1. Al-Qur’ān berisi tentang 5 hal pokok yaitu menyangkut akidah, akhlak, ibadah, muamalah, dan tarikh

✔️✅ Kami ucapkan terima kasi kepada adik adik telah berkunjung di blog kami ini, kami ingin meperkenalkan blog kami ini, blog kami ini berjudulkan ilmu edukasi, nama tersebut kami ambil karena memang kami akan berfukus pada pembahasan mengenai kunci jawaban dan pembahasan mengenai materi sekolah.

sekolah juga sangat penting saat ini di mana sekolah di mana sekarang ini perkembangan zaman akan membuat seorang harus mengikuti perkembangan sam tersebut jaman sekarang ini perkembangan teknologi kemajuan teknologi sangatlah mumpuni sangatlah besar sehingga membantu orang harus mengganti berk serangan tersebut supaya seorang tidak ketinggalan dari pak teknologi tersebut.

  1. Kunci jawaban MTK kelas 8
  2. Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8
  3. Kunci jawaban IPA kelas 8
  4. Kunci jawaban PENJAS kelas 8
  5. Kunci jawaban Bahasa indonesia kelas 8

sekarang juga merangsang allah bermanfaat bagi seseorang, dengan sekolah seseorang dapat ilmu-ilmu yang mungkin tidak didapat dino war sekolahan dimana ya tersebut 6 sangat bermanfaat bagi dia di kemudian hari nya untuk dirinya sendiri untuk mencari pekerjaan untuk mencari barang Anda.

Tak lama lagi akan diadakerikut ini merupakan daftar isi yang kakak buat agar adik adik dapat langsung ke pembahasan mengenai kunci jawaban

 itulah pembahasannya dapatkah gambar ikan kali ini semoga pembahasannya nggak akbar bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk mendukung blog akan dengan cara membagikan artikel yang kakak buat ini dengan teman-teman yang mengerikan mengerjakan tugas yang sama semoga dengan penuh begitu artikel yang kekal buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua amin amin.

KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 21 Tugas

 untuk sekolah sangatlah penting karena kepala merupakan  untuk itu kakak mengajak peserta didik sekali ya sekalian untuk tidak ber malas-malasan dalam bersekolah terlalu sekolah akan bermain bermanfaat bagi mereka sendiri di kemudian hari nya.

Hallo temen temen pada kali ini kami akan memberikan sebauh pembahasan mengenai kunci jawaban dari pelajaran pendidikan agama islam , yang mana pembahasan ini kami buat agar temen temen dapat menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru dengan tepat waktu dan kami harap dengan adanya pembahasan yang kami buat ini temen temen dapat memperoleh nilai yang memuaskan

  1. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 1 halaman 19 20 21
  2. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 2 halaman 32 33 34
  3. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 3 halaman 53 54
  4. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 4 halaman 76 77 78
  5. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 5 halaman 92 93 94 95
  6. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 6 halaman 109 110 111
  7. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 7 halaman 127 128 129 130
  8. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 8 halaman 154 155 156
  9. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 9 halaman 171 172 173 
  10. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 10 Halaman 190 191 192
  11. KUNCI JAWABAN PAI kelas 8 bab 11 halaman 209 210 211
  12. KUNCI JAWABAN PAI Kelas 8 Bab 12 Halaman 225 226 227
  13. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 13 halaman 241 242 243
  14. KUNCI JAWABAN pai kelas 8 bab 14 halaman 257 258 259

Kami yakin jika temen temen menggunakan pembahasana yang kami buat ini kami yakin temen temen akan dapat memperoleh nilai yang besar hal ini dikarenakan kami dalam membuat pembahasan ini, kami sebelumnya telah membaca dan memahami apa yang di ingikan soal sehingga kami berusa menjawab semaksimal yang kami bisa

 di sekolah banyak sekali ya hal-hal yang wajib dikerjakan oleh peserta didik sekalian salah satunya yang wajib dikerjakan adalah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di mana tugas tersebut merupakan bagian dari pembelajaran di mana tugas tersebut merupakan tolak ukur bagi guru dan sekolah untuk meng mengetahui apakah seorang peserta didik ataupun siswa dan siswi pernah memahami materi yang telah diberikan atau belum memahami materi yang di jelas.

Kunci jawaban pai kelas 8 bab 1 tugas

1. Al-Qur’ān berisi tentang 5 hal pokok yaitu menyangkut akidah, akhlak, ibadah, muamalah, dan tarikh. Carilah ayat-ayat al-Qur’ān yang terkait dengan lima hal pokok tersebut masing-masing satu ayat.
Kunci jawaban:
 Ayat-ayat Al Qur’an yang mengandung penjelasan tentang

  1. Aqidah adalah ilmu yang mengajarkan tentang keyakinan atau kepercayaan terhadap Allah SWT. Terdapat dalam Al Ikhlas : 1- 4.
  2. Akhlak adalah tingkah laku yang tertanam dalam jiwa manusia. Terdapat dalam Al-Ahzab : 21.
  3. Ibadah adalah beribadah kepada Allah SWT dengan sepenuh hati. Terdapat dalam Adz Dzariyaat56.
  4. Muamalah adalah tindakan yang dilakukan terhadap orang lain. Terdapat dalam Al Baqarah : 282
  5. Tarikh adalah sejarah masa lalu umat Islam. Terdapat dalam Yusuf : 111.

