljabar”. Namun  julukan itu kemudian disandang oleh Al-Khawarizmi  tentunya. Dia merupakan seorang matematikawan  Yunani yang bermukim di Iskandaria. Pada waktu itu  Alexandria adalah pusat pembelajaran Matematika. Semasa hidupnya Diophantus terkenal karena  karyanya yang berjudul Arithmetica. Arithmetica  adalah suatu pembahasan analitis teori bilangan  berisi tentang pengembangan aljabar yang dilakukan  dengan membuat persamaan. Persamaan-persamaan  tersebut dikenal sebagai Diophantine Equation  (Pers1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Yamaan Diophantine). Persamaan deophantine merupakan suatu persamaan  yang mempunyai solusi yang diharapkan berupa  bilangan bulat. Persamaan Diophantine tidak harus  berbentuk persamaan linear, tetapi bisa saja persamaan kuadrat, kubik, atau  lainnya selama mempunyai solusi bilangan bulat. Bentuk paling sederhananya adalah: ax + by = c a, b koefisien dan c konstanta bulat yang diberikan. Penyelesaian persamaan  Diophantine adalah semua pasangan bilangan bulat (x, y) yang memenuhi  persamaan ini. Jika d adalah FPB dari a dan b, agar persamaan di atas mempunyai  solusi, maka d harus dapat membagi c. Terkadang dalam menentukan pasangan  bilangan bulat yang memenuhi persamaan, kita harus mencoba-coba dan pandai  menentukan pola dari selesaiannya.  +ikmah aSa ang daSat kalian ambil dari biografi DioShantXV ini” 1. Menyelesaikan masalah tidaklah semudah menyelesaikan perkalian  dengan mencongak. Kita harus menentukan strategi yang tepat untuk  menyelesaikannya. 2. Terkadang kita dihadapkan dengan masalah yang selesaiannya tidak tunggal.  Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk menggali informasi lebih  dalam sehingga mendapatkan selesaian lainnya.  Narasi Tokoh Matematika  G.    Kurikulum 2013 MATEMATIKA 183   Sebelum memulai Kegiatan 5.1 hendaknya guru mengingatkan siswa tentang  persamaan linear satu variabel, operasi aljabar, dan persamaan garis lurus  yang telah mereka pelajari sebelumnya. Ketiga materi tersebut merupakan  dasar untuk memahami sistem persamaan linear dua variabel. Untuk menguji  pengetahuan ketiga materi tersebut, masalah berikut diberikan kepada siswa  untuk dikerjakan. 1) Tentukan selesaian dari setiap persamaan berikut dengan variabel yang  diberikan adalah anggota himpunan bilangan bulat. a. x + 4 = 8 c. [   í6 b. ±    í d. 3x = 21 2) Tentukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar berikut. a. 2x + y b. 3x – 2y c. 3x + 2y   2x – 3y + 2x – 2y + [  6 – 3) Gambarkan garis dari persamaan berikut. a. y = 2x b. 2[     6 4) Manakah di antara pasangan garis berikut yang saling berpotongan? a. y = x + 2 dan y = x + 3 b. y = 2x – 8 dan y = 4x + 12 c. [     1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y dan 2[  2   6  Sebelum Pelaksanaan Kegiatan  Sebagai alternatif, berikut disajikan pembelajaran sistem persamaan linear satu variabel  dengan model penemuan terbimbing yang prosesnya berdasar pada pendekatan  ilmiah (scientific approach). Guru dapat menggunakan model pembelajaran lainnya  yang sesuai dengan karakteristik siswa. K egiatan 5.1 0emahami .onVeS PerVamaan   /inear DXa Variabel  P   roses P   embelajaran  H.    184 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru   Apabila siswa masih belum menyelesaikan keempat masalah di atas dengan  baik dan benar, sebaiknya guru masih harus membimbing siswa untuk  berlatih kembali konsep persamaan linear satu variabel, operasi aljabar,  dan persamaan garis lurus. Bimbingan yang diberikan oleh guru bisa berupa  pembelajaran remedial singkat tentang tiga konsep di atas atau mengerjakan  beberapa soal lagi tentang ketiga konsep di atas. Hal ini dimaksudkan  untuk menghindari kesulitan dalam memahami sistem persamaan linear dua  variabel dan penyelesaian masalahnya.  Dalam Kegiatan 5.1 ini, siswa akan mempelajari konsep persamaan linear dua  variabel. Selain itu, siswa akan mempelajari cara membuat model matematika  yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel. Ketika memahami konsep  persamaan linear dua variabel, siswa digiring dari konsep yang sudah mereka ketahui  sebelumna, akni tabel dan grafik7erakhir, sisZa dibimbing untuk dapat menguji  selesaian dari suatu persamaan linear dua variabel.  