 2. Anisa sedang sedang di perjalanan dari rumah ke sekolah. Di tengah perjalanan, dia melihat lembaran yang menarik perhatiannya. Setelah didekati ternyata lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat al-Qur’ān. Apakah yang harus dilakuan oleh Anisa, sedangkan dia pada saat itu sedang menstruasi? Diskusikan masalah tersebut dengan kelompok kalian masing-masing jawaban minimal dua alternative.
Kunci jawaban:
Berdasarkan Surat Al-Waqi’ah : 79, “Tidak ada yang menyentuh (Al-Qur’an) kecuali mereka yang telah disucikan”, yang dilakukan Anisa ketika menemukan lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat Al-qur’an, padahal Anisa sedang menstruasi adalah
– meminta tolong seseorang untuk mengambil lembaran ayat Al Qur’an tersebut agar diletakkan dibawa oleh orang tersebut.
– apabila orang tersebut tidak mau membawanya, meminta tolong untuk mengambilnya dan kemudian meletakkannya di dalam tas Anisa. Apabila Anisa telah selesai haid dan dalam keadaan bersih, dapat memegangnya kembali dan menyimpan di tempat yang semestinya.

 3. Salah satu cara Allah Swt dalam menjaga kemurnian al-Qur’ān adalah dengan banyaknya para penghafal al-Qur’ān. Carilah bentuk lain yang merupakan cara Allah Swt menjaga kemurnian al-Qur’ān tersebut. Laporkan dan paparkan hasil penelusuran yang kamu lakukan secara individu atau kelompok.
Kunci jawaban
Cara Allah menjaga kemurnian Al-Qur’an selain dengan banyaknya penghafal adalah
– dengan datangnya malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengulangi hapalan Al Qur’an, dan begitu pula Nabi Muhammad Saw kepada para sahabatnya. Itulah cara Allah menjaga kemurnian isi Al Qur’an.
–  dengan mukjizat-Nya pada terletak pada fashahah dan balaghah-nya, keindahan isi, susunan, dan gaya bahasanya. Inilah cara Allah menjaga Al Qur’an agar tidak ada yang menirunya dengan serupa.
Bahkan Allah menantang siapa saja untuk membuat Al Qur’an dalam Al-Israa’ : 88, “Katakanlah: Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur’an ini, niscaya tidak mereka akan dapat membuatnya walaupun sebagian mereka membantu sebagian (yang lain).”

Rangkuman pai kelas 8 bab 1

menerima wahyu yang  pertama berikut ini :  tahLJu Wertama Eabi Muhammad Saǁ͘ Ketika Eabi Allah Swt yang  diturunkan kepada para rasul-Eya. Adapun perbedaan antara kitab dan  suhuf antara lain : a. Isi kitab lebih lengkap daripada isi suhuf. 

1. Al-Qur’ān berisi tentang 5 hal pokok yaitu menyangkut akidah, akhlak, ibadah, muamalah, dan tarikh

 b. Bentuk dari kitab sudah dibukukan, sedangkan suhuf masih berbentuk  lembaran-lembaran yang terpisah.  c. Kitab biasanya berlaku lebih lama daripada suhuf. ξ͘ HiŬmah eriman Ŭepada <itab ůůah Sǁt͘ Allah Swt menurunkan kitab-kitab-Eya di dunia ini dengan cara diwahyukan  kepada Rasul-Nya. Tentunya hal ini dapat memberikan hikmah atau manfaat  bagi kehidupan manusia dan makhluk Allah Swt di alam semesta ini.

 Manusia  yang mengaku beriman harus berusaha mengambil hikmah dari kitab-kitab   Sambil tersenyum mahasiswa itu menjawab, “Bukannya ini hanya sekedar kertas,  Pak͍ Sejatinya isi cerpen itu kan ada di benak dan pikiran Bapak. Mengapa Bapak juga  emosional? Tahukah bapak kalau al-Qur’ān diturunkan Allah Swt kepada manusia untuk  dibaca, bukan untuk dibakar-bakar”  Penulis cerpen itu tersenyum, lalu meminta maaf atas kekeliruan yang dikatakannya  tadi. 

Sumber: Penulis   16 Kelas VIII SMP/MTs  Allah Swt tanpa meragukannya. Adapun hikmah yang dapat diambil dari  adanya kitab-kitab Allah sebagai berikut͗ 1. Memberikan petunjuk kepada manusia mana yang benar dan mana yang  salah. 2. Pedoman agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran. 3. Memberikan informasi sejarah kehidupan orang-orang terdahulu. Hal ini  bisa menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini. ξ. 

Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang  Allah Swt kepada para hamba dan makhluk-Eya.  5. Manusia yang beriman akan dapat mengetahui dan membedakan mana  yang baik dan mana yang buruk, karena di dalam kitab dijelaskan tentang  perilaku yang baik dan buruk. π. Mensyukuri segala anugerah dan nikmat Allah Swt, termasuk pemberian  petunjuk yang benar melalui kitab-kitab-Nya. ρ. 

Hati manusia menjadi lebih tenteram dan menambah ilmu pengetahuan.  ς. Memiliki sikap toleransi yang tinggi karena kitab-kitab Allah Swt memberikan  penjelasan tentang penanaman sikap toleransi, saling menghormati, dan  menghargai orang lain bahkan pemeluk agama lain. 9. Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah  yang menimpa pada dirinya. D ReŇeŬƐi ŬhůaŬ Muůia     Eah, sekarang kalian tentunya menjadi semakin tahu, bukan͍ Bahwa Allah  menurunkan wahyu dan Kitab-kitab itu dengan maksud agar hamba-hamba- Eya menjadi terarah. Allah Swt menghendaki agar manusia dapat hidup  dalam kedamaian serta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sungguh indah jika  pemahaman dan keyakinan ini dapat tertanam dalam hati dan mempengaruhi  cara hidup kita.  

Beriman kepada kitab Allah Swt juga dapat berpengaruh terhadap akhlak  kita dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membantu kalian dalam menerapkan  akhlak mulia ini, lakukan intropeksi terhadap diri kalian masing-masing.  Tanggapilah pernyataan-pernyataan berikut, sesuai dengan apa yang kamu  rasakan dengan cara memberi tanda silang pada gambar yang sesuai. –  ;setujuͿ, . ;biasa sajaͿ, / ;tidak setujuͿ͗ 

1. Perintah-perintah Allah Swt seperti shalat dan membaca al-Qur’ān  terkadang terasa berat. Namun, setelah dilakukan ternyata membuat  perasaan menjadi tenang.    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 17  –  .  /  2. Menghargai pemeluk agama lain merupakan salah satu wujud kita  menjalankan perintah yang terdapat dalam kitab suci al-Qur’ān.  –  .  /  

3. Dengan mengetahui keberadaan kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah  Swt., membuat keyakinanku menjadi semakin mantap. –  .  /  ξ. Kalau setiap pemeluk agama yang berbeda-beda itu memahami dan  mendalami ajaran agama masing-masing, tentu dunia ini akan menjadi  damai tanpa ada pertikaian dan perselisihan. –  .  /  5. Jika ada teman saling mengejek karena masalah agama dan keyakinan, itu  karena mereka tidak mengerti bahwa perbuatannya itu sangat merugikan  diri mereka sendiri.

 Andai mereka tahu pasti hal itu tidak akan pernah  dilakukan. –  .  /  E <iƐah deůadan     <iƐah >uƋman aůͲHaŬim dan anaŬnLJa perŐi Ŭe WaƐar LuƋman al-Hakim adalah orang yang disebut di dalam al-Qur’ān surah  LuƋman. Beliau terkenal karena nasihat-nasihatnya kepada anaknya. Eama  panjangnya ialah LuƋman bin hnaƋa͛ bin Sadun. 

Dalam sebuah riwayat  diceritakan bahwa beliau merupakan pria bertubuh tidak tinggi dan berhidung  mancung dari daerah Eubah ;suatu daerah yang posisinya di sebelah utara  Sudan dan di sebelah selatan MesirͿ. Ada pula yang berpendapat bahwa  beliau berasal dari Sudan, dan ada pula yang menerangkan bahwa LuƋman  adalah seorang hakim di zaman Nabi Daud a.s.

 Dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa pada suatu hari LuƋman al-Hakim  bersama anaknya pergi ke pasar dengan menunggangi ;keledaiͿ. Ketika itu  LuƋman menunggangi himar sementara anaknya mengikuti di belakangnya  dengan berjalan kaki. Melihat tingkah laku LuƋman itu, ada orang yang berkata,    18 Kelas VIII SMP/MTs  ͞Lihat itu orang tua yang tidak merasa kasihan  kepada anaknya, dia enak-enak menunggangi  himar sementara anaknya disuruh berjalan  kaki.” Setelah mendengarkan gunjingan orang- orang, maka LuƋman pun turun dari himarnya itu  lalu anaknya diletakkan di atas himar tersebut.  

Melihat yang demikian, maka orang di pasar  itu berkata pula, “Hai, kalian lihat itu ada anak  yang kurang ajar. Orang tuanya disuruh berjalan  kaki, sedangkan dia enak-enaknya menunggangi  himar.” Setelah mendengar kata-kata itu, LuƋman dan  anaknya bersama sama menunggangi himar itu.  Kemudian orang-orang juga ribut menggunjing,  “Hai teman-teman, lihat itu ada dua orang  menunggangi seekor himar. Kelihatannya  himar itu sangat tersiksa, kasihan ya.” 

 Karena tidak suka mendengar gunjingan orang-orang, maka LuƋman dan  anaknya turun dari himar itu. Kemudian terdengar lagi suara orang berkata,  “Hai, lihat itu, ada dua orang berjalan kaki, sedangkan himar itu tidak  ditunggangi. Untuk apa mereka bawa himar kalau akhirnya tidak ditunggangi  

Sumber: buku pai kelas 8 

You May Also Like