Ayo Kita Amati  *uru meminta sisZa untuk melengkapi dan mengamati tabel dan grafik ang sudah  disajikan pada buku siswa. Setelah itu, guru meminta siswa menjawab beberapa  pertanaan 7abel dan grafik ang disajikan merupakan konteks dalam kehidupan  nyata, sehingga siswa dapat memahami konsep persamaan linear dua variabel dengan  baik. Berikut alternatif jawaban yang diharapkan dari siswa sebagai pedoman bagi  guru. 1. Tabel pendapatan Arthur. Jumlah jam Pendapatan (dalam puluhan ribu) 1 8 2 16 3 24 4 32 5 40   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 185  2.     X  Y  Pendapatan  Jumlah Jam  8  16  24  32  40  0 1 2 3 4 5   a. Sumbu horizontal menunjukkan jumlah jam les privat. Variabel yang  digunakan adalah x. b. Sumbu horizontal menunjukkan pendapatan yang diterima. Variabel yang  digunakan adalah y. c. Terdapat lima pasangan berurutan, yakni (1, 8), (2, 16), (3, 24), (4, 32), dan  (5, 40). 3. –  *aris pada grafik menatakan hubungan antara jumlah jam dengan pendapatan  dari les privat yang diberikan Arthur. 5. Persamaan linear yang dipelajari di kelas 7 hanya memiliki satu variabel.  Sedangkan persamaan di atas memiliki dua variabel. 6. Iya. 7. Tidak.  Untuk lebih memahami cara menuliskan persamaan, buatlah persamaan  berdasarkan masalah berikut. Ingat bahwa keliling persegi adalah 4 kali panjang sisinya. a. Misalkan keliling persegi adalah k dan panjang sisi persegi adalah s.  Persamaan keliling persegi adalah k = 4 × s atau k = 4s. b. Iya. Apabila panjang sisi persegi bertambah 1 satuan, maka persamaan yang  terbentuk adalah k = 4 × (s +1) atau k = 4s + 4.   186 Kelas VIII SMP/MTs Buku Guru  Panjang sisi persegi Keliling persegi  1 4  2 8  3 12  4 16  c. Variabel k tergantung pada variabel s. Maksudnya, keliling persegi akan  berubah apabila panjang sisi persegi juga berubah.  Ayo Kita  ?? Menanya Selanjutnya, pada kegiatan ini guru meminta siswa untuk membuat dan mengajukan  pertanaan terkait dengan persamaan ang telah mereka buat dari tabel dan grafikSiswa bisa melihat contoh pertanyaan yang sudah disajikan dalam buku siswa,  misalnya “Bagaimana cara kalian untuk menulis persamaan linear dua variabel?  Bagaimana bentuk umum persamaan linear dua variabel?” Pertanyaan yang diajukan  siswa bisa diberikan kepada siswa lain untuk dijawab, tetapi kebenaran jawaban akan  dibuktikan nanti setelah sisZa menggali inIormasi pada fitur berikutna  =+  +  Ayo Kita Menggali Informasi  Pada kegiatan ini, guru meminta siswa untuk menggali informasi tentang  Persamaan linear satu variabel yang ditunjukkan oleh tabel, persamaan, dan  grafik, bagaimana membuat model matematika 3ersamaan linear satu Yariabel  1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Ydari situasi yang diberikan, memahami bentuk selesaian suatu Persamaan linear  satu variabel, serta menentukan banyaknya selesaian dari Persamaan linear  satu variabel. Khusus pada memahami bentuk selesaian dan banyak selesaian  Persamaan linear satu variabel, siswa dibimbing dengan menggunakan tabel.   Kurikulum 2013 MATEMATIKA 187  Ayo Kita Menalar  Pada kegiatan ini, guru mengajak siswa untuk bernalar dengan menjawab beberapa  pertanyaan pada buku siswa. Berikut alternatif jawaban yang bisa menjadi acuan  untuk guru. 1. Tabungan yang menyatakan persamaan linear adalah tabungan milik Arga, Maya  dan Liem. Tabungan ketiga siswa membentuk persamaan linear dua variabel.  Tabungan Arga dapat dinyatakan dalam persamaan y = 7.500x + 50.000, dengan  y adalah banyak tabungan (dalam rupiah) dalam waktu x minggu. Tabungan  Maya dapat dinyatakan dalam persamaan y = 25.000x. Tabungan Liem sudah  dinyatakan dalam bentuk persamaan T = 30.000w. Tabungan ketiga siswa  tersebut apabila dibuat grafik, maka grafik ang terbentuk berupa garis lurus 2. Pernyataan Mia yang mengatakan bahwa x y  x2  y2  = 3, x  y merupakan Persamaan  linear dua variabel adalah tidak benar. Menurut saya, x y  x2  y2  = 3, x  y bukan  merupakan Persamaan linear dua variabel, meskipun persamaan tersebut bisa  disederhanakan menjadi x + y = 3. Hal ini dikarenakan x y  x2  y2  = 3, x  y sendiri  tidak memiliki syarat dan ciri-ciri yang dimiliki Persamaan linear dua variabel.  Pangkat variabel x dan y tidak sama dengan satu.  Atau  Pernyataan1. Gambarlah garis l yang tegak lurus pada sumbu-X, berada di sebelah kanan dan berjarak 5 satuan dari sumbu-Y

Sumber: buku mtk kelas 8

You May Also